Eskatologi Kultus: Hanya Saksi-Saksi Yehuwa yang Selamat!

eskatologi akhir zaman Saksi Yehuwa
Teori Eskatologi (Akhir Zaman) Kultus
SALAH SATU TANDA atau ciri khas sebuah kelompok merupakan grup kultus adalah pengajarannya tentang “pemberian keselamatan”, artinya pemimpin kultus mengajarkan bahwa seseorang hanya dapat selamat dengan bergabung atau menjadi anggotanya, sedangkan di luar grupnya; tidak. Ciri khas ini di sebut “Dispensing of existence atau Pemberian eksistensi” dan merupakan salah satu tanda dari 8 ciri-ciri kultus yang diungkapkan oleh Robert Jay Lifton, seorang psychiatrist dalam bukunya “Thought Reform and the Psychology of Totalism: A Study of "Brainwashing" in China”. Hal ini telah saya bahas di artikel Siapakah Menentukan Hidup Atau Keselamatan Kekal? yaitu artikel yang membahas kebohongan publik organisasi Saksi Yehuwa di situs resminya, jw.org. Silahkan klik link Siapakah Menentukan Hidup Atau Keselamatan Kekal? untuk memahami kebohongan publik Menara Pengawal dan artikel ini secara utuh karena thread ini dibuat sehubungan dengan adanya pernyataan dari seorang Saksi Yehuwa, Reinold berikut ini:

Pernyataan terulis dari MP bahwa hanya saksi-saksi Yehuwa saja yg diselamatkan itu dilansir dan diterbitkan pada tahun 1989 (Majalah MP, 1/9/1989 hlm. 19), sekitar 24 tahun yang lalu.

Sedangkan pernyataan tertulis dari MP bahwa tidak hanya saksi-saksi Yehuwa saja yg diselamatkan itu diterbitkan tahun 2013 (http://www.jw.org/id/saksi-saksi-yehuwa/pertanyaan-umum/siapa-diselamatkan/).

Jadi pernyataan awal bhw hanya ssy saja yg selamat SUDAH TIDAK VALID LAGI, dan sudah ditinggalkan konsepnya oleh SSY zaman modern ini.

Sepertinya hal itu sudah pernah dikupas oleh teman saya sdr.Ivan di thread2 lain bahwa para anggota badan pimpinan dan panitia penulisan ssy memang melakukan proses penelitian yang berkesinambungan terus-menerus sehingga kemungkinan besar akan berpengaruh pada pemahaman yang berubah-ubah (sdr.Ivan adalah sahabat dekat saya pak Awi). (di sini)
Benarkah pernyataan Sdr. Reinold bahwa ungkapan hanya Saksi-Saksi Yehuwa yang selamatsudah tidak valid atau sah atau berlaku lagi? Jawabannya adalah tidak! Berdasarkan pertimbangan berikut ini.

Kriteria Atau Ciri Khas Pengajaran Kultus

Suatu grup dicap kultus oleh para ahli berdasarkan pengajaran-pengajaran atau metode-metode khusus yang diinternalisasikan pemimpin kultus kepada para anggotanya. Lifton menjelaskan ada 8 tanda khas pengajaran yang bersifat kultus dan kriteria tersebut saling berkaitan sehingga tidak bisa terpisah-pisah. Misalnya Lifton menyebut 2 kriteria kultus yaitu “pemberian keselamatan dan tuntutan kesucian”. Kriteria “pemberian keselamatan” yang bersifat akhir zaman (eskatologi) telah di bahas di Siapakah Menentukan Hidup Atau Keselamatan Kekal?, tetapi apakah itu kriteria “tuntutan kesucian”? Pemimpin kultus menginternalisasikan absolute doktrinnya secara hitam dan putih (black and white thinking) yaitu ajaran yang membagi isi dunia ini secara dikotomi atau dua; ajaran yang suci, baik dan bersumber ilahi adalah berada di pihak grup kultus sedangkan buruk, kafir, najis dan bersumber dari setan berada di luar grup kultus. Ajaran kultus diklaim yang sejati berdasarkan Alkitab sedangkan di luar itu; palsu dan tidak alkitabiah. Silahkan baca artikel Doktrin Menara Pengawal: Menuntut Kesucian dan Pola Pikir Saksi Yehuwa: Hitam Dan Putih untuk memahami apa yang saya maksud di sini.

Karena organisasi Saksi Yehuwa menginternalisasikan absolute doktrinnya secara hitam putih sedemikian ekstrem melalui generalisasi dan ditambah dengan metode kedua yaitu “pemberian keselamatan” di dalam hati dan pikiran anggotanya maka terbentuklah secara otomatis pola pemikiran bahwa ajaran Saksi Yehuwa adalah mutlak atau absolute benar sehingga siapa yang mengikuti arahan badan pimpinan atau kaum terurap diyakini memiliki harapan untuk selamat. Di luar ajaran dan arahan organisasi Saksi Yehuwa akan binasa. 

Ajaran Doktrin Menara Pengawal: Menuntut Kesucian atau hitam putih masih diajarkan sampai tahun 2013. Hal ini dapat kita lihat majalah Menara Pengawal edisi 1 Nov 20013 bertopik “Dusta-Dusta yang Menghalangi Kita Mengasihi Allah” membahas tentang doktrin-doktrin Kristen, seperti Tritunggal, yang dihujat sebagai dusta-dusta gereja Kristen. Padahal doktrin-doktrin Kristen tersebut bukanlah dusta melainkan penafsiran yang berbeda yang diyakini orang Kristen dibandingkan dengan ajaran Saksi Yehuwa. Namun demikian, dilabel dusta secara ekstrem. Nah, jika ajaran “menuntut kesucian” atau “hitam putih” masih diajarkan sampai hari ini, bagaimana mungkin doktrin kultus pemberian keselamatan tidak diinternalisasikan lagi? Maaf, mustahil. Secara teori psikologi kultus; 2 doktrin harus berjalan paralel karena saling berkait.

Ya, jika seorang Saksi Yehuwa mau jujur terhadap diri sendiri dan tidak mendustai hati nuraninya, maka ia akan mengakui bahwa ia yakin seyakin-yakinnya bahwa ajaran Saksi Yehuwa — meskipun ia tahu sering berubah-ubah dan keliru — adalah absolute benar dan mengikuti atau bergabung dan taat kepada arahan organisasi Yehuwa yang diarahkan badan pimpinan akan dapat menyelamatkannya. Pada akhirnya,  perasaan elitisme akan timbul di dalam hati dan pikiran Saksi Yehuwa.

Membuktikan Ajaran Kultus Saksi Yehuwa Yang Sebenarnya

Pernyataan Sdr. Reinold, “Jadi pernyataan awal bhw hanya ssy saja yg selamat SUDAH TIDAK VALID LAGI, dan sudah ditinggalkan konsepnya oleh SSY zaman modern ini” tidaklah sah berdasarkan beberapa pertimbangan berikut ini:

Alasan pertama, kita lihat brosur publikasi terbitan lembaga Menara Pengawal berjudul “Saksi-Saksi Yehuwa pada Abad Kedua Puluh” yang digunakan sebagai propaganda informasi yang dulunya dibagikan kepada orang-orang [luar] ingin mengetahui tentang Saksi-Saksi Yehuwa diterbitkan dalam bahasa Inggris tahun 1989 (bahasa Indonesia 1990) membuat esensi kebohongan publik yang sama dengan situs jw.org dengan variasi rasionalisasi yang berbeda berikut ini:

Apakah mereka percaya bahwa hanya mereka yang akan diselamatkan?

Tidak. Berjuta-juta orang yang pernah hidup berabad-abad yang lalu dan yang bukan Saksi-Saksi Yehuwa akan hidup kembali melalui kebangkitan dan memiliki kesempatan untuk hidup. Banyak orang yang hidup sekarang masih berkesempatan untuk memihak kepada kebenaran dan keadilan sebelum ’sengsara besar’, dan mereka akan mendapat keselamatan. Selain itu, Yesus mengatakan agar kita jangan menghakimi satu sama lain. Kita melihat penampilan luar; Allah melihat ke dalam hati. Ia melihat dengan saksama, mengadili dengan belas kasihan. Ia telah menyerahkan keputusan pengadilan tersebut kepada Yesus, bukan kepada kita.—Matius 7:1-5; 24:21, Bode. (Saksi-Saksi Yehuwa pada Abad Kedua Puluh , hlm. 29)
Dari brosur tersebut jelas yaitu pada tahun yang sama organisasi Saksi Yehuwa sudah membuat 2 pernyataan yang saling bertentangan untuk satu pertanyaan yang sama “Apakah mereka percaya bahwa hanya mereka yang akan diselamatkan?” yaitu berdasarkan pengajaran majalah Menara Pengawal 1/9/1989, hlm. 19 mengaku, “Hanya Saksi-Saksi Yehuwa . . . mempunyai harapan berdasarkan Alkitab untuk selamat . . .  (Wahyu 7:9-17; 2 Korintus 4:4)”. Dan propaganda informasi melalui brosur lainnya (di atas) mengaku sebaliknya yaitu “tidak”. Jelas kedua pengakuan tersebut untuk 1 pertanyaan yang sama tidak mungkin kedua-duanya benar pada saat yang sama, bukan? Jadi sebenarnya penolakkan “tidak” merupakan “lagu lama” yang ditampilkan dalam jw.org seolah-olah baru dan kebohongan publik sudah terjadi sejak tahun 1989.

Kedua, Menara Pengawal 1/9/1989, hlm. 19 mengaku dengan berani, “Hanya Saksi-Saksi Yehuwa . . . mempunyai harapan berdasarkan Alkitab untuk selamat . . .”. Apakah berarti organisasi Saksi Yehuwa tidak mengajarkan lagi pengajaran kultus yang demikian? Tidak! Organisasi Menara Pengawal tidak secara eksplisit mengaku “Hanya Saksi-Saksi Yehuwa” karena terlalu ekstrem bersifat kultus tetapi menyatakannya secara implisit atau tersirat. Kita perhatikan kutipan berikut ini:

Sebelum bumi ini dapat menjadi firdaus, orang-orang fasik harus disingkirkan. (Mazmur 37:38) Ini akan terjadi di Armagedon, yang adalah perang Allah untuk mengakhiri kefasikan. Selanjutnya, Setan akan dipenjarakan selama 1.000 tahun. Ini berarti tidak akan ada lagi orang fasik yang dibiarkan merusak bumi. Hanya umat Allah yang akan selamat.—Penyingkapan 16:14, 16; 20:1-3. (Apa yang Allah Tuntut dari Kita? hlm. 10, cetakan 1996, cetakan ulang 2006)
Lalu pertanyaannya adalah siapakah hanya “umat Allah” yang akan selamat? Kita lihat publikasi lainnya yang mengindentifikasikan siapa “umat Allah” itu:

Apa yang mencirikan Saksi-Saksi Yehuwa sebagai umat Allah? Pertama, mereka menerima seluruh Alkitab sebagai Firman Allah. (2 Timotius 3:16) Kedua, mereka netral dalam hal politik. (Yohanes 17:16) . . .(Menara Pengawal, 1/6/1994, hlm. 27, bold dari saya)
Jadi jelas istilah “umat Allah” di sini adalah Saksi-Saksi Yehuwa! Kesimpulan sejauh ini adalah brosur “Apa yang Allah Tuntut dari Kita?” diterbitkan pertama kali tahun 1996 dan masih dicetak ulang pada tahun 2006. Jadi cukup jelas bahwa sampai 2006 pengajaran “Hanya Saksi-Saksi Yehuwa . . . mempunyai harapan berdasarkan Alkitab untuk selamat . . .” masih dikumandangkan meskipun secara implisit.

Ketiga, kita lihat bukti implisit lainnya yang dikumandangkan oleh organisasi Menara Pengawal yaitu tentang pengakuan atau klaim sebagai organisasi Allah yang diandaikan sebagai satu-satunya bahtera yang selamat melampaui sengsara yang besar sehingga seseorang harus menjadi bagian dari organisasi Yehuwa dan melakukan kehendak Yehuwa untuk menerima hidup kekal:

Janganlah menarik kesimpulan bahwa ada jalan atau cara yang berbeda-beda yang dapat saudara tempuh untuk memperoleh kehidupan dalam sistem baru Allah. Hanya ada satu. Hanya ada satu bahtera yang selamat melampaui Air Bah, bukan sejumlah kapal. Selain itu, hanya akan ada satu organisasi — organisasi Allah yang kelihatan — yang akan selamat melampaui “sengsara yang besar,” yang semakin dekat. Sama sekali tidak benar bahwa semua agama menuntun ke satu tujuan. (Matius 7:21-23; 24:21, Bode) Saudara harus menjadi bagian dari organisasi Yehuwa, melakukan kehendak Allah, agar dapat menerima berkat-berkat-Nya berupa kehidupan kekal.—Mazmur 133:1-3. (Saudara Dapat Hidup Kekal dalam Firdaus di Bumi, hlm. 255, kalimat biru dan bold dari saya)
Buku “Saudara Dapat Hidup Kekal dalam Firdaus di Bumi” diterbitkan pada tahun 1991, dan kita lihat sampai dengan tahun 2006 tema tentang bahtera Nuh dan keselamatan seseorang bergantung pada iman dan [ini bagian terpenting yaitu] apakah seseorang bergabung dengan serta loyal kepada bagian organisasi Yehuwa masih digemakan dalam kutipan berikut ini:

Selama periode terakhir ”dunia zaman purba” yang musnah dalam Air Bah, Nuh adalah ”pemberita keadilbenaran” yang setia. (2 Petrus 2:5) Pada hari-hari terakhir sistem sekarang, umat Yehuwa memberitahukan standar-standar Allah yang adil-benar dan menyatakan kabar baik tentang kemungkinan untuk selamat memasuki dunia baru. (2 Petrus 3:9-13) Persis sebagaimana Nuh dan keluarganya yang takut akan Allah dilindungi dalam bahtera, keselamatan orang perorangan dewasa ini bergantung pada iman mereka dan apakah mereka bergabung dengan serta loyal kepada bagian organisasi universal Yehuwa yang ada di bumi. (Menara Pengawal, 15/5/2006, hlm. 22, kalimat biru dan bold dari saya)
Kesimpulan apakah yang kita peroleh dari alasan ketiga ini? Ajaran kultus Menara Pengawal begitu jelas bahwa untuk selamat seseorang tidak cukup hanya mengandalkan iman tetapi juga harus bergabung serta loyal kepada bagian organisasi Yehuwa. Sebagai akibatnya, untuk selamat seseorang secara otomatis harus menjadi Saksi Yehuwa dan bergabung dengan organisasi Saksi Yehuwa sebagai satu-satunya organisasi Allah di bumi yang diklaim sebagai satu-satunya organisasi yang selamat melalui kiamat. Jika tidak bergabung atau lebih tepatnya tidak menjadi seorang Saksi Yehuwa ya tentunya tidak selamat. Jadi kesimpulan logisnya; hanya Saksi-Saksi Yehuwa yang selamat karena bergabung dengan organisasi Yehuwa!

Alasan keempat,  saya banyak mengkaji dan mempelajari publikasi Saksi Yehuwa dan jika memang organisasi Menara Pengawal mengubah pemahamannya yaitu tidak mempercayai dan mengajarkan lagi doktrin akhir zaman atau Eskatologi Kultus: “hanya Saksi-Saksi Yehuwa yang Selamat maka biasanya akan ada penjelasan atau keterangan tentang perubahan tersebut. Misalnya akan disebutkan pemahaman dulu seperti ini dan karena ada terang baru maka berubah seperti itu, contoh-contoh perubahan pemahaman atau pengertian dapat dilihat di Ajaran Sesat Saksi Yehuwa: Buka Tutup Panggilan Surgawi dan Propaganda Dusta: Pemilihan Budak Setia Dan Bijaksana tentang perubahan identitas dari “hamba setia dan bijaksana”. 

Sayangnya, tidak ada satupun literatur publikasi terbitan lembaga Menara Pengawal yang menyebutkan perubahan posisi seperti yang Sdr. Reinold maksud yaitu “hanya ssy saja yg selamat SUDAH TIDAK VALID LAGI, dan sudah ditinggalkan konsepnya oleh SSY zaman modern ini”. Oleh sebab itu, saya minta Sdr. Reinold memberikan bukti-bukti konkrit tentang perubahan itu. Tanpa bukti adanya perubahan tersebut dan berdasarkan perspektif psikologi kultus jelas bahwa apa yang dilakukan oleh organisasi Yehuwa merupakan hal yang lumrah dan biasa dilakukan oleh sebuah kelompok kultus untuk menyembunyikan ajaran radikalnya dari pihak luar alias organisasi Menara Pengawal telah melakukan kebohongan publik untuk mengecoh ajaran kultusnya diketahui  publik.

Kesimpulan Akhir

Sebenarnya artikel ini memiliki kaitan juga dengan artikel Keselamatan Dalam Yesus Atau Organisasi Menara Pengawal yang membahas kasus yang hampir mirip yaitu di mana seorang Saksi Yehuwa berinitial Truthseeker menyangkal bahwa hanya Saksi-Saksi Yehuwa yang selamat. Pertanyaannya adalah mengapa Saksi Yehuwa menyangkal? Dalam hal ini saya meyakini bahwa Sdr. Reinold telah berdusta atau paling tidak dalam perspektif Sdr. Reinold adalah mencoba membela ajaran ekstrem dan radikal tersebut agar terlihat toleran, baik dan berdasarkan kitab suci karena saya percaya jauh di lubuk hatinya ia percaya bahwa hanya Saksi-Saksi Yehuwa yang selamat. Tidak ada seorang Saksi pun yang kebal atau imune dari proses internalisasi ajaran hitam putih dan pemberian keselamatan Menara Pengawal seperti yang saya uraikan dari aspek psikologi kultus dan ajaran kultus Saksi Yehuwa di atas yang sampai detik ini masih diajarkan secara tersirat. Ajaran kultus pemberian keselamatan sebenarnya menjadikan setiap Saksi Yehuwa adalah penyembah-penyembah berhala modern.


Setiap anggota kultus hidup dalam posisi yang sangat sulit. Steve Hassan mengatakan dalam bukunya Combatting Cult Mind Control hlm. 73 di Bab 4, “Understanding Mind Control”:

A member of a mind control cult is at war with himself. Therefore, when dealing with a cult member, it is extremely important to always keep in mind that he has two identifies

Seorang anggota kultus kontrol pikiran berperang di dalam dirinya sendiri. Oleh karena itu, ketika berhubungan dengan seorang anggota kultus, hal yang sangat penting untuk selalu sadar bahwa ia memiliki dua identitas.
Di satu pihak anggota kultus sadar dan tahu bahwa apa yang pemimpinnya ajarkan tidaklah berdasarkan Alkitab sehingga ia tidak setuju tetapi di satu pihak dia harus setia atau loyal membela ajaran tersebut. Misalnya Sdr Reinold menegaskan ketidak-setujuaannya atas klaim Menara Pengawal, “Meskipun saya seorang ssy, namun saya tidak sependapat dengan lembaga MP jika ada artikel yang menyebutkan bahwa hanya ssy sajalah yang selamat” (di sini). Tetapi di lain pihak, seorang Saksi harus menerima apa yang diajarkan organisasinya sebagai sebuah kebenaran sejati. Oleh sebab itu, dalam posisi pembelaan timbulkan penyangkalan, rasionalisasi, pembenaran dan khayalan. Dan jika diperlukan; dusta pun menjadi halal.

Bagaimana pendapat Saudara?

Berjaga-jagalah terhadap nabi-nabi palsu yang datang kepadamu dengan berbaju domba, tetapi di dalamnya, mereka adalah serigala-serigala yang rakus. (Mat. 7:15, NW)


Artikel terkait:
1. Sumber Doktrin Saksi: Yehuwa Atau Setan?

2. Kriteria Pertama Kultus: Kepemimpinan Otoriter
3. Membedakan Agama Kristen Sejati Dengan Palsu, Bagaimana?
4. Apakah Tujuan Saksi Yehuwa Menginjil Dari Rumah Ke Rumah?

30 comments :

  1. Wuiiihh....muantab banget penjabarannye.....Pa Awi ini pantesnya jadi guru SMU, tapi gak pantes jadi dosen, karena benar-benar gamblang penjabarannye....

    Intro ane kemaren jadi bener kan Pa, ga terlalu susah nebak arah jalannye LMP, ujung2 ngelabuin doang, nge boong.....

    Tapi Pa Awi, coba kite tunggu jawaban si Reinold, bise aje Pa Awi kelewat, ga kebaca kalo ade publikasi LMP nyang merevisi MP 1/9/1989 hal. 19 ntuh, nyang kate si Reinold : ""Mungkin pak Awi tidak tahu, bahwa beberapa tahun yg lalu lembaga MP pernah menyarankan agar membuang buku2 atau artikel publikasi yang sudah direvisi isinya agar tidak lagi dipakai sbg bahan dalam memimpin PAR, karena isinya sudah tidak valid lagi."

    Kan die bilang ada LMP pernah menyarankan, nah LMP kalo nyaranin tuh kan pake publikasi juga, bukan pake telepati, mustinye ada tuh publikasinye nyang die omongin tuh, kita liat ntar publikasinye yg di majalah mane n betul ga disitu ditulis ngebatalin doktrin di majalah MP 1/9/1989 hal.19, baru kite bisa liat, bener ga ade ssy yg bise ngomong bener n bukan asal ngomong doang seperti biasanye, atau jangan2 die malah nambahin jumlah ssy nyang asal ngomong doang alias nge boong ky yang laen tuh.....

    Kesimpulannye ane belom pernah liat ade komen2 dari ssy nyang bener2 cihuy, kebanyakan pade cuman mau protes tapi ga bisa ngebuktiin, kaye orang ngigo aje pade....

    makasih

    ReplyDelete
  2. Pak Awi,
    Kutipan (Menara Pengawal, 1/9/1989 hlm. 19):
    Hanya Saksi-Saksi Yehuwa, yaitu mereka dari kaum sisa terurap dan ”kumpulan besar,” sebagai organisasi yang bersatu padu di bawah perlindungan Organisator Tertinggi, mempunyai harapan berdasarkan Alkitab untuk selamat melampaui akhir yang sudah dekat dari sistem yang akan binasa ini yang dikuasai oleh Setan si Iblis. (Wahyu 7:9-17; 2 Korintus 4:4)

    Menurut saya, memang benar bahwa hanya saksi-saksi yehuwa yang selamat melampaui akhir yg sudah dekat ini (armagedon). Kebohongan bubliknya mana?
    JW.org tidak merevisi (Menara Pengawal, 1/9/1989 hlm. 19).

    http://www.jw.org/id/saksi-saksi-yehuwa/pertanyaan-umum/siapa-diselamatkan/ tidak hanya mendukung (Menara Pengawal, 1/9/1989 hlm. 19) tapi menjawab tentang prospek kebangkitan bagi mereka yg memiliki kesempatan untuk diajar mengenal Kristus dan Maksud tujuan Yehuwa . Kisah 24:15.

    Dari sejak awal berpindah dari Protestan menjadi SY, saya tidak pernah beranggap dalam konteks kebangkitan hanya saksi Yehuwa yang dibangkitkan, Organisasi SY juga tidak pernah mengajarkan begitu. Pikiran anda adalah hasil dari kerangka berpikir diluar SY, menghasilkan ketidak pahaman. Kalau saya? saya sudah pernah dulu ada disisi anda seperti anda sekarang ini, sekarang disisi SY.

    Salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ha ha ha ha.....

      Maap nih brur, ane ktawa mulu kalo liat komen2 ente, maap ye brur, negini ye brur, ente ini jadi suka kontradiktif sm komen ssy laen, trus juga ame publikasi lmp, mau tau nyang mane lagi..??

      Ane bahas ye...:

      ente bilang : 'Menurut saya, memang benar bahwa HANYA (ane nyang gedein) saksi-saksi yehuwa yang selamat melampaui akhir yg sudah dekat ini (armagedon).'

      tapi badan pimpinan ente bilang : 'tidak' (jw.org/id bagian “Pertanyaan Pembaca” ) pas ditanye : Apakah Menurut Kalian (ssy) Hanya Kalian(ssy) yang Akan Diselamatkan?
      trus------> : 'tidak' (Saksi-Saksi Yehuwa pada Abad Kedua Puluh , hlm. 29) pas ditanye : 'Apakah mereka (ssy ;dr ane) percaya bahwa hanya mereka (ssy ; dari ane) yang akan diselamatkan?'

      Ane juga yakin, jauuuh di dalem atinye ssy semua same ko ame ente pendapatnye, kerne ya itu pan publikasi2 lmp nekenin bahwe kl mao selamat ga ade jalan laen kecuali jd anggota organisasi lmp (jadi ssy) a.l : (Saudara Dapat Hidup Kekal dalam Firdaus di Bumi, hlm. 255) ame (Menara Pengawal, 15/5/2006, hlm. 22) kaya yg tertulis diatas tuh, atawe ajaran2 lmp nyang bilang suman ada 1 bahtera Nuh, diulang-ulang terus, pastinye ya pendapetnya semua ssy percis kaya ente bilang : '......bahwa HANYA (ane nyang gedein) saksi-saksi yehuwa yang selamat......'

      Trus ente tanya lagi : ' Kebohongan bubliknya mana?' maksud ente kali 'kebohongan (p)ubliknya mana?' kali ye..?? Masa ente ga tau kebohongan publiknye dimane..??

      Ya di jawaban 'TIDAK' nye lembaga ente2(ssy) ntuh waktu ngejjawab pertanyaan ape cuman ssy nyang bisa selamet..?? masa gitu aje pake kudu dijelasin detil sih brur..??

      Maap brur, maap banget nih brur, kite kudu jujur dulu ame diri kita kendiri, baru kite bise jujur ame siape aje, ane paham, sampe saat enih ente masih berkeyakinan ga mungkin deh lmp 'seburuk' nyang Pa Awi tulis, kudu ade alesan nyang ngebenerin tingkahnye lmp mungkin bagi ente ye, tp FAKTA nye emang lmp begitu....ente masih percaye kalo lmp dipimpin Yesus langsung..?? Jauh ye dari kenyataannye kayenye ye..?? maap nih brur...

      Delete
    2. Pak Ano,
      Silahkan tertawa karena mungkin hanya itu yg anda bisa, dan dengan bahasa khas betawi mudah-mudahan yang tidak paham bahasa ini tetap mendapat manfaat dari anda.
      Soal Pertanyaan pembaca di JW.org, anda masih tidak paham juga. Baca jawabannya lengkap.
      Apakah Menurut Kalian Hanya Kalian yang Akan Diselamatkan? Tidak. Jutaan orang yang pernah hidup di masa lalu yang bukan Saksi-Saksi Yehuwa akan memiliki kesempatan untuk diselamatkan. Alkitab menjelaskan bahwa di dunia baru yang Allah janjikan ”akan ada kebangkitan untuk orang-orang yang adil-benar maupun yang tidak adil-benar”. (Kisah 24:15)” (Kata kuncinya “masa lalu” dan “kebangkitan”)

      Dan juga, banyak orang yang hidup sekarang mungkin akan mulai melayani Allah, dan mereka pun akan diselamatkan. Yang pasti, kami tidak berhak menghakimi siapa yang akan selamat atau tidak. Tugas itu sepenuhnya ada di tangan Yesus.—Yohanes 5:22, 27. (Allah yg dimaksud disini adalah Yehuwa, sebab kami yang memberikan jawaban maka otomatis kamilah SSY yang melayani Dia)

      Bagian kedua dari jawaban pertanyaan pembaca selaras dengan jawaban MP sbb:
      Menara Pengawal, 1/9/1989 hlm. 19: “Hanya Saksi-Saksi Yehuwa, yaitu mereka dari kaum sisa terurap dan ”kumpulan besar,” sebagai organisasi yang bersatu padu di bawah perlindungan Organisator Tertinggi, mempunyai harapan berdasarkan Alkitab untuk selamat melampaui akhir yang sudah dekat dari sistem yang akan binasa ini yang dikuasai oleh Setan si Iblis.” (Kata kuncinya “melampaui akhir system” sekarang)

      Jika anda masih tidak paham juga mau bilang apa lagi? Itu problem anda bukan saya. Biarkan pembaca menilai. Jadi mana kebohongan publiknya? Sekali lagi silahkan pembaca menilai.

      Nah soal pertanyaan anda “apakah LMP dipimpin Yesus langsung?” Tidak pernah saya membaca bahwa organisasi menyebut Lembaga Menara Pengawal dipimpin Yesus.
      Mungkin yang anda maksud adalah Kolosi 1:18 bahwa kristus adalah pemimpin Jemaat (gereja) maka jawaban saya :
      Tidak ada bukti fisika/material atau video yang menunjukkan Yesus muncul memimpin di Jemaat SSY. Sama jelasnya dengan tidak ada bukti fisika/material atau video yg telihat bahwa Yesus memimpin gereja Katolik atau protestan dan lain-lain. Karena rujukannya hanya Alkitab maka soal klaim Kristus memimpin di jemaat yang mana silahkan menjadi domain masing-masing.
      Jadi kalau saya mengatakan bahwa kristus memimpin jemaat kami SSY, bukti yang saya punya diantaranya adalah:
      1. Penggenapan kata-kata Yesus “dari buahnyalah engkau akan mengenal mereka”.
      2. Pola sidang abad pertama : Para rasul dan tua-tua sebagai suatu badan di yerusalem yg mengambil keputusan2 penting (Kisah 15:2, 6, 20, 22, 23; 16:4).
      3. Progres perkembangan organisasi.
      4. Adanya kelompok siswa alkitab menggenapi nubuat Daniel (sudah saya bahas panjang lebar dengan Pak Awi, silahkan bongkar file-file lama diskusi kami).
      5. Doa-doa pribadi saya terkait maksud tujuan kerajaan Allah terjawab (peran anggota2 tubuh kristus) dan lain-lain.

      Pak Ano, silahkan ditanggapi dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, sebab saya tidak akan lagi menaggapi tulisan anda jika menggunakan bahasa betawi, belajarlah dari Pak Awi sebab dia teman debat dan diskusi saya yang baik.

      salam

      Delete
    3. Ha ha ha ha....brur Ivan....brur Ivan....

      Nah ape kate ane....kalo boong udah jadi tabiat jadi ga berase ngeboong....ane bukannye ga ngarti atawe ga paham ame maksud JW.org, justru ane lebih paham lagi ame muslihat lmp dan termasup juge percobaan muslihat ente buat pembace nyang 'lugu' (maaf copy istilahnye Pa Awi), nyang belon paham sepak terjangnye organisasi ente2(ssy), ya ntuh lmp.

      Ade istilah nye 'pengelabuan' atawe istilah Pa Awi 'kebohongan publik'

      Ane bahas dah ye, begini, kalo ade orang nyang nanye begini 'Apakah Menurut Kalian Hanya Kalian yang Akan Diselamatkan?' orang nyang nanya enih bagian dari nyang ditanya bukan..??
      Pasti gampang bener jawabannye pan.? ya bukanlah.
      Nah setiap orang bijak n tulus apelagi nyang mengklaim sedeng ngabarin kebenaran mustinye memahamin dulu maksud si penanya, kerne orang nanya pan pengen tau, bener ga sih ssy ntuh Kristen sama kaye Kristen laen kalo mau selamat cuma percaya ame YESUS.

      nah konotasi kate 'selamat' di pertanyaan pembace ntuh ane yakin bahwe maksudnye kaga binase nanti, melainkan dapet idup nyang kekal ( Yohanes 3:15, Yohanes 3:16, Yohanes 3:36, Yohanes 6:40, Kisah Para Rasul 13:46, Roma 6:22 ). Semue orang Kristen (bukan ssy tentunya) pasti beranggapan kalo maksud kate 'selamat' ntuh yah beroleh hidup kekal.

      Nah, kl lmp bikin pertanyaan seolah2 pertanyaan ntuh bukan dari kalangan ssy, kudunye die pahamin dulu maksud si penanya, bukan nye langsung ngejawab : 'TIDAK' , enih pan pengelabuan, supaye orang 'lugu' (nyang ga tau sepak terjang lmp) anggap organisasi ssy same dengan Kristen laen, meskipun kate 'TIDAK' tadi ditambahin keterangan, toh orang ga bakal perhatiin tuh keterangan kerne isinye doktrin ssy nyang org 'lugu' (ga tau sepak terjang lmp) kaga begitu dipikirin kerne ga paham doktrin ssy (tambahan keterangannnye pan cuman doktrin ssy tuh).

      Sori brur ane pinjem kalimat ente tentang ke bohongan publik lmp yg ente tanya, 'dimana?'ane udah kasih tau tuh diatas, : 'Jika anda masih tidak paham juga mau bilang apa lagi? Itu problem anda bukan saya. Biarkan pembaca menilai. Jadi mana kebohongan publiknya? Sekali lagi silahkan pembaca menilai.'

      Ane akuin....ente pinter bikin alibi....kayanye boong udeh jadi tabiat.....sori nih ye ane kudu terus terang.

      Delete
    4. Ha ha ha ha....brur Ivan....ente coba ngelabuin orang 'lugu' (nyang blm tau sepak terjang organisasi ssy yaitu lmp) lagi ye dng omongan ente enih : " Tidak pernah saya membaca bahwa organisasi menyebut Lembaga Menara Pengawal dipimpin Yesus."

      atu aje nyang ane copy neh :
      Makanan rohani yang kita terima tepat waktu adalah bukti bahwa Yesus, Sang Kepala sidang, memenuhi janjinya untuk memberi kita makan. Siapa yang ia gunakan? Sewaktu memberitahukan tanda kehadirannya, Yesus juga mengatakan bahwa ia akan menggunakan ”budak yang setia dan bijaksana” untuk memberi pelayan-pelayan rumahnya ”makanan pada waktu yang tepat”. (Baca Matius 24:45-47.) Budak yang setia itu adalah saluran yang Yesus gunakan untuk memberi makan para pengikutnya yang sejati pada zaman akhir ini. Maka, kita perlu mengenali budak yang setia itu. Saluran ini mutlak diperlukan agar kita tetap sehat secara rohani dan memiliki hubungan baik dengan Allah.—Mat. 4:4; Yoh. 17:3. *(Menara Pengawal, 15/7/2013, hlm. 20-25)

      Kalo ente ga paham maksud ane ttg klaim lmp dipimpin langsung YESUS berdasarkan publikasi nyang ane copas ntuh, yah ane mau bilang ape lagi.? ntuh mah ente nyang bermasalah, biarin pembace ntar nyang nilai.

      Paling ente bakal punya alibi, 'pan ane bilang ane blm perne bace, ane ga bilang ga perne ngajarin, kalo ane bilang belon perne baca boongnye ane dimane.?' trus ntar ente bilang dah : 'emg ente dukun, tau mane nyang udah ane baca trus mane nyang belon.?'
      Yah ntu sih terserah ente, nyaman ame ke boongan silaken.....tp babenye ente tuh jadinye si Iblis.

      Maap nih ye brur Ivan, coba ente bace komen2 ane, emg ane ade minte spy ente tanggepin, ga ade, mau ente tanggepin ya silaken, ngga jg ane ga rugi, ngapainjuga ente ngelarang2 ane pake bahase Betawi, masih Bahasenye milik budaye Indonesia, ade juga ane baca ade nyang berbahasa Jawa, boleh ko, ade nyang pake bahasa Batak jg bole, nyang punye blog aje ga ngelarang, eh ente ngelarang.....di mari bukan dibalai kerajaan yang semue ssy nye bs ente atur.....sori, ane bukan budak, ane udeh di merdekain ame TUHAN ane YESUS KRISTUS penyelamat ane

      Delete
    5. Dear Bung Ano

      Salam sejahtera Bung!

      Apakah Bung tahu bedanya orang yg sakit secara fisik (misalnya flu, TBC dll penyakit) dng "sakit jiwa" (baca hambatan psikologis)?

      Seseorang yg sakit fisik bisa dinilai dng mudah oleh dirinya sendiri sedang sakit ataupun seorang dokter ahli. Sedangkan orang "sakit jiwa" menilai dirinya "pasti sehat" padahal orang lain menilainya "tidak sehat", bukan?

      Demikian juga ketika kita berdiskusi dng SSY yg begitu yakin mereka mengira melayani Allah semesta alam padahal yg dilayani bukanlah Allah melainkan sebuah organisasi yang mengklaim dirinya mewakili Allah. Sungguh ironis, SSY tidak bisa membedakannya antara sungguh-2 melayani Allah dng klaim organisasi yg "mewakili" Allah.

      Saya ingin mengucapkan terima kasih atas komentar Anda karena Anda sudah menghemat banyak waktu saya melayani komentar-2 yg menurut saya hanyalah suatu rasionalisasi dan pembenaran diri dari orang-orang yg menganggap dirinya sedang melayani Allah semesta Allah padahal hanyalah budak dari sebuah organisasi yg mengklaim "mewakili" Allah di bumi.

      Presiden RI pernah berslogan "LANJUTKAN". Demikian juga Anda silahkan LANJUTKAN sehingga dapat menjadi berkat bagi banyak orang terlepas dari bahasa yg Anda gunakan. Kalo Inggris ya masalah krn saya minta Anda menerjemahkannya. :-)

      Salam kasih Tuhan Yesus

      Delete
    6. Halo Pa Awi

      Salam Sejahtere juge

      Demen ane Pa Awi langsung tanggap ame ane tentang make bahase Betawi, ane minta maap kalo ane suke komenin, abise si brur Ivan suke bilang pembace nilai-pembace nilai, ya ane jg pan pembace, kalo ane komentar pan kudunye die nyadar kalo ade pembaca yg nilai die, tapi kalo ade nyang nilai die, tetep aje die ga terime, disuruh lagi biar pembace nilai lagi, mangkenye ane nanye die, kudu butuh berape pembace nyang nilai die....lucu banget dah die ye Pa..?? sori ane ketawa Pa ha ha ha ha....

      tentang orang nyang sakit jiwa, bener juge kate Pa Awi, liat aje komen2nye ssy kawakan nyang udeh ade, biar kate banyak pembace nyang nilai mereka pade, tetep aje mereke ga berase, sebenernye sih kasian liat orang sakit jiwe, kite mao ngasih simpati ngingetin die orang (ssy) nye ttg organisasi kultus tempat die2 pade (ssy) gabung eh dibilang kite benci die2 pade.
      Cinte banget die2 pade (ssy) ame organisasi kultusnye enih, ampe2 rela ngeboong demi ngebela organisasinye, sampe2 ga bise lagi ngebedain mane nyang cume kekhilafan (kesalahan manusiawi) dengan pengelabuan (kesalahan sengaje dibuat tp dibungkus rapi spy ga trlalu ketauan atawe bs di 'bener' in dng alibi2 muter2)

      Ane kesian aje ngeliat orang2 nyang ga sadar lagi dimanpaatin, nyang ngerase lagi ngelayanin TUHAN, padahl cuman jadi sapi perahan organisasi supaye tujuan kemauan pemimpinnye tercapai

      Ane heran kenape susah banget paham ye para ssy enih same ape nyang Pa Awi tulis di blog enih padahal mah jelas banget betape kultusnye tuh organisasi, ane ada ide nih Pa Awi, kire2 Pa Awi punya cerite ga buat di jadiin artikel ttg seseorang nyang dikultusin atawe organisasi kultus laen bakal bahan pertimbangan ssy entinye, kire2 ade kesamean atawe kemiripannye ga tuh kultus ame lembaga menare pengawal, tapi kire2 mau ga ssy belajar jujur ame dirinye kendiri ye Pa Awi, hampir semuenye ssy dimari menyangkali fakta2 jelas ttg org.lmp nye seolah2 mereka anggap kenyataan2 ntu ttg organisasi kultus lmp mereka PENGEN anggap ga perne terjadi meskipun kenyataannye perne terjadi (penyangkalan akan kenyataan/pengen menganggapnyang nyate itu ga perne kejadian : Ade ga teori ttg hal enih dlm psikologi kultus Pa Awi.?)

      Ah ane jadi malu nieh Pa Awi pake terimekasih sgale, ga usah pke bgitu ah Pa, ane cuman ngejelasin ame ssy kire2 ape nyang artikel maksud tp ssy susah ngartinye padahal gampang banget, ye ilmunye cm dari bace artikel Pa Awi doang ko.....

      Ente orangnye bae Pa Awi, kl ane sebenernye sih kaga sesabar Pa Awi ngejawab ssy, cm ane coba pengen belajar sabar kaya ente Pa...

      trimekasih Pa

      Delete
    7. Dear Sdr Ano

      Sebetulnya saya sudah buat 3 artikel bersambung yg menjelaskan tentang kultus yg membandingkan antara SSY dng grup kultus lainnya seperti Mormon dll agar SSY tahu bahwa ternyata semua dasar pengajaran kultus itu sama meskipun memiliki doktrin Alkitab yang berbeda.

      Pada akhirnya memang itu tujuan saya. Saya saat ini sedang membangun rangka berupa link-link yg menuju ke arah sana. Jadi memang tidak mudah karena membutuhkan waktu yg cukup.

      Anda bisa lihat artikel pertamanya di Mengungkap Organisasi Allah Berkedok Agama

      Nanti akan berlanjut terus setelah saya buat rangka artikelnya sehingga ketika pembaca membaca istilah "internalisasi", mereka bisa mengkliknya utk mengetahui apa itu internalisasi dan seterusnya.

      Psikologi kultus memang sangat kompleks karena banyak disalah-mengerti oleh orang. termasuk pendeta. Orang pikir bahwa kultus itu seperti bangsa Israel menyembah patung lembu atau bidat. Padahal bukan demikian berdasarkan pemahaman para ahli.

      Suatu grup kultus memiliki ciri-ciri sendiri yg membuat suatu grup disebut kultus. Sedangkan bidat masalah teologi. Nah, kultus berkedok agama Kristen memanfaatkan ayat-ayat Alkitab sedemikian rupa sebagai suatu pembenaran utk membangun ajarannya; yaitu agar orang taat dan mau melakukan keinginannya dng berpikir bhw pengikutnya itu melakukannya demi Allah. Padahal ya demi pemimpin kultus. Kasusnya sama dng para pembom bunuh diri itu yg rela mati mengira mereka sedang mati syahid krn berada di jalan Allah. Padahal faktanya, mereka hanya dimanfaatkan demi kepentingan/obyektif pemimpin kultus.

      Inilah apa yg saya ungkap di sini dan betapa bahayanya kultus itu. Jika saya boleh katakan "ajaran bidat membawa manusia ke dalam neraka sedangkan ajaran kultus tidak saja membawa manusia ke neraka tetapi ketika pengikutnya hidup pun diperbudak demi obyektif sang pemimpin."

      Saya juga tidak sabar menghadapinya, tetapi saya coba menjelaskannya sebisa mungkin dng harapan Roh Kudus bekerja di dalam hati dan pikiran SSY.

      Bahasa Inggris mengatakan "It's a dirty job, but somebody got to do" (Ini pekerjaan kotor, tetapi seseorang harus mengerjakannya juga) mengingat secara aktif SSY menyesatkan umat Kristen yg tidak paham apa itu SSY sesungguhnya.

      Saya pribadi gak kepikir mengerjakannya, tetapi setelah 2 tahun mengerjakannya. . . saya semakin sadar mengapa Tuhan memberi beban ini pd saya. Mengapa harus saya; bukan pendeta atau orang lain. Bgm Tuhan membuka semua jalan sehingga saya memahami begitu jernih setiap aspek psikologi kultus dan apa yg ada dibenak setiap SSY. Dan bgm membuat orang Kristen tahu dan sadar kesesatan SSY tanpa mendiskusikan doktrin yg rumit bagi banyak orang tapi semua orang tahu dan dpt menyimpulkan: SSY SESAT!

      Segala hormat dan pujian hanyalah bagi Tuhan Yesus Kristus, TUHAN semesta alam.

      Amin

      Delete
    8. Salam Pa Awi....

      Ane udeh coba meluncur ke link nyang Pa Awi kasih, ciamiikkk.....ente bener2 jempolan, sekarang jadi lebih jelas, trimekasih, ane percaye kalo ente ade nyang bimbing, ente ga ade untung secara materi bikin blog enih tapi ente lakuin dengen sungguh2, luar biase pekerjaan TUHAN.

      Ane baru sekedar mluncur, belon bener2 ngebace artikel, tapi sepintas emang enih maksud ane, ane bakal baca ntar lebih teliti supaye ane paham ape ntuh kultus, trimekasih Pa Awi.

      Ane ikut berdo'a semoge 'pekerjaan' ente enih selalu dituntun ame Roh Kudus, Allah kite, dan bakal jadi hormat ame pujian bagi TUHAN Yesus Kristus, amen.

      tetep semangat Pa Awi, ane banyak belajar dari blog ente enih, trimekasih.

      Delete
  3. Dear pak Awi,

    Trimakasih atas kupasannya, menjadi bahan masukan buat saya pribadi dan mungkin juga buat lembaga MP nantinya.

    Tapi ijinkan saya komentari beberapa aspek dari artikel anda di thread anda ini.

    Pertama : pak Awi mengutip brosur Menara Pengawal, 15/5/2006, hlm. 22, tetapi hanya paragraf 8 saja (seolah anda hendak menutupi hal yg lain yang lebih penting dan hanya menonjolkan satu hal saja agar argumentasi anda bhw hanya SSY saja yg selamat menurut lembaga MP menjadi valid). Jika anda lanjutkan ke paragraf-paragraf selanjutnya, maka pengertian sesungguhnya akan menjadi lebih jelas. Contoh, baca paragraf 11 di majalah tersebut.

    11. Untuk selamat dari akhir sistem fasik sekarang, dibutuhkan lebih dari sekadar percaya bahwa sistem ini akan dibinasakan. Kita harus memperlihatkan iman, memanfaatkan sepenuhnya sarana penyelamatan dari Allah. Tentu saja, kita perlu memperlihatkan iman akan korban tebusan Putra Allah, Yesus Kristus. (Yohanes 3:16, 36) Namun, kita hendaknya ingat bahwa hanya mereka yang benar-benar berada dalam bahtera Nuh yang selamat dari Air Bah. Demikian pula, kota-kota perlindungan di Israel zaman dahulu menyediakan perlindungan bagi orang yang tidak sengaja membunuh hanya jika ia pertama-tama lari ke kota tersebut dan kemudian tinggal di dalamnya hingga kematian imam besar. (Bilangan 35:11-32) Dalam tulah kesepuluh atas Mesir pada zaman Musa, putra sulung orang Mesir dibunuh, tetapi putra sulung orang Israel diluputkan. Mengapa? Yehuwa telah menginstruksikan Musa, ”Mereka [bangsa Israel] harus mengambil sedikit dari darah [domba Paskah] dan memercikkannya pada kedua tiang pintu dan ambang pintu dari rumah di mana mereka akan memakannya. . . . Dan tidak seorang pun dari antara kamu boleh keluar dari pintu masuk rumahnya hingga pagi.” (Keluaran 12:7, 22) Putra sulung mana di antara orang Israel yang akan berani mengabaikan instruksi Allah tersebut dengan keluar dari rumah yang ditandai dengan percikan darah pada kedua tiang pintu dan ambang pintunya?

    Jika kita cermati bersama, sebenarnya ada 2 point yang ditonjolkan di sana, yang pertama BERGANTUNG PADA IMAN KPD YEHUWA DAN YESUS KRISTUS, dan yang kedua BERGANTUN PADA LOYALITAS TERHADAP BAGIAN DARI ORGANISASI ALLAH. Jadi jangan ambil sepotong-potong saja pak Awi.

    Artikel menara pengawal tersebut sebenarnya mengambil contoh kasus pada zaman Nuh, bahwa yang dibutuhkan tidak hanya sekedar ber-Iman tetapi juga mengambil keputusan untuk masuk ke dalam Bahtera Nuh - itu konteks artikel yang anda kutip pak Awi. Nah...bahtera Nuh yang dimaksudkan tersebut direpresentasikan dengan organisasi sidang Kristen yang sejati (menurut penafsiran lembaga MP) - contoh case: saya yakin semua organisasi susunan Kristen protestan juga menganggap bhw agamanyalah yg benar, agama Islam tidak memperoleh keselamatan.

    Sekarang saya mau tanya anda, apakah dalam pandangan anda sebagai seorang Kristen, keselamatan dapat terjadi di dalam segala macam agama-agama yang ada di dunia ini? jika tanya kpd para cendikiawan Kristen mereka pasti akan menjawab TIDAK ! sebab tidak ada jalan keselamatan selain dari Kristus. Saya tahu anda pasti akan mengelak dengan mengatakan bahwa keselamatan hanya cukup jika seseorang beriman kpd Yesus Kristus (beberapa konsep teologis Kristen mengatakan hal demikian), tetapi jika saya lanjutkan pertanyaannya, apakah beriman kpd Yesus saja cukup tanpa bergabung menjadi seorang Kristen? apakah seorang yg beriman kpd Yesus tetapi tidak mau masuk Kristen dan tetap beragama Islam atau Budha bisa selamat? bagaimana pendapat pak Awi?

    Namun demikian pendapat saya di awal tetap tidak berubah, bahwa menurut saya pribadi keselamatan seseorang pada akhirnya tetap akan ditentukan oleh Allah Yehuwa sendiri. Namun dalam konteks pilihan keberpihakan spiritual, seseorang memang perlu menentukan sikap dengan tegas, dia bergabung dengan agama apa.


    Rgds,
    Reinold

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear Sdr Reinold

      Izinkan saya meringkas diskusi kita dulu agar jelas posisi masing2 sebelum menjawab keberatan Anda.

      Anda tulis:

      Trimakasih atas kupasannya, menjadi bahan masukan buat saya pribadi dan mungkin juga buat lembaga MP nantinya.


      Jawaban AWI:

      Rupanya Anda menyiratkan bhw benar LMP telah melakukan kebohongan publik shg dpt menjadi masukkan Anda pribadi setelah membaca ulasan saya.

      Dan Anda belum menjawab 3 pertanyaan yg saya ajukan tentang organisasi Saksi Yehuwa yg sesungguhnya di sini

      Anda tulis:

      Namun demikian pendapat saya di awal tetap tidak berubah, bahwa menurut saya pribadi keselamatan seseorang pada akhirnya tetap akan ditentukan oleh Allah Yehuwa sendiri.


      Jawaban AWI:

      Jelas pendapat Anda itu bertentangan dng ajaran organisasi SSY krn kaum terurap memiliki peran juga.

      Skrg saya bahas keberatan Anda

      Anda tulis:

      Pertama : pak Awi mengutip brosur Menara Pengawal, 15/5/2006, hlm. 22, tetapi hanya paragraf 8 saja (seolah anda hendak menutupi hal yg lain yang lebih penting dan hanya menonjolkan satu hal saja agar argumentasi anda bhw hanya SSY saja yg selamat menurut lembaga MP menjadi valid). Jika anda lanjutkan ke paragraf-paragraf selanjutnya, maka pengertian sesungguhnya akan menjadi lebih jelas. Contoh, baca paragraf 11 di majalah tersebut.


      Jawaban AWI:

      Silahkan Anda klik artikel Penyembah Berhala Modern yg membahas detail ttg ajaran bergabung dng organisasi SSY utk beroleh selamat.

      Anda tulis:

      Jika kita cermati bersama, sebenarnya ada 2 point yang ditonjolkan di sana, yang pertama BERGANTUNG PADA IMAN KPD YEHUWA DAN YESUS KRISTUS, dan yang kedua BERGANTUN PADA LOYALITAS TERHADAP BAGIAN DARI ORGANISASI ALLAH. Jadi jangan ambil sepotong-potong saja pak Awi.


      Saya sangat memahami bhw SSY juga mengajarkan bhw utk beroleh selamat juga bergantung iman pd Yehuwa dan Yesus Kristus. Dan ulasan saya merupakan pemahaman dr perspektif psikologi kultus.

      Seperti yg saya telah katakan bhw dlm sebuah kultus ada teknik mind control indirect directives yaitu pernyataan tersurat dan tersirat. Pernyataan tersirat lebih penting dr pd pernyataan tersurat. Contohnya adalah:

      Pernyataan tersurat: Beriman kepada Yehuwa dan Yesus >>> Selamat
      Pernyataan tersirat: Bergabung dng organisasi >>> Selamat

      Utk mengetahui pernyataan tersurat atau tersirat yg lebih penting/berlaku, saya ajukan pertanyaan berikut ini:

      Bisakah seseorang melayani (termasuk beriman + melakukan kehendak Yehuwa + Yesus) Allah tanpa bergabung dng organisasi SSY? Tolong jawab ya.

      Jika Anda menjawab dng jujur berdasarkan ajaran SSY; Anda akan menemukan mana pernyataan yg sesungguhnya lebih penting/berlaku; tersirat atau tersurat. Nah dlm konteks ini saya mengabaikan bagian lainnya krn iman pada Yehuwa + Yesus hanyalah suatu kamuflase.

      (bersambung)

      Delete
    2. Anda tulis:

      Artikel menara pengawal tersebut sebenarnya mengambil contoh kasus pada zaman Nuh, bahwa yang dibutuhkan tidak hanya sekedar ber-Iman tetapi juga mengambil keputusan untuk masuk ke dalam Bahtera Nuh - itu konteks artikel yang anda kutip pak Awi. Nah...bahtera Nuh yang dimaksudkan tersebut direpresentasikan dengan organisasi sidang Kristen yang sejati (menurut penafsiran lembaga MP) - contoh case: saya yakin semua organisasi susunan Kristen protestan juga menganggap bhw agamanyalah yg benar, agama Islam tidak memperoleh keselamatan.


      Jawaban AWI:

      Semua organisasi Protestan – terlepas dari gereja mana pun - percaya bhw beriman kepada Yesus pasti selamat. Sebaliknya, apa yg dicontohkan LMP adalah hanya yg bergabung dng SSY beroleh selamat sedangkan Kristen lainnya tidak.

      Jika Anda memberi contoh Islam vs Protestan maka jelas tidak valid krn iman dan kitab sucinya masing-2 berbeda. Sebaliknya, SSY mengaku Kristen tp mengklaim hanya SSY yg selamat, lainnya tidak. Sebaliknya Protestan mengatakan – terlepas dr gereja mana – jk percaya Yesus ya selamat.

      Anda tulis:

      apakah dalam pandangan anda sebagai seorang Kristen, keselamatan dapat terjadi di dalam segala macam agama-agama yang ada di dunia ini? jika tanya kpd para cendikiawan Kristen mereka pasti akan menjawab TIDAK ! sebab tidak ada jalan keselamatan selain dari Kristus. Saya tahu anda pasti akan mengelak dengan mengatakan bahwa keselamatan hanya cukup jika seseorang beriman kpd Yesus Kristus (beberapa konsep teologis Kristen mengatakan hal demikian), tetapi jika saya lanjutkan pertanyaannya, apakah beriman kpd Yesus saja cukup tanpa bergabung menjadi seorang Kristen?


      Jawaban AWI:

      Saya meyakini keselamatan hanya iman kpd Kristus dan ini cukup tanpa bergabung dng organisasi Kristen manapun. Alkitab tidak mengajarkan kita harus bergabung dng suatu organisasi Kristen manapun utk melengkapi keselamatan yg saya peroleh. Ketika saya percaya kepada Kristus dan dibaptis otomatis menjadi Kristen.

      Contohnya saya dan banyak teman2 saya memiliki pemahaman seperti saya. Saya tidak tergabung dng gereja manapun saat ini. Namun demikian, saya melayani di sebuah gereja dan gereja itu tidak pernah menanyakan apakah saya sudah jadi anggota atau belum. Tidak ada yg peduli. Pendeta dan jemaat lainnya memandang saya sebagai bagian dari tubuh Kristus, bukan bagian dari anggota suatu organisasi. Jk saya berhalangan, kerap kali saya beribadah ke gereja lain dan gereja yg biasa saya kunjungi tidak keberatan krn memandang gereja lain sebagai bagian dari tubuh Kristus juga.

      Seharusnya Kristus melampaui organisasi kekristenan manapun krn kepala gereja adalah Kristus dan setiap orang mengikuti Kristus, bukan sebuah organisasi ataupun pendeta ataupun badan pimpinan.

      Anda tulis:

      apakah seorang yg beriman kpd Yesus tetapi tidak mau masuk Kristen dan tetap beragama Islam atau Budha bisa selamat? bagaimana pendapat pak Awi?


      Jawaban AWI:

      Ketika seseorang beriman pd Yesus ya otomatis jadi Kristen. Bgm tetap menjadi Muslim dan Budhis? Suatu hal yg tidak masuk akal.

      Salam kasih Tuhan Yesus

      Delete
    3. brur Reinold, mane nih publikasi nyang merevisi Majalah MP, 1/9/1989 hlm. 19, spt kate ente : '"Mungkin pak Awi tidak tahu, bahwa beberapa tahun yg lalu lembaga MP pernah menyarankan agar membuang buku2 atau artikel publikasi yang sudah direvisi isinya agar tidak lagi dipakai sbg bahan dalam memimpin PAR, karena isinya sudah tidak valid lagi."

      Mane brur Reinold publikasi revisinye..?? ente boong ye..??

      Delete
    4. Dear pak Awi, berikut argumentasi jawaban dari saya.

      Jawaban AWI: Jelas pendapat Anda itu bertentangan dng ajaran organisasi SSY krn kaum terurap memiliki peran juga.

      Lho koq bertentangan?, samasekali tidak bertentangan pak !, anda sendiri mengutip statement yg gamblang dari MP sebelumnya :

      http://www.jw.org/id/saksi-saksi-yehuwa/pertanyaan-umum/siapa-diselamatkan/

      Saya kutip bagian akhir dari tulisan di situs tsb sbb : "............ Dan juga, banyak orang yang hidup sekarang mungkin akan mulai melayani Allah, dan mereka pun akan diselamatkan. Yang pasti, kami tidak berhak menghakimi siapa yang akan selamat atau tidak. Tugas itu sepenuhnya ada di tangan Yesus.—Yohanes 5:22, 27."

      Di kalimat terakhir jelas ditulis "Yang pasti, kami/SSY tidak berhak menghakimi siapa yg selamat atau tidak, tugas itu sepenuhnya ada di tangan Yesus !!!!"

      Makanya di awal comment saya berpendapat bahwa pernyataan dulu dari MP bahwa hanya SSY saja yang selamat SUDAH TIDAK VALID, itu menurut pendapat saya.

      Awi menulis : ........Nah dlm konteks ini saya mengabaikan bagian lainnya krn iman pada Yehuwa + Yesus hanyalah suatu kamuflase.

      Wah...wah..Luarbiasa pak Awi ini, anda telah menghakimi secara sepihak bhw SSY menyebut bhw iman pkd Yehuwa + Yesus hanyalah suatu kamuflase. Hati-hati loh pak menghakimi orang lain, biarlah Yehuwa dan Yesus yang akan menjadi hakim atas statement pak Awi kelak.

      pak Awi bertanya : Bisakah seseorang melayani (termasuk beriman + melakukan kehendak Yehuwa + Yesus) Allah tanpa bergabung dng organisasi SSY? Tolong jawab ya.

      Pertanyaan itu bisa juga saya pakai utk balik bertanya kpd anda : Bisakah seseorang melayani (termasuk beriman + melakukan kehendak Yesus) Allah, tanpa bergabung dng agama Kristen? Tolong jawab ya.

      Anda paham maksud saya pak Awi? maksud saya, seseorang tidak cukup hanya beriman saja, dia perlu memutuskan bergabung kepada agama apa dan beribadah di persekutuan ibadah yg mana? tidakkah anda setuju dengan saya pak Awi? dan Alkitab samasekali tidak mengajarkan bahwa semua agama itu sama saja, tetapi Alkitab secara implisit mengajarkan paham bahwa Agama yg benar CUMA ADA SATU SAJA ! Allah selalu memilih satu umat atau satu kelompok yang terorganisasi dari dulu di zaman Alkitab, jadi silahkan memutuskan sendiri ke agama mana anda dan saya bergabung. Bukankah demikian pak Awi?

      Awi menulis: Semua organisasi Protestan – terlepas dari gereja mana pun - percaya bhw beriman kepada Yesus pasti selamat. Sebaliknya, apa yg dicontohkan LMP adalah hanya yg bergabung dng SSY beroleh selamat sedangkan Kristen lainnya tidak.

      Lagi-lagi pak Awi menutup-nutupi statement lain dari organisasi dengan menulis "apa yg dicontohkan LMP adalah HANYA YG BERGABUNG DENGAN SSY BEROLEH SELAMAT sedangkan Kristen lainnya tidak" .... padahal nyatanya bukan demikian ! ada syarat lain yang lebih penting yaitu beriman terhadap Allah Yehuwa dan Yesus Kristus !

      Awi menulis : Saya meyakini keselamatan hanya iman kpd Kristus dan ini cukup tanpa bergabung dng organisasi Kristen manapun. Alkitab tidak mengajarkan kita harus bergabung dng suatu organisasi Kristen manapun utk melengkapi keselamatan yg saya peroleh. Ketika saya percaya kepada Kristus dan dibaptis otomatis menjadi Kristen.

      Ya, saya setuju, berarti logikanya SSY juga otomatis menjadi Kristen dong karena SSY percaya kepada Kristus, dan iman terhadap Yesus Kristus merupakan salahsatu syarat terpenting bagi SSY, atau syarat utk dapat bergabung menjadi anggota jemaat SSY. Koq kelihatannya sukar sekali pak Awi memahami kerangka logikanya?

      Regards,
      Reinold

      Delete
    5. Pa Awi...maap nih ye, cume mau ngasih saran, ga usah diladenin dah orang nyang kaye Reinold, sie-sie, ga begune, pan die belum bise buktiin tuh ade dipublikasi mane nyang mungkin Pa Awi kaga tau tentang publikasi nyang merevisi Majalah MP, 1/9/1989 hlm. 19

      trimekasih

      Delete
    6. Dear Sdr Ano

      Memang tidak ada niat utk memperpanjang lagi. Saya rasa cukup krn masih banyak artikel-artikel yg harus saya buat utk mencerahkan orang-orang Kristen lainnya agar tidak terjebak dan terjerat dng sebuah organisasi kultus berkedok agama Kristen.

      Jika memang seorang adalah milik Tuhan, pastinya ia memahami apa yg saya tulis tanpa perlu berargumentasi krn Roh Kudus sendiri akan bekerja utk menyadarkannya. Jika memang kasih karunia keselamatan tidak diberikan. Ya, siapakah saya mencoba mengubahnya?

      Salam kasih Tuhan Yesus

      Delete
    7. Jawaban buat pak Ano,

      Ano menulis : brur Reinold, mane nih publikasi nyang merevisi Majalah MP, 1/9/1989 hlm. 19, spt kate ente : '"Mungkin pak Awi tidak tahu, bahwa beberapa tahun yg lalu lembaga MP pernah menyarankan agar membuang buku2 atau artikel publikasi yang sudah direvisi isinya agar tidak lagi dipakai sbg bahan dalam memimpin PAR, karena isinya sudah tidak valid lagi." Mane brur Reinold publikasi revisinye..?? ente boong ye..??

      Jawaban Reinold : pak Ano, coba simak baik-baik tulisan saya yg dikutip pak Awi di thread ini bagian atas (di dalam kotak warna kuning) - di situ pernyataan saya tertulis "Jadi pernyataan awal bhw hanya ssy saja yg selamat SUDAH TIDAK VALID LAGI, dan sudah ditinggalkan konsepnya oleh SSY zaman modern ini.
      ---- Apakah saya pernah mengatakan tentang publikasi yang merevisi Majalah MP, 1/9/1989 hlm.19 seperti tuduhan anda bung Ano? samasekali tidak ! Itu adalah pendapat pribadi saya (pak Awi paham itu, hanya bung Ano saja yang tidak paham), makanya pak Awi comment ke saya : Jawaban AWI ke saya : Jelas pendapat Anda itu bertentangan dng ajaran organisasi SSY krn kaum terurap memiliki peran juga.
      Lalu saya jawab lagi : Lho koq bertentangan?, samasekali tidak bertentangan pak !, anda sendiri mengutip statement yg gamblang dari MP sebelumnya :

      http://www.jw.org/id/saksi-saksi-yehuwa/pertanyaan-umum/siapa-diselamatkan/

      Saya kutip bagian akhir dari tulisan di situs tsb sbb : "............ Dan juga, banyak orang yang hidup sekarang mungkin akan mulai melayani Allah, dan mereka pun akan diselamatkan. Yang pasti, kami tidak berhak menghakimi siapa yang akan selamat atau tidak. Tugas itu sepenuhnya ada di tangan Yesus.—Yohanes 5:22, 27."

      Di kalimat terakhir jelas ditulis "Yang pasti, kami/SSY tidak berhak menghakimi siapa yg selamat atau tidak, tugas itu sepenuhnya ada di tangan Yesus !!!!"

      Makanya di awal comment saya berpendapat bahwa pernyataan dulu dari MP bahwa hanya SSY saja yang selamat SUDAH TIDAK VALID, itu menurut pendapat saya. Jadi pendapat saya tidak bertentangan dengan pernyataan terakhir dari MP.

      Nah, kalau pak Awi mengatakan bahwa tulisan MP itu saling bertentangan, itu baru saya setuju dan sependapat dengan pak Awi. Dari dulu juga ada kontradiktif di antara beberapa tulisan MP, ada yang memang diberitahukan hasil revisinya dalam edisi terbitan terbaru, tetapi ada juga yang tidak diterbitkan revisinya. Tetapi jika pun tidak ada terbitan yang menjelaskan revisinya dari lembaga, saya pribadi akan tetap menggunakan yang terakhir (The Latest Information), dan yang palin logis serta sesuai berdasarkan Alkitab dari lembaga, jika bertentangan maka saya tidak akan menerima artikel lembaga MP semacam itu meskipun saya seorang SSY. Sudah jelas ya pak Ano ?

      Contohnya, saya pribadi sudah membuang buku-buku lama seperti buku Hidup Kekal (hard cover sampul warna merah) dan tidak pernah lagi menggunakan buku tersebut dalam PAR saya. Coba anda tanyakan kepada rekan-rekan anggota jemaat SSY, adakah diantara mereka yang masih menggunakan buku Hidup Kekal tersebut sebagai bahan PAR. Dan saya pernah mendengar khotbah dari perwakilan kantor cabang SSY yang mengatakan bahwa buku-buku lama jangan lagi dipakai sbg alat belajar Alkitab.

      Jadi saya sampai detik ini tetap berpegang dengan pernyataan lembaga MP yang masuk akal : "Yang pasti, kami (atau SSY) tidak berhak menghakimi siapa yang akan selamat atau tidak. Tugas itu sepenuhnya ada di tangan Yesus.—Yohanes 5:22, 27."

      Pernyataan lembaga MP tersebut menurut saya sudah "mematikan" atau membuat pernyataan sebelumnya "bhw hanya SSY yang selamat" menjadi tidak Valid lagi.

      regards,
      Reinold.

      Delete
    8. Oke deh brur Reinold....

      Sebenernye, bikin sale/salah ntuh manusiawi, ane ga ade maksud korek2 borok ente selame ksalahan nyang ente bikin ntuh bener2 kekhilafan, tapinye ane ga liat ksalahan ente ntuh kekhilafan tapi tetep pengelabuan, mangkenye spy nyang 'lugu'( nyang belom tau tabiat lmp n ssy) ga 'terpedaye' ame ulah ente2 pade, terpaksa ane tunjukin dimane pengelabuan ente.

      Ane bahas ye :
      Ente bilang : "Mungkin pak Awi tidak tahu, bahwa beberapa tahun yg lalu lembaga MP pernah menyarankan agar membuang buku2 atau artikel publikasi yang sudah direvisi isinya agar tidak lagi dipakai sbg bahan dalam memimpin PAR, karena isinya sudah tidak valid lagi."

      Konteks nyang lg di bahas pan Majalah MP, 1/9/1989 hlm. 19, artinye ente komen kaye tulisan ente diatas pas lg ngebahas majalah ntuh, jd seolah-olah ente mau bilang pernyataan majalah diatas udah direvisi oleh nyang Pa Awi mungkin ga tau.
      Pertanyaannye, ente jawab ye spy ktauan ente emang khilaf ape mau ngelabuin..:

      - . koment ente "bahwa beberapa tahun yg lalu lembaga MP pernah "menyarankan" agar membuang buku2 atau artikel publikasi yang sudah direvisi isinya agar tidak lagi dipakai sbg bahan dalam memimpin PAR", nah dari mane ente tau lmp 'nyaranin', pastinye ade di suatu publikasi pan..?? nah tolong deh di copas in dimari publikasi ape no brpe, tanggal-bulan n taun berape n sarannye bunyinye gimane (kaya Pa Awi dong jelas kalo copas publikasi, ga asal ngomong) supaye kite tau bener ga kalo ade saran LMP untuk ngebatalin pernyataan majalah MP 1/9/1989 hlm. 19
      tolong di jawab ye.....

      Ente nanye : "Apakah saya pernah mengatakan tentang publikasi yang merevisi Majalah MP, 1/9/1989 hlm.19 seperti tuduhan anda bung Ano? samasekali tidak !
      Okeh, begini deh, ade suatu 'frase' dr koment ente nyang mungkin ente pure-pure ga liat padahal jelas banget : '"Mungkin pak Awi tidak tahu, bahwa beberapa tahun yg lalu lembaga MP pernah menyarankan .....'

      Nah ene mao tanye, ente tau darimane ade 'saran' dr lmp kalo bukan dari publikasi..??
      Karne ane tau ssy ntuh cuman 'makan' (rohani) dari publikasi lmp, ane belon tau kalo lmp suka nyaranin selaen lewat publikasi, lewat mane lagi..?? Cobe deh ane mao tau, ente lg nyoba 'ngelabuain' ape ngga.....

      Nah...kalo ente anggap bahwe publikasi : "http://www.jw.org/id/saksi-saksi-yehuwa/pertanyaan-umum/siapa-diselamatkan/" enih merevisi majalah MP, ya boong banget, sedeng si brur Ivan aje bilang tuh publikasi ngga merevisi majalah MP 1/9/1989 hlm. 19, tanya deh brur Ivan, ente pan sahabatnye....

      Ente kudu liat frase : "............ Dan juga, banyak orang yang hidup sekarang mungkin akan "mulai melayani" Allah,......", ente kudu paham (jangan belaga pilon ente ga paham), doktrin lmp 'melayani Allah adalah KUDU, HARUS jadi anggota lmp alias jadi ssy.

      nih ane copas in biar ente ga belaga pilon belon perne tau doktrin lmp :
      "Janganlah menarik kesimpulan bahwa ada jalan atau cara yang berbeda-beda yang dapat saudara tempuh untuk memperoleh kehidupan dalam sistem baru Allah. Hanya ada satu. Hanya ada satu bahtera yang selamat melampaui Air Bah, bukan sejumlah kapal. Selain itu, hanya akan ada satu organisasi — organisasi Allah yang kelihatan — yang akan selamat melampaui “sengsara yang besar,” yang semakin dekat. Sama sekali tidak benar bahwa semua agama menuntun ke satu tujuan. (Matius 7:21-23; 24:21, Bode) Saudara harus menjadi bagian dari organisasi Yehuwa, melakukan kehendak Allah, agar dapat menerima berkat-berkat-Nya berupa kehidupan kekal.—Mazmur 133:1-3". (Saudara Dapat Hidup Kekal dalam Firdaus di Bumi, hlm. 255),

      jangan lagi ente ngomong publikasi 'Saudara Dapat Hidup Kekal dalam Firdaus di Bumi' udeh ga valid lagi, ktauan ngibulnye ente ntar.

      Delete
    9. Nah sekarang menurut ente nih, frase : " Yang pasti, kami tidak berhak menghakimi siapa yang akan selamat atau tidak. Tugas itu sepenuhnya ada di tangan Yesus.—Yohanes 5:22, 27." (http://www.jw.org/id/saksi-saksi-yehuwa/pertanyaan-umum/siapa-diselamatkan/)
      Pernyataan organisasi enih 'ngelabuain ape ngga..?? boong ape ngga nih organisasi kalo kite bandingin ame publikasinye nyang enih : " (Saudara Dapat Hidup Kekal dalam Firdaus di Bumi, hlm. 255)..?? Kontradiktip banget kan..??

      Trus ente enih emg bener2 ga nyadar, teori nyang Pa Awi tulis ttg 'mind control' bener2 nyate kliatan di ente, tau ga nyang mane..?? nih ye :

      Perasaan Ente nih, perhatiin kalo enih perasaan ente doang atau ente pikir seolah-olah ente boleh nentuin, nyang menurut ente bener aje nyang ente terime dari doktrin lmp kalo ente rasa ga bener ente boleh ga terime, makenye ente tulis :

      "Tetapi jika pun tidak ada terbitan yang menjelaskan revisinya dari lembaga, saya pribadi akan tetap menggunakan yang terakhir (The Latest Information), dan yang palin logis serta sesuai berdasarkan Alkitab dari lembaga, jika bertentangan maka saya tidak akan menerima artikel lembaga MP semacam itu meskipun saya seorang SSY."

      Ane ga tau, koment ente ntuh, ape ente cobe2 ngelabuin pembace atawe ini pengaruh 'mind control'.

      Perne baca publikasi enih ga ya ente..? :

      Berjuang Melawan Cara Berpikir Bebas

      Seraya kita mempelajari Alkitab kita belajar bahwa Yehuwa selalu membimbing hamba-hambaNya dengan suatu cara yang terorganisir. Dan sama seperti pada abad pertama hanya ada satu organisasi Kristen yang benar, demikian pula dewasa ini Yehuwa menggunakan hanya satu organisasi. (Efesus 4:4, 5; Matius 24:45-47) Namun ada orang-orang yang menyatakan bahwa organisasi pernah harus membuat perubahan-perubahan, dan karena itu mereka berdalih, ”Ini memperlihatkan bahwa kita harus memutuskan sendiri apa akan kita percayai.” Hal ini adalah cara berpikir bebas. Mengapa ini demikian berbahaya?

      Cara berpikir demikian merupakan bukti dari keangkuhan. Dan Alkitab mengatakan, ”Kecongkakan mendahului kehancuran, dan tinggi hati mendahului kejatuhan.” (Amsal 16:18) Jika kita mulai berpikir bahwa kita mengetahui lebih baik dari pada organisasi, hendaknya kita bertanya pada diri sendiri, ”Pertama-tama, di mana kita belajar kebenaran Alkitab?Apakah kita akan tahu jalan kebenaran jika kita tidak mendapat bimbingan dari organisasi? Sebenarnya, dapatkah kita maju tanpa petunjuk organisasi Allah?” Tidak, kita tidak dapat!—Bandingkan Kisah 15:2, 28, 29; 16:4, 5. (Menara Pengawal 15 Jan 1983 hlm.27)

      Juge nyang enih :

      Hindari Cara Berpikir Bebas (Independen)

      Sejak awal dari pemberontakannya Setan meragukan cara Allah melakukan segala sesuatu. Ia mengembangkan cara berpikir bebas. ’Kau dapat memutuskan sendiri apa yang baik dan buruk,’ kata Setan kepada Hawa. ’Kau tidak usah mendengarkan kepada Allah. Ia sebenarnya tidak mengatakan kebenaran kepadamu.’ (Kejadian 3:1-5) Sampai hari ini, siasat Setan yang licik ialah mempengaruhi umat Allah dengan cara berpikir demikian.—2 Timotius 3:1, 13.

      Bagaimana cara berpikir bebas seperti itu dinyatakan? Suatu cara yang umum ialah dengan meragukan nasihat yang disediakan oleh organisasi Allah yang kelihatan. (ibid, hlm. 22)

      Kecuali kita berhubungan dengan saluran komunikasi yang Allah gunakan, kita tidak akan maju pada jalan menuju kehidupan, tidak soal berapa banyak pembacaan Alkitab kita lakukan.—Bandingkan Kisah 8:30-40. (Menara Pengawal, 1/12/1981, hlm. 27)

      Delete
    10. Kalo ente belon perne bace publikasi ntuh, komen ente diatas sah2 aje, ente udeh perne baca belon publikasi diatas..?? udeh berape lame ente jadi ssy..?? supaye ane tau kondisi ente.

      Kalo ente udeh perne bace n ente tetep komen seperti nyang diatas entuh, cume ade 2 kemungkinan : ente lg cobe ngelabuin atawe nipu pembace n kemungkinan kedue ente sedeng terpengaruh 'mind control' nye lmp karne ente ga berase kalo ente KUDU nurut ame lmp, jadi seoleh oleh ente ngerase.ente ga dipakse lmp harus nurut

      Kalo ente mau ngikutin tabiat ssy kaye Pa Budi (BD), ente jawab aje ente belon perne bace tuh publikasi, tapi artinye ente menipu diri ente kendiri, menyangkali diri kendiri, terserah ente....ente pengen punye bapa si iblis itu pilihan ente......

      trimekasih

      Delete
    11. Maaf yah Bpk. Awi, seberapa dlm anda mengenali dan mengetahui organisasi SSY? Sehingga anda dng berani dan gamblang memposting dan berkomentar mengenai organisasi ini? Dan saya ingin memperjelas saja yah ! jika seseorang dia memiliki iman, dia melakukan kehendak Yehuwa dan Yesus tanpa dia bergabung dng organisasinya, bagaimana bisa dia melakukan perintah Yesus yg plng terbesar Mat. 24:14;28:19,20 dan bagaimana bisa ia terus mendapat pengetahuan mengenai Allah yg benar Yehuwa dan maksud tujuannya. Juga mengenai Yesus Kristus. Dan jika memang ia benar2 beriman akan Yehuwa dan Yesus setidaknya dia juga harus membuktikan itu dng membuat pernyataan bahwa dia bnr2 mendukung dn berpihak pd Kerajaan Allah dng bergabung dn dpt bersama2 yg lain trus blari sampai ke akhir. Dan organisasi ini benar2 di dukung dan disertai oleh Yehuwa dan Yesus. Buktinya? Organisasi ini walaupun di tentang bahkan mau di musnahkan tapi sampai skarang? Apa yg terjadi? Organisasi ini semakin berkembang bahkan semakin banyak yg bergabung dan ini mewujudkan nubuat di yes. 60:22. Klu organisasi ini sesat, pasti organisasi ini tdk akan bertahan bahkan semaju ini. Sama halnya juga dengan Alkitab. Sejarah Alkitab dulu bgm? Bnyk kan yg mau musnahin? Tp apa yg terjadi? Alkitab kini bisa dicetak bahkan lbh bnyk dr kitab2 lain. Mgp sampai tdk musnah? Jwbnnya krn Alkitab itu di ilhami Allah. Coba klu gak, yah pasti Alkitab tdk akan ada sampai skrg. Begitu juga dng organisasi SSY. *sekian* oh iya sampai lupa, mengenai hny SSy sj yg akan slamat itu tdk benar adanya. SSY mreka tdk pernah di ajar seperti itu, bahkan walaupun seseorang dia tlh menjadi anggota SSY itu bukan jaminan bahwa dia akan Selamat. Lama dan baru, memiliki bnyk pengetahuan maupun yg sedikit sama saja. Tdk ada yg diistimewakan dan tdk menjadi jaminan. Yg menjadi jaminan keselamatan yaitu iman dia akan Yehuwa dan korban tebusan Yesus tentunya disertai perbuatan.

      Delete
    12. Dear Sdr. CC

      Anda tulis:

      Maaf yah Bpk. Awi, seberapa dlm anda mengenali dan mengetahui organisasi SSY?


      My reply:

      Anda dimaafkan. Tidak ada ingin sesumbar, tp saya percaya saya tahu lebih banyak dari Anda ttg organisasi SSY. Contohnya apakah Anda tahu bhw SSY pernah mengaku sebagai nabi Allah? Klik di sini utk buktinya. Dan tahukah Anda bhw SSY juga bernubuat palsu atas nama Allah? Silahkan klik di sini utk buktinya.

      Anda berkata:

      jika seseorang dia memiliki iman, dia melakukan kehendak Yehuwa dan Yesus tanpa dia bergabung dng organisasinya, bagaimana bisa dia melakukan perintah Yesus yg plng terbesar Mat. 24:14;28:19,20 dan bagaimana bisa ia terus mendapat pengetahuan mengenai Allah yg benar Yehuwa dan maksud tujuannya. Juga mengenai Yesus Kristus. Dan jika memang ia benar2 beriman akan Yehuwa dan Yesus setidaknya dia juga harus membuktikan itu dng membuat pernyataan bahwa dia bnr2 mendukung dn berpihak pd Kerajaan Allah dng bergabung . . .


      My reply:

      Buktikan dr Alkitab bhw iman dan melakukan kehendak Yehuwa tidaklah cukup sehingga seseorang hrs bergabung dng sebuah organisasi!

      Tunjukkan di mana seseorang dpt beroleh pengetahuan mengenai Allah yg benar dan maksud tujuan-Nya bergabung dng organisasi SSY?

      Anda berkata:

      Organisasi ini walaupun di tentang bahkan mau di musnahkan tapi sampai skarang? Apa yg terjadi? Organisasi ini semakin berkembang bahkan semakin banyak yg bergabung dan ini mewujudkan nubuat di yes. 60:22


      My reply:

      Argumen kekanak-an dan tidak alkitabiah. Agama Islam memiliki pengikut ke-2 terbesar di dunia ini, apakah Anda setuju Islam jg didukung oleh Yehuwa krn perkembangannya yg pesat?

      Yesus berkata:Masuklah melalui pintu yang sesak itu, karena lebarlah pintu dan luaslah jalan yang menuju kepada kebinasaan, dan banyak orang yang masuk melaluinya; karena sempitlah pintu dan sesaklah jalan yang menuju kepada kehidupan, dan sedikit orang yang mendapatinya.

      Jelas jumlah pengikut yg banyak tidak membuktikan apa-2.

      Anda tulis:

      Klu organisasi ini sesat, pasti organisasi ini tdk akan bertahan bahkan semaju ini. Sama halnya juga dengan Alkitab. Sejarah Alkitab dulu bgm? Bnyk kan yg mau musnahin? Tp apa yg terjadi? Alkitab kini bisa dicetak bahkan lbh bnyk dr kitab2 lain. Mgp sampai tdk musnah? Jwbnnya krn Alkitab itu di ilhami Allah. Coba klu gak, yah pasti Alkitab tdk akan ada sampai skrg.


      Tidak ada hubungannya antara Alkitab yg diilhami Allah dng kesesatan organisasi SSY. Argumen kekanak-an. Silahkan jawab artikel Ajaran Saksi Yehuwa: Bidat Atau Sejati. Buktikan kepada saya ajaran SSY tidaklah sesat.

      Anda tulis:

      mengenai hny SSy sj yg akan slamat itu tdk benar adanya. SSY mreka tdk pernah di ajar seperti itu, bahkan walaupun seseorang dia tlh menjadi anggota SSY itu bukan jaminan bahwa dia akan Selamat.


      My reply:

      Memang organisasi SSY tidak menjamin keselamatan SSY, tetapi jelas organisasi mengajarkan hanya SSY saja yg selamat. Silahkan baca artikel di atas dng baik-baik.

      Salam kasih Tuhan Yesus

      Delete
    13. anda bidat karena tidak di pimpin oleh siapapun. Hanya pikiran anda sendiri yang anda bawakan. tidak menjadi anggota gereja atau organisasi manapun

      Delete
    14. yg penting Bp AWI mengimani Yesus sbg jalan keselamatan & beribadat rutin. Unsur bidatnya nihil. Beda dgn ssy yg menggantungkan keselamatan pribadinya kpd dewan pimpinan LMP yg menyombong sbg penyembah sejati, budak setia & bijaksana. Unsur bidatnya luar biasa. Ajaran warisan Rutherford yg edan masih saja diagung-agungkan.
      Satu abad sudah sangat menjijikkan, game is over, tersingkaplah segala kebusukan ssy kpd seluruh dunia.

      Terima kasih atas kontribusi bpAWI yg telah bekerja diladang Tuhan.
      Amin

      Delete
  4. AWI,,,
    jika Allah punya organisasi surgawiNya demikian juga di bumi
    apakah organisasimu ?

    ReplyDelete
  5. Apakah mungkin SSY mengimani bahwa "budak yang setia dan bijaksana" yg memberi makanan rohani tepat waktu itu adalah penulis blog ini...

    Bagi penulis blog... bagi anda siapa sebenarnya budak setia bijaksana?

    Mohon di tanggapi ya..
    Tia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear Tia,

      You said:

      budak yang setia dan bijaksana" yg memberi makanan rohani tepat waktu itu adalah penulis blog ini


      My reply:

      Bukan. Silahkan klik di sini untuk mengetahui alasan yang menulis blog ini.

      Saya percaya merupakan tugas setiap orang Kristen menyingkapkan ajaran bidat dan kultus yang berusaha menyesatkan dan menjerat orang-orang pilihan.

      You said:

      Bagi penulis blog... bagi anda siapa sebenarnya budak setia bijaksana?


      My reply:

      Budak Setia Dan Bijaksana diklasifikasikan sebagai salah satu "Perkataan Yang Sulit Dari Yesus" sehingga banyak panafsir Alkitab tidak membahasnya dng detail. Bagi saya hanyalah sebuah "perumpamaan" bukan suatu nubuatan seperti yang diklaim oleh badan pimpinan (BP). BP menggunakan perkataan Kristus tsb sebagai justifikasi bhw ayat tsb tergenapi dalam dirinya.

      Ini seperti Muslim percaya bhw perkataan "Parakletos" dalam Yohanes 14:26 yg disebut oleh Yesus menunjuk pada nubuatan kedatangan Muhamad. Demikian juga SSY diajarkan konsep ini oleh BP. Ironisnya, setiap SSY terjerat dan terperangkap pada konsep ini.

      Bagi saya, jika memang konsep hamba setia dan bijaksana seperti yang diajarkan oleh BP adalah benar, sebagai orang dng daya nalar baik, saya memiliki bbrp pertanyaan kepada Anda utk dijawab:

      1. Di bagian manakah dari Alkitab yang mengajarkan bahwa "hanya golongan budak" yang berhak menafsirkan Alkitab dan golongan lainnya hanya menerima saja? Baca di sini utk detailnya.

      2. Jika memang benar ada golongan ini dipilih oleh Kristus pada thn 1914/1919. Mengapa berdasarkan sejarah organisasi sendiri membuktikan mustahil Kristus memilihnya? Silahkan klik di sini untuk buktinya.

      3. Allah Yehuwa adalah Allah yang suci dan kudus (im 19:2). Lalu mengapa organisasi SSY yg mengklaim dirinya representasi dari satu-satunya organisasi Allah di bumi menggunakan dusta? Mungkinkah Allah yang suci gunakan hamba-Nya utk berdusta? Silahkan klik di sini untuk buktinya.

      Berdasarkan pertimbangan-pertimbangan tsb, sebagai manusia yg diberi daya nalar baik oleh Allah bahkan semua manusia di muka bumi akan setuju, saya percaya bahwa klaim-klaim organisasi tidaklah benar karena terbukti hanyalah bualan dan dusta. Hanya organisasi kultus yang berkedok agama Kristen melakukan ini.

      Dan kelihatannya Anda pun terjerat dan terperangkap oleh propaganda organisasi kultus ini.

      Oh ya, jika Anda meyakini konsep yang menjerat setiap SSY sebagai kebenaran berdasarkan Alkitab, silahkan buktikan kepada saya 3 pertanyaan di atas itu adalah keliru. Jika Anda mampu memberikan penjelasaan dng akal sehat, siapa tahu saya juga bisa percaya kepada organisasi ini seperti Anda juga percaya.

      Jika Anda tidak mampu memberikan jawaban yg masuk akal, maaf, saya percaya Anda adalah orang yang lugu karena di zaman seperti ini yang begitu banyak penipuan berkedok agama terjadi, koq bisa percaya pada mitos dan propaganda dusta sebuah organisasi kultus?

      Salam kasih Tuhan Yesus

      Delete
  6. Maksud dari publikasi ssy, tergantung dari kasusnya:

    Dalam kasus wahyu / penghancuran bumi lama : hanya ssy yg selamat

    Dalam kasus pemerintahan milenium / kehidupan jilid dua : semua selamat termasuk raja herodes untuk diajar ulang.

    Imajinasi ssy fleksibel untuk hal2 what next after armagedon. Th 1914 juga hasil imajinasi kakek russell.

    Ngomong2 bergabung saja dgn organisasi jw.org belum cukup untuk selamat. Syarat dan ketentuan harus percaya pd terang baru

    Yg tidak dijamin jw.org adl:

    Saksi yg terlanjur percaya ajaran Yesus adl malaikat jurang maut atau malaikat lucifer

    Saksi yg terlanjur meyakini piramid sbg bagian integral wahyu akhir jaman.

    Saksi yg lebay dalam merespon nubuatan palsu kiamat shg mencoreng nama organisasi

    Saksi yg dulunya mengonsumsi alkohol dan tembakau, termasuk tuan rutherford yg ketangkap basah pengonsumsi berat alkohol.

    Saksi yg golput dalam pemilu malawi

    Saksi yg tidak loyal berdinas, saksi yg hidup semasa terang lama

    Saksi yg percaya pd salib

    Saksi yg tewas kehabisan darah krn keluarganya sendiri menolak menandatangani surat ijin transfusi belum pernah dijamin selamat scr otomatis ( hanya dipuji sudah menyenangkan organisasi ).

    Jika seluruh saksi dikumpulkan baik yg almarhum era russell, era rutherford, era nathan knorr, dan era theokrasi bp lmp, maka terjadi "battle royal", adu paling benar, debat abadi, saling tuding sesat, sontoh mensontoh, suasana kacau balau, hiruk pikuk riuh pasar becek.

    Tahu kan maksudnya? Kakek russell akan marah besar pd teori tiang siksa. Tuan rutherford akan marah besar pada aturan menghindari alkohol dan melepaskan keinginan melanjutkan pendidikan tinggi, dll.

    Salam
    AS

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau dibikin dua2 nya hanya "ssy terang baru" saja yang selamat, baik kasus wahyu dan pemerintahan millenium, maka populasi rakyat kerajaan berjumlah minim, hanya berkisar jutaan saja sesuai data tabulasi sensus organisasi total dikurangi ssy terang lama.

      Maka keran imigrasi dibuka lebar2, spy populasi rakyat kerajaan millenium terlihat keren hingga trilyunan, sampai2 raja herodes lolos jadi warga kerajaan.

      Dengan demikian zona pemerintahan millenium dipantek pada imajinasi bp lmp semata.

      Salam
      AS

      Delete

Tolong SEBUTKAN Nama Atau Initial Anda saat memberi komentar agar memudahkan Mitra diskusi Anda mengidentifikasikan Anda.

Non Kristiani, mohon tidak memberi komentar.

Jika Anda ingin komentar, silahkan klik DI SINI DULU

.