PROPAGANDA DUSTA: Pemilihan Budak Setia Dan Bijaksana

PROPAGANDA INFORMASI SAKSI YEHUWA DUSTA
PROPAGANDA INFORMASI: Pikiran dan Perilaku
PEMBAHASAN INI tidak dapat dipisahkan dari artikel Ciri Kultus: Menggunakan PROPAGANDA INFORMASI. Silahkan klik artikel tersebut untuk memahami apa itu propaganda, tujuan dan bagaimana organisasi Saksi Yehuwa terbukti dan secara efektif menggunakan propaganda informasi di dalam publikasinya. 

Doktrin utama Saksi Yehuwa adalah konsep “budak yang setia dan bijaksana” di mana para Saksi Yehuwa mengultuskannya. Tanpa “budak” ini para Saksi Yehuwa tidak dapat memahami Alkitab dan berhubungan dengan Allah. Perhatikan kutipan yang berwarna merah:
Makanan rohani yang kita terima tepat waktu adalah bukti bahwa Yesus, Sang Kepala sidang, memenuhi janjinya untuk memberi kita makan. Siapa yang ia gunakan? Sewaktu memberitahukan tanda kehadirannya, Yesus juga mengatakan bahwa ia akan menggunakan ”budak yang setia dan bijaksana” untuk memberi pelayan-pelayan rumahnya ”makanan pada waktu yang tepat”. (Baca Matius 24:45-47.) Budak yang setia itu adalah saluran yang Yesus gunakan untuk memberi makan para pengikutnya yang sejati pada zaman akhir ini. Maka, kita perlu mengenali budak yang setia itu. Saluran ini mutlak diperlukan agar kita tetap sehat secara rohani dan memiliki hubungan baik dengan Allah.—Mat. 4:4; Yoh. 17:3. *(Menara Pengawal, 15/7/2013, hlm. 20-25)
Ya, peranan golongan “budak” ini sangat penting bagi Saksi-Saksi Yehuwa. Betapa tidak? Hubungan manusia (Saksi-Saksi Yehuwa) dengan Allah ditentukan pada ketaatan dan kesetiaan kepada “budak” ini. Bahkan keselamatan kekal setiap Saksi Yehuwa bergantung kepadanya. Jika Alkitab mengatakan di luar Kristus tidak ada keselamatan, maka organisasi Saksi Yehuwa mengatakan di luar organisasi Allah tidak ada keselamatan. Silahkan klik Tidak Ada Keselamatan Di Luar Organisasi Yehuwa untuk buktinya. Melalui “budak” inilah Saksi-Saksi Yehuwa mendapatkan makanan rohaninya.

Lalu siapakah golongan “budak” ini dan sejak kapan ada golongan ini? Dulu organisasi mengklaim bahwa Kristus sendiri menetapkan golongan “budak” ini yaitu semua “kaum terurap” yang berjumlah 144.000 orang, tetapi karena adanya terang baru maka diganti; golongan “budak” diidentifikasikan sebagai badan pimpinan Saksi-Saksi Yehuwa. Klik di Perubahan Ajaran (Ams. 4:18) Dan Mempermalukan YESUS yang membahas bagaimana organisasi banyak menggunakan nama Yesus dalam klaim-klaimnya tetapi malah mempermalukan-Nya.

Kapankah Allah Yehuwa menetapkan golongan “budak” ini untuk menjadi “saluran komunikasi”-Nya di bumi? Saksi Yehuwa mengklaim Yesus dan Bapa datang dan menginspeksinya dari tahun 1914 sampai 1919. Pada tahun 1919, Yesus memilihnya. Perhatikan kalimat yang berwarna merah.
Kapan Yesus menetapkan budak yang setia untuk mengurus pelayan-pelayan rumahnya? Untuk menjawabnya, kita perlu kembali ke tahun 1914, yaitu awal musim panen. Seperti yang telah kita bahas sebelumnya, pada waktu itu ada banyak kelompok yang mengaku diri Kristen. Kelompok mana yang akan Yesus pilih dan tetapkan menjadi budak yang setia? Pertanyaan itu terjawab setelah ia dan Bapaknya datang dan menginspeksi bait, atau penyelenggaraan rohani untuk ibadat, dari tahun 1914 sampai awal tahun 1919. (Mal. 3:1) Mereka senang kepada sekelompok kecil Siswa-Siswa Alkitab yang loyal dan yang menunjukkan bahwa mereka mengasihi Yehuwa dan Firman-Nya. Memang, mereka perlu ditahirkan, namun mereka dengan rendah hati bersedia diuji dan dimurnikan selama periode yang singkat itu. (Mal. 3:2-4) Siswa-Siswa Alkitab yang setia tersebut adalah gandum, atau orang Kristen sejati. Pada tahun 1919, yang adalah masa kebangkitan rohani, Yesus memilih saudara-saudara terurap yang cakap dari antara mereka untuk menjadi budak yang setia dan bijaksana, dan ia menetapkan mereka untuk mengurus pelayan-pelayan rumahnya.
Tolong perhatikan kalimat “Mereka [Yesus dan Bapa Surgawi] senang kepada sekelompok kecil Siswa-Siswa Alkitab yang loyal dan yang menunjukkan bahwa mereka mengasihi Yehuwa dan Firman-Nya”. Apakah benar bahwa Allah Bapa dan Kristus senang dengan mereka? Apakah golongan “budak” bersikap loyal dan mengasihi Yehuwa dan Firman-Nya?

Kita biarkan fakta berbicara sesuai dengan sejarah organisasi Saksi Yehuwa seperti yang dipublikasikan oleh Lembaga Menara Pengawal yaitu apa yang terjadi pada tahun 1914 sampai dengan 1919
  • Kutipan di atas mengklaim tahun 1914 sebagai tahun awal musim panen. Sebenarnya 1914 bukanlah awal musim panen tetapi merupakan nubuatan waktunya kiamat, persisnya Oct 1914.  Charles Russell — pendiri organisasi Menara Pengawal — bernubuat atas nama Allah akan kiamat pada Oct 1914. Nubuatannya itu didasarkan kepada lambang paganisme yaitu piramida Giza di Mesir dikombinasikan dengan pernyataan Alkitab. Ketika kiamat 1914 tidak terjadi dirubah menjadi tahun 1915. Silahkan klik Fakta Nubuatan Kiamat Charles Russell dan Nubuatan Kiamat Russell Dan Piramida Giza sebagai buktinya.
  • Tahun 1916, Russell meninggal dunia digantikan oleh Joseph F. Rutherford yang mengubah nama Siswa-Siswa Alkitab menjadi Saksi-Saksi Yehuwa. Apakah prestasi Rutherford? Tidak jauh berbeda dengan presiden sebelumnya. “Hakim” Rutherford pada tahun 1918 mulai mempropagandakan nubuatan palsunya yaitu akan ada kebangkitan nabi-nabi Perjanjian Lama pada tahun 1925. Silahkan klik Prediksi Palsu Rutherford: Jutaan Orang Tidak Akan Pernah Mati sebagai buktinya.
Kesimpulan apakah yang dapat kita peroleh dari fakta sejarah organisasi Saksi Yehuwa? Mungkinkah Allah Bapa dan Yesus senang kepada sekelompok kecil Siswa-Siswa Alkitab jika pada tahun-tahun pemilihan itu para pemimpin tersebut sedang bernubuat palsu? Mungkinkah Yesus Kristus yang memiliki kuasa di surga dan di bumi (Mat 28:18) tidak tahu ketika menginspeksi dan memilih kelompok “budak” yang sedang bernubuat palsu akan ada kebangkitan nabi-nabi Perjanjian Lama tahun 1925? Apakah benar Siswa-Siswa Alkitab bersikap loyal dan Yehuwa dan Firman-Nya jika mereka sedang melanggar ketentuan Alkitab tentang bernubuat palsu atas nama Allah yaitu Ul: 18:20-22:
Tetapi seorang nabi yang dengan lancang menyampaikan dengan namaku perkataan yang tidak kuperintahkan untuk dikatakan olehnya, atau yang berbicara dengan nama allah-allah lain, nabi itu harus mati. Apabila engkau mengatakan dalam hatimu, ”Bagaimanakah kami akan mengetahui firman yang tidak diucapkan Yehuwa?” apabila nabi itu berbicara dengan nama Yehuwa dan perkataan itu tidak terjadi atau tidak menjadi kenyataan, itulah perkataan yang tidak diucapkan Yehuwa. Dengan lancang nabi itu mengucapkannya. Jangan takut kepadanya (NW)
Sebelum Kristus pergi ke surga, para murid-Nya bertanya, “Tuan, apakah engkau akan memulihkan kerajaan bagi Israel pada masa ini?”. Apakah jawaban Kristus? Yesus berkata dengan keras:
Bukan bagianmu untuk memperoleh pengetahuan tentang masa atau musim yang telah Bapak tempatkan dalam kewenangannya (Kis. 1:6-7)
Ya, bukan bagian siapapun juga untuk mengetahuinya. Yesus pribadi pun mengatakan bahwa Ia tidak tahu tentang hari itu, hanya Bapa. Tetapi Saksi-Saksi Yehuwa telah terlalu lancang dan berani memprediksi atas nama Allah kapan waktu kiamat! Apakah Allah Bapa dan Yesus senang dengan mereka? Bahkan dengan terlalu berani berdusta bahwa pada tahun-tahun terjadi pemilihan atas mereka. Dusta, Dusta!!!

Mengapa organisasi Saksi Yehuwa banyak menggunakan dusta untuk membual dirinya mendapatkan pemilihan secara ilahi? Grup apakah sebenarnya organisasi Saksi Yehuwa? Kelompok kultus! Ya, ciri atau tanda dari organisasi kultus adalah selalu mengklaim dirinya sebagai sesuatu yang spesial, memiliki hubungan yang istimewa dengan Allah atau dipilih oleh Allah. Lihat artikel Saksi Yehuwa: Suatu Kultus Atau Rohaniwan Allah yang membuktikan ciri-ciri dari sebuah grup kultus yang selalu membual dirinya dipilih secara ilahi. Klaim pemimpin kultus ini sama dengan klaim organisasi Saksi Yehuwa.

Mengapa pemimpin kultus selalu membual dirinya dipilih secara ilahi? Tidakkah Saudara akan setia dan tunduk kepada seseorang yang mengklaim dirinya sebagai utusan atau saluran yang digunakan oleh Allah semesta alam? Ya, tujuan utama organisasi Saksi Yehuwa berproganda dusta adalah untuk mempengaruhi pikiran dan perilaku para anggotanya agar mereka mau dan tunduk menjalankan perintahnya tanpa banyak bertanya-tanya (siapa yang mau mempertanyakan kebijakan Allah sendiri, bukan?) dengan mengira dirinya sedang membaktikan dan menjalankan perintah Allah. Pikiran Saksi Yehuwa dimanipulasi sedemikian rupa sehingga mereka benar-benar percaya bahwa organisasi Saksi Yehuwa sebagai satu-satunya organisasi Allah di bumi dan Allah Yehuwa sendiri yang mengarahkan organisasi ini secara langsung. Tidak percaya? Silahkan Saudara tanyakan kepada seorang Saksi Yehuwa ketika berjumpa.  Jika ia mau jujur; ia harus mengakuinya memang demikian.

Jadi Adolf Hitler benar ketika berkata, “Dengan propaganda yang lihai dan gigih, bahkan surga pun dapat disajikan sebagai neraka kepada orang-orang, dan sebaliknya kehidupan yang paling sengsara sebagai firdaus.” (Sedarlah!, 22/6/2000, hlm. 4)

Dengan kemampuannya memanipulasi informasi, organisasi Saksi Yehuwa mampu menyajikan dirinya dari pendusta, nabi palsu dan organisasi kultus sebagai malaikat terang. Betapa mengerikan jika seseorang termakan sebuah propaganda yang licik, bukan? Jadi tidaklah keliru jika organisasi memberikan judul “Propaganda Dapat Berakibat Maut” di dalam salah satu artikel majalah Sedarlah edisi 22/6/2000, hlm. 3. Betapa tidak? Setiap Saksi Yehuwa yang mengikuti ajaran organisasi Saksi Yehuwa akan mendapatkan hukuman maut kekal di neraka karena mengikuti nabi palsu.

Bagaimana pendapat Saudara?

Apakah taktik Propagadan ke-2 yang dilakukan oleh organisasi Saksi Yehuwa untuk memanipulasi pikiran dan perilaku anggotanya? Silahkan klik Taktik Propaganda Ke-2: Melakukan Generalisasi kelanjutan dari artikel ini.

Artikel Terkait:
1. Apakah Tujuan Saksi Yehuwa Menginjil Dari Rumah Ke Rumah?
2. MENGENALI GURU DAN NABI PALSU: BUAHNYA (Mat. 7:15-16)
3. Ajaran Saksi Yehuwa: Bidat Atau Sejati?
4. MEMBEDAKAN AGAMA KRISTEN PALSU Dengan SEJATI? Bagaimana


Berjaga-jagalah terhadap nabi-nabi palsu yang datang kepadamu dengan berbaju domba, tetapi di dalamnya, mereka adalah serigala-serigala yang rakus. (Mat. 7:15, NW)

* http://www.jw.org/id/publikasi/majalah/w20130715/siapa-budak-setia-bijaksana/

40 comments :

  1. Halo mas AWI.

    Perihal budak setia, hal ini memang sarat masalah. Meskipun saya ingin menyampaikan secara mendetail, tetapi karena pertimbangan tertentu, saya sampaikan singkat saja.

    - Dulu budak setia dipercaya ada sejak abad pertama dan berjumlah 144.000 dan Badan Pimpinan hanya mewakili, sehingga tidak lebih tinggi dari budak setia lainnya. (Jika ada orang lain yang menolak hal ini pada masa itu, tentu seorang Saksi bisa mendebat semalam suntuk untuk membela hal ini). Namun kemudian hal diubah dengan mudahnya menjadi ada sejak 1919 dan hanya Badan Pimpinan saja (dan anehnya diterima begitu saja oleh semua Saksi, seolah-olah tidak terjadi apa-apa).

    - Dulu diajarkan bahwa "budak yang jahat" di Mat 24:48 adalah mereka yang kecewa dengan 1914 dan kemudian keluar. Sehingga selama seratus tahun, itulah yang diimani Saksi mengenai mereka yang keluar saat insiden 1914 (dan juga berlaku bagi kaum terurap yang keluar di masa kemudian). Namun sekarang dirubah dan dikatakan bahwa "budak yang jahat" itu sebenarnya tidak ada. (bayangkan cap negatif sebagai "budak yang jahat" yang diterima hampir seratus tahun oleh orang-orang yang keluar tahun 1914 itu, namun sekarang dirubah dengan begitu mudahnya dan dikatakan itu tidak ada, seolah-olah itu hal sepele).

    Namun mengapa ada perubahan pemahaman seperti ini? Apa urgensinya? Banyak Saksi mungkin tidak mempertanyakan hal ini, bahkan mungkin tidak mau ambil pusing. Meskipun sejujurnya saya juga hanya bisa menduga, namun karena peristiwanya hampir bersamaan, maka tampaknya ini berkaitan dengan perkembangan yang baru-baru ini terjadi di organisasi kami, yang mungkin tidak diketahui atau disadari oleh banyak rekan Saksi saya yang lain. Belakangan ini sejumlah orang yang adalah kaum terurap (yang dengan demikian, berdasarkan pemahaman lama, adalah budak setia) mulai menyuarakan pendapat secara terbuka kepada Badan Pimpinan. Sebagaimana saya, mereka melihat ada yang salah dengan organisasi ini, khususnya mengenai ajaran-ajaran. Mereka menulis surat terbuka kepada Badan Pimpinan untuk ditanggapi. Namun apa reaksi Badan Pimpinan? Sayangnya, bukannya membalas surat mereka dan mendiskusikan secara terbuka, Badan Pimpinan malah mengeluarkan pemahaman baru (yang sebenarnya dasar Alkitabnya sama sekali tidak kuat, Saksi yang mempelajari Alkitab dengan teliti pasti menyadari hal ini) yang mengatakan bahwa budak setia hanya mereka, Badan Pimpinan. Dengan demikian, kaum terurap lain yang dahulunya adalah budak setia, kini tidak lagi menjadi budak setia, sehingga mereka seakan-akan kehilangan 'hak suara' untuk menyalurkan pendapat, karena Badan Pimpinan tidak lagi mewakili mereka. Hal ini menunjukkan bahwa klaim kami selama ini bahwa Badan Pimpinan mewakili budak setia lainnya menjadi tidak benar, sebab ketika budak setia lain mulai menyuarakan ketidaksetujuan mereka, Badan Pimpinan dengan cepat meng-cut 'hak suara' mereka, dengan mengeluarkan pemahaman baru.

    Hal ini memang menyedihkan, tetapi inilah yang terjadi.

    Truth Servant

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear Truth Servant,

      Analisa Anda benar. Saya juga membaca analisa tsb di forum-forum ex jw di mana "kaum terurap" didemosikan pangkatnya. Dan tentunya menjadi bahan lelucon yg tidak lucu melihat perubahan-perubahan demikian yg intinya adalah "rebutan kekuasaan".

      Dan ini merupakan salah satu ciri kultus yaitu segala sesuatunya harus 1 pikiran dan pemahaman. Tidak boleh ada pendapat.

      Salam kasih Tuhan Yesus

      Delete
    2. Dear Truth Servant

      Salam kenal, inisial saya M

      Membaca komentar-komentar saudara, sebelumnya saudara menegaskan bahwa saudara adalah saksi yehuwa, tetapi kemudian komentar2 saudara menggambarkan bahwa saudara tidak lg meyakini bahwa ajaran2 LMP merupakan kebenaran sejati lg (minimal anda sudah meragukanlah).

      Yang tidak saya mengerti, mengapa sdr selalu mengaskan bahwa saudara ssy, padahal dr komentar saudara sudah tidak menyetujui pengabaran ajaran keliru LMP sedangkan sbg ssy sdr wajib mengabarkan ajaran LMP.

      Seperti komentar saudara yang ini :
      "(dan anehnya diterima begitu saja oleh semua Saksi, seolah-olah tidak terjadi apa-apa)."

      lalu : "(yang sebenarnya dasar Alkitabnya sama sekali tidak kuat, Saksi yang mempelajari Alkitab dengan teliti pasti menyadari hal ini)"

      Walaupun sdr juga menulis : "yang mungkin tidak diketahui atau disadari oleh banyak rekan Saksi saya yang lain."

      Pertanyaan saya :
      - Saudara mau mengatakan bahwa memang benar bahwa menjadi member LMP (ssy) harus manut saja apa kata badan pimpinan tanpa boleh meragukannya sedikitpun..?
      Karena pernah ada diskusi dlm blog ini, ssy maxy sam maupun ex-penatua ssy truthseeker (hampir mirip dng inisial sdr) menolak pendapat demikian.

      - Apakah menurut komentar sdr yg saya quote, setiap ssy harus hidup menipu diri sendiri meskipun tau dan sadar bahwa badan pimpinan mengada-ada ketika mengatakan bahwa hanya mereka (bp) sebagai budak setia.

      - Setiap ssy logikanya tentu mengetahui siapa saja anggota badan pimpinan LMP, apakah setiap ssy tidak pernah bertanya bagaimana mekanismenya Tuhan Yesus memilih mereka (bp) langsung untuk mjd saluran komunikasiNYA.?

      - Terakhir, apakah sdr masih bisa menyebut diri sdr sbg ssy kalau ternyata sdr saat ini sudah sangat meragukan keabsahan badan pimpinan LMP sbg penyalur komunikasi Yehuwa.? Atau sdr ingin mereformasi LMP atau ssy untuk tidak lagi percaya pd ajaran LMP dan membentuk bidat baru dr aliran ssy ini.?

      Sekian

      M

      Delete
  2. Halo mas M, salam kenal juga.

    Pertanyaan mas:

    "Mengapa sdr selalu mengaskan bahwa saudara ssy, padahal dr komentar saudara sudah tidak menyetujui pengabaran ajaran keliru LMP sedangkan sbg ssy sdr wajib mengabarkan ajaran LMP."?

    Jawab:

    Karena saya memang masih tergabung di Saksi-Saksi Yehuwa. Sebenarnya, banyak rekan Saksi di seluruh dunia yang tidak setuju dengan satu atau lebih ajaran organisasi, namun mereka tidak berani menyuarakannya, karena konsekuensinya bisa dipecat dan tidak bisa bercengkrama dengan keluarga yang Saksi. Tetapi belakangan ini beberapa kaum terurap mulai menyuarakan ketidaksetujuan mereka terhadap ajaran-ajaran organisasi, namun sayangnya mereka tidak ditanggapi.

    Pertanyaan mas:

    "Saudara mau mengatakan bahwa memang benar bahwa menjadi member LMP (ssy) harus manut saja apa kata badan pimpinan tanpa boleh meragukannya sedikitpun..?"

    Jawab:

    Ya, publikasi kami sering menekankan hal itu, misalnya di Menara Pengawal Februari 2009 ada pertanyaan seperti ini: "Mengapa kita tidak perlu meragukan makanan rohani yang disajikan oleh budak yang setia dan bijaksana?". Sebagai contoh kecil, tahun 1980an, Raymond Franz dan Edward Dunlap (keduanya sangat dihormati di Kantor Pusat Sedunia SSY, banyak publikasi dan buku-buku riset SSY yang disusun oleh mereka, bahkan Raymond Franz salah satu anggota Badan Pimpinan) pada akhirnya dipecat oleh Badan Pimpinan lain karena meragukan, atau menolak, beberapa ajaran organisasi. Biasanya jika kita menyampaikan suatu analisa berdasarkan Alkitab yang menunjukkan ajaran organisasi tertentu tidak tepat, dan jika penatua itu tidak bisa menjawab, ia akan mengatakan, "ikuti saja, tunggu pencerahan lebih lanjut". Yang intinya ya itu: jangan ragu, ikuti saja dulu.

    Pertanyaan mas:

    "Apakah menurut komentar sdr yg saya quote, setiap ssy harus hidup menipu diri sendiri meskipun tau dan sadar bahwa badan pimpinan mengada-ada ketika mengatakan bahwa hanya mereka (bp) sebagai budak setia."

    Jawab:

    Tidak "setiap SSY" yang menyadarinya, karena banyak SSY (meskipun tidak semua) terbiasa menerima tanpa memeriksa. Seperti saya katakan, yang menyadari hanya yang memeriksa dengan teliti dan dengan pikiran jernih.

    Pertanyaan mas:

    " Setiap ssy logikanya tentu mengetahui siapa saja anggota badan pimpinan LMP, apakah setiap ssy tidak pernah bertanya bagaimana mekanismenya Tuhan Yesus memilih mereka (bp) langsung untuk mjd saluran komunikasiNYA.?"

    Jawab:

    Mengenai "mengetahui siapa saja anggota Badan Pimpinan", pada kenyataannya tidak. Jika mas bertemu seorang Saksi dan menanyakan siapa nama-nama Badan Pimpinan, kemungkinan besar akan banyak yang tidak tahu. Bahkan siapa nama anggota Badan Pimpinan yang baru-baru ini dianggkat, mungkin mereka juga tidak tahu. Hal ini karena Saksi tidak terfokusi pada individu-individunya, melainkan pada hak istimewanya, yakni Badan Pimpinan. Jadi mereka lebih familiar dengan istilah Badan Pimpinan-nya daripada nama-nama anggotanya.

    Mengenai mekanisme pengangkatan, Badan Pimpinan aktif akan mengangkat anggota Badan Pimpinan baru (jika dibutuhkan, atau jika ada yang meninggal), dan begitu seterusnya. Karena mereka berdoa terlebih dahulu sebelum memilih dan mengangkatnya, maka pengangkatan itu dipercaya berasal dari Allah Yehuwa dan Yesus Kristus.

    Pertanyaan mas:

    "Terakhir, apakah sdr masih bisa menyebut diri sdr sbg ssy kalau ternyata sdr saat ini sudah sangat meragukan keabsahan badan pimpinan LMP sbg penyalur komunikasi Yehuwa.? Atau sdr ingin mereformasi LMP atau ssy untuk tidak lagi percaya pd ajaran LMP dan membentuk bidat baru dr aliran ssy ini.?"

    Jawab:

    Seperti saya sebutkan, belakangan ini ada semacam upaya untuk memperbaiki organisasi, khususnya mengenai ajaran, dari banyak Saksi di seputar dunia. Upaya ini bahkan dipelopori oleh mereka yang juga adalah anggota kaum terurap. Perubahan ke arah yang lebih baik dalam organisasi itulah yang diharapkan. Membentuk aliran baru? Tidak.

    Demikian.

    Truth Servant

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear Truth Servant,

      Bolehkah saya bertanya; jika Anda masih aktif menjadi seorang Saksi:

      1. Bagaimana Anda bisa tetap berhimpun, di satu pihak mengetahui kepalsuan organisasi dan di pihak lain tetap hrs menyakini kepalsuan organisasi dgn cara menjawab pertanyaan2 saat di sidang?

      2. Mengapa Anda tetap menjadi SSY meskipun tahu kepalsuan organisasi, apakah motivasi Sdr utk tetap?

      3. Sadarkah Anda bhw suatu kemustahilan mengharapkan adanya suatu perubahan di dalam organisasi krn dasarnya dibangun bukan pada Kristus (Ef. 2:20)?

      4. Bgmn Anda masih bisa mengabar dan mencoba menarik orang menjadi SSY jika Anda tidak menyakini ajaran SSY sebagai kebenaran?

      Salam kasih Tuhan Yesus

      Delete
    2. Dear Truth Servant,

      Trimakasih atas jawaban2 saudara atas pertanyaan2 saya, saya merasa terhormat mendapat jawaban2 yang lugas dari saudara, bolehkan saya memberi catatan atas jawaban2 saudara ya :

      - "Karena saya memang masih tergabung di Saksi-Saksi Yehuwa...." dan "...banyak rekan Saksi di seluruh dunia yang tidak setuju dengan satu atau lebih ajaran organisasi, namun mereka tidak berani menyuarakannya, karena konsekuensinya bisa dipecat dan tidak bisa bercengkrama dengan keluarga yang Saksi."

      Catatan saya : Berarti benarkah saudara mau mengatakan bahwa saudara dan mungkin banyak ssy lain yang sebenarnya sudah tidak mau lg berada dalam organisasi LMP, TETAPI saudara dan banyak SSY lainnya tetap pura2 masih bergabung hanya karena TAKUT akan konsekuensi dari pemecatan.?
      Maaf ya, berarti saudara hidup dengan berani menipu diri sendiri....?

      - " jangan ragu, ikuti saja dulu."
      Catatan saya : Jawaban saudara sangat tegas, terimakasih dan itu juga menurut saya saudara berani hidup dengan menipu diri sendiri lagi karena saudara takut dengan konsekuensi kl saudara tidak setuju atau meragukan ajaran.

      - "Mengenai "mengetahui siapa saja anggota Badan Pimpinan", pada kenyataannya tidak" kemudian "Mengenai mekanisme pengangkatan, Badan Pimpinan aktif akan mengangkat anggota Badan Pimpinan baru (jika dibutuhkan, atau jika ada yang meninggal), dan begitu seterusnya. Karena mereka berdoa terlebih dahulu sebelum memilih dan mengangkatnya, maka pengangkatan itu dipercaya berasal dari Allah Yehuwa dan Yesus Kristus"

      Catatan saya : .Menurut artikel yg dilampirkan Pa AWI (Menara Pengawal, 15/7/2013, hlm. 20-25) : "....Maka, kita perlu mengenali budak yang setia itu...." -----> bagaimana ssy tidak menurut pada saluran komunikasi yg menganjurkan untuk mengenali budak yang setia..?

      Kemudian....Saya kurang paham apakah jawaban anda yang benar (berdasar faktual) dan LMP kembali membual dengan mengatakan : "....Yesus memilih saudara-saudara terurap yang cakap dari antara mereka untuk menjadi budak yang setia dan bijaksana, dan ia menetapkan mereka untuk mengurus pelayan-pelayan rumahnya...."------> Jelas sekali berdasarkan artikel tersebut 2 kali dikatakan bahwa YESUS lah yang memilih serta menetapkan budak yang setia, bukan Badan Pimpinan Aktif spt jawaban saudara, apakah saudara mau mengatakan artikel MP itu berbohong sewaktu menuliskan bahwa : "....setelah ia dan Bapaknya datang dan menginspeksi bait,..." dan yg satu lagi "....Yesus memilih saudara-saudara terurap yang cakap dari antara mereka untuk menjadi budak yang setia dan bijaksana, dan ia menetapkan mereka untuk mengurus pelayan-pelayan rumahnya..."
      Karena seringkali dipertanyakan bagaimana mekanismenya dan apa buktinya Yesus dan Bapaknya menginspeksi bait serta kemudian memilih serta mentapkan budak setia dan bijaksana sbg saluran komunikasiNYA para SSY disini jawabannya selalu menghindar....saya ingin pencerahan dari saudara.....

      Delete
    3. "Seperti saya sebutkan, belakangan ini ada semacam upaya untuk memperbaiki organisasi, khususnya mengenai ajaran, dari banyak Saksi di seputar dunia. Upaya ini bahkan dipelopori oleh mereka yang juga adalah anggota kaum terurap. Perubahan ke arah yang lebih baik dalam organisasi itulah yang diharapkan. Membentuk aliran baru? Tidak."

      Catatan saya : anda tidak menjawab pertanyaan saya, anda menghindar, yang saya tanyakan : " apakah sdr masih bisa menyebut diri sdr sbg ssy kalau ternyata sdr saat ini sudah sangat meragukan keabsahan badan pimpinan LMP sbg penyalur komunikasi Yehuwa.?"
      menarik jawaban saudara yang ini : "...semacam upaya untuk memperbaiki organisasi...." ini kan artinya ingin mereformasi..? Karena kita juga tahu dulu ssy pernah pecah ketika sebagian orang yg pro Russel memisahkan diri, karena tidak menurut pada Badan Pimpinan yg baru ketika itu.
      Nah sebagai ssy tentu saudara mengerti benar konsekuensi meragukan ajaran bp ssy, bahkan saudara ada tulis anggota badan pimpinan saja bisa dipecat karena meragukan ajaran bp ssy..?

      Kesimpulannya :
      - Saya menangkap dari jawaban2 saudara, bahwa meskipun dari lubuk hati saudara, saudara sudah mengakui bahwa ajaran2 LMP bukan kebenaran sejati, tatapi saudara INGIN dan BERKERAS HATI untuk menganggap ajaran LMP masih bisa benar.

      - Saudara entah sudah berapa lama menipu diri saudara sendiri dengan tetap aktif dalam kegiatan ssy meskipun dengan secara sadar anda sudah TIDAK meyakini bahwa ajaran2 LMP adalah suatu kebenaran sejati karena TAKUT akan konsekuensi dari pemecatan.

      Kalau kesimpilan saya salah saya mohon maaf dan tolong dikoreksi, tetapi andaikan kesimpulan saya benar, sebagai orang Kristen saya mengingatkan saudara (mungkin lupa) bahwa TAKUTLAH AKAN TUHAN, jangan takut konsekuensi pemecatan, karena menurut Firman Tuhan kita tidak bisa melayani 2 Tuan.

      Sekian, terima Kasih

      M

      Delete
    4. Halo mas AWI.

      Perihal yang mas tanyakan, saya melihat bahwa pada dasarnya pertanyaan-pertanyaan itu menyangkut bagaimana saya menyikapi kondisi ini. Karena pertimbangan tertentu, saya tidak bisa menjelaskannya. Biarlah saya mengatasi hal itu sesuai dengan kebijaksaaan yang diberikan kepada saya. Semoga Allah melindungi saya.

      Salam

      Truth Servant

      Delete
    5. Halo mas M.

      Perihal yang mas tanyakan, karena alasan tertentu saya tidak bisa menjelaskan. Tetapi yang pasti, saya tidak menipu diri.

      Demikian

      Truth Servant

      Delete
    6. Dear Truth Servant,

      Baik, saya memahaminya. Memang tidak mudah meninggalkan sebuah kelompok kultus tanpa ada konsekuensi yg harus dibayar. Iblis memang tidak pernah berdagang rugi.

      Namun demikian, pernahkah terpikir oleh Anda untuk menjadi berkat bagi orang lain, misalnya:

      1. Menghindarkan orang lain terjerat dan terperangkat dari organisasi Saksi Yehuwa?
      2. Menjelaskan kepada rekan iman Anda kesalahan ajaran SSY?

      Ini saya katakan mengingat pada akhirnya tanggungjawab kita hanyalah kepada Allah saja. Dan jika kita sadar telah melakukan kesalahan, alangkah bijaksananya jika kita - paling tidak - mencoba memperbaiki apa yang salah dan menghindarkan orang lain terjerat seperti Anda. Dan begitu banyak SSY di Indonesia yg terjerat dan perangkap oleh grup kultus LMP dan akan lebih banyak korban orang yg lugu dan tulus di tahun-tahun mendatang.

      Jujur saya katakan bahwa saya sangat terhormat Anda bersedia berkomentar dan mengekspresikan pandangan Anda di blog ini dengan pikiran yang terbuka dan obyektif.

      Salam kasih Tuhan Yesus

      Delete
    7. Halo mas AWI

      Pertanyaan mas:

      "1. Menghindarkan orang lain terjerat dan terperangkat dari organisasi Saksi Yehuwa?"

      Jawab:

      Justru tujuan saya adalah untuk memperlihatkan bagaimana organisasi kami yang sebenarnya. Dalam pengabaran, seorang Saksi tidak mungkin menjelaskan kelemahan/kesalahan organisasi kami. Maka inilah salah satu cara saya menyampaikan informasi yang berimbang, sehingga orang lain tidak hanya mengetahui 'putih', tetapi juga 'hitam'nya kami. Untuk pilihan, itu kembali kepada masing-masing.

      Pertanyaan mas:

      "2. Menjelaskan kepada rekan iman Anda kesalahan ajaran SSY?"

      Jawab:

      Saya sudah mencoba. Hanya saja, dari pengalaman saya, membahas hal yang berbeda dari ajaran organisasi dengan seorang Saksi [sekalipun belum tentu hal itu berbeda dari ajaran Alkitab] tidaklah efektif, karena bisa-bisa kita akan dicap murtad. Tetapi yang pasti, saya sudah mencoba, dan akan terus mencoba.

      Demikian

      Truth Servant

      Delete
    8. Halo mas M.

      Tampaknya ada pertanyaan mas yang terlewatkan, maafkan saya. Mengenai "pemilihan budak setia", secara sederhana dapat saya katakan begini: pada tahun 1900an, sekelompok orang, yang awalnya menyebut diri Siswa-Siswa Alkitab, menganggap bahwa mereka menemukan beberapa ajaran Alkitab yang benar, yang berbeda dari ajaran Kristen mainstream (saya katakan 'beberapa', karena sejarah mereka sendiri memperlihatkan bahwa beberapa kepercayaan mereka yang lain ternyata salah). Berdasarkan hal itu [bahwa mereka memiliki beberapa kebenaran], mereka menganggap bahwa merekalah kelompok yang diperkenan Yehuwa dan Kristus, yang dengan demikian, suksesi dalam kepemimpinan mereka [pemilihan anggota Badan Pimpinan] sekalipun secara teknis dipilih oleh anggota Badan Pimpinan aktif lain, dianggap berasal dari Allah Yehuwa dan Kristus. Patut dicatat bahwa Saksi Yehuwa, setelah lengkapnya Alkitab, tidak mengimani adanya pemilihan secara adikodrati (misalnya dipilih karena mendapat penglihatan, mimpi, dsb), atau hal-hal semacam itu.

      Tetapi tentu saja, dan saya kira ini masih relevan dengan bahasan "budak setia", karena awalnya mereka hanya memiliki beberapa kebenaran [tidak semua], ini menimbulkan pertanyaan: bagaimana mungkin suatu kelompok dapat menglaim sebagai organisasi yang digunakan Allah, jika di satu sisi mereka hanya memiliki beberapa kebenaran, sedangkan dalam hal lain kepercayaan mereka salah? Misalkan, organisasi A benar mengenai ajaran Y tetapi salah dalam ajaran X, sedangkan organisasi B salah mengenai ajaran Y, namun benar dalam ajaran X. Maka kelompok manakah yang digunakan Allah? Ini patut direnungkan oleh seorang Saksi.

      Pada akhirnya, saya percaya, seorang yang merenungkan hal-hal rohani secara mendalam akan sampai pada kesimpulan bahwa keselamatan bukan bergantung dari organisasi [apakah berada di dalam atau di luar organisasi], melainkan bergantung dari apa yang kita imani dan bagaimana kita menjalankan iman itu. Sebab jika seorang Saksi percaya keselamatan bergantung dari organisasi, maka yang menjadi pertanyaan, dimana organisasi itu selama hampir 1900 tahun [mengingat organisasi Saksi Yehuwa baru muncul tahun 1900an]? Apakah Allah Yehuwa tidak peduli pada keselamatan puluhan juta orang di jaman itu, sehingga tidak membentuk suatu organisasi di sepanjang masa itu?

      Demikian

      Truth Servant

      Delete
    9. Dear Sdr Truth Servant,

      Maaf, izinkan saya ikut nimbrung di sini ya.

      You said:

      Patut dicatat bahwa Saksi Yehuwa, setelah lengkapnya Alkitab, tidak mengimani adanya pemilihan secara adikodrati (misalnya dipilih karena mendapat penglihatan, mimpi, dsb), atau hal-hal semacam itu.


      My reply:

      Anda benar bhw SSY tidak mengimani secara adikodrati secara tersurat. Tetapi secara tersirat SSY meyakini adanya suatu pemilihan adikodrati thd-nya. Oleh sebab itu, SSY mengikuti arahan BP secara membabi buta krn berpikir Allah benar-2 mengarahkan atau berada di balik organisasi ini. Dan pemahaman ini benar-benar dihayati oleh SSY secara literal, bukan sekedar suatu anggapan. Saya katakan ini krn seorang SSY benar-2 bisa menjelaskan dan memberikan alasan mengapa Allah berada di balik organisasi.

      You said:

      Tetapi tentu saja, dan saya kira ini masih relevan dengan bahasan "budak setia", karena awalnya mereka hanya memiliki beberapa kebenaran [tidak semua], ini menimbulkan pertanyaan: bagaimana mungkin suatu kelompok dapat menglaim sebagai organisasi yang digunakan Allah, jika di satu sisi mereka hanya memiliki beberapa kebenaran, sedangkan dalam hal lain kepercayaan mereka salah? Misalkan, organisasi A benar mengenai ajaran Y tetapi salah dalam ajaran X, sedangkan organisasi B salah mengenai ajaran Y, namun benar dalam ajaran X. Maka kelompok manakah yang digunakan Allah? Ini patut direnungkan oleh seorang Saksi.


      My reply:

      Maaf, mungkin ini menyinggung perasaan Sdr tetapi saya hrs bicara kebenaran di sini. Klaim-2 ttg pemilihan budak hanyalah suatu klaim grup kultus utk melegalisir otoritasnya thd anggotanya krn "memiliki bbrp kebenaran" tsb bukanlah "kebenaran yg benar-2 baru". Semua "Kebenaran" tsb sudah ada sebelumnya. Hanya SSY menggembar-gemborkan seolah-olah "Kebenaran" tsb ditemukan kembali atau mungkin baru.

      Jika kita uji pemilihan ilahi oleh Yesus dng sejarah SSY sendiri maka terbukti bahwa klaim-klaim tsb adalah palsu. Silahkan klik Natal Dan Saksi Yehuwa utk salah satu contohnya.

      Bgm pendapat Anda?

      Salam kasih Tuhan Yesus

      Delete
    10. Dear Sdr Truth Servant,

      You said:

      Saya sudah mencoba. Hanya saja, dari pengalaman saya, membahas hal yang berbeda dari ajaran organisasi dengan seorang Saksi [sekalipun belum tentu hal itu berbeda dari ajaran Alkitab] tidaklah efektif, karena bisa-bisa kita akan dicap murtad. Tetapi yang pasti, saya sudah mencoba, dan akan terus mencoba.


      My reply:

      Saya sangat memahaminya. Saya juga banyak berdiskusi dng SSY, baik copy darat ataupun di blog ini, memang sangat sulit memberikan penjelasan dng dapat diterima.

      Blog ini banyak dikunjungi oleh SSY yg berpikiran "sedikit terbuka" utk membandingkan dan melihat ajaran SSY dari sisi yang berbeda. Harapan saya Anda bersedia dan dapat terus memonitor blog ini agar dapat memberikan pencerahan kepada rekan seiman Anda.

      Anda berkata, "saya sudah mencoba, dan akan terus mencoba". Ya, kita coba bersama-sama di blog ini ya. Siapa tahu akan ada hasilnya. Lagi pula, Anda tidak perlu takut atau merasa terintimidasi krn tidak ada seorang pun tahu jati diri Anda.

      Salam kasih Tuhan Yesus

      Delete
  3. Halo mas AWI.

    Mas mengatakan:

    "Anda benar bhw SSY tidak mengimani secara adikodrati secara tersurat. Tetapi secara tersirat SSY meyakini adanya suatu pemilihan adikodrati thd-nya. Oleh sebab itu, SSY mengikuti arahan BP secara membabi buta krn berpikir Allah benar-2 mengarahkan atau berada di balik organisasi ini. Dan pemahaman ini benar-benar dihayati oleh SSY secara literal, bukan sekedar suatu anggapan."

    Tanggapan:

    Mari kita ambil contoh: siapa yang memilih Mark Sanderson sebagai Badan Pimpinan (budak setia)? Tentu ketujuh anggota Badan Pimpinan sekarang. Siapa yang yang memilih ketujuh anggota Badan Pimpinan sekarang? Tentu anggota Badan Pimpinan sebelum mereka, dan begitu seterusnya hingga jaman Russell. Seorang Saksi tidak akan mengatakan kepada Badan Pimpinan, "Roh kudus berbicara kepada saya bahwa saya adalah anggota Badan Pimpinan, maka lantiklah saya." Tidak, tidak seperti itu. Seperti saya katakan sebelumnya, karena anggota Badan Pimpinan berdoa dulu sebelum memilih anggota baru, maka pemilihan itu dianggap berasal dari Yehuwa. Tetapi klaim seperti itu tentu saja tidak bisa dijadikan patokan. Itu hanya klaim yang didasari atas perasaan sepihak. Fakta bahwa mereka berdoa terlebih dahulu sebelum memilih tidak berarti bahwa pilihan itu memang berasal dari Yehuwa. Sebagai contoh, Badan Pimpinan tentunya berdoa terlebih dahulu kepada Yehuwa sebelum mengeluarkan suatu pemahaman Alkitab. Tetapi apakah karena berdoa terlebih dahulu berarti pemahaman yang mereka bagikan sudah sesuai dengan ajaran Alkitab/sesuai dengan kehendak Yehuwa? Kenyataannya tidak. Pemahaman mereka sering salah, sehingga perlu direvisi.

    Namun mengenai pemilihan kaum terurap (siapa yang dipilih menjadi kaum terurap), itu lebih kepada perasaan inividu. Saksi sering menggunakan Roma 8:15 sebagai ayat dasar. Berbeda dengan Badan Pimpinan/kaum budak dimana pemilihannya bergantung Badan Pimpinan/kaum budak sebelumnya, untuk pemilihan kaum terurap, itu bergantung perasaan masing-masing. Tetapi tentu saja, kita dapat melihat, baik pemilihan Badan Pimpinan (budak setia) maupun pemilihan kaum terurap hanyalah klaim sepihak. Semua orang bisa saja mengklaim bahwa Allah berada di balik mereka. Tetapi apakah kenyataan selalu seperti itu? Tidak. Justru ini mengajar kita untuk tidak cepat mengklaim sesuatu atas nama Allah.

    Salam

    Truth Servant

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear Truth Servant,

      Ya, saya memahami penjelasan Anda di atas.

      Penjelasan Anda tentang pemilihan BP/hamba merupakan makna yg "tersurat". Bgm dng makna "tersirat"? Bukankah SSY meyakini pemilihan dilakukan oleh Kristus sendiri? Sebagai buktinya setiap doktrin SSY yg dikeluarkan golongan hamba hrs diyakini oleh SSY sebagai kebenaran sejati dan mutlak dipercaya, bukan?

      Jika memang tidak diyakini pemilihan dilakukan oleh Kristus sendiri dlm pemahaman memiliki otoritas khusus dr Kristus, maka apa haknya tafsiran golongan budak hrs diyakini oleh setiap SSY sebagai kebenaran sejati? Sudahkan Anda memahaminya?

      Saya beri contoh apa yg terjadi dikalangan Kristen saat mendengarkan khotbah pendeta. Secara tersurat pendeta dan jemaat berdoa agar Tuhan memimpin, memberi hikmat dan bijaksana Tuhan, pendeta tsb. Tetapi khotbah yg disampaikan pendeta tsb tidak mengikat hati setiap jemaat yg mendengarnya utk mempercayainya 100% apa yg dikhotbahkan pendeta tsb. Pada akhirnya, keputusan jemaat utk menerima atau menolak khotbah tsb. Jd secara tersurat memang jemaat meminta pimpinan Tuhan, tetapi secara tersirat terserah jemaat utk menerima atau menolak khotbah tsb sebagai pimpinan Tuhan. Bahkan dalam banyak kasus, jemaat menggunjingkan kotbah pendeta jika memang ia menyampaikannya tidak berdasarkan Alkitab.

      Jd jelas, dalam hal ini sangat berbeda dng pemahaman SSY, bukan?

      By the way, bolehkah saya tahu;

      1. Sudah berapa lamakah Sdr menjadi seorang SSY?
      2. Bolehkah Sdr share sedikit ttg bagaimana Saudara dpt terlibat menjadi seorang SSY?

      Salam kasih Tuhan Yesus

      Delete
  4. Halo mas AWI.

    Memang inilah keanehan yang ada di Saksi, mereka percaya Badan Pimpinan bisa salah (mengajarkan hal yang tidak sesuai dengan Alkitab), tetapi mereka tetap tunduk sepenuhnya. Bagaimana mungkin kita bisa tunduk kepada sesuatu yang tidak berdasarkan Alkitab? Bukankah itu justru menunjukkan bahwa kita mengikuti manusia, dan bukannya Alkitab? Sayangnya, organisasi sering menggunakan rasionalidasi yang tidak tepat, dengan menggunakan contoh Musa dan Korah, dimana ditekankan bahwa memberontak melawan Musa sama dengan memberontak kepada Yehuwa. Dengan demikian, menentang Badan Pimpinan dianggap menentang Yehuwa. Itu sebabnya banyak Saksi tunduk sekalipun menyadari ada ajaran Badan Pimpinan yang salah. Tetapi jelas ini keliru, sebab situasinya tidak sama (malah cara seperti itu berbahaya, sebab itu suatu bentuk arogansi yang mengatas namakan Allah). Musa DIPILIH LANGSUNG dan DIILHAMI oleh Yehuwa, sedangkan Badan Pimpinan tidak. Ini saja sudah cukup mempelihatkan bahwa keduanya tidak sama, sehingga ketundukkannya juga tidak bisa disamakan.

    Organisasi Saksi Yehuwa dan organisasi agama lain bisa salah dalam pengajaran. Tetapi anehnya, organisasi Saksi meminta umatnya untuk tetap tunduk dan tidak keluar meskipun organisasi salah, namun menganjurkan umat lain untuk keluar dari organisasi agama mereka, hanya karena organisasi agama mereka juga bisa salah. Terdengar seperti standar ganda, bukan? Paling tidak, jka Saksi berharap orang lain tidak tunduk total kepada organisasi mereka, maka Saksi juga tidak boleh meminta umatnya untuk tunduk total, sebab keduanya bisa salah.

    Mengenai pertanyaan mas, saya sudah menjadi SSY lebih dari 5 tahun. Mengenai pertanyaan kedua, maafkan saya, saya belum bisa menceritakannya.

    Salam

    Truth Servant

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear Truth Servant,

      Ok, saya memahami jika Anda masih ingin menjaga kerahasiaan Anda.

      Bolehkah saya tahu: Bagaimana Anda pada akhirnya dapat sadar bhw ada begitu banyak ajaran SSY yg tidak berdasarkan Alkitab?

      Salam kasih Tuhan Yesus

      Delete
    2. Halo mas AWI.

      Salah satu caranya, dengan memeriksa dari sudut pandang netral. Maksudnya, sebelum kita memeriksa suatu ajaran, kita perlu menyingkirkan terlebih dahulu konsep/bias kepercayaan yang sudah kita miliki sebelumnya. Sebab jika tidak demikian, konsep-konsep itu akan mempengaruhi cara kita menilai, sehingga hasilnya tidak akan obyektif. Intinya, biarkan Alkitab berbicara semurni-murninya tanpa dicampur tafsir manusia, maka kebenaran akan terlihat.

      Salam

      Truth Servant

      Delete
    3. Halo Juga Mas Truth Servant (seeker)

      Terimakasih atas tanggapan saudara, cuma meskipun pernyataan saudara agak sedikit berbeda dengan ssy yang pernah komentar di sini spt maxi-sam, truthseeker, budi,dylan, yang menurut saya senang berdusta, sdr lebih jujur sedikit dan rasanya cukup to the point, tapi di bagian tertentu, saudara tetap suka menghindar dan merasionalisasi, misal :

      - Ketika saya bertanya : " apakah sdr masih bisa menyebut diri sdr sbg ssy kalau ternyata sdr saat ini sudah sangat meragukan keabsahan badan pimpinan LMP sbg penyalur komunikasi Yehuwa.?"

      Saudara tidak MAU menjawab dengan jujur dan tegas, padahal saya yakin sbg ssy selama 5 tahun tidak mungkin saudara tidak bisa menjawab dengan tegas sesuai aturan dari organisasi LMP.....mohon pencerahan.....

      - Ketika saya tanya : "Saya kurang paham apakah jawaban anda yang benar (berdasar faktual) dan LMP kembali membual dengan mengatakan : "....YESUS memilih saudara-saudara terurap yang cakap dari antara mereka untuk menjadi budak yang setia dan bijaksana, dan ia menetapkan mereka untuk mengurus pelayan-pelayan rumahnya...."

      Saudara 'merasionalisasi' bahwa sebelum memilih anggota baru bp ssy, para bp ini berdoa shg bisa dikatakan YESUS lah yang memilih, tapi saya TIDAK YAKIN bahwa itulah maksud dr artikel majalah MP tersebut, coba tolong perhatikan kata-kata dari bagian artikel yg saya kutip....mohon pencerahan.....

      - Nah, kemudian saya ingin tahu lagi, bgmna sekarang 'rasionalisasi' saudara mengenai kutipan artikel yg berikut :"....setelah ia dan Bapaknya datang dan menginspeksi bait,..."

      Saudara berusaha meyakinkan hati saudara bahwa LMP tidak sedang MEMBUAL, padahal saya yakin ketulusan dalam hati saudara menyatakan sebaliknya, saya yakin itu, nah cb sy ingin tau, bgmna saudara merasionalisasikan utk hati saudara dengan menjawab pertanyaan berikut :
      - Dari mana LMP tau bahwa YESUS dan BAPAKNYA datang dan menginspeksi baitnya.?
      - Apakah ada buktinya kedatanganNYA itu sewaktu menginspeksi.?
      - Siapa saksinya.?

      Sebelum2nya ssy disini hanya menjawab (rasionalisasi) bhw itu cuma hasil dari perhitungan 2 nubuatan Daniel, tp mereka lupa bahwa kutipan artikelnya terlalu yakin seolah2 perhitungan LMP yg sering salah itu, akan menjadi absolut benar yang mengenai kedatangan NYA untuk inspeksi, perhatikan kutipannya, tanpa ragu sama sekali : "....setelah ia dan Bapaknya datang dan menginspeksi bait,..."

      Nah saya cuma ingin tahu pendapat saudara, apakah LMP MEMBUAL sewaktu mengklaim hal2 yg saya kutip artikelnya dr publikasi LMP tsb.?

      Maaf sebelumnya, saya agak mendesak, karena saya perhatikan, meskipun saudara sering mengaku dengan jujur bahwa LMP sering salah, tapi anda masih berkeras (maaf ini kesan yg saya tangkap) anda belum RELA meninggalkan organisasi kultus ini dan (maaf) berusaha menipu diri sendiri seolah-olah berharap masih ada kebenaran dalam organisasi kultus LMP ini dngn sebagian ajaran2nya

      Terimakasih

      M

      Delete
    4. Dear Mas Truth S

      Maaf ya, pernyataan saudara yang ini : "Patut dicatat bahwa Saksi Yehuwa, setelah lengkapnya Alkitab, tidak mengimani adanya pemilihan secara adikodrati (misalnya dipilih karena mendapat penglihatan, mimpi, dsb), atau hal-hal semacam itu."

      Nah sebenarnya semakin mudah kita mengambil kesimpulan apakah ajaran2 LMP ini BENAR atau SESAT apabila saudara sec. sadar meyakini bahwa kalau ajaran2 LMP bukan didapat dr adanya ajaran langsung yg bersifat adikodrati dari YESUS maupun Yehuwa langsung tentu merupakan suatu riset yg mendalam akan Alkitab dari orang2 yg berkompeten dan ahli2 dan sarjana2 Alkitab.

      Nah apakah saudara bisa menyebutkan, siapa ahli2 dan sarjana2 Alkitab anggota badan pimpinan LMP, lulusan universitas mana dan dalam bidang apa, supaya kita yakin bahwa ajaran2 LMP memang sudah melalui riset oleh ahli dan bukan oleh orang ecek-ecek tapi MENGAKU ahli.

      Nah kalau saudara sendiri tidak bisa menunjukkan ahli2 tersebut, mudah sekali kita dengan YAKIN menyimpulkan ajaran seperti apakah LMP ini kan.....bagaimana merurut pendapat saudara.?

      Terimaksih

      M

      Delete
    5. Dear Truth Seeker

      You said:

      Salah satu caranya, dengan memeriksa dari sudut pandang netral. Maksudnya, sebelum kita memeriksa suatu ajaran, kita perlu menyingkirkan terlebih dahulu konsep/bias kepercayaan yang sudah kita miliki sebelumnya. Sebab jika tidak demikian, konsep-konsep itu akan mempengaruhi cara kita menilai, sehingga hasilnya tidak akan obyektif. Intinya, biarkan Alkitab berbicara semurni-murninya tanpa dicampur tafsir manusia, maka kebenaran akan terlihat.

      Saya melihat dr komentar-komentar Anda sejauh ini memiliki dasar Alkitab nya, seperti yg diyakini oleh mayoritas Kristen. Lalu mengapa Anda bisa terjerat dng doktrin SSY?
      Tidakkah Anda menguji dulu doktrin SSY sebelum memutuskan jadi SSY?

      Salam kasih Tuhan Yesus

      Delete
    6. Halo mas AWI.

      Ada ha-hal yang dulu tidak terlihat, namun seraya terus merenung dan belajar, hal-hal itu sekarang terlihat.

      Truth Servant

      Delete
  5. Halo mas M.

    Sepertinya karena saya tidak mengklarifikasi sejak awal, ada yang menyangka bahwa saya adalah Truthseeker. Tetapi bukan, saya bukan Truthsekeer yang pernah berkomentar di blog ini. Semoga ini meluruskan.

    Kelihatannya mas salah paham mengenai posisi saya. Saya memang SSY (dan masih tergabung di organisasi Saksi Yehuwa), tetapi saya tidak seperti kebanyakan Saksi, yang menerima begitu saja ajaran Badan Pimpinan tanpa pemeriksaan. Saya menerima apa yang sesuai dengan Alkitab, dan menolak yang tidak sesuai. Saya tidak percaya Badan Pimpinan sebagai saluran yang digunakan Yehuwa untuk menyampaikan ajaranNya, sebab saya percaya, SALURAN TERAKHIR yang Yehuwa gunakan adalah ALKITAB itu sendiri. Tentu, siapapun boleh mengajarkan isi Alkitab, termasuk Badan Pimpinan. Silakan, tidak masalah. Tetapi janganlah mereka menyangka, entah itu Badan Pimpinan atau pemimpin agama lain, mereka memiliki otoritas khusus dari Allah sehingga ajaran mereka tidak boleh ditolak. Tidak, ini yang salah dan tidak sesuai Alkitab. Mereka harus memahami bahwa ajaran mereka bisa benar (ini diterima), dan juga bisa salah (ini ditolak). Kita hanya tunduk kepada Alkitab sebagai otoritas tertinggi.

    Perihal pertanyaan "apakah saya masih bisa menyebut diri SSY sekalipun meragukan Badan Pimpinan", ya, sebab saya percaya sebutan Saksi Yehuwa bukanlah monopoli suatu organisasi. Sebelum adanya organisasi SSY, sebutan itu sudah ada. Mari saya katakan begini: saya adalah Saksi Yehuwa, karena saya memberi kesaksian tentang Yehuwa. Saya juga Saksi Yesus, karena saya memberi kesaksian tentang Yesus. Dan saya adalah Kristen, karena saya pengikut Kristus. Selama saya memberi kesaksian tentang Yehuwa, memberi kesaksian tentang Yesus, dan mengikuti Kristus, tidak soal apakah saya berada di dalam suatu organisasi ataupun di luar, saya kira saya tetap layak menyebut diri sebagai Saksi Yehuwa, Saksi Kristus, dan Kristen. Kita tidak bisa mengatakan seseorang bukan Kristen hanya karena ia tidak bergabung di salah satu gereja, bukan? Kalaupun ada Saksi yang menganggap saya bukan Saksi Yehuwa lagi hanya karena meragukan beberapa ajaran Badan Pimpinan, itu terserah mereka. Tetapi, tentu saja, kesimpulan seperti itu tidak berdasar.

    Jika saya boleh menduga, mungkin tepatnya yang ingin mas tanyakan adalah, "mengapa saya masih bergabung dengan organisasi SSY padahal saya tahu ada ajaran Badan Pimpinan yang salah?" Pertama, tidak semua ajaran ataupun anjuran Badan Pimpinan itu salah. Jika mas membaca majalah SSY, ada nasehat-nasehat bagus tentang keluarga, moralitas, dll, meskipun ada juga kalimat-kalimat yang tidak benar. Kedua, kebanyakan Saksi pada dasarnya adalah orang-orang yang ramah dan baik (meskipun, tentu saja, ada juga yang kurang baik, sebagaimana keduanya juga ada di agama lain). Bergaul dengan mereka bisa menyenangkan. Hanya saja, karena ajaran atau anjuran yang tidak berdasar dari Badan Pimpinan, ada yang menjadi ekstrim, termasuk dalam hal memandang Saksi lain yang tidak sepaham. Ketiga, dan ini harus saya akui, alasannya karena banyak keluarga saya juga adalah Saksi. Jika saya keluar, terus terang ini akan berat bagi saya dan keluarga, karena kami tidak boleh lagi bergaul seperti sedia kala.

    Perihal pernyataan organisasi "Yesus memilih saudara-saudara terurap", "ia dan Bapaknya datang menginspeksi", dll, saya kira jika mas mempelajari sejarah Saksi, dan juga melihat komentar-komentar saya, tidak sulit untuk melihat bahwa pernyataan-pernyataan seperti itu hanya klaim sepihak yang tidak benar. Misalnya, seperti disebutkan dalam komentar lain, Saksi juga dahulu mengatakan, "Kristus menjadi raja di surga tahun 1878". Tetapi benarkan itu yang terjadi? Tidak, itu hanya klaim sepihak. Maka sama halnya juga dengan pernyataan seperti "Yesus memilih", "Yehuwa menginspeksi", dll. Tentu saja Badan Pimpinan akan mengatakan seperti itu untuk mencari legitimasi. Tetapi kebenarannya tidaklah demikian. Semoga ini bisa menjelaskan pertanyaan-pertanyaan serupa.

    Bersambung

    ReplyDelete
  6. Lanjutan

    Mengenai "belum rela meninggalkan organisasi", sudah saya jelaskan alasannya diatas. Mengenai "menipu diri", tidak, saya tidak menipu diri. Saya menerima yang benar, dan menolak yang salah.

    Mengenai "siapa ahli atau sarjana Alkitab dalam Badan Pimpinan", pada dasarnya anggota Badan Pimpinan tidak ada yang lulusan teologi, karena kuliah tidak dianjurkan di Saksi, apa lagi mengambil jurusan teologi. Kalau ini justifikasi yang mas gunakan untuk menilai, silakan. Tidak dapat dipungkiri, tingkat keterpelajaran akan mempengaruhi suatu individu atau badan dalam mengeluarkan suatu ajaran atau mengambil keputusan. Tetapi, menurut saya, tingkat keterpelajaran tidak bisa diukur dari pendidikan formal (meskipun umumnya demikian). Ada juga anggota Badan Pimpinan, sekalipun mereka tidak menjalani pendidikan formal, adalah orang-orang yang terpelajar, karena mereka periset-periset yang rajin. Tetapi tentu saja, mereka tetap bisa salah, sebagaimana seorang profesorpun bisa salah. Maka prinsip saya, tidak soal siapapun dan apapun kualifikasi yang mengajar, terima yang benar dan tolak yang salah.

    Demikian

    Truth Servant

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear Mas Truth S

      Terimaksih atas jawaban2 saudara terhadap pertanyaan saya, dan saya dengan ini sangat setuju dengan pernyataan Pa Awi yg demikian :

      "Memang TIDAK MUDAH meninggalkan sebuah kelompok kultus tanpa ada konsekuensi yg harus dibayar. Iblis memang tidak pernah berdagang rugi."
      (huruf besar dari saya)

      Begitu terikatnya saudara sehingga meskipun secara sadar saudara banyak melihat kekeliruan ajaran LMP, saudara BERUSAHA KERAS mencari celah pembenaran untuk tetap bergabung dalam organisasi kultus ini.

      Seperti komentar saudara ini : "Kelihatannya mas salah paham mengenai posisi saya..."

      Saya tidak salah paham, istilah 'saksi yehuwa' adalah jelas monopoli anggota organisasi kultus LMP, karena istilah yehuwa sbg nama ALLAH hanya monopoli organisasi ini, karena tidak ada organisasi atau aliran Kristen lain yg menggunakan nama 'yehuwa' sbg nama ALLAH kecuali organisasi ini, tidak ada orang yang ingin menjadi 'saksi yehuwa' kecuali anggota LMP karena seorang mantan saksi yehuwapun pasti akan mengganti statusnya menjadi seorang Kristen yaitu saksi Kristus dan pengikut Kristus krn nama ALLAH ternyata juga bukan yehuwa. (spt prnh saya katakan, Alkitab menulis tidak mungkin orang bisa melayani 2 tuan)

      Maaf saudara Truth S, mengapa saya katakan saudara menipu diri sendiri, sebagai ssy selama 5 tahun anda pasti tau dan jelas mengerti bahwa meragukan ajaran bp LMP adalah termasuk perbuatan setan (maaf, sy tidak perlu copy ya publikasi LMP yg menyatakan demikian tentang tidak boleh berpikir bebas.? sdr pasti tau itu....).
      Nah untuk tetap bergabung dalam organisasi, pasti hati sdr ingin dan berharap bhw di dlm organisasi LMP ini tidak ada aturan demikian, pdhl saudara tau aturan itu ada.

      Mengapa saya katakan menipu diri sendiri berikutnya adalah, ketika saudara berhimpun dan study, sdr tentu didepan sidang maupun di depan rekan study ssy, apalagi di depan penatua sdr, sdr akan setuju2 saja dengan ajaran2 yang salah, bahkan mungkin sbg ssy tentu sdr masih dibebankan jam mengabar, dan ajaran salah itu harus sdr kabarkan pd orang lain pdhl saudara tahu ajaran itu salah. (sbg anggota organisasi LMP , Pa AWI prnh tulis, apabila jam mengabar kurang akan dicap 'sakit rohani' dan tentu segera dilayani oleh penatua atau senior utk 'dipaksa' mengabar. nah kalau anda tidak mengabar tp laporan jam mengabar sdr cukup, apakah yg mungkin sdr telah lakukan..?)

      Saudara mungkin kurang teliti dengan pertanyaan saya, ketika menjawab perihal artikel
      yg menyatakan "Yesus memilih saudara-saudara terurap", "ia dan Bapaknya datang menginspeksi", dll,

      baik saya tuliskan lagi supaya bisa saudara jawab dengan benar :

      "Nah saya cuma ingin tahu pendapat saudara, apakah LMP MEMBUAL sewaktu mengklaim hal2 yg saya kutip artikelnya dr publikasi LMP tsb.?"

      Menurut jawaban yg saudara kasih sebenarnya saya bisa berkesimpulan bhw saudara setuju kalau bp LMP sedang MEMBUAL (tegasnya : berbohong), tapi saudara tidak berani dengan tegas mengatakannya, tp mungkin menurut saudara tidak demikian, mohon pencerahannya.

      Nah, kalau ada pepatah yang mengatakan : ' sekali lancung ke ujian, seumur hidup orang tidak akan percaya ' berarti pepatah ini tidak berlaku bagi saudara karena saudara berharap di ajaran2 yg lain mungkin saja bp LMP tidak sedang MEMBUAL.

      Lalu ada pepatah lagi yang menyatakan : 'sedang seekor keledai tidak akan masuk kedalam lobang yang sama dua kali', saksi yehuwa tidak ingin belajar pada keledai untuk tidak mau tertipu bp LMP berkali-kali. ( maaf sekali, saya bukannya mau kasar ).karena menurut saya apa sih yang diharapkan dari PENDUSTA..?
      Kalau saudara berharap itu suatu kekhilafan bp ssy karena anda menganggap setiap manusia bisa salah, saya tidak setuju, karena kekhilafan itu apabila orang tsb tidak sadar melakukan kesalahan, tp sy yakin bp LMP MEMBUAL dengan SADAR krn tentu mereka jg tau bhw inspeksi dan pemilihan oleh YESUS itu memang tidak ada.

      Delete
    2. Kemudian mengenai yang berkompeten dalam menafsirkan Alkitab, saudara juga berharap, orang biasa pun bisa melakukannya tanpa perlu dikaji secara mendalam.
      Contoh saja ya Mas, defini dari suatu kata dalam bahasa saja perlu seorang ahli yang benar2 mengerti, kapan kata2 itu dipakai dlsb.
      Sudah seharusnya lah kita lebih yakin pada seorang profesor dibidang bahasa tsb dibandingkan kalau kita percaya pada orang so tau toh..? Atau meskipun saudara seorang yang asli orang Indonesia, bisakah saudara mendefinisikan suatu kata dalam bahasa Indonesia dengan baik dan benar..?
      Misalnya yang mudah saja deh, ketika anda menderita suatu penyakit, tetangga saudara ada seorang dokter dan juga ada seorang mantri suntik lalu ada seorang apoteker, mana sih kira2 yang lebih anda percayai untuk saudara konsultasikan penyakit saudara tersebut..?
      Saya tidak menampik kalau Profesor atau dokter 'bisa' salah, tapi pendapatnya jauh lebih benar dari pada yang bukan profesor maupun yang bukan dokter dlm bidang tsb toh..?

      Nah kalau alasan saudara "belum rela meninggalkan organisasi", hanya karana alasan :
      - Pertama, tidak semua ajaran ataupun anjuran Badan Pimpinan itu salah.(mungkin 'salah' disini maksud saudara khilaf)
      Saya jawab : berdasarkan Alkitab, tidak mungkin yang kudus bersatu dengan yang tidak kudus, bagaimana saudara berharap ajaran bp LMP ada yg benar sementara dia melakukan kebohongan..?

      - Kedua, kebanyakan Saksi pada dasarnya adalah orang-orang yang ramah dan baik (meskipun, tentu saja, ada juga yang kurang baik, sebagaimana keduanya juga ada di agama lain).
      Saya jawab : untuk apa bergaul dengan orang 'baik', tapi ujungnya 'maut'..? Emas meskipun di dalam comberan dia tetap akan menjadi emas

      - Ketiga, dan ini harus saya akui, alasannya karena banyak keluarga saya juga adalah Saksi. Jika saya keluar, terus terang ini akan berat bagi saya dan keluarga, karena kami tidak boleh lagi bergaul seperti sedia kala.
      Saya jawab : Alkitab katakan siapa yang mengasihi seseorang lebih dari pada AKU, maka ia tidak layak masuk dalam kerajaan sorga.
      Menjadi Kristen beda dibanding menjadi saksi yehuwa, menjadi Kristen HARUS mengasihi orang yg bukan Kristen maupun orang murtad, saudara tetap harus mengasihi keluarga saudara meskipun mereka 'membenci' saudara krn saudara murtad dari ssy.
      Alkitab katakan : Berbahagialah orang yang dianiaya oleh sebab kebenaran, karena merekalah yang empunya Kerajaan Sorga.
      Berbahagialah kamu, jika karena Aku kamu dicela dan dianiaya dan kepadamu difitnahkan segala yang jahat.
      Berbahagialah kamu, jika karena Anak Manusia orang membenci kamu, dan jika mereka mengucilkan kamu, dan mencela kamu serta menolak namamu sebagai sesuatu yang jahat.
      Dan berbahagialah orang yang tidak menjadi kecewa dan menolak Aku."

      Saudara percaya Alkitab...? Alkitab katakan saudara akan berbahagia....apa yang saudara kuatirkan..? Doakanlah agar keluarga saudara bisa ikut menjadi seperti saudara.

      Sekian, terimakasih

      M

      Delete
  7. Halo mas M.

    Mengenai kutipan pernyataan mas AWI, ya, ketika suatu organisasi, entah dia mau dikategorikan kultus atau tidak, mengaku-ngaku sebagai wakil Allah, ia akan mengikat umatnya secara ketat dengan aturan-aturan, termasuk aturan untuk mengucilkan atau mengekskomunikasi umat yang menolak ajaran organisasi. Ini tidak terjadi di organisasi SSY saja, tetapi juga, seperti sejarah tunjukkan, terjadi di organisasi besar lain (tidak perlu disebutkan). Hanya saja di organisasi lain teknis penerapannya mungkin berbeda, dan pada tahun-tahun belakangan kelihatannya aturan ini menjadi lebih lunak.

    Mengenai "berusaha keras mencari celah pembenaran untuk tetap bergabung", mungkin mas melihatnya begitu. Tidak masalah, itu bisa dimengerti. Tetapi marilah saya katakan begini: saya percaya keselamatan atau kebinasaan bukan bergantung dari apakah saya bergabung dalam suatu oganisasi manusia. Jadi, esensinya bukan apakah saya bergabung atau tidak, tetapi apa yang saya imani. Tentu saja, tidak tertutup kemungkinan jika suatu saat saya keluar.

    Mengenai istilah "Saksi Yehuwa", saya mengatakan istilah itu sudah ada sebelum adanya organisasi SSY, berdasarkan ayat Yes 43:10, "'Kamulah saksi-saksiku,' demikian ucapan Yehuwa." Jadi, bangsa Israel dahulu, sebelum adanya organisasi SSY, sudah disebut sebagai saksi Yehuwa. Tetapi kiranya mas tidak terjebak pada kata "Yehuwa", bukan itu esensinya. Silakan kalau mau diganti "YHWH", "YHVH", Yahweh", "Jeova". Intinya, ungkapan seperti itu [Saksi Yehuwa, Saksi YHWH, atau Saksi Yahweh, dll], sudah ada sebelum adanya organisasi SSY.

    Mengenai pernyataan mas, "seorang mantan saksi Yehuwa pun akan mengganti statusnya", ya, memang kebanyakan begitu, tetapi tidak semua. Saya tahu ini, namun tidak perlu dibahas. Kita tidak perlu mempermasalahkan bagaimana seseorang mau melabeli dirinya.

    Mengenai pernyataan mas "nama Allah bukan Yehuwa", ini lebih ke bahasan teologis, dan bukan untuk dibahas saat ini. Namun sebagai info, yang mengatakan nama Tuhan sebagai YHWH/Yehuwa/Yahweh bukan SSY saja, tetapi juga kelompok lain, seperti kelompok Mesianik.

    Mengenai "menipu diri", saya kira saya disebut menipu diri jika saya tahu suatu ajaran salah tetapi tetap menerimanya sebagai kebenaran. Saya tidak seperti itu. Silakan organisasi SSY memmbuat statemen-tatemen sepihak (seperti yang mas katakan mengenai "meragukan ajaran BP adalah perbuatan setan", meskipun saya pribadi belum pernah membacanya), yang pasti saya tidak mempercayainya.

    Mengenai pernyataan mas bahwa saat berhimpun dan studi saya "setuju2 saja dengan ajaran salah" dan "mengabarkan ajaran salah", seingat saya, saya tidak pernah mengatakan begitu. Justru kepada mas AWI, saya mengatakan pernah mencoba membahas perihal kesalahan ajaran organisasi ini dengan Saksi lain. Saya memang tidak menceritakan secara rinci bagaimana saya mengatasi kondisi ini, tetapi bukan berarti saya seperti yang mas sangka. Semoga ini bisa meluruskan.

    Bersambung

    ReplyDelete
  8. Lanjutan

    Mengenai "Yesus memilih", "ia dan Bapaknya menginspeksi", sudah saya katakan bahwa itu hanya klaim sepihak, tidak benar demikian adanya. Kalau mau dikatakan membual atau berbohong, bisa saja, dengan catatan, semua Badan Pimpinan itu sadar bahwa itu tidak benar, namun tetap mengajarkannya.

    Mengenai "di ajaran2 lain mungkin saja BP LMP tidak membual", tentu saja, misalnya Badan Pimpinan juga mengajarkan bahwa "suami-istri perlu saling mengasihi", "anak tunduk pada orang tua", "perlunya menjauhi perbuatan amoral". Saya kira itu tidak membual, karena ajaran-ajaran itu sesuai Alkitab.

    Mengenai saya "berharap orang biasa pun bisa melakukannya tanpa perlu dikaji secara mendalam", seingat saya, saya tidak mengatakan seperti itu.

    Mengenai "siapa mengasihi seseorang lebih daripada" Yesus, tentu saja saya lebih mengasihi Kristus, itulah sebabnya saya juga membagikan kebenaran ini kepada Saksi lain, termasuk keluarga saya. Hanya saja bertahap dan butuh waktu.

    Mengenai "saudara tetap harus mengasihi keluarga saudara meskipun mereka 'membenci' karena saudara murtad", ya, tentu saja.

    Salam

    Truth Servant

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mas Truth S

      See....jawaban2 saudara itu pencari celah pembenaran saja, tipikal Truthseeker....atau memang sdr adlh Truthseeker ya atau apa semua ssy begitu kali ya....mirriiiip sekali....

      Saat ini, hanya organisasi KULTUS yg sangat mengikat anggotanya.....jd tdk perlu mencari celah pembenaran organisasi LMP dngn mengatakan :
      "Ini tidak terjadi di organisasi SSY saja, tetapi juga, seperti sejarah tunjukkan, terjadi di organisasi besar lain (tidak perlu disebutkan)."
      Ciri utama KULTUS spt yg pernah Pa AWI sampaikan Black and White thinking, spt membatasi pergaulan padahal saya sdh katakan emas tetap emas meskipun di comberan, knapa musti takut bergaul...?

      Begini saudara, mungkin sekali saudara sudah terbiasa berperilaku tidak jujur selama menjadi saksi yehuwa, karena beberapa postingan komentar2 ssy banyak yg terbukti berbohong, tapi cobalah, tabiat buruk dr warisan sbg anggota organisasi KULTUS LMP sdr coba tinggalkan, belajarlah sedikit demi sedikit :

      - Yang saya maksud jelas 'saksi yehuwa' seperti yang anda tulis, saya tidak akan mempermasalhkan apabila sdr menulis 'saksi YHWH, saksi YHVH, saksi Yahweh, atau saksi Jeova, karena jelas, selain ssy tidak ada orang yang mau menyebut dirinya saksi yehuwa.
      Yes 43:10, "'Kamulah saksi-saksiKU,', bukan 'saksi yehuwa' kan.....? Karena seperti yang saya prnh tulis, cuma ssy yang menganggap nama ALLAH itu yehuwa, jadi istilah saksi yehuwa baru muncul sekitar tahun 1931 era LMP dipimpin Rutherford kalau saya tidak salah dan ini jelas monopoli organisasi LMP.
      Saudara mungkin karena masih tergabung dalam organisasi LMP menganggap yehuwa itu absolut sebagai nama ALLAH, tp kl kita tanya deh sama orang diluar ssy, ada ga yang mau mengakui yehuwa sbg nama ALLAH..? Pasti ga ada, karena di dalam Alkitab yang jelas pernah tertulis YAH....spt dlm kata Haleluyah....jadi YHWH/YHVH sangat salah bila diterjemahkan menjadi yehuwa.....bagaimana saudara.....

      saudara bilang : "Kalau mau dikatakan membual atau berbohong, bisa saja, dengan catatan, semua Badan Pimpinan itu sadar bahwa itu tidak benar, namun tetap mengajarkannya."

      Inilah yg saya katakan saudara kurang jujur, sdr tentu tau kan ada seorang anggota bp LMP yg dipecat jg karena tidak sepakt dengan bp LMP yg lain..? Masa sdr pura-pura tidak tahu bahwa sebagai ssy kalo tidak mau dipecat harus manut2 saja thd pengajaran LMP, mau itu salah kek, benar kek, ga soal, yg penting 'rendah hati mau diajar' alias manut2 saja, ya toh..?
      Nah saudara saja yg bukan anggota bp LMP bisa mengatakan :
      "Mengenai "Yesus memilih", "ia dan Bapaknya menginspeksi", sudah saya katakan bahwa itu hanya klaim sepihak, tidak benar demikian adanya."
      Jadi anda mau mengatakan bahwa riset2 anda lebih mendalam dari pada kumpulan bp LMP itu.? Lalu untuk apa lagi anda tetap menurut pada bp LMP utk tetap didalam organisasi, toh anda lebih hebat dari mereka..? Bagaimana saudara..?

      Saya disini bukan mendesak anda untuk segera keluar dari organisasi KULTUS LMP ini, cuma saya mengaskan saja bahwa organisasi ini bp nya sering berbohong (spt yg banyak juga Pa Awi tulis jadi tidak mungkin mengajarkan yg BENAR/TRUTH
      Kalau masalah moralitas, hampir semua agama mengajarkan tapi inti ajaran keselamatan itu yang penting, dan tidak mungkinlah LMP mengajarkan dengan BENAR/TRUTH, itulah mengapa saya menganjurkan supaya anda segera keluar dari org LMP untuk kemudian mencari pengajaran yang benar tentang keselamatan.

      Maafkan saya kalau kata2 saya ada yg sdr tidak perkenan

      Salam

      M

      Delete
    2. Dear Sdr M and Truth Servant,

      Saya bisa yakinkan bhw Sdr T. Servant bukanlah pribadi yg sama dng T. Seeker krn IP-nya berbeda. Dan pola pikir T.Seeker -- meskipun mengaku sdh 3 thn non- aktif sebagai penatua -- masih jauh di bawah T.Servant. T.Seeker masih berada di bawah mind control hingga terus berusaha membela organisasinya meskipun keliru. Sebaliknya, Sdr. T.Servant berupaya berpikir seobyektif mungkin dng mempertimbangkan berbagai sisi agar berimbang.

      Tentunya saya setuju dng pemikiran Sdr M yaitu sudah tahu LMP keliru dan penipu tetapi Sdr T.S tidak keluar juga. Sikap T.S mengherankan. Saya sendiri bisa mengerti Anda, Sdr. M yaitu sikap menipu diri dari Sdr T.S. Misalnya saja saat Sdr T.S hrs melakukan presentasi singkat (5 menit) di sekolah teokrasi ttg doktrin SSY yg sudah tidak diyakini lagi. Bgm ia bisa mempresentasikannya? Mustahil ia menyampaikan pemikiran barunya krn ia akan ditegur oleh pengawas sekolah dan akan dikonseling. Bgm mungkin menyampaikan hal-2 yg ia sudah tidak yakini lagi? Jawaban logisnya adalah ia sedang menipu diri. Dan ini semua saya sdh tanyakan, tetapi beliau tidak bersedia menjawabnya.

      Nah, semuanya itu kita harus hargai krn memang ia tidak dapat mengungkapkan hal-2 yg bersifat pribadi kpd publik secara terbuka. Saya yakin; akhirnya Sdr T.S akan keluar juga pada waktu yg tepat krn semakin lama ia berada di dlm organisasi, semakin banyak kemunafikan dan manipulasi yg ia saksikan di dalam organisasi. Hanya butuh waktu dan keberanian saja.

      Truth Servant wrote: "Mengenai "menipu diri", saya kira saya disebut menipu diri jika saya tahu suatu ajaran salah tetapi tetap menerimanya sebagai kebenaran".

      My reply:

      Definisi "menipu diri" bukan seperti yg Anda maksud melainkan Anda sdh tidak meyakini doktrin ttg hanya 144,000 yg berhak mengambil lambang tetapi Anda mengajarkan orang lain atau mempresentasikan hanya 144,000 yg boleh. Ini namanya Anda menipu diri dan bersikap munafik.

      T.S wrote:

      tidak semua ajaran ataupun anjuran Badan Pimpinan itu salah. Jika mas membaca majalah SSY, ada nasehat-nasehat bagus tentang keluarga, moralitas, dll


      My reply:

      Pertama, nasehat-2 bagus BP hanyalah suatu propaganda utk menarik orang. Jk BP mempublikasikan bagaimana cara menipu, membunuh, berzinah dll. Apakah menurut Anda akan ada orang yg terbarik bergabung dng LMP? Apakah publikasi MP akan dpt diterima dibanyak negara? Tentu tidak, bukan? Organisasi SSY seperti iblis berkedok malaikat. Itu saja

      Ke-2, nasehat-2 bagus tsb tidak akan menyelamatkan manusia dan membawa kepada Kristus. Sekali lagi hanya propaganda. Ajaran inti SSY membinasakan, memperbudak dan mengalihkan penyembahan yg benar kepada Allah utk BP. Semua SSY yg tidak sadar adalah penyembah berhala modern. Ini adalah kekejian di mata Allah.

      T.S wrote:

      dan ini harus saya akui, alasannya karena banyak keluarga saya juga adalah Saksi. Jika saya keluar, terus terang ini akan berat bagi saya dan keluarga, karena kami tidak boleh lagi bergaul seperti sedia kala.


      My reply:

      Ya, ini adalah alasan utama Anda utk sementara tidak keluar. Memang meyakitkan. Bisa dipahami dlm perspektif psikologi. Ini adalah hambatan utama seseorang keluar dr organisasi.

      Nasehat saya: organisasi SSY sejak awalnya bukan didirikan oleh Kristus melainkan Iblis sendiri. 3 generasi LMP bernubuat palsu atas nama Allah dan jika hidup di masa PL, sudah dibinasakan oleh Allah sendiri. Jika Anda berpikir akan ada suatu perubahan signifikan di dlm organisasi; Anda sangat keliru. Misalnya situs annoitedjw.org (mungkin yg menjadi sumber info Anda) dlm surat terbarunya sudah lelah mengingatkan BP ttg ajaran yg kelirunya. Organisasi SSY tidak akan berubah. Anda hrs berdoa agar anugerah Allah diberikan pd keluarga Anda agar terbebas dari perbudakan di dunia ini dan hukuman kekal di kehidupan nanti krn mengikuti nabi palsu.

      Sementara ini, saya sangat menghargai komentar-2 Anda yg dpt mencerahkan SSY yg berkunjung di blog ini. Dan mudah-2 an dpt menjadi berkat yg limpah bagi SSY.

      Salam kasih Tuhan Yesus

      Delete
    3. Dear Pa AWI

      Terimakasih atas konfirmasinya, saya hanya terheran-heran saja tentang bentuk pembenaran2 (rasionalisasi) yang dilakukan oleh setiap ssy yang sangat identik.
      Saya sangat merasakan sungguh2 setiap ssy sangat2 identik, bagai beberapa orang tapi spt robot yg dimasukkan dengan satu macam program yg sama, saya tidak tahu apakah Pa AWI bisa merasakan itu.

      Apa yang Pa AWI jelaskan di komentar atas itu memang begitulah maksud komentar saya, dan saya meng-amin-kan keyakinan Bapa ini :
      "Saya yakin; akhirnya Sdr T.S akan keluar juga pada waktu yg tepat....."

      Dan itu juga doa saya bagi ssy yang mampir ke blog Pa Awi, hati mereka dicerahkan oleh Roh Kudus agar dapat melihat LMP dengan objektif dan bukan fanatisme buta.

      Terima Kasih Pa AWI

      Salam

      M

      Delete
    4. Dear Sdr M,

      You said:

      saya hanya terheran-heran saja tentang bentuk pembenaran2 (rasionalisasi) yang dilakukan oleh setiap ssy yang sangat identik.
      Saya sangat merasakan sungguh2 setiap ssy sangat2 identik, bagai beberapa orang tapi spt robot yg dimasukkan dengan satu macam program yg sama


      My reply:

      Rasionalisasi Sdr T Servant dng SSY yg pernah berkomentar di blog ini sangat berbeda. T. Servant merasionalisasikan "mengapa ia masih berada di organisasi" dng mengatakan: Misalnya (1) tidak semua ajaran ataupun anjuran Badan Pimpinan itu salah. Jika mas membaca majalah SSY, ada nasehat-nasehat bagus tentang keluarga, moralitas. Dan (2) kebanyakan Saksi pada dasarnya adalah orang-orang yang ramah dan baik. Ini adalah upaya pembelaan diri!

      Sebaliknya, para SSY lainnya merasionalisasikan mengapa LMP tidak salah dan bukan nabi palsu dll upaya membenarkan organisasi SSY.

      Tentunya kita hrs bisa bedakan antara membela diri vs membela organisasi. Sdr T. Servant tidak membela organisasi krn ia tahu organisasi salah dan hanya merasionalisasikan kekeliruaannya.

      Pertanyaannya apakah Sdr. Servant salah? Tidak! Hal ini dpt terjadi kepada siapapun juga. Malahan kita seharusnya berempati thd situasinya yg memang sangat sulit. Ia hanya korban kultus.

      Teori pembenaran diri dan rasionalisasi dijabarkan oleh Leon Festinger dlm bukunya "When Prophecy Fails" yg meneliti grup kultus kecil. Teori ini disebut cognitive dissonance yaitu manusia memiliki 3 aspek; pikiran, emosi & perilaku. 3 aspek itu hrs harmonis dan berjalan searah. Jika ada ketidak-sesuaian maka cara yg paling mudah utk meredam ketidak-sesuaiannya itu adalah dng merasionalisasikan. Nah, misalnya SSY membaca blog ini secara pikirannya sadar bhw BP banyak bernubuat palsu dan tidak terbantahkan. Tentunya ini meresahkan dirinya (emosi). Utk meredam ketidak-sesuaiannya antara pikiran dan emosinya maka ia merasionalisasikannya dng jawaban-2 yg menurutnya OK berdasarkan argumen BP (yg memang sengaja disupply utk meredamnya). Rasionalisasi ini membuat perasaannya nyaman.

      Demikian juga Sdr Servant. Ia tahu dan sadar ia telah ditipu organisasi tetapi faktanya ia masih ada di dalamnya. Nah, untuk meredam ketidak-nyamanannya, solusinya ya merasionalisasikannya utk menyeimbangkan keresahan emosi dng pikiran.

      Jadi apa yg dilakukan oleh Sdr Servant tidaklah salah bahkan sangat wajar krn bisa terjadi kepada siapapun juga; termasuk Anda dan saya ketika menghadapi ketidak-sesuaian antara pikiran, emosi dan perilaku. Dibutuhkan pengertian dan empati

      Mudah-mudahan ini menjelaskan.

      Salam kasih Tuhan Yesus

      Delete
    5. Dear Pa AWI

      Terima-kasih atas penjelasannya, saya mengerti, dan rasa empati sayalah yang membuat saya terus mengomentari komentar2 T.Servant.
      Sungguh kasihan melihat dilema yang harus dirasakan oleh korban-korban pengikut KULTUS, saya terus berdoa untuk mereka.

      Terima-Kasih

      M

      Delete
    6. Halo mas AWI.

      Benar seperti yang mas katakan, saya tidak membela organisasi. Saya, dan banyak Saksi lain, baik yang masih tinggal maupun yang sudah dan akan keluar, bisa melihat banyak yang salah dengan organisasi ini. Saya melihat dari banyak kasus, orang-orang cerdas di SSY, yang tulus mencari kebenaran, yang mau mempelajari banyak hal dari berbagai sumber, yang berpikiran terbuka, yang tidak membiarkan hati nurani mereka didikte oleh manusia (Badan Pimpinan), pada akhirnya akan keluar dari SSY (tetapi ironisnya Saksi akan menuduh mereka murtad).

      Saksi suka menerapkan ayat Ef 4:14 kepada orang lain:

      "Supaya kita tidak lagi menjadi kanak-kanak, diombang-ambingkan seperti oleh gelombang dan DIBAWA KE SANA KEMARI OLEH SETIAP ANGIN PENGAJARAN melalui muslihat manusia, melalui kelicikan dalam merancang apa yang salah" - Ef 4:14

      Tetapi sebenarnya ayat ini justru terjadi pada Saksi. Mereka dengan mudahnya "dibawa kesana kemari oleh angin pengajaran" Badan Pimpinan: ketika Badan Pimpinan mengatakan A mereka akan percaya A, ketika Badan Pimpinan merubahnya menjadi B, mereka akan percaya B; tanpa ada kemampuan untuk menolak ketika mereka melihat B itu tidak benar. Jadi iman Saksi bukan kepada Alkitab, iman Saksi kepada Badan Pimpinan. Yang terpenting bagi Saksi bukan apa yang Alkitab katakan, tetapi apa yang Badan Pimpinan katakan, sebab ketika mereka melihat yang Alkitab katakan berbeda dengan yang Badan Pimpinan katakan, mereka lebih percaya kepada Badan Pimpinan.

      Mengenai "menyampaikan hal-hal yang tidak diyakini", tidak, saya tidak seperti itu. Maaf karena tidak bisa menjelaskan secara rinci. Biarlah saya mengatasi hal ini sesuai dengan kebijaksanaan yang Allah berikan kepada saya.

      Salam

      Truth Servant

      Delete
  9. saya endo
    bolehkah saya bertanya tentang kepercayaan saksi Yehuwa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear Sdr. Endo

      Silahkan klik di sini untuk mengetahui kepercayaan singkat SSY.

      Salam kasih Tuhan Yesus

      Delete
  10. Mengomentari Sdr Truthservant:

    Sdr TS berkubang dg orang yg berkumpul dalam nama watchtower. Yesus tidak hadir di balai kerajaan, Roh Kudus ditolak di balai kerajaan

    Mengikuti Yesus terkadang harus meninggalkan keluarga.

    TS mencemarkan diri dalam komunitas antiKristus, fatal, megang TDB aja tidak dibenarkan (Alkitab lain yg tidak diwartakan Paulus jangan dipakai)(mencemarkan diri), kena pasal Pembiaran.
    TS pasti mengucapkan diperkenan Y..... Ratusan kali, t..n Yesus ratusan kali, ini mencemarkan lidah walaupun terpaksa.

    Komputer aja tau
    Flowchart
    TS keluar, resiko dikucilkan
    TS bertahan resiko besar kalau mati langsung masuk grup antiKristus
    Dari dikucilkan ada beragam skenario tapi kalau keburu mati dengan keyakinan watchtower maka harapan sudah pupus total

    Jelas lebih enak dikucilkan itu kata flowchart

    Lot kehilangan lebih banyak dari TS, tapi selamat dan taat
    TS milih keluarga tapi tercemar

    Definisi tobat, pastilah cabut dari balai kerajaan, nggak mungkin tobat tapi masih mendatangi balai kerajaan

    Semoga TS kuat iman, yang pahit memang harus dijalani
    David, Tracey dan yang lain lebih parah dari TS, mosok TS baper kayak gitu.

    Ayo tinggalin balai kerajaan diatas pondasi kertas majalah

    Salam
    AS

    ReplyDelete
    Replies
    1. Andai TS bisa membela diri saat penghakiman terakhir maka lidah TS dipotong, tangan buntung krn megang TDB, kaki buntung karena bolak-balik ke balai kerajaan, itu sederhana bgt mikirnya, itu apa yang sebenarnya Yesus sendiri ajarkan
      Potong lah lidah daripada nyanyi lagu loyal kpd hamba setia
      Potong lah tangan dari pada nerima TDB dari penatua
      Potong lah kaki daripada dibuat jalan berdinas pakai buku bertukar pikiran.

      Salam
      AS

      Delete
    2. Kena dikte hamba setia itu jijay

      Kena dikte bertukar pikiran itu mencederai intelektualitas

      Kena dikte apa yg sebenarnya Alkitab (tidak) ajarkan itu najis tralala

      Kena dikte penatua itu ngenes

      Nyimpan TDB hari ini 5 th kmd baru nyesel

      Salam
      AS

      Delete

Tolong SEBUTKAN Nama Atau Initial Anda saat memberi komentar agar memudahkan Mitra diskusi Anda mengidentifikasikan Anda.

Non Kristiani, mohon tidak memberi komentar.

Jika Anda ingin komentar, silahkan klik DI SINI DULU

.