Saksi Yehuwa, Suatu Kultus Atau Rohaniwan Allah?: Pemilihan Ilahi

Menara Pengawal 15 Feb. 1994
LEMBAGA MENARA Pengawal merupakan organisasi resmi dari organisasi Saksi-Saksi Yehuwa yang menerbitkan majalah Menara Pengawal edisi 15 Feb. 1994 dengan judul sampul “Saksi-Saksi Yehuwa, Suatu Kultus Atau Rohaniwan Allah?. Artikel ini disiapkan oleh Lembaga Menara Pengawal untuk menolak tuduhan masyarakat umum yang mencapnya sebagai organisasi atau grup kultus (Cult, Inggris). Mengapa Lembaga Menara Pengawal menulis khusus tentang organisasi kultus? Hal ini karena pada tahun sebelumnya ada suatu kejadian di Amerika yaitu suatu grup kultus pimpinan David Koresh mencuat yaitu di mana 53 orang dewasa dan 21 anak-anak meninggal dalam peristiwa kebakaran di Waco, Texas sehingga menjadi pembicaraan hangat. Dan tentunya masyakarat Amerika juga mengait-kaitkan kepada grup-grup kultus lainnya termasuk Lembaga Menara Pengawal [1]. Tentunya, respons yang wajar adalah organisasi Saksi Yehuwa menolak tuduhan tersebut.

Meskipun Organisasi Saksi Yehuwa menolak disebut sebagai grup atau organisasi kultus (Cult, Inggris), tetapi dari publikasinya yang singkat tersebut, saya dapat membuktikan bahwa benar organisasi Saksi Yehuwa di mana Saksi-Saksi Yehuwa bergabung dan menjadi anggotanya merupakan grup atau kelompok organisasi kultus (cult). Jadi dari apa yang kita baca secara singkat di publikasi Lembaga Menara Pengawal sendiri, secara jelas dan tak terbantahkan, organisasi Saksi Yehuwa mengaku dirinya sendiri sebagai grup atau organisasi kultus. 

Apa yang akan saya bahas di sini dapat kita jadikan bahan diskusi dengan sahabat kita Saksi-Saksi Yehuwa saat mereka berkunjung ke rumah Anda. Meskipun publikasi itu hanya menyingkap sedikit ciri-ciri kelompok atau organisasi kultus, tetapi saya rasa hal ini cukup ampuh untuk membuat Saksi-Saksi Yehuwa berpikir ulang tentang organisasi organisasi Saksi Yehuwa di mana mereka bergabung. Mengapa meskipun menyingkap sedikit tetapi cukup ampuh? Karena jika kita bawa publikasi lainnya - meskipun lengkap dan ditulis oleh seorang ahli - selain publikasi terbitan Menara Pengawal untuk membuktikan Lembaga Menara Pengawal sebagai organisasi kultus, Saksi Yehuwa tidak akan percaya. Bagi mereka publikasi lainnya itu tidak benar dan fitnah. Sebaliknya, setiap Saksi Yehuwa mempercayai 100% publikasi terbitan Lembaga Menara Pengawal. Apa yang ditulis dan diterbitkan Menara Pengawal, maka setiap Saksi Yehuwa wajib menjalankannya dan mempercayainya seperti mempercayai kepada Alkitab.

Nah, sekarang kita perhatikan tulisan Menara Pengawal tersebut:
Jelaslah, kultus biasanya dipahami sebagai kelompok-kelompok religius yang memiliki pandangan radikal dan praktek yang bertentangan dengan apa yang kini diterima sebagai perilaku sosial yang normal. Biasanya mereka melakukan kegiatan religius mereka secara rahasia. Banyak kelompok kultus ini benar-benar mengasingkan diri dalam komune-komune. Pengabdian mereka kepada seorang yang memproklamasikan dirinya sendiri sebagai pemimpin manusia kemungkinan besar bersifat tanpa syarat dan ekslusif. Sering kali pemimpin ini membual bahwa mereka telah dipilih secara ilahi atau bahkan memiliki sifat-sifat ilahi. [2]
Lebih lanjut Menara Pengawal menulis:
Para pemimpin kultus dikenal menggunakan metode-metode manipulatif untuk mengendalikan pikiran para pengikut mereka. [3]
Juga perhatikan komentar Menara Pengawal tentang korban kultus:
Dapat dimengerti, banyak orang yang respek kepada Alkitab sebagai Firman Allah dikejutkan oleh penyalahgunaan Kitab Suci dengan cara yang tak tahu malu oleh kultus-kultus ini. Sebagai hasilnya, selama bertahun-tahun ratusan organisasi telah didirikan dengan tujuan memantau kultus-kultus dan membeberkan praktek-praktek mereka yang berbahaya. Para ahli perilaku kultus memperkirakan bahwa tibanya milenium baru dalam beberapa tahun mendatang dapat memicu perkembangbiakan kultus. Sebuah majalah berita mencatat bahwa menurut kelompok-kelompok anti-kultus, terdapat ribuan kultus “di luar sana yang siap merengut tubuh Anda, mengendalikan pikiran Anda, merusak jiwa Anda. . . Beberapa bersenjata tetapi kebanyakan dianggap berbahaya. Mereka akan membujuk Anda dan merampas milik Anda, mengawinkan dan menguburkan Anda. [4]
Perhatikan tulisan Menara Pengawal: 
Menarik, kebanyakan dari orang-orang ini menyatakan diri Kristen dan mengaku percaya kepada Alkitab.
Apakah artinya tulisan tersebut? Para pengikut kultus tersebut mengaku dirinya sebagai Kristen dan murni menjalankan Alkitab. Oleh sebab itu, jangan pernah berpikir bahwa kultus itu tidak ada di dalam kelompok-kelompok yang menamakan dirinya organisasi Kristen. Bahkan banyak organisasi yang menyebut namanya sebagai Kristen ternyata agama Kristen hanyalah kedok luarnya; dalamnya dikelola oleh organisasi/grup kultus. Begitu juga dengan klaim dari Saksi-Saksi Yehuwa yaitu ketika Anda bertemu dengan mereka, Saksi Yehuwa mengaku dirinya Kristen dan percaya kepada Alkitab. Oleh sebab itu, kita selalu perlu waspada agar kita jangan menjadi korban dari organisasi kultus dengan jubah kekristenan. Organisasi Saksi Yehuwa pun tidak lepas dari penyelidikan saya kali ini, yaitu apakah Menara Pengawal sebuah kultus?


Lalu, bagaimana kita yakin jika Lembaga Menara Pengawal atau gerakan Saksi-Saksi Yehuwa adalah organisasi kultus (cult)? Nah, sekarang kita bahas ciri-ciri dari organisasi atau grup-grup kultus yang berjubah agama berdasarkan tulisan Menara Pengawal sendiri.

CIRI-CIRI DARI ORGANISASI KULTUS

Walaupun setiap grup kultus berbasis agama memiliki doktrin kepercayaan, ritual dan perilaku yang berbeda-beda antara satu grup kultus dengan yang lainnya sehingga orang awam sulit untuk mengenali ciri-ciri atau kriteria grup kultus, namun jika kita hilangkan perbedaan doktrin dan ritual keagamaan di antara grup kultus dan berfokus pada ciri-ciri kesamaan yang mereka miliki, maka kita akan tetap mendapatkan kesamaan kriteria yang membentuk grup tersebut menjadi sebuah grup kultus. Kesamaan kriteria atau ciri-ciri inilah yang akan kita pelajari bersama.

Dipilih Secara Ilahi
“Sering kali pemimpin ini membual bahwa mereka telah dipilih secara ilahi atau bahkan memiliki sifat-sifat ilahi”, demikian tulis Menara Pengawal.
Sekarang, pertanyaan saya, bagaimana dengan Lembaga Menara Pengawal? Apakah organisasi Saksi Yehuwa mengklaim dirinya dipilih secara ilahi atau bahkan memiliki sifat-sifat ilahi? Jawabannya adalah: YA.



Apakah buktinya? Sangat sederhana, kita dapat lihat publikasi-publikasi terbitan Menara Pengawal sendiri. Perhatikan contoh berikut ini di mana publikasi terbitan Menara Pengawal diklaim dipersiapkan di bawah bimbingan Roh Kudus, Allah Yehuwa sendiri menyediakan pengajaran dan petunjuk melalui publikasi Menara Pengawal dan lain-lain klaim yang bersifat ilahi. Harap diingat bahwa satu-satunya buku yang mendapatkan arahan Roh Kudus dan pengajaran dan petunjuk Ilahi adalah Alkitab. Tidak ada satu organisasi pun boleh mengklaim bahwa publikasinya mendapat bimbingan yang bersifat ilahi:
Di seluruh bumi, umat Yehuwa menerima pengajaran rohani dan anjuran yang limpah dalam perhimpunan, kebaktian, dan juga melalui publikasi dari organisasi Yehuwa. Di bawah bimbingan roh kudus dan atas dasar Firman kebenaran-Nya, Yehuwa menyediakan hal-hal yang dibutuhkan agar umat Allah ”bersatu dengan sepatutnya dalam pikiran yang sama dan dalam jalan pikiran yang sama” serta terus ”dimantapkan dalam iman”. (1 Kor. 1:10; Kol. 2:6, 7) Pastilah kita bersyukur atas persediaan rohani Yehuwa pada hari-hari terakhir ini. Itulah sebabnya, ”budak yang setia dan bijaksana” tidak mendukung lektur, pertemuan, atau situs Web mana pun yang tidak dibuat atau diorganisasi di bawah pengawasannya.—Mat. 24:45-47. (Pelayanan Kerajaan Kita, 9/2007, hlm.7)
Yehuwa telah menyediakan pengajaran dan petunjuk melalui publikasi dari ”golongan budak yang setia dan bijaksana”, yang menjelaskan Alkitab. (Matius 24:45) (Menara Pengawal 15/7/2005, hlm. 22)
Dan sewaktu kita mempelajari Alkitab bersama-sama sebagai satu keluarga, bukankah kita mengalami bahwa Firman Allah mengerahkan kuasa, membuat kita ingin berbicara tentang-Nya dan maksud-tujuan-Nya? (Ibrani 4:12) Agar efektif dalam membuat pernyataan di hadapan umum tentang nama Yehuwa, kita juga perlu memanfaatkan sepenuhnya publikasi-publikasi Kristen yang disediakan oleh Allah Yehuwa melalui ”hamba yang setia dan bijaksana” yang terurap.—Matius 24:45-47. (Menara Pengawal, 15/9/1994, hlm. 11-12)
Dengan rasa syukur mereka menerima makanan rohani yang Yesus Kristus sediakan melalui golongan ”hamba yang setia”. Mereka memperoleh kekuatan rohani seraya menikmati kebenaran-kebenaran Alkitab yang dibahas dalam terbitan-terbitan Watch Tower, tetap-tentu menghadiri perhimpunan dari Saksi-Saksi Yehuwa dan giat melakukan kehendak Allah. Apakah saudara salah seorang dari orang-orang yang rendah hati ini?—Ibrani 10:23-25; bandingkan Yohanes 4:34. (Selamat Memasuki Bumi Baru, hlm. 81.) 
Sebenarnya, bukankah kita semua hendaknya melampaui ”doktrin dasar”? Tentu, kita perlu memperkembangkan minat akan ”perkara-perkara yang dalam dari Allah” dan memperoleh gizi dari makanan keras milik orang-orang yang matang. (Ibrani 5:12–6:1; 1 Korintus 2:10) ”Budak yang setia dan bijaksana”, di bawah pengawasan langsung Yesus Kristus, dengan rajin menyediakan makanan rohani tepat waktu bagi semua orang. (Matius 24:45-47) Semoga kita menikmati jamuan di meja hikmat dengan rajin mempelajari Firman Allah dan publikasi-publikasi berdasarkan Alkitab yang disediakan oleh golongan budak.” (Menara Pengawal, 15/5/2001, hlm. 29)
Nah sekarang kita perhatikan klaim pemilihan yang diterima oleh Badan Pimpinan dari Saksi-Saksi Yehuwa [5], di mana keanggotaannya tidak dipilih, melainkan diangkat melalui roh suci di bawah bimbingan Allah Yehuwa dan Yesus Kristus serta klaim pemilihan budak/hamba yang setia dan bijaksana oleh Yesus pada tahun 1918. Ingat klaim ini sama dengan penugasan seorang nabi berdasarkan Alkitab karena nabi mendapatkan urapan roh kudus dan pemilihan secara ilahi:

”Budak yang setia” itu diwakili oleh Badan Pimpinan Saksi-Saksi Yehuwa, yakni sekelompok kecil pria yang diurapi roh yang melayani di kantor pusat sedunia Saksi-Saksi Yehuwa di Brooklyn, New York, AS.—1 Petrus 2:17; 5:2, 3. (Menara Pengawal 15/7/2006, hlm. 20)
“Demikian pula dengan penetapan pria-pria Kristen untuk menjadi penatua, atau pengawas, dalam sidang sekarang... Mereka juga mempertimbangkan apakah saudara tersebut sudah menunjukkan dalam cara hidupnya bahwa ia ”penuh roh dan hikmat”. (Kisah 6:3) Jika mereka setuju bahwa memang demikian halnya dan ia memenuhi kwalifikasi sampai suatu tingkat yang layak, rekomendasi mereka akan diajukan kepada Badan Pimpinan yang diangkat oleh roh kudus, atau wakil-wakilnya yang terpilih. Kemudian, sidang dapat diberitahu bahwa saudara tersebut telah diangkat. (w85 s-16, hlm. 32)
Bagaimana dengan zaman modern? Seperti dinubuatkan di Matius 24:3, 45-47, Tuan itu, Kristus Yesus, telah melantik ”hamba yang setia dan bijaksana”, yang terdiri dari orang-orang kristiani terurap untuk mengawasi segala miliknya di bumi selama hari kehadirannya ini. Hamba yang setia dan bijaksana tersebut dewasa ini diwakili oleh Badan Pimpinan dari Saksi-Saksi Yehuwa, dengan wakilnya di bidang penerbitan yaitu Watch Tower Bible and Tract Society. Tepat sekali, bahwa hamba yang setia dan bijaksana tersebut juga disebut saluran komunikasi Allah. (MP1/9/1991, hlm18-19)

FIRMAN Allah menyebut orang-orang Kristen terurap yang mengurus kepentingan Kristus di bumi sebagai ”budak yang setia dan bijaksana”. Sewaktu Kristus menginspeksi ”budak” ini pada tahun 1918, ia mendapati bahwa kaum terurap di bumi itu setia menyediakan ”makanan [rohani] pada waktu yang tepat”. Maka, Yesus, sang Majikan, selanjutnya berkenan mengangkat mereka untuk mengurus ”semua harta miliknya”. (Baca Matius 24:45-47.) Dengan cara ini, sebelum menerima warisan surgawi, kaum terurap melayani para penyembah Yehuwa lainnya di bumi. (Menara Pengawal, 15/1/2008, hlm. 24)

Saya rasa, kutipan-kutipan tersebut cukup jelas akan klaim Lembaga Menara Pengawal yang mendapatkan bimbingan atau pimpinan yang bersifat keilahian. Klaim Lembaga Menara Pengawal tersebut sangat cocok dan klop dengan ciri-ciri grup atau organisasi kultus, bukan?

Sekarang sebagai bahan perbandingan, saya bandingkan dengan gereja Mormon yang juga disebut sebagai organisasi kultus/cult oleh para ahli kultus. Apakah bedanya klaim Lembaga Menara Pengawal dengan Joseph Smith - pendiri gereja Mormon yang juga berdiri di abad yang sama dengan Menara Pengawal?

Jika saya diizinkan menggunakan istilah Menara Pengawal yaitu ‘membual’, maka Joseph Smith – pendiri gereja Mormon – telah ‘membual’ bertemu dan dibaptis oleh Yohanes Pembaptis langsung, bahwa Yesus dan Allah Bapa menampakkan diri kepadanya pada usia 14 tahun dan ketika usia 17 tahun, seorang malaikat yang bernama Moroni yaitu anak dari Mormon memberitahukannya bahwa ia dipilih untuk menerjemahkan buku Mormon yang dikumpulkan oleh Mormon sekitar abad ke 4. Dan buku tersebut ditulis pada lempengan emas yang disembunyikan dekat tempat tinggal Joseph Smith. Singkat cerita, Tuhan mengangkat Joseph Smith menjadi nabi dan menjadikan buku Mormon sebagai salah satu pedoman bagi kehidupan para anggotanya karena memiliki otoritas di atas Alkitab.[6] [7]

Mengapa para pemimpin kultus ‘membual’? Karena klaim-klaim mereka bersumber dari diri sendiri dan tidak memiliki bukti yang sah, apalagi bukti yang bersumber dari inisiatif Allah sebagai pihak yang memilih, mengutus atau mengangkat sebagai nabi, hamba yang setia dan bijaksana dan lain-lain klaim.Begitu juga Menara Pengawal membual telah dipilih oleh Yesus sebagai ‘hamba yang setia sekaligus bijaksana’ pada tahun 1918. Badan Pimpinan Saksi-Saksi Yehuwa mengklaim bahwa “Badan Pimpinan bukan suatu alat hukum. Keanggotaannya tidak dipilih. Mereka diangkat melalui roh suci di bawah bimbingan Allah Yehuwa dan Yesus Kristus...” (Menara Pengawal, 15 March 1990 hlm.18) dan lain-lain klaim karena merupakan klaim yang bersumber dari diri sendiri. 

Saya sangat merekomendasikan bagi pembaca blog ini untuk meminta bukti akan apa yang diklaim oleh Lembaga Menara Pengawal ketika bertemu dengan Saksi-Saksi Yehuwa. Percayalah, jawabannya lucu-lucu.

Pertanyaannya sekarang adalah: Mengapa para pemimpin atau grup-grup kultus tersebut ‘membual’? Bagi suatu grup kultus membual sangat penting - bahkan merupakan salah satu pilar dari organisasi kultus – yaitu agar pemimpin kultus dapat memperoleh otoritas yang sah untuk mengontrol semua anggotanya agar mutlak tunduk mengabdi mengingat klaim pemimpin kultus tersebut dipilih oleh Allah sendiri. Ya, setiap Saksi-Saksi Yehuwa begitu yakin 100% bahwa Yehuwa telah memilih dan mengangkat Lembaga Menara Pengawal sebagai “hamba yang setia dan bijaksana dan satu-satunya organisasi Allah di bumi” seperti yang dinubuatkan Yesus di kitab Matius dan Lukas.

Umat manusia secara psikologis sangat rentan terhadap banyak hal di dalam menghadapi kehidupan ini. Terutama ketika menghadapi masa depan yang tidak pasti dan tidak jelas. Misalnya, masa depan karier, kesehatan, keuangan, memperoleh kebahagian dan lain-lain. Begitu juga akan hal-hal yang bersifat mistis dan agamis seperti ke mana kita akan pergi setelah mati, masuk surga atau neraka dan lain-lain pertanyaan yang tidak mudah dijawab karena memang hal-hal tersebut bersifat supra natural. Nah, jika ada seseorang yang mengklaim sebagai nabi atau Allah telah memilihnya sebagai 'saluran komunikasi'- Nya maka orang akan menganggap bahwa orang tersebut memiliki kedekatan yang spesial dengan Pencipta alam semesta ini. 

Misalnya saya secara psikologi merasa bahwa pendeta saya - yang berkharisma, pandai, multi talented, pelayanannya diberkati secara luar biasa - lebih memiliki kedekatan khusus dengan Allah sehingga ketika saya sakit, saya merasa jika didoakan olehnya maka Tuhan akan lebih mendengar doanya daripada doa saya.

Oleh karena itu, hal ini juga terjadi kepada Saksi-Saksi Yehuwa. Dengan mengikuti dan taat kepada 'satu-satunya saluran komunikasi Allah di bumi' Saksi-Saksi Yehuwa berharap memperoleh:

  • Kepastian akan masa depan; keselamatan. Meskipun sesungguhnya organisasi Saksi Yehuwa sama sekali tidak memberikan suatu kepastian apapun. Namun, dengan meyakinkan sekali, organisasi Saksi Yehuwa berhasil meyakinkan setiap anggotanya akan memperoleh apa yang dijanjikannya. Silahkan tanya seorang Saksi Yehuwa; apakah ia pasti selamat? Jawabannya adalah 'tidak tahu karena masalah keselamatan urusannya Allah saja, dan saya sedang berusaha untuk memperolehnya. 
  • Kebahagian. Lihat Kesaksian Mantan Saksi Yehuwa untuk lebih jelasnya. Apa yang ditulisnya 98% adalah benar, selebihnya merupakan perbedaan individual masing-masing Saksi Yehuwa. Apakah mantan Saksi Yehuwa memperoleh kebahagian yang dijanjikan? Maaf, faktanya jauh dari janji yang disampaikan oleh Lembaga Menara Pengawal. Di dunia ini Saksi-Saksi Yehuwa sungguh-sungguh menjadi 'budak' dari Menara Pengawal dan ketika meninggal pasti mendapat hukuman kekal karena mengikuti ajaran sesat yang dikumandangkan oleh Lembaga Menara Pengawal.
  • Hidup kekal dengan tubuh yang sempurna seperti sekarang ini di bumi firdaus. Ya, inilah yang dijanjikan oleh Menara Pengawal di dalam publikasi-publikasinya. Siapakah yang tidak ingin hidup kekal di dalam tubuh yang seperti sekarang ini, tidak menjadi tua, bebas dari sakit penyakit dan sempurna? Organisasi Saksi Yehuwa berhasil meyakinkan setiap Saksi Yehuwa bahwa surga bukan merupakan bagiannya sehingga setiap Saksi Yehuwa memilih untuk hidup kekal di bumi firdaus. 
  • Kebebasan dari rasa khawatir. Inipun dijanjikan oleh Menara Pengawal. Faktanya, ketika Saksi-Saksi Yehuwa tidak yakin akan keselamatannya membuktikan bahwa hidup mereka selalu berada di dalam rasa kekhawatiran yang besar. Bahkan secara konstant memiliki rasa takut atau phobia.

Nah, di bagian ini saya telah membuktikan bahwa ternyata organisasi Saksi Yehuwa dengan badan hukumnya Lembaga Menara Pengawal  cocok dengan ciri-ciri dari organisasi kultus berdasarkan publikasi yang dibuatnya sendiri. Sekarang ciri-ciri apa lagi yang menjadikan Lembaga Menara Pengawal sebuah kultus? Silahkan klik Ciri Kultus: Pandangan Radikal Perilaku Aneh


Artikel Terkait:
1. MENGENALI GURU DAN NABI PALSU: BUAHNYA (Mat. 7:15-16)
2. MEMBEDAKAN AGAMA KRISTEN PALSU DENGAN SEJATI? Bagaimana
3. Kebohongan Lembaga Alkitab Dan Risalah Menara Pengawal
4. SAKSI YEHUWA: YOHANES 1:1 Dan PENIPUAN


"Ada jalan yang disangka lurus, tetapi ujungnya menuju maut
(Amsal 16:25)




[1] MP, 15 Feb, 1994, hlm 4
[2] ibid
[3] ibid

[4] ibid
[5] Badan Pimpinan Saksi-Saksi Yehuwa adalah sekelompok orang yang bertugas mengorganisir dan memimpin Lembaga Menara Pengawal.
[6] Pemulihan Injil Yesus Kristus, hlm. 11-12
[7] Kitab Mormon, hlm. XI-XII

30 comments :

  1. Pak Awi, ijinkan saya komentar di thread ini mumpung gak ada yang kasih koment.

    Ciri pertama SSY kultus: Dipilih secara Ilahi.

    Awi wrote:
    Saya rasa, kutipan-kutipan tersebut cukup jelas akan klaim Lembaga Menara Pengawal yang mendapatkan bimbingan atau pimpinan yang bersifat keilahian. Klaim Lembaga Menara Pengawal tersebut sangat cocok dan klop dengan ciri-ciri grup atau organisasi kultus, bukan?

    Rob: Bagi saya belum cukup sebab soal itu juga anda bisa jumpai di katolik dan protestan dan denominasi kristen lainnya.

    “Sering kali pemimpin ini membual bahwa mereka telah dipilih secara ilahi atau bahkan memiliki sifat-sifat ilahi”, demikian tulis Menara Pengawal.

    Soal klaim ada pemilihan secara ilahi saya benarkan bahwa klaim itu berlaku di organisasi kami demikian juga hal yang sama berlaku di gereja lain.
    Misal: Pemilihan Paus dan para cardinal. Menurut anda apakah Paus akan mengatakan bahwa dia tidak dipilih secara Ilahi?
    Jika mengikuti alat ukur itu maka predikat kultus dapat anda berikan kepada Gereja katolik.

    Soal seorang pemimpin memiliki sifat-sifat ilahi? Bpim SSY tidak pernah mengklaim memiliki sifat sifat ilahi dalam konteks melakukan mujizat.
    Dalam konteks lain bahwa benar anda dan sayapun mampu menunjukkan sifat-sifat ilahi, iyakan? Pasti bukan itu yang dimaksud sebagai “pemimpin kultus”.

    Untuk cirri-ciri yang selanjutnya akan saya komentari namun setelah kita kupas tuntas yang satu ini dulu sehingga akan lebih focus. Saya tunggu tanggapan anda Pak Awi.

    Salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear Pa Ivan,

      Menilai suatu kelompok sebagai kultus harus menyeluruh dan komprehensif. Artikel "pemilihan ilahi" ini hanya baru mencirikan satu aspek saja, masih banyak ciri lainnya. Silahkan Anda pelajari ciri kultus lainnya di artikel berikutnya dan silahkan komentari.

      Sdr berkata:

      Pemilihan Paus dan para cardinal. Menurut anda apakah Paus akan mengatakan bahwa dia tidak dipilih secara Ilahi?
      Jika mengikuti alat ukur itu maka predikat kultus dapat anda berikan kepada Gereja katolik.


      Ciri kultus masih banyak lainnya, silahkan pelajari yg lainnya dan apakah memang kondisi kultus ada di Katolik.

      Kepausan sudah ada berabad-abad dan dulu semua orang mempercayainya krn memang ada rekam jejaknya. Bgm dng SSY? Apakah ada bukti sejarahnya selain bualan abad ke-20

      Salam kasih Tuhan Yesus

      Delete
    2. Pak Awi, terima kasih sudah membacanya, berikut tanggapan saya

      Sekali lagi saya tidak menganggap anda musuh, justru anda adalah bagian yang membangun kebebasan berpikir dan anda memilih menjadi kritikus SSY.

      Awi wrote:
      Menilai suatu kelompok sebagai kultus harus menyeluruh dan komprehensif. Artikel "pemilihan ilahi" ini hanya baru mencirikan satu aspek saja, masih banyak ciri lainnya. Silahkan Anda pelajari ciri kultus lainnya di artikel berikutnya dan silahkan komentari.

      Rob: Baik, apakah ini berarti kita sudahi topic ciri kultus: Pemilihan ilahi? Dengan demikian saya akan pindah ke ciri yang lain.

      Jadi kesimpulannya sampai titik ini, SSY belum bisa dikatakan kultus atas dasar pemilihan ilahi. Iya kan?
      -------------------

      Awi wrote:
      Kepausan sudah ada berabad-abad dan dulu semua orang mempercayainya krn memang ada rekam jejaknya. Bgm dng SSY? Apakah ada bukti sejarahnya selain bualan abad ke-20

      Rob: Menurut anda, apakah selama berabad-abad rekam jejak gereja katolik bebas bualan?
      soal SSY membual , mari kita diskusikan satu-persatu.

      Salam

      Delete
    3. Dear Sdr Ivan,

      Sdr Ivan berkata:

      Rob: Menurut anda, apakah selama berabad-abad rekam jejak gereja katolik bebas bualan?
      soal SSY membual , mari kita diskusikan satu-persatu.


      Entah saya tidak tahu apa itu bualan gereja Katolik krn saya bukan Katolik. Menurut Anda apa sih bualan gereja Katolik? Mungkin Sdr Yulianus bisa pembaca blog ini bisa berkontribusi dalam hal ini.

      Mengenai bualan SSY silahkan klik Menara Pengawal Membual, Sombong Dan Munafik. Silahkan Anda buktikan sendiri apakah SSY tidak sedang membual, sombong dan munafik dlm hal ini.

      Salam kasih Tuhan Yesus

      Delete
    4. Pak Awi, Saya akan komentari artikel itu nanti. Seperti janji anda kepada saya saat pertama kali kita kenalan di blog anda ini bahwa anda akan bediskusi dan mengupas tuntas satu persatu dng saya dengan cara yang tidak buru-buru sebab kita masing-masing bekerja sekuler.

      Salam

      Delete
    5. Dear Sdr Ivan,

      Ya, saya pernah janji hal demikian tp satu hal kita diskusi ttg ajaran organisasi Saksi Yehuwa, bukan pendapat Anda pribadi. Jk pendapat Sdr, maaf saya tidak tertarik karena fokus saya adalah membahas ajaran organisasi SSY.

      Salam kasih Tuhan Yesus

      Delete
    6. Pak Awi terima kasih tanggapannya.

      Kita akan berdiskusi tentang ajaran organisasi, sebab apa yang anda angkat tentang ciri-ciri kultus bersumber dari MP, iya kan?

      Salam

      Delete
    7. Salam Pak Ivan,


      kita bahas Gereja atau Kultus?
      kalau boleh tau bualan apa saja yang bapak rekam dalam GK selama berabad-abad itu?


      mohon responnya.

      Delete
    8. Pak Yulianus salam kenal.

      Saya harap anda membaca argumentasi-argumentasi saya kepada Pak Awi bukan hanya yang di thread ini tapi di thread lain juga jika sempat.
      Maksud saya, agar anda bisa melihat objektifitas saya, dengan demikian anda bisa memberikan masukan buat saya dalam bentuk kritikan atau kontra argumentasi yang logis, hal ini sangat saya suka sebab akan mempertajam anda dan saya.

      Sekarang akan saya jelaskan soal "bualan".
      Pak Awi sepertinya menganggap bahwa semua klaim tafsir ayat alkitab (kalkulasi nubuat) dari SSY adalah "bualan/dusta/tipu", padahal sudah saya katakan bahwa pada posisi ini, siapapun tidak dapat membuat judgement apakah suatu domain(gereja/organisasi/kumunitas) tertentu telah melakukan "dusta/tipu/bualan", sebab sekali lagi kata kuncinya adalah "tafsir ayat" dan "domain pribadi".

      Nah kapan menurut anda bahwa sesuatu dapat dipastikan sudah "dusta/bualan/tipu"? Menurut saya, jika ada pihak yang dirugikan.

      Maksud saya begini, kalau anda membawa suatu perkara entah pidana atau perdata ke pengadilan, singkatnya ada 2 hal yang akan dipastikan oleh hakim yaitu: siapa penggugat dan siapa tergugat. Selanjutnya akan ditanya apakah ada yang dirugikan? Kerugian material dan immaterial.

      Nah, saya menganggap Pak Awi adalah orang yang mengambil posisi sebagai penggugat. Saya membayangkan jika saya berada pada posisinya, maka kerugian apa yang saya alami? baik material maupun immaterial? jawabannya tidak ada.

      Itulah maksud saya bahwa ketika saya berada pada posisinya maka saya mendapai diri saya "goyah" dan prejudice. Mengapa prejudice? sebab kata kunci diatas tadi "tafsir ayat (kalkulasi nubuat) alkitab" dan "domain pribadi"(gereja/kelompok/komunitas).

      Bagaimana saya bisa mengatakan orang lain dusta/tipu/pembohong/sakit jiwa/sesat/pembual/ yang sifatnya pencemaran (sebab SSY berbadan hukum di Indonesia), padahal yang saya permasalahkan diangkat dari tafsir ayat alkitab yg menjadi domain pribadi orang tersebut? yang notabene saya bukan siapa-siapanya orang itu.

      Nah, sekarang Pak Yulianus anda pasti sudah paham maksud saya tentang "bualan" dan dalam konteks apa saya bertanya kepada Pak Awi diatas.

      Jadi, jika dalam konteks klaim Pak Awi tentang kami SSY dia berkata kami membual/menipu/berdusta/berbohong maka dalam konteksnya itu demikian pula dapat dijumpai di gereja manapun, sebab semua gereja dan penyelidik alkitab telah melakukan "tafsir ayat alkitab".

      Silahkan ditanggapi, saya ingin bertukar pikiran dnegan anda.

      Salam

      Delete
    9. Salam Pak Ivan Robert,

      saya to the point aja yah pak, ^_^
      saya tidak melihat sesuatu yang objektif dari argumentasi anda.
      sebab anda coba menggeneralisir antara Katolik dan Kultus, yang notabene jauh berbeda.

      kenapa berbeda?
      saya rasa anda sudah paham perbedaannya.

      Kemudian tentang Bualan, Bapak harusnya paham disini, apa perbedaan antara Tafsir dan Nubuat? jangan-jangan anda tidak tahu!

      posisi ini kita tidak boleh menghakimi, tetapi apakah kita harus berbohong?
      tentu tidak!
      sebab apa yang dilakukan oleh pemimpin JW, memang suatu bualan. kita lihat contoh dibawah:
      "Pada Tahun 2014, dunia akan kiamat"
      &
      "Panas artinya orang yang semangat dan dingin artinya orang yang tidak merespon

      harus bapak bisa melihat mana yang nubuat mana yang tafsiran. ^_^


      silahkan ditanggapi.

      Delete
    10. Pak Jul, berikut tanggapan saya.

      Jul wrote:
      saya to the point aja yah pak, ^_^

      Rob: Gpp Pak, saya suka cara itu
      --------------

      Jul wrote:
      saya tidak melihat sesuatu yang objektif dari argumentasi anda.
      sebab anda coba menggeneralisir antara Katolik dan Kultus, yang notabene jauh berbeda.

      Rob: Bagian mana dari tulisan saya yang menunjukkan saya mengeneralisasi ?
      Apakah GK tidak melakukan tafsiran ayat Alkitab? Dan tidak punya domain pribadi?
      --------------------------

      Jul:
      kenapa berbeda?
      saya rasa anda sudah paham perbedaannya.

      Rob: Belum, tolong jelaskan pada konteks ini apa perbedaan tafsir GK terhadap ayat alkitab dengan kelompok lain?
      ------------------------------

      Jul wrote:
      Kemudian tentang Bualan, Bapak harusnya paham disini, apa perbedaan antara Tafsir dan Nubuat? jangan-jangan anda tidak tahu!

      Rob: Anda prejudice, dimana anda temukan kami bernubuat? Jangan-jangan anda belum membaca argumentasi2 saya ke Pak Awi soal ini sehingga anda tidak tahu ^_^.
      -------------------------

      Jul:
      posisi ini kita tidak boleh menghakimi, tetapi apakah kita harus berbohong?
      tentu tidak! sebab apa yang dilakukan oleh pemimpin JW, memang suatu bualan. kita lihat contoh dibawah: "Pada Tahun 2014, dunia akan kiamat" & "Panas artinya orang yang semangat dan dingin artinya orang yang tidak merespon harus bapak bisa melihat mana yang nubuat mana yang tafsiran. ^_^

      Rob: Setuju bahwa tidak boleh ada yang menghakimi. Soal thn 2014 kiamat yang bilang siapa?



      salam

      Delete
    11. begini yah pak....

      anda sendiri yang mengangkat GK dalam komen bapak yang mencoba mengambil perbandingan dari pernyataan pak Awi, mau saya tunjukkan?

      GK tentu berbeda dengan JW, kenapa beda?
      dalam GK, ada suksesi Apostolic, mau itu Gereja Timur atau pun Barat. sedangkan JW, dari mana? (masih banyak lagi yang lainnya).
      dan masih banyak lagi yg lainnya. oh yah,,, bapak tahu kan sejarah kanonisasi Kitab Suci dimana JW membuat terjemahan baru?

      kalau berbicara tentang pengajaran, tentu semua punya pengajaran masing-masing. contohnya setiap guru punya pengajarannya masing-masing.
      jadi apakah semua agama adalah Kultus? bapak pasti tahu sendiri kan?

      dan GK punya pengajaran yang terus lestari dan tidak berubah-ubah. sedangkan JW berubah-buah kan? (bisa kita kaji lebih lanjut)

      GK memilik ajaran sendiri tentang isi Kitab Suci, tetapi apakah pemimpin GK pernah bernubuat yang palsu?

      boleh sertakan!!!

      bapak ivan, apakah meramal(memastikan) tentang masa depan(amargeddon), adalah sebuah tafsiran?
      bapak bisa bedakan tidak!

      saya sudah berikan contoh kasus, biar saya ulangi:
      1. Tahun 2014 bulan 12 dunia akan kiamat.
      2. tidak panas dan tidak dingin: panas, berarti bersemangat, dan dingin berarti biasa-biasa saja.

      mana yang bernubuat dan mana yang menafsirkan dari contoh diatas.

      apakah sampai sekarang saya prejudice?


      Delete
    12. Pak Jul, berikut tanggapan saya,

      Jul wrote:
      anda sendiri yang mengangkat GK dalam komen bapak yang mencoba mengambil perbandingan dari pernyataan pak Awi, mau saya tunjukkan?

      Rob: Ya benar saya memang membuat perbandingan JW dan GK soal tafsir nubuat pemilihan ilahi, yang bagi Pak Awi adalah “bualan”.
      -------------

      Jul wrote:
      GK tentu berbeda dengan JW, kenapa beda?
      dalam GK, ada suksesi Apostolic, mau itu Gereja Timur atau pun Barat. sedangkan JW, dari mana? (masih banyak lagi yang lainnya).

      Rob: Pak Jul, soal pemilihan ilahi di JW dan GK pada konteks ini sudah saya katakan adalah menjadi domain tafsir kelompok gereja masing-masing. Saya tidak mempermasalahkan itu bahkan tidak akan mengatakan pemilihan ilahi ditempat anda adalah dusta, sebab saya tidak punya parameter fisika apapun untuk mengukur apakah benar yesus datang ditempat anda atau di JW dalam bentuk apapun untuk melakukan pemilihan.

      Namun baiklah, sebab anda yg mulai mempermasalahkanya maka pertanyaan saya untuk anda: Tunjukan dasar ayat Alkitab suksesi apostolic untuk GK? sampai disitu dulu, tolong dijawab.
      Pls jangan mengikuti cara Pak Awi, saya bertanya suatu topik malah dia tanya balik topik yg sama dan tidak memberikan jawaban apapun.

      Sewajarnya andalah yang memulai front soal pemilihan ilahi, maka andalah yang duluan menjawab pertanyaan saya.

      ----------------

      Jul wrote:
      dan masih banyak lagi yg lainnya. oh yah,,, bapak tahu kan sejarah kanonisasi Kitab Suci dimana JW membuat terjemahan baru?

      Rob: Ya, apa hubungannya dengan pemilihan ilahi?
      -----------------

      Jul wrote:
      kalau berbicara tentang pengajaran, tentu semua punya pengajaran masing-masing. contohnya setiap guru punya pengajarannya masing-masing. Jadi apakah semua agama adalah Kultus? bapak pasti tahu sendiri kan?

      Rob: Jadi apa hubungannya “pengajaran masing-masing gereja” dengan Kultus? Problem perubahan ajaran?
      -----------------

      Jul wrote:
      GK punya pengajaran yang terus lestari dan tidak berubah-ubah. sedangkan JW berubah-buah kan? (bisa kita kaji lebih lanjut)

      Rob: Apakah perubahan ajaran mencirikan kultus?
      Soal perubahan tafsir/ajaran GK saya ambil contoh: Kasus Galileo ilmuwan abad 16 vs GK, Kapan GK mengoreksi kesalahan tafsirnya? Sudah atau belum? Tolong dijawab, jangan balik bertanya.

      ---------------------

      Jul wrote:
      GK memilik ajaran sendiri tentang isi Kitab Suci, tetapi apakah pemimpin GK pernah bernubuat yang palsu?

      Rob:Demikian juga kami JW puny apengajaran sendiri tentang Alkitab.
      Soal Nubuat anda prejudice, Siapa yang bernubuat? Tolong jelaskan.

      Silahkan anda angkat Kriteria nubuat yg dilakukan JW dari kacamata anda, jangan malu-malu menjelaskannya pak, jangan membuat klaim yg anda tidak mampu buktikan.
      --------------------

      Jul wrote:
      bapak ivan, apakah meramal(memastikan) tentang masa depan(amargeddon), adalah sebuah tafsiran?

      Rob: Kenapa tidak? Faktanya alkitab berbicara tentang masa depan (armagedon), nah jika GK tidak membutuhkan tafsiran /kalkulasi soal parosia kristus ya silahkan saja, itu keputusan anda dan saya tidak peduli.
      Jadi kalau JW melakukan tafsiran/kalkulasi akhir jaman dari nubuat Daniel dan Yesus, so what? Apa urusan mu Pak. Memangnya GK rugi?
      --------------------

      Jul wrote:
      saya sudah berikan contoh kasus, biar saya ulangi:
      1. Tahun 2014 bulan 12 dunia akan kiamat.
      2. tidak panas dan tidak dingin: panas, berarti bersemangat, dan dingin berarti biasa-biasa saja.
      mana yang bernubuat dan mana yang menafsirkan dari contoh diatas.

      Rob: Makanya jangan membuat frase yang dapat menyesatkan pembaca seolah-olah 2014 adalah pernyataan JW. Contoh diatas tidak terkait pernyataan ekspisit JW soal kiamat.

      Nah sekarang saya jawab:
      Anda tanya mana nubuat mana tafsir? Saya jawab, anda prejudice. Siapa yang bernubuat? Tolong jawab dan jelaskan criteria alkitab bernubuat itu apa? Andakan orang yang sekolah tinggi tinggi sekali soal alkitab, sedangkan kami hanya belajar dirumah ^_^ bercanda Pak....silakan dijawab Pak.
      ------------

      Jul wrote:
      Apakah sampai sekarang saya prejudice?
      Rob: sudah jelas


      Salam

      Delete
  2. Awi menulis jawaban utk sdr.Ivan sbb : Entah saya tidak tahu apa itu bualan gereja Katolik krn saya bukan Katolik.

    He..he..he, pak Awi ini memang benar-benar cerdik dan licin seperti belut, Awi mengatakan karena dia bukan Katolik maka dia tidak tahu apa bualan gereja Katolik. Sungguh kontradiktif dengan fakta yg saya lihat, karena Awi juga bukan seorang SSY tetapi dia mengklaim dirinya tahu segala hal tentang SSY, tahu sejarah SSY, tahu doktrin SSY, Awi mengklaim tahu kalau SSY itu membual, Awi mengklaim tahu kalau semua anggota SSY itu 'sakit jiwa' atau mengalami ganguan mental karena telah dipengaruhi oleh organisasi kultus Watchtower, tahu kalau badan pimpinannya adalah nabi palsu. dst..dst.

    Sungguh menakjubkan - amazing. Sejujurnya saya benar-benar ingin tahu, apa misi dari pak Awi sebenarnya?

    Ada banyak sekali denominasi agama yg mengaku Kristen selain SSY, ada ratusan bahkan mungkin ribuan. Mengapa sdr.Awi sangat bernafsu sekali menyerang hanya SSY saja, tetapi ketika denominasi agama Kristen lain dibongkar kepalsuannya, anda malah menghindar utk mengakuinya (meskipun saya sangat yakin anda pasti mengetahui hal itu).


    Budi

    ReplyDelete
  3. Pak ivan,

    gini aja pak, tidak usah terlalu banyak retorika. baik kita bahas yah pak... ^_^

    1. sekarang bapak ivan sudah tahu dimana letak "generalisasi" yang bapak lakukan.
    dengan bicara tafsiran atau pengajaran sangat terlihat bahwa bapak melakukan "generalisasi" sebab setiap agama meliki ajarannya masing-masing. tetapi apakah itu berarti bahwa semua agama adalah kultus?

    2. suksesi Apostolic dalam GK bukanlah sebuah dusta. sebab ada bukti Kitab Suci dan bukti sejarah. sedangkan JW, JW tidak ada bukti sejarahnya. coba dari Rasul siapa JW berdiri? ada tidak?
    kemudian bapak mempertanyakan Dasar dari "Suksesi Apostolic" GK, oke deh, saya harap bapak jadikan referensi:
    suksesi Apostolic dimulai dari Kepha/Petros yang artinya batu karang- (Mat 16:18) dan memberikan kuasa yang khusus kepadanya di atas para rasul yang lain, untuk menggembalakan domba-domba-Nya (Yoh 21:5-7). Walaupun Kristus juga memberikan kuasa kepada rasul-rasul yang lain (Mat 18:18), hanya kepada Petruslah Ia memberikan kunci- kunci Kerajaan Surga (Mat 16:19) yang melambangkan kuasa untuk memimpin GerejaNya di dunia.
    kemudian cacatan sejarah dari bapa-bapa Gereja, seperti yang ditulis oleh St. Irenaeus (175-180) Klik disini untuk membaca
    dan masih banyak yang lainnya...
    owh iyah penunjukkan ilahi kepada Russel sebagai presdir WT pertama ada gak ayatnya dalam Kitab Suci?

    3. itulah salah satu perbedaan GK dan JW, Gereja yang dulu dan yang sekarang pengajaran tetap lestari. tidak ada revisi-revisian.
    dan itu sebagai bukti bahwa kalau GK itu kultus, maka lebih Kultuslah anda yang memakai Kitab Suci dari GK. (^_^)


    4. yah. anda benar sekali, kalau itu tidak dusta kenapa berubah-rubah?

    5. kalau ajarannya yang adalah dusta, dan menyesatkan (seperti yang dijelaskan dalam setiap tulisan Pak Awi), apa itu bukan kultus?
    disini saya tidak menghakimi saya hanya menilai. ^_^
    dan tentang Galileo agar informasi anda lebih akurat silahkan baca ini

    6. saya tidak pernah malu-malu kok pak... walaupun saya punya kemaluan... hahahaha
    bagaimana dengan nubuatan kiamat oleh Russel dan Rutherford?
    bisa dijelaskan kalau ini tafsiran?


    7. bapak ivan yang terhormat, jangan membohongi hati bapak. coba deh, bapak telaah pake hati dan pikiran bapak.
    Nubuat itu pengetahuan yang akan terjadi dimasa yang akan datang.
    sedangkan tafsiran adalah pemahaman kita tetang makna sebuah kata atau kalimat. (bisa secara literal ataupun Alegoris)
    apa yang dilakukan oleh Russel dan Rutherford adalah nubuatan, kenapa? karena dalam Kitab Suci sendiri sudah dijelaskan secara literal, "tidak seorang pun yang tahu".
    kenapa PresDir JW bisa memastikan. bapak yang terhormat, manusia itu diberikan akal untuk memikir, dan semua orang bisa bedakan mana tafsir mana nubuat, masa bapak tidak bisa bedakan!!!

    bukan Gereja yang rugi tetapi banyak orang yang dirugikan pak, banyak orang menjadi sesat.
    kalau saya balik, apa untungnya WT nubuat palsu? (jawab juga pak)


    8. saya sudah jawab dipoint 7, yah karena bapak tidak mau menjawab pertanyaan saya tentang beda nubuat dan tafsir. hehehehehe
    bapak tidak usah menggunakan metode cyrcle-logic deh. pembaca pun tahu bahwa itu diatas hanya contoh.
    kalau aslinya: [1889] “Peperangan pada hari besar, yaitu hari Allah Yang Mahakuasa (Why 6:14), dimana akan berakhir di tahun 1914 ..” (Studies, Vol. 2, 1908 edition, 101)
    ini bukan tafsiran pak, tetapi nubuatan.

    9. hak bapak kalau menilai saya prejudice ^_^, tak mengapa... begitu pun pembaca yang bisa menilai saya.


    Salam,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pak Julianus, terimakasih atas perkenannya sehingga diskusi ini dapat berlanjut. Anda buka musuh saya dan tidak ada yang lebih pintar satu dengan yang lain kita teman diskusi saja Pak. Berikut tanggapan saya:

      Jul wrote:
      1. sekarang bapak ivan sudah tahu dimana letak "generalisasi" yang bapak lakukan. dengan bicara tafsiran atau pengajaran sangat terlihat bahwa bapak melakukan "generalisasi" sebab setiap agama meliki ajarannya masing-masing. tetapi apakah itu berarti bahwa semua agama adalah kultus?

      Rob: Justru ini yang saya tanyakan kepada Pak Jul, Apa korelasi antara “perbedaan pengajaran/tafsir” dengan “ciri kultus atau bukan kultus”?
      -------------------

      Jul wrote:
      2. suksesi Apostolic dalam GK bukanlah sebuah dusta. sebab ada bukti Kitab Suci dan bukti sejarah. sedangkan JW, JW tidak ada bukti sejarahnya. coba dari Rasul siapa JW berdiri? ada tidak?

      Rob: Bukan saya yang memulai untuk mempersoalkan pemilihan ilahi , sebab bagi saya ini adalah domain tafsir masing-masing, saya tidak punya hak untuk katakan GK dusta sebab saya tidak memiliki bukti fisika apakah roh Allah datang di GK atau JW. Tapi baiklah karena anda yang memulainya maka akan saya ulas dari parameter Alkitab saja, nanti dibawah ini, soal terjadi perbedaan pemahaman tolong anda jangan tersinggung ataupun marah sebab kita hanya diskusi.
      --------------------------

      Jul wrote:
      kemudian bapak mempertanyakan Dasar dari "Suksesi Apostolic" GK, oke deh, saya harap bapak jadikan referensi: suksesi Apostolic dimulai dari Kepha/Petros yang artinya batu karang- (Mat 16:18) dan memberikan kuasa yang khusus kepadanya di atas para rasul yang lain, untuk menggembalakan domba-domba-Nya (Yoh 21:5-7).

      Rob: Apakah benar Alkitab menunjukkan bahwa Petrus lebih tinggi dari rasul yang lain atau menjadi pimpinan dari rasul yang lain?
      Rasul Paulus memang menulis bahwa Petrus dipercayakan menjadi ”rasul bagi orang-orang bersunat”. (Galatia 2:8) Namun dari konteksnya, jelaslah bahwa Paulus tidak mengatakan bahwa Petrus memimpin sidang jemaat. Ia mengomentari peranan Petrus untuk memberitakan Injil kepada orang Yahudi.
      Meskipun Petrus diberi tanggung jawab besar, Alkitab tidak pernah menyebutkan bahwa ia mengaku sebagai kepala sidang jemaat dan membuat keputusan atas nama para murid. Dalam suratnya, ia menyebut dirinya ”rasul” dan ”seorang elders/tua-tua”, tidak lebih dari itu.—baca 1 Petrus 1:1; 5:1 KJ.
      bersambung.....

      Delete
    2. Jul Wrote:
      Walaupun Kristus juga memberikan kuasa kepada rasul-rasul yang lain (Mat 18:18), hanya kepada Petruslah Ia memberikan kunci- kunci Kerajaan Surga (Mat 16:19) yang melambangkan kuasa untuk memimpin GerejaNya di dunia.

      Rob: Apakah Petrus yang memimpin Gereja (Jemaat Allah) masa awal?
      Satu bukti bahwa Petrus bukan kepala sidang jemaat di Roma adalah surat rasul Paulus kepada jemaat itu. Dalam suratnya, ia menyebutkan banyak nama orang Kristen di sana, tetapi sama sekali tidak menyebutkan Petrus. (Roma 16:1-23) Kalau Petrus memang kepala sidang jemaat itu, masakan Paulus akan melupakan atau mengabaikan dia?

      Perhatikan juga bahwa kira-kira pada waktu Petrus menulis surat terilhamnya yang pertama, Paulus menulis surat kedua kepada Timotius. Dalam surat itu, Paulus dengan jelas menyebutkan kota Roma, tetapi Petrus tidak disebut-sebut. Sebenarnya, ada enam surat yang Paulus tulis dari Roma, dan semuanya tidak menyebutkan Petrus.
      Sekitar 30 tahun setelah Paulus menulis surat-suratnya, rasul Yohanes menulis tiga surat dan buku Penyingkapan, atau Wahyu. Dalam tulisannya itu, ia tidak pernah menyebutkan bahwa sidang jemaat di Roma adalah yang paling istimewa, ataupun menyinggung adanya seorang pemimpin gereja yang dianggap penerus Petrus sebagai pemegang jabatan tertinggi (karena Yohanes rasul yang terakhir hidup).
      Jadi Alkitab maupun bukti sejarah tidak mendukung pernyataan bahwa Petrus menetapkan dirinya sebagai uskup pertama sidang jemaat di Roma.

      Nah sekarang, apakah Petrus atau Yesus yang adalah batu dimana sidang jemaat dibangun?
      Pembahasan/pembicaraan Yesus dengan Petrus berkisar pada mengenali Kristus dan peranannya, bukan peranan yang akan Petrus jalankan. (Matius 16:13-17) Petrus sendiri belakangan menyatakan bahwa Yesus adalah batu yang di atasnya sidang jemaat dibangun. (baca 1 Petrus 2:4-8) Rasul Paulus meneguhkan bahwa Yesus, bukan Petrus, adalah ”batu penjuru fondasi” dari sidang jemaat Kristen.—baca Efesus 2:20.

      Sekarang, apakah Petrus atau Yesus yang adalah kepala sidang jemaat Allah (gereja)?
      Efesus 1: 22,23 LAI: “Dan segala sesuatu telah diletakkan-Nya di bawah kaki Kristus dan Dia telah diberikan-Nya kepada jemaat sebagai Kepala dari segala yang ada. Jemaat yang adalah tubuh-Nya, yaitu kepenuhan Dia, yang memenuhi semua dan segala sesuatu.”
      Jelas bukan? Ayat ini menyebut Yesus sebagai Kepala dari Jemaat Allah, dan Jemaat dilambangkan seperti tubuhnya, Jadi bukan Petrus!.

      Yang juga menarik adalah bahwa Agustinus (354-430 M), yang biasanya disebut sebagai ”Santo Agustinus”, pada suatu waktu pernah berpendapat bahwa Petrus adalah batu itu tetapi belakangan ia mengubah pandangannya. Commentary on the Holy Scriptures karya Lange (Mat 16:18, ctk., hlm. 296) mengutip perkataan Agustinus, ”Kata batu tidak berasal dari nama Petrus, tetapi nama Petrus berasal dari batu (non enim a Petro petra, sed Petrus a petra), sebagaimana nama Kristus tidak berasal dari kata Kristen, tetapi Kristen berasal dari Kristus. Alasannya Tuan mengatakan, ’Di atas batu ini aku akan mendirikan gerejaku,’ adalah bahwa Petrus sebelumnya mengatakan, ’Engkaulah Kristus, Putra Allah yang hidup.’ Di atas batu itulah, yang telah engkau akui, katanya, aku akan membangun gerejaku. Karena Kristus adalah batu itu (petra enim erat Christus), yang di atasnya Petrus juga dibangun; sebab tidak ada fondasi lain yang dapat diletakkan manusia, selain apa yang sudah diletakkan, yang adalah Yesus Kristus.”—Diterjemahkan dan diedit oleh P. Schaff, 1976.
      ---------------

      Jul wrote:
      owh iyah penunjukkan ilahi kepada Russel sebagai presdir WT pertama ada gak ayatnya dalam Kitab Suci?

      Rob: Kalau anda tanya kepada setiap saksi Yehuwa, siapa pemimpin kami (klo di GK pemimpin gereja adalah Paus)? Maka anda tidak akan mendapatkan jawaban bahwa pimpinan kami “Presiden MP”. Sebab pemimpin kami adalah Kristus kepala gereja(jemaat Allah). Soal bukti ayat Yesus adalah kepada sidang jemaat Allah, sudah saya sebutkan diatas.
      bersambung....

      Delete
    3. Jul wrote:
      3. itulah salah satu perbedaan GK dan JW, Gereja yang dulu dan yang sekarang pengajaran tetap lestari. tidak ada revisi-revisian. dan itu sebagai bukti bahwa kalau GK itu kultus, maka lebih Kultuslah anda yang memakai Kitab Suci dari GK. (^_^)

      Rob: Soal siapa pemimpin gereja dan batu fondasi gereja saja dari awal GK sudah tidak sama dengan Alkitab. Jadi apa yang GK lestarikan?
      -----------------

      Jul wrote:
      4. yah. anda benar sekali, kalau itu tidak dusta kenapa berubah-rubah?

      Rob: Apakah perubahan adalah dusta? Anda keliru memahami definisi dusta. Nah, Apakah cara GK memahami “dusta” seperti anda ini? Silahkan kasih referensi dari GK yang mendefinisikan dusta seperti yang anda definisikan sekarang. Saya mau lihat apakah benar seperti itu, maka akan saya komentari.
      -----------------

      Jul wrote:
      5. kalau ajarannya yang adalah dusta, dan menyesatkan (seperti yang dijelaskan dalam setiap tulisan Pak Awi), apa itu bukan kultus? disini saya tidak menghakimi saya hanya menilai. ^_^

      Rob: Definisikan dulu “dusta” itu apa Pak? Juga siapa yang disesatkan?
      Soal anda hanya menilai, bagi saya anda sudah menghakimi. Namun ini semua kebebasan anda untuk berbicara..silahkan saja Pak.
      ------------------------

      Jul wrote:
      dan tentang Galileo agar informasi anda lebih akurat silahkan baca ini

      Rob: Pada tahun 1822 pelarangan atas karya-karyanya dicabut. Baru pada tahun 1979, Paus Yohanes Paulus II membuka kembali masalah ini dan mengakui bahwa Galileo telah ”dibuat sangat menderita . . . oleh orang-orang dan organisasi Gereja”. Dalam surat kabar Vatikan, L’Osservatore Romano, Mario D’Addio, seorang anggota terkemuka dari komisi khusus yang dibentuk oleh Paus Yohanes Paulus II untuk meninjau kembali penghukuman Galileo pada tahun 1633, mengatakan, ”Apa yang disebut bidah Galileo tampaknya tidak mempunyai dasar, baik secara teologi maupun di bawah hukum kanonik.” Menurut D’Addio, sidang Inkwisisi melangkahi wewenangnya—teori-teori Galileo tidak melanggar pasal apa pun dari iman. Surat kabar Vatikan mengakui bahwa hukuman atas Galileo sebagai bidah yang tidak berdasar.

      Pertanyaan saya:
      Mengapa setelah 346 tahun GK baru menyadari hal ini? Juga bukankah hal ini menunjukkan bahwa GK tidak mengharamkan terjadinya perubahan Ajaran/tafsir? Apakah demi atas nama “ajaran yang lestari” maka GK tetap ngotot bahwa bumi mengelilingi matahari?
      Jadi jelas bahwa GK pun melakukan perubahan soal ajaran/tafsir ayat alkitab yang sebelumnya adalah geosentris menjadi heliosentris, iya kan? Kalau anda tetap ngotot bahwa GK tidak melakukan perubahan pemahaman/tafsir ayat alkitab soal ini demi kelestarian ajaran..wah anda sudah berbeda pemikiran dengan Paus diatas.
      bersambung....

      Delete
    4. Jul wrote:
      bapak ivan yang terhormat, jangan membohongi hati bapak. coba deh, bapak telaah pake hati dan pikiran bapak. Nubuat itu pengetahuan yang akan terjadi dimasa yang akan datang. sedangkan tafsiran adalah pemahaman kita tetang makna sebuah kata atau kalimat. (bisa secara literal ataupun Alegoris) apa yang dilakukan oleh Russel dan Rutherford adalah nubuatan, kenapa? karena dalam Kitab Suci sendiri sudah dijelaskan secara literal, "tidak seorang pun yang tahu". kenapa PresDir JW bisa memastikan.

      Rob: Saya harus mengulangi pembahasan yang sama dng anda seperti dengan Pak Awi.
      Pak Jul, The interpretation of prophecy bukan propechy. Apakah R&R adalah Nabi yang memiliki kapasita bernubuat? Dari kami sendiri tidak ada dogma itu Pak. Istilah nabi dan benubuat ini dipredikatkan kepada kami oleh pihak luar. Sekarang anda katakan nubuat adalah pengetahuan yang akan terjadi dimasa depan? Nah pada term apa nubuat itu ada? Apakah setiap ramalan adalah nubuat? Tentu tidak, anda pasti setuju.

      Term nubuat terkait dengan siapa yang melakukannya, syarat dan criteria yg diangkat oleh Pak Awi adalah Ulangan 18:9-22…silahkan dibaca dan pahami latar belakang sehingga Nabi perlu dibangkitkan/dimunculkan dari bangsa Israel.
      Juga perhatikan Pak, bahwa nabi yang mengatakan kepada bangsa itu apa yang tidak Yehuwa katakan adalah nabi yang lancang atau terlalu berani (ayat 20 & 22) dan bagi saya nabi ini adalah nabi yang memberontak.
      Nah sekarang, apakah R&R adalah nabi Alkitab yang memberontak/terlalu lancang? Pada posisi ini anda akan dilematis Pak, mengapa? sebab anda tidak akan mau menganggap R&R adalah nabi Allah/nabi Alkitab? Iya kan?

      Kalau anda mengatakan mereka adalah Nabi palsu yang berasal dari Agama lain? Maka term nabi yang dipakai di Ulangan 18 sudah tidak masuk criteria. Mengapa? Sebab ayat – ayat itu tidak berbicara tentang Nabi dari Agama lain? Tidak berbicara nabi diluar bangsa Israel.

      Dari konteks Ul 18 ini saja anda tidak akan mengakui R&R adalah nabi dari Allah yang benar? Dengan demikian argumenatsi bahwa mereka nabi dan bernubuat sudah gugur dengan sendirinya.

      Sekarang mari kita lihat, apakah dari konteks Mat 24:23-26 (silahkan dipahami) R&R adalah nabi palsu?
      Benar bahwa organisasi SSY juga menggunakan Ul 18 pada frase “mengatakan sesuatu yang tidak yehuwa katakan”, namun ingat bahwa term nabi ini terkait kata-kata Yesus soal nabi palsu di Mat 24: 23-26 tadi, dan yesus tidak menyinggung kitab Ulangan 18 soal nabi pasu (yang dia singgung adalah “perhatikan nubuat daniel baca Mat 14:15).
      Di Matius 24 jelas terlihat bahwa nabi palsu yang dimaksud adalah yang melakukan tanda-tanda yang hebat/mujizat dan mengatakan “lihat kristus ada di bilik, dia ada di padang belantara”. Nah apakah R&R sudah melakukannya?

      Jadi pada kapasitas apa R&R mengatakan kiamat terjadi tahun X? Pada kapasitas sebagai siswa-siswa alkitab yang melakukan kajian/penyelidikan/kalkulasi nubuat Daniel terkait parosia kristus sebagai raja.
      ...bersambung....

      Delete
    5. Jul wrote:
      bukan Gereja yang rugi tetapi banyak orang yang dirugikan pak, banyak orang menjadi sesat.
      kalau saya balik, apa untungnya WT nubuat palsu? (jawab juga pak)

      Rob: Kami tidak bernubuat Pak. Mengkalkulasi nubuat Daniel bukan bernubuat. Sebab nubuatnya sudah ada tentang parosia/kehadiran kristus sebagai raja pada akhir jaman, hal ini dimungkinkan untuk dikalkulasi oleh siswa-siswa alkitab. Bukan hanya menajdi domain SSY, denominasi lain melakukannya Pak, lihat Advent. Nah soal menyebut thn armagedon, selama tidak dilarang dan tidak melewati batas Mat 24:36 “hari dan jamnya” gak masalah bagi kami.
      ----------------------

      Jul wrote:
      8. saya sudah jawab dipoint 7, yah karena bapak tidak mau menjawab pertanyaan saya tentang beda nubuat dan tafsir. Hehehehehe bapak tidak usah menggunakan metode cyrcle-logic deh. pembaca pun tahu bahwa itu diatas hanya contoh. kalau aslinya: [1889] “Peperangan pada hari besar, yaitu hari Allah Yang Mahakuasa (Why 6:14), dimana akan berakhir di tahun 1914 ..” (Studies, Vol. 2, 1908 edition, 101) ini bukan tafsiran pak, tetapi nubuatan.

      Rob: Kami tidak bernubuat sebab nubuat sudah ada, sudah saya jawab diatas.
      ---------------------

      Jul wrote:
      9. hak bapak kalau menilai saya prejudice ^_^, tak mengapa... begitu pun pembaca yang bisa menilai saya.

      Rob: Ya saya setuju.



      Salam

      Delete
    6. Pak ivan,
      kenapa bapak mulai lagi menggunakan cyrcle-logic?
      saya berharap diskusi sehat dan benar dengan anda pak.


      dalam kutipan yang anda berikan dari Tulisan St. Agustinus, anda sedang memutar balikkan fakta, saya mengira kutipan itu dari publikasi MP.
      St.Letters of St. Augustine 53, 3, NPNF 1, 1:298.
      “Sebab jika jalur suksesi para uskup harus diperhitungkan, dengan kepastian yang lebih tinggi dan menguntungkan bagi Gereja, kita menghitung kembali sampai kepada Petrus sendiri, kepada siapa, sebagai yang mengemban figur seluruh Gereja, Tuhan berkata: ‘Di atas batu karang ini Aku mendirikan Gereja-Ku, dan alam maut tidak akan menguasainya!’ Penerus Petrus adalah Linus, dan para penerusnya dalam kesinambungan yang tidak terputus adalah: Klemens, Anakletus, Evaristus, Alexaner, Sixtus, Teleforus, Iginus, Anicetus, Pius, Soter, Eleutherius, Victor, Zephirinus, Calixtus, Urbanus, Pontianus, Antherus, Fabianus, Cornelius, Luciu, Stefanus, Xystus, Dionisius, Felix, Eutychianus, Gaius, Marcellinus, Marcellus, Eusebius, Miltiades, Sylvester, Marcus, Julius, Liberius, Damasus, dan Siricius yang digantikan oleh Uskup Anastasius saat ini. Dalam jalur apostolik ini tidak ditemukan satupun Uskup Donatis.”

      lihat begitu contrast bukan!
      masih banyak lagi kutipan-kutipan tulisan dari bapa-bapa Gereja yang mendukug ini

      sejak kapan, Russell menjadi Kristus?
      karena Kristus Adalah Tuhan kami. bukan penghulu malaikat Mikael.!

      masih banyak keterangan-keterangan Petrus sebagai pemimpin Gereja perdana lihat di disini

      contoh apa pak yang sudah tidak sesuai dengan Alkitab? ayo pak... jangan kick and run. untuk membahas ini lebih lanjud, bisa kontak email saya: spunkbobz@myopera.com. saya tunggu pak!

      masalah dusta, aduh pak.. apa saya harus mendikte bapak?
      begitu lemahnya pemikiran anda. dusta adalah kebohongan. kalau nubuatan yang tidak terjadi terus dirubah. itu apa namanya?
      apakah tidak termasuk sebuah dusta?

      tidak perlu mengambil dasar GK. kalau dasar GK, tidak ada seorang pun yang tahu hari kiamat. tidak seperti MP, pemimpinya tahu kapan kiamat..
      siapa yang disesatkan?
      yah orang-orang yang percaya dengan MP. begitu bodohnya orang yang mau percaya sama pengajaran MP. sudah tahu nubuatannya palsu, kenapa masih percaya??
      nubuatan akhir jaman itu pak bukan tafsiran.
      kita lihat bagaimana Nabi Yesaya bernubuat tentang kedatangan Tuhan Yesus kedunia. apa itu adalah tafsiran?
      begitupun MP, nubuatan tentang kedatangan Tuhan Yesus kedua kali-Nya, apa itu tafsiran?
      pak, lihat esensinya.


      tentang Galileo:
      bapak... perlu bapak tahu, menurut Kitab Suci bertentangan dengan menurut Galileo? kira-kira bagaimana pemahaman umat dengan keadaan seperti ini?
      Gereja mengakui kesalahan yang dilakukan tim investigasi, tetapi yang menjadi kesalahan dari Galileo adalah dia tidak bisa membuktikan teortinya itu sesuai dengan standar sciense pada saat itu.
      saya harap anda membaca kembali link yang saya berikan sebelumnya.

      kalau memang bukan nabi, kenapa bernubuat?
      kalau jawaban anda tetap itu bukan nubuat, maka sampai saat ini anda tidak paham apa itu nubuat dan apa itu tafsiran.
      perasaan saya sudah jelaskan kepada anda. apa masih kurang jelas!
      terus apa bedanya dengan R&R yang mengatakan bahwa Kristus bertahkta dalam surga di tahun 1914?
      apakah itu berbeda dengan orang-orang yang mengatakan bahwa Kristus ada disana ada disini?

      coba deh, saya minta, menurut bapak, apa itu nubuat, dan apa itu tafsiran.
      baru kita bahas, apakah yang dilakukan oleh MP, nubuat atau tafsiran.

      Delete
    7. Pak Jul, Saya melihat uraian anda dibawah terkesan terburu-buru, yang berakibat gak nyambung alias gak jelas antara yg dipersoalkan dengan jawaban anda, nti saya buktikan dibawah:
      Jul wrote:
      Pak ivan, kenapa bapak mulai lagi menggunakan cyrcle-logic?
      saya berharap diskusi sehat dan benar dengan anda pak.

      Rob: cyrcle logic? Coba tunjukan buktinya, Pak Jul jangan malu-malu. Bisa jadi anda benar, sebab anda sekolah tinggi dan memahami itu..silahkan jangan pelit-pelit menjelaskan ke saya yang hanya belajar dirumah dng SSY. Tolong dijawab ya.
      -----------------
      Jul wrote:
      dalam kutipan yang anda berikan dari Tulisan St. Agustinus, anda sedang memutar balikkan fakta.

      Rob: Anggap saja kutiban yang beredar di internet tentang perubahan tafsir Agustinus terhadap “petra” adalah tidak bisa dipertanggungjawabkan (Commentary on the Holy Scriptures karya Lange (Mat 16:18, ctk., hlm. 296) Diterjemahkan dan diedit oleh P. Schaff, 1976.),
      Kalau pun anda benar, hal ini bukan parameternya sebab alkitab berkata lain bukan? Klo anda paksakan nti jadi cyrcle logic he..he..he.
      Silahkan anda tanggapi setiap ayat yang saya tulis sebelumnya, biar anda tidak saya kategorikan gak jelas dan gak nyambung dng yang dipersoalkan.
      -----------------------
      Jul wrote:
      sejak kapan, Russell menjadi Kristus?
      karena Kristus Adalah Tuhan kami. bukan penghulu malaikat Mikael.!

      Rob: Yang bilang Russel pemimpin kami siapa? Pertanyaan anda gak nyambung.
      ---------------------
      Jul wrote:
      masih banyak keterangan-keterangan Petrus sebagai pemimpin Gereja perdana lihat di disini

      Rob: Mana keterangan-keterangan itu Pak Jul?, jangan malu-malu tulis saja jika lingknya nyasar, silahkan tunjukkan ayat alkitabnya biar saya baca. Anda membuat klaim Petrus adalah pemimpin Gereja pertama, tapi gak mampu buktikan ayat alkitabnya, anda-ada saja anda nih Pak.
      ---------------------
      Jul wrote:
      contoh apa pak yang sudah tidak sesuai dengan Alkitab? ayo pak... jangan kick and run. untuk membahas ini lebih lanjud, bisa kontak email saya: spunkbobz@myopera.com. saya tunggu pak!

      Rob: Hah? Contoh apa? Anda tidak membaca dengan seksama? Mana buktinya petrus adalah pemimpin gereja pertama dari kisah alkitab?, mana buktinya para rasul mengakui Petrus adalah pemimpin gereja? Tolong dijawab Pak Jul, andakan sekolah tinggi tinggi sekali ^_^.
      -------------------
      Jul wrote:
      masalah dusta, aduh pak.. apa saya harus mendikte bapak?
      begitu lemahnya pemikiran anda. dusta adalah kebohongan. kalau nubuatan yang tidak terjadi terus dirubah. itu apa namanya? apakah tidak termasuk sebuah dusta?

      Rob: Yang bilang dusta bukan kebohongan siapa?, yang bilang bernubuat itu siapa? Yang bilang R&R nabi Ul 18 siapa? Term nabi sudah saya jelaskan, dnegan demikian tidak bernubuat, klo anda masih predikatkan itu ke mereka ya silahkan, itu problem anda bukan saya.
      -----------------------
      Jul wrote:
      tidak perlu mengambil dasar GK. kalau dasar GK, tidak ada seorang pun yang tahu hari kiamat. tidak seperti MP, pemimpinya tahu kapan kiamat..siapa yang disesatkan?

      Rob: Aturannya jelas Pak, Mat 24:36 “hari dan jamnya tidak ada yang tahu”, Tidak ada yang melarang kami mengkalkulasi tahun parosia kristus menurut nabi Daniel. Anda merasa disesatkan JW? Memangnya anda siapa JW? Agama kita beda dan Allah kita beda, kok merasa disesatkan?
      Klo saya? tidak merasa disesatkan malah koreksi tentang tafsir R&R berdasarkan kalkulasi nubuat Daniel semakin menantang saya sebagai siwa-siswa alkitab untuk terus mengkalkulasi. Organisasi telah mengakui kesalahan tafsir tahun armagedon hal ini dimungkinkan karena kami tidak sempurna, ya..kaji ulang.
      bersambung..--------------------

      Delete
    8. Lanjutannya...Jul wrote:
      yah orang-orang yang percaya dengan MP. begitu bodohnya orang yang mau percaya sama pengajaran MP. sudah tahu nubuatannya palsu, kenapa masih percaya?? nubuatan akhir jaman itu pak bukan tafsiran. kita lihat bagaimana Nabi Yesaya bernubuat tentang kedatangan Tuhan Yesus kedunia. apa itu adalah tafsiran? begitupun MP, nubuatan tentang kedatangan Tuhan Yesus kedua kali-Nya, apa itu tafsiran? pak, lihat esensinya.

      Rob: Siapa yang bernubuat Pak?
      -------------------------
      Jul wrote:
      tentang Galileo:
      bapak... perlu bapak tahu, menurut Kitab Suci bertentangan dengan menurut Galileo? kira-kira bagaimana pemahaman umat dengan keadaan seperti ini? Gereja mengakui kesalahan yang dilakukan tim investigasi, tetapi yang menjadi kesalahan dari Galileo adalah dia tidak bisa membuktikan teortinya itu sesuai dengan standar sciense pada saat itu.saya harap anda membaca kembali link yang saya berikan sebelumnya.

      Rob: Apapun alasan GK bisa saja diterima. Jawaban atas problem yang saya angkat adalah bahwa benar GK sudah melakukan koreksi dan perubahan penafsiran ayat alkitab, yang sebelumnya geosentris menjadi heliosentris, iya kan? Ini membuktikan argumentasi anda bahwa GK seolah-olah tidak pernah merubah ajaran/tafsir adalah SALAH dan dengan demikian anda harus akui bahwa ajaran GK tidak idealnya “lestari terus menerus”. Untuk itulah klo kelompok agama lain merubah tafsir/ajarannya ya sah.sah..saja dong! namanya juga siswa alkitab, belajar maju dan jika salah diganti dan dikaji ulang.
      -----------------
      Jul wrote:
      kalau memang bukan nabi, kenapa bernubuat? kalau jawaban anda tetap itu bukan nubuat, maka sampai saat ini anda tidak paham apa itu nubuat dan apa itu tafsiran. perasaan saya sudah jelaskan kepada anda. apa masih kurang jelas!

      Rob: Karena bukan nabi maka tidak bernubuat, jelas dong Pak! Emangnya anda mau katakan peramal cuaca itu nabi seperti ulangan 18? Ada-ada saja anda nih Pak Jul.
      -----------------
      Jul wrote:
      terus apa bedanya dengan R&R yang mengatakan bahwa Kristus bertahkta dalam surga di tahun 1914?
      apakah itu berbeda dengan orang-orang yang mengatakan bahwa Kristus ada disana ada disini?

      Rob: Bos, semua orang juga tahu kristus disorga!, bukan itu esensinya !, sepertinya anda kura-kura dalam perahu, pura-pura tidak tahu maksud perkataan Yesus apa?
      ------------------
      Jul wrote:
      coba deh, saya minta, menurut bapak, apa itu nubuat, dan apa itu tafsiran.
      baru kita bahas, apakah yang dilakukan oleh MP, nubuat atau tafsiran.

      Rob: Siapa yang bernubuat? Siapa nabi sesuai Ul18? Silahkan jawab dulu Nabi menurut Ul18 itu apa? Baru kita lihat apakah R&R cocok untuk itu atau tidak, dan apakah mereka bernubuat atau tidak? Gitu lho!, gak usah takut mengupas Ulangan 18. Mari kita bicara criteria nabi dan tugas-tugas nabi apa saja biar jelas, klo enggak nanti anda tidak bisa membedakan nabi dengan peramal cuaca ^_^.


      salam

      Delete
  4. Dear Pak Ivan yang terhormat,

    owh yah pak... bukan gak nyambung yah pak...
    saya kira bapak orang yang terpelajar. dan saya yakin bapak bisa memahami apa yang saya tuliskan.

    sebelumnya bapak berkata:
    "Kalau anda tanya kepada setiap saksi Yehuwa, siapa pemimpin kami (klo di GK pemimpin gereja adalah Paus)? Maka anda tidak akan mendapatkan jawaban bahwa pimpinan kami “Presiden MP”. Sebab pemimpin kami adalah Kristus kepala gereja(jemaat Allah). Soal bukti ayat Yesus adalah kepada sidang jemaat Allah, sudah saya sebutkan diatas."

    ini yang saya tanyakan pak... sejak kapan Tuhan Yesus Atau Allah Bapa mendirikan organisasi WT? dan menunjuk Russell sebagai Pemimpin Pertama Organisasi ini?
    dimana ayatnya Pak!!

    Tentang Petrus, bapak ivan saya sudah memberikan Link tentang Keutamaan Petrus. bapak tidak baca yah..?
    Bapak Ivan... coba deh... bapak ivan baca dokumen-dokumen abad pertama tentang Gereja. maka bapak akan mendapatkan kebenaran tentang siapa Petrus, dan memang Petrus sebagai Pemimpin Gereja Perdana. owh yah Pak Ivan, mungkin sebagai bukti pertama, bapak masih ingat tentang Konsili Yerusalem I?

    dan ini pak sebagai bukti bahwa Suksesi Apostolic Pertama dari St. Peter:

    Suksesi Apostolik Petrus ke Klemens
    Cyprian dan Agustinus menentang Petrus (sesuai dgn topik Pak Ivan angkat)
    Kitab Suci dan Tradisi Suci menentang Keutamaan Petrus?
    Keutamaan Petrus (Kitab Suci)
    Keutamaan Petrus (Dokumen Gereja Perdana)
    Keutamaan Petrus (Bukti Sejarah Petrus di Roma)
    Tanggapan Keberadaan Petrus di Roma

    saya harap bapak membaca link-link yang saya berikan diatas. ^_^
    dan Petrus sebagai Pemimpin Gereja perdana terbukti dari Gereja Timur dan Gereja Barat sebelum terjadi skisma.


    tentang Cyrcle-Logic:
    bener nih bapak mau bukti?
    bapak masih ingat dengan contoh yang saya berikan tentang Nubuat dan Tafsiran, dimana bapak malah memutar logika seperti saya menuduh SSY bernubuat tentang kiamat di tahun 2014?
    hehehehe

    bagaimana pak...??

    tentang Russell:
    bapak tidak mengakui Russell PresDir WT yang pertama?
    dan bapak juga tidak mengakui Rutherford sebagai ganti Russell?
    apa benar demikian pak?

    Bapak Bilang pemimpin WT adalah Kristus maka bapak mau samakan Russell = Kristus donk...
    beda dong pak,,, sebab dalam Kitab Suci tidak ada namanya Rasul Russel yang ditunjuk Oleh Kristus untuk mendirikan Gereja-Nya.

    --bersambung--

    ReplyDelete
  5. --sambungan--

    tentang Dusta Nubuatan R&R:
    sekali lagi, bapak bisa bedakan mana yang nubuatan dan mana tafsiran?
    saya harap bapak jawab ini:
    1. Ramalan Nabi Yesaya tentang Kedatangan Kristus (Nubuat or Tafsiran)
    2. Ramalan R&R tentang Amargeddon yang tidak terbukti (Nubuat or Tafsiran)

    coba dijawab pak pertanyaan saya diatas...

    siapa yang bernubuat?:
    bapak sudah tahu aturannya, bahwa tidak seorang pun yang tahu. kenapa WT terus mengkalkulasikan?
    sangat jelas bahwa Nubuat dan Tafsiran itu berbeda, dari aturan yang berlaku diatas, menjadi parameter yang digunakan untuk menilai sebuah tafsiran atau nubuatan yang dilakukan R&R.
    jadi memang benar bahwa R&R melakukan nubuatan bukan Tafsiran.
    dan apa yang dilakukan oleh orang-orang yang begelut dengan "prakiraan cuaca" berbeda dengan apa yang dilakukan R&R.
    contoh: "EarthRisk Technologies mengidentifikasi pola cuaca berdasarkan data selama 60 tahun dan lebih dari 82 triliun kalkulasi."ini adalah ilmu pengetahuan.
    sedangkan kalkulasi-kalkulasi R&R bukan ilmu pengetahuan sebab aturan mainnya sudah jelas. tidak seorang pun yang tahu.
    jadi mungkin andalah yang terlalu pintar yang coba menyamakan prakiraan cuaca dengan apa yang dilakukan R&R.


    Kasus Galileo:
    beda donk pak... itu tafsiran bukan Nubuatan. sebab kalau dilihat dalam Kitab Suci bertentangan dengan heliosentris. bener gak?
    jadi kasus ini beda dengan kasus yang terjadi dalam WT. tidak sama pak!!!


    Ivan menulis: "Bos, semua orang juga tahu kristus disorga!, bukan itu esensinya !, sepertinya anda kura-kura dalam perahu, pura-pura tidak tahu maksud perkataan Yesus apa?"

    terus apa esensinya dari pernyataan WT diatas?
    ayo pak ... sampaikan sama saya...
    bapak harus nya menjawab dulu baru kasi pertanyaan... bagaimana?

    ReplyDelete
  6. aku tidak tahu yang bapak-bapak diskusikan di blog ini. yang aku tahu hanya Yesus Juruselamatku. aku berada di persimpangan. aku kurang yakin dengan gereja katolik, aku kurang yakin dengan gereja-gereja kristen lain, aku tidak yakin dengan saksi-saksi yehowah, aku tidak yakin dengan gereja mormon. akhirnya aku tidak pergi ke gereja manapun. yang aku tahu hanya Yesus Juruselamatku. Siapa bisa membantu....email saya. evaristus.budi@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Evaristus Budi yg sedang bingung,

      Orang memilih agama itu sbg persiapan menghadapi ajal masing2 individu. Orang mati sendiri2 nggak ditemenin pasangan atau keluarga, bekal mati ya agama.

      Orang hidup punya banyak pilihan, orang mati sudah nggak bisa milih. Ada pilihan unitarian dan Trinitarian. Unitarian mis agama Yahudi dan Islam, tinggal menjalankan perintah2 tertulis dan menjauhi larangan2 tertulis maka ketika mati akan tenang dapat menjawab pertanyaan malaikat maut (malaikat yg menyambut orang mati).

      Jika milih Trinitarian ya harus milih ke gereja mana?
      Kalo nggak ke gereja bagaimana bisa dibaptis? Bagaimana bisa menerima roti hidup dalam perjamuan Kudus?

      Apa ada di Alkitab orang membaptis diri sendiri? Menikahkan diri sendiri tanpa dinikahkan Pastor/ Pendeta?
      Bikin perjamuan sendiri, makan roti sendiri, minum anggur sendiri?

      Kita ke gereja itu untuk berdoa...., benar sekali, dirumah juga bisa
      Untuk memuji dan memuliakan Allah Tritunggal..., benar sekali dirumah pun bisa.
      Untuk mempersembahkan hidup kita untuk disatukan dengan kurban Kristus yg dipersembahkan dalam perjamuan Kudus.....ini yg pokok dan tidak bisa dilakukan di rumah.

      Tidak beragama itu terlihat sangat nyaman ketika masih hidup, tapi kalau menjelang ajal justru was-was. Kamu percaya Kristus Juruselamat lantas bagaimana Kristus bisa menyelamatkanmu, jika kamu tidak datang mendekat pada Kristus. Kristus berkata jika kamu berkumpul dalam namaNya maka Yesus sebenarnya hadir, berarti kamu sudah mendekat pada Yesus.
      Kalau sendirian berteriak2 sekalipun memanggil nama Yesus belum tentu Yesus hadir.

      Salam
      AS

      Delete
  7. Saudara Awi coba tolong bahas referensi Menara Pengawal dari profesor dan akademisi yg jadi penguat doktrin SSY yg dikutip oleh Watchtower, sering perbandingannya 1:1000 maksudnya pernyataan profesor yg tidak lazim atau sekedar opini tak berdasar 1 orang akademisi dibanding akademisi umummya dikutip sebagai kebenaran oleh watchtower, kadang kutipan berasal dari orang2 yg sebenarnya bukan dibidangnya atau maksudnya bahkan sama dengan yg di kutip di watchtower.

    Karena seringnya di menara pengawal menampilkan suatu artikel bahasan arkeolog sejarah dari orang2 diluar ssy sebagai penguat padahal kalau di cek sumbernya tidak sama dengan yg di bahas oleh watchtower.. unik klo menururut saya kalau tidak mau dibilang memanipulasi pembaca dan pengikut.

    dulu informasi tidak spt sekarang bisa dibuka di internet dan karena ini artikel keyakinan sah2 aja tanpa copyright jelas watchtower kutip sana sini sesuai kepentingannya, sekarang semua bisa di lacak kebenerannya dan kasihannya kebenaran yg digembar gemborkan itu jadi semakin menjauh dan lebih kepada keputusasaan mempertahankan organisasi yg didirikan dengan pondasi iman yg selalu salah sejak awal..

    kebenaran ibarat rembang? kalau semua salah diibaratkan sebagai rencana tuhan untuk perbaikan kedepa lalu dimana ilahi yg sebenarnya yg bahkan menilai katolik protestan sebagai kafir??? kalau tiap 1 tahun ssy merubah doktrin dan tafsiran apa itu sama saja mengakui mereka kafir tiap tahun ya???

    kebohongan yg ditutup dengan kebohongan di ssy adalah hal lumrah dan menjadi budaya watchtower sejak di bentuk.. lalu apakah keilahian dan kebenaran sejati itu? kalau umatnya diajar untuk berbohong dan munafik oleh kantor pusat?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear Sdr. Anomin

      Saya sudah banyak membahas perihal misquote para ahli yang dimanfaatkan oleh organisasi Saksi Yehuwa demi tujuan utk mendukung pemahamannya. Misalnya:

      1. di sini mengutip The Journal of Biblical Literature karya Harner, Philip B dan Julius Mantey utk mendukung Yoh. 1:1

      2. di sini mengutip buku-2 sekuler utk mendukung ajaran SSY sebagai anti-trinitas

      3. di sini mengutip arkeolog Eilat Mazar secara keliru utk mendukung kejatuhan Yerusalem thn 607 sesuai dng ajaran SSY

      4. di sini organisasi SSY sengaja mengacaukan ajaran Modalisme dng Tritunggal.

      5. di sini organisasi SSY berdusta ttg sejarahnya sendiri ttg klaim pemilihan ilahi yg diperolehnya.

      6. Dan banyak lain-2 dusta organisasi SSY yang sengaja mengutip para ahli utk mendukung ajarannya yg bertebaran dalam artikel yg saya buat, meskipun tidak dalam 1 buah thread.

      Semoga hal ini membantu Anda

      Salam kasih Tuhan Yesus

      Delete
    2. Tuhan melihat anda saudara Awi, hal yang saya tuduhkan ternyata sudah ada bahasannya, bersukacitalah saudara Awi usaha dan tujuan baik anda membantu orang2 yg bingung dengan kehadiran SSY di rumahnya atau SSY yang bingung dengan ajaran watchtower bisa dikupas oleh 1 pribadi seperti anda vs organisasi sebesar watchtower.. saya anggap ini baguan dari pertunjukan nyata kasih Tuhan dimasa modern.

      Melihat sub web dan banyaknya sub tema di situs ini, kelihatannya sudah harus punya domain sendiri dan rancangan web yg lebih akomodir perkembangan tampilan web, situs jw.org sudah milenial sekali klo saya lihat, saya yakin saudara2 lain yg melihat web ini sangat ingin membantu dan bekerjasama lebih intense untuk perkembangan kedepan web anda.

      Salam kasih Tuhan Yesus semoga selalu melindungi dan memberkati anda saudara Awi.. Good Job brur..

      Delete

Tolong SEBUTKAN Nama Atau Initial Anda saat memberi komentar agar memudahkan Mitra diskusi Anda mengidentifikasikan Anda.

Non Kristiani, mohon tidak memberi komentar.

Jika Anda ingin komentar, silahkan klik DI SINI DULU

.