Mengapa Ada Banyak Aliran Doktrin Kristen atau Gereja?

mengapa banyak denominasi gereja di indonesia dewasa ini
Mengapa Ada Banyak Aliran Doktrin Gereja?
MENGAPA BANYAK ALIRAN atau doktrin berbeda-beda yang diajarkan oleh gereja atau pemimpin Kristen Protestan? Bukankah para Trinitarian Protestan tersebut mengaku dipimpin oleh Roh Allah atau Roh Kebenaran akan mengajar dan memimpin mereka ke dalam seluruh kebenaran (Yoh. 14:26, Yoh. 16:13). Lalu mengapa mereka memiliki pemahaman atau kebenaran yang berbeda-beda? Apakah mereka dipimpin oleh Roh Kudus yang berbeda-beda?

Artikel kali ini yang merupakan artikel bersambung dari Bolehkah Ada Berbagai Aliran Doktrin Kristen atau Gereja? akan menjawabnya berdasarkan pengertian saya atas fenomena ini.  


Satu hal utama yang harus dipahami dulu yaitu kebenaran itu sendiri adalah Yesus Kristus. Kristus merupakan satu-satunya Pemimpin agama yang pernah hidup dan berani mengklaim bagi diri sebagai Kebenaran (Yoh. 14:6). Jelas kebenaran itu hanyalah satu tetapi manusia itu sendiri; sebagai penafsir Firman, yang memiliki  pemahaman yang berbeda berdasarkan pengetahuannya tentang kebenaran itu. Kapankah manusia memiliki pengetahuan yang berbeda? Setelah manusia jatuh ke dalam dosa, maka ia tidak memiliki pengetahuan yang sempurna akan Allah. Ini diakui oleh Rasul Paulus ketika berkata:

pengetahuan kita tidak lengkap dan nubuat kita tidak sempurna. Tetapi jika yang sempurna tiba, maka yang tidak sempurna itu akan lenyap. Ketika aku kanak-kanak, aku berkata-kata seperti kanak-kanak, aku merasa seperti kanak-kanak, aku berpikir seperti kanak-kanak. Sekarang sesudah aku menjadi dewasa, aku meninggalkan sifat kanak-kanak itu. Karena sekarang kita melihat dalam cermin suatu gambaran yang samar-samar, tetapi nanti kita akan melihat muka dengan muka. Sekarang aku hanya mengenal dengan tidak sempurna, tetapi nanti aku akan mengenal dengan sempurna, seperti aku sendiri dikenal (1 Kor. 13:9-12)
Jika saya bisa berikan ilustrasi seperti 3 orang buta sejak lahir yang tidak memiliki gambaran sama sekali tentang gajah dan kali ini mengandalkan tangannya untuk menjelaskan seekor gajah dengan cara meraba-rabanya. Jika satu orang meraba bagian belalai gajah, maka ia akan berkata bahwa gajah itu berbentuk panjang, bulat dan dari ujung satu ke ujung lainnya semakin mengecil. Orang buta lainnya yang menyentuh telinga akan mengatakan bahwa gajah itu kenyal dan berbentuk lebar serta agak tipis. Demikian juga dengan orang buta lainnya; ia akan menjelaskan tentang gajah sesuai dengan apa yang dirabanya. Apakah memang gajah itu berbentuk panjang, lebar serta tipis? Tentunya, tidak. Lalu apakah para orang buta tersebut salah? Tentunya tidak, karena mereka hanya mencoba menjelaskan tentang seekor gajah dari sudut pandang yang tidak sempurna. Penjelasan mereka benar hanya tidak utuh. Penjelasan mereka saling melengkapi. Namun demikian, dengan segala keterbatasannya mereka mencoba menjelaskannya.

Demikian juga para teolog tersebut dengan segala keterbatasan pengetahuannya, melihat dalam cermin suatu gambaran yang samar-samar, berusaha memahami dan menafsirkan seluruh kebenaran Alkitab dengan berdoa memohon pertolongan Roh Kudus. Meskipun berbeda, tetapi pemahaman satu teolog dengan teolog lainnya saling melengkapi sampai mereka melihat muka dengan muka dengan kebenaran itu sendiri.

Adanya perbedaan pemahaman akan Alkitab menyebabkan timbulnya denominasi gereja. Meskipun berbagai denominasi gereja tersebut memiliki beda pemahaman tetapi satu iman, satu baptisan dan satu Tuhan yaitu Yesus Kristus. Perbedaan pemahaman tidaklah menyangkut hal-hal yang substansial yang mempengaruhi keselamatan seseorang.

Tetapi mungkin pembaca blog ini bertanya, “Bukankah ada ajaran pendeta saling bertentangan, bukan saling melengkapi?” Ya, Anda benar. Jauh sebelum Anda lahir Yesus memberikan peringatan kepada kita bahwa “Kristus-Kristus dan nabi-nabi palsu” akan datang dan berusaha menyesatkan banyak orang termasuk orang-orang pilihan juga (Matius 24:23-27). Demikian juga rasul Petrus memperingati kita dalam suratnya tentang guru-guru palsu:

Sebagaimana nabi-nabi palsu dahulu tampil di tengah-tengah umat Allah, demikian pula di antara kamu akan ada guru-guru palsu. Mereka akan memasukkan pengajaran-pengajaran sesat yang membinasakan, bahkan mereka akan menyangkal Penguasa yang telah menebus mereka dan dengan jalan demikian segera mendatangkan kebinasaan atas diri mereka. Banyak orang akan mengikuti cara hidup mereka yang dikuasai hawa nafsu, dan karena mereka Jalan Kebenaran akan dihujat. Dan karena serakahnya guru-guru palsu itu akan berusaha mencari untung dari kamu dengan ceritera-ceritera isapan jempol mereka. Tetapi untuk perbuatan mereka itu hukuman telah lama tersedia dan kebinasaan tidak akan tertunda (2 Petrus 2:1-3)
Oleh karena itu, sebagai orang Kristen kita harus sungguh-sungguh berhati-hati menyikapi ajaran-ajaran palsu yang dibawa oleh nabi-nabi dan guru-guru palsu. Beruntung kita hidup di masa kini di mana informasi dapat dengan mudah diperoleh melalui dunia internet. Dengan bantuan internet akan memudahkan kita dalam menimbang untuk menentukan mana ajaran yang benar dan mana yang palsu. Ambillah kamus Alkitab, beberapa komentari, jangan hanya satu komentari melainkan beberapa agar kita benar-benar dapat menimbangnya dan berbagai bantuan yang dibutuhkan untuk memahami Alkitab lebih jelas. Jika kita benar-benar orang Kristen sejati, kita akan mengenal suara Sang Gembala kita yaitu Yesus Kristus (Yoh. 10:14). Meskipun mungkin kita disesatkan untuk sementara waktu tetapi pada akhirnya kita akan mendengar suara Gembala kita.

Saya bisa cerita dari pengalaman pribadi sendiri. Saya dibesarkan secara rohani dan dibaptis di sebuah gereja kecil di bawah naungan suatu denominasi gerakan Pentakosta. Pada waktu itu, di salah satu cabang gereja tersebut pendetanya dipengaruhi oleh ajaran Toronto Blessing dan pengajaran tentang Roh Kudus yang ekstrem, misalnya tentang bahasa roh bisa dipelajari dengan membuka mulut sambil mengeluarkan suara-suara tertentu. Saya tidak merasakan kedamaian rohani dengan pengajaran ini. Waktu itu, internet belumlah ada. Jadi satu-satunya sumber pegangan saya adalah Alkitab dan mendiskusikan fenomena gerakan tersebut dengan rekan seiman se gereja. Semakin hari, hati saya semakin tidak sejahtera dan gelisah. Saya gumulkan dalam doa dan teliti ayat-ayat Alkitab yang mendukung ajaran yang ekstrem tersebut dan membandingkannya  pada 1 Korintus 12 dan Kisah 2. Pada akhirnya, saya memutuskan untuk pindah beribadah ke gereja Protestant karena saya rasa kurang pas pemahaman gereja tersebut dengan ayat-ayat Alkitab lainnya.      


Menariknya, setelah kira-kira 2 tahun kepindahan saya, gereja Pentakosta itu meninggalkan pemahaman tentang bahasa roh yang ekstrem dan ajaran Toronto Blessing. Saya jadi teringat tentang pendirian gereja yang dijamin oleh Yesus Kristus bahwa alam maut pun tidak akan menguasainya di Matius 16:18, “Akupun berkata kepadamu: Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya”.  

Saya percaya, seperti juga manusia dapat disesatkan namun jika panggilannya teguh maka ia akan bertobat, gereja yang dikelola oleh manusia berdosa pada suatu waktu mungkin juga dapat tersesat, tetapi karena Kristus sendiri yang mendirikan gereja yaitu sebagai tempat jemaat Kristen berkumpul maka Ia akan meluruskannya.  

Bagaimana kita bisa menentukan suatu ajaran sesat atau berdasarkan Alkitab? Harus diakui tidak terlalu mudah membedakannya karena semua orang mengaku ajarannya berdasarkan Alkitab. Tetapi jika kita benar-benar mempelajari Alkitab dengan sungguh maka dengan mudah dapat ditemukan kesesatannya. Petunjuk sederhananya saya ringkas berdasarkan pengalaman pribadi:
  • Klaim-klaim bersifat atau bersumber ilahi. Pemimpin agama mengklaim dipilih secara ilahi atau bertemu Yesus atau Allah langsung secara supranatural. Klaim-klaim ini bersifat sepihak atau kebenarannya hanya bersumber dari pemimpin agama tersebut. Saksi Yehuwa memenuhi kriteria ini (baca hamba setia dan badan pimpinan). Gembala Sidang Gereja Tiberias Indonesia mengklaim bertemu dengan Yesus langsung dan hal-hal yang supranatural seperti beberapa kali naik surga dan lain-lain.

    Satu hal yang harus saya tekankan yaitu meskipun Gembala Sidang GTI mengklaim hal berbau supranatural. Bukanlah berarti bahwa GTI adalah sebuah kultus karena klaim-klaim demikian hanya memenuhi 1 elemen saja dari beberapa ciri sebuah kultus. Sebaliknya, organisasi Saksi Yehuwa memenuhi semua kriteria ciri-ciri sebuah kultus. Silahkan lihat Saksi Yehuwa: Rohaniwan Allah atau Suatu Kultus? membahas kriteria lainnya sebuah kultus.

  • Pengajaran Doktrin Baru. Pemimpin agama mengajarkan doktrin baru yang diklaim berdasarkan Alkitab. Banyak doktrin baru yang dimiliki oleh Saksi Yehuwa yang diklaim berdasarkan Alkitab (baca Saksi Yehuwa, Kultus dan Doktrin Baru). Gereja Tiberias mempopulerkan anggur perjamuan sebagai suatu media yang mampu menyembuhkan penyakit.
  • Kesembuhan Ilahi. Saya pribadi masih percaya bahwa kesembuhan ilahi masih terjadi sampai saat ini. Namun demikian, kita harus berhati-hati dengan praktek-praktek kesembuhan ilahi yang dilakukan dan ditekankan secara berlebihan oleh pemimpin Kristen. Kita harus benar-benar menguji apakah kesembuhan ilahi tersebut bersumber dari Allah atau setan atau sugesti diri karena pemimpin agama lain pun bisa melakukan kesembuhan ilahi atas nama allahnya.     
  • Pengalaman Pribadi Menjadi Doktrin Baku. Pengalaman pribadi seseorang dengan Tuhannya adalah unik dan bersifat personal. Saya tidaklah anti bahasa roh dan percaya bahwa bisa saja seseorang berbahasa roh jika memang Allah menghendakinya. Saya memiliki seorang saudara ipar yang memiliki pengalaman berbahasa roh ketika ia sedang berdoa secara pribadi. Tetapi kita harus mewaspadai pemimpin Kristen yang mengalami bahasa roh tetapi lalu mengajarkan bahwa bahasa roh itu bisa dipelajari dan harus dialami oleh seluruh orang Kristen sehingga lainnya yang tidak mengalaminya dicap sebagai orang yang tidak memiliki Roh Kudus. Dengan demikian, pengalaman pribadinya menjadi doktrin baku.
  • Teologi Sukses. Banyak pemimpin Kristen (termasuk GTI) mengajarkan teologi sukses, artinya mengikut Tuhan Yesus maka kesuksesan ekonomi, kesejahteraan secara finansial akan meningkat atau sakit penyakit tidak ada terjadi. Beri persembahan 10 maka Tuhan akan memberi 100. Ini pengajaran yang tidak benar karena faktanya, para rasul mengalami banyak kesulitan dan penganiayaan ketika mengikuti Kristus. Ajaran ini adalah ajaran Gunung Kawi. Jika ingin kaya lebih baik ikut setan karena setan pasti bisa memberikan kekayaan. 
  • Agama Sejati atau Kultus? Silahkan klik Saksi Yehuwa; Suatu Kultus atau Rohaniwan Allah? untuk mempelajari ciri-ciri kultus berkedok agama Kristen.

Namun demikian, setelah saya jelaskan panjang lebar, Saudara masih bingung juga bagaimana menentukan doktrin yang benar dan sesat dan pemimpin agama manakah yang harus diikuti pemahamannya. Artikel berikutnya akan membahasnya.

Jadi bagaimana menurut Anda artikel Bolehkah Ada Berbagai Aliran Doktrin Kristen atau Gereja??

Untuk mengetahui siapa dan apa di balik organisasi dan ajaran Saksi Yehuwa, silahkan klik Membongkar Inti Agama Saksi Yehuwa: Kristen Sejati, Sesat atau Kultus? dan buktinya sendiri apakah organisasi Saksi Yehuwa sebuah gerakan Kristen sejati ataukah grup kultus berkedok agama Kristen berdasarkan publikasi dan praktek yang diterapkan dan diajarkan di dalam organisasi tersebut.

Soli Deo Gloria

Sebab banyak penyesat telah muncul dan pergi ke seluruh dunia, yang tidak mengaku, bahwa Yesus Kristus telah datang sebagai manusia. Itu adalah si penyesat dan antikristus. (2 Yohanes 1:7)


20 comments :

  1. Buat gereja yg mengajarkan bahasa roh, bagaimana posisi orang yg bukan karunianya disitu. Sudah diajar dg buka mulut tapi nggak bisa apa2, mangap doang, sama aja menciptakan kelas2 mahir, kelas pemula, kelas bodo.

    Kelas mahir untuk yg sekali diajar langsung bisa, kelas sedang untuk yg diajar beberapa kali baru bisa dikit2, kelas bodo untuk yg diajar berulang2 gagal maning.

    Salam
    AS

    ReplyDelete
  2. Keluhan buat gereja yg mengajarkan silent rapture. Ajaran ini tingkat spekulasinya tinggi, potensi direvisinya tinggi. Dan satu hal yg mendengar ajaran ini akan terbeban mengajar yg tidak tahu secara berantai. Kerja Roh Kudus tidak seperti ini.

    Salam
    AS

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yg jelas2 dirapture itu misal: Henokh dan Elia. Mereka itu suci, lah sampeyan itu siapa arep melok silent rapture. Badan kalian akan hancur di surga krn kotor kecuali dijemput Yesus. Nah di situs katolisitas sdh dijelaskan bahwa Paulus tidak memberitakan Yesus akan membuat U-turn (turun separoh ke bumi balik lagi ke surga).

      Silent rapture adl hoax.

      Salam
      AS

      Delete
    2. Tubuh anda kan banyak kotoran, di usus besar ada feses, di kandung kemih ada air seni, di hidung ada upil, di gigi ada karang gigi, di kulit ada daki, rambut belum sempat kramas, kuku item-item.

      Gitu mau ikutan rapture.^_^ Gubrak

      Salam
      AS

      Delete
  3. 1Tes 16-17 dipakai sbg dasar ajaran silent rapture...padahal BUKAN.

    Mari kita kutip lebih dulu ayatnya
    Sebab pada waktu tanda diberi, yaitu pada waktu penghulu malaikat berseru dan sangkakala Allah berbunyi, maka Tuhan sendiri akan turun dari surga dan mereka yg mati dalam Kristus akan lebih dahulu bangkit; sesudah itu, kita yang hidup, yang masih tinggal, akan diangkat bersama-sama dengan mereka dalam awan menyongsong Tuhan di angkasa. (LAI).

    Ayat tsb flow chartnya
    1. Tanda diberi, Mikhael berseru, sangkakala berbunyi.
    2.Tuhan sendiri turun dari surga
    3.kebangkitan badan orang beriman
    4. Kita yg hidup dan masih hidup bersama no.3 diangkat bersama2.

    Yg no.1 udah pasti nggak silent
    Yg no.2 udah pasti Tuhan dikawal ribuan malaikat sdh pasti tidak silent
    Yg no.3 kebangkitan badan dari kuburan2 sdh pasti berisik.
    Yg no.4 pesertanya banyak, bukan sedikit.

    Sekarang fitur silent rapture
    - berlangsung senyap
    - pesertanya sedikit
    - waktunya dipersingkat.

    Jaka sembung bawa golok, kagak nyambung entu antara 1Tes 16-17 dg spekulasi silent rapture.

    Mau bukti lagi?
    Ayat 13 Paulus prihatin orang begitu berduka saat orang meninggal seperti orang hopeless.
    Ayat 14 Paulus menunjukkan fakta Yesus telah mati namun bangkit kembali
    Ayat 15 Paulus memastikan yg meninggal di bumi tidak akan ditinggalkan begitu saja
    Ayat 16-17 prosesnya
    Ayat 18 pesan penutup Paulus untuk menghibur keluarga almarhum di ayat 13nya

    Nah apakah Paulus membicarakan seleksi orang2 siap rapture? Kagak kan?

    Catatan kaki: kakek CTR adl korban silent rapture pulak. CTR mau siap2 rapture sendirian dg memakai tuxedo putih2.

    Salam
    AS

    ReplyDelete
  4. Di youtube orang2 yg kena pengaruh ajaran rapture meramal tgl 23sep 2017 ada rapture.

    Apakah ini juga pakai mind control?
    Sebab ada orang yg udah saya jelasin dg detil bhw rapture tdk alkitabiah, tapi tdk mempan, dia hanya percaya omongan si pendeta kharismatis. Mau dengar penjelasan saya, tapi hanya masuk telinga kanan keluar telinga kiri.

    Salam
    AS

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear Sdr AS

      Mind control dikenal juga sebagai coercive persuasion, brainwash, thought reform, atau high pressure group

      Lalu apakah mind control/brainwash?

      di di sini menjelaskan:

      Coercive psychological systems are behavioral change programs which use psychological force in a coercive way to cause the learning and adoption of an ideology or designated set of beliefs, ideas, attitudes, or behaviors. The essential strategy used by the operators of these programs is to systematically select, sequence and coordinate many different types of coercive influence, anxiety and stress-producing tactics over continuous periods of time.

      Jd sebenarnya mind control adalah suatu set program perubah perilaku.

      Yg Anda alami, meskipun ia bersikukuh dng pemahamannya, bukanlah mind control, merupakan suatu pemahaman yg diyakinanya.

      Ini seperti keyakinan Anda tentang Maria sebagai bunda Allah.

      Jika ada seseorang yg mencoba memberikan argumen-2 berdasarkan Alkitab terhadap pemahaman Maria sebagai bunda Allah seperti yg diyakini Katolik dan Anda bersikukuh meyakininya. Apakah krn pengaruh mind control? Tentunya, tidak.

      Memang saya belum menjelaskan dng detail apa itu mind control krn dibutuhkan usaha yg khusus agar tidak terjadi kesalah-pahaman krn memang beda-beda tipis antara percaya sesuatu berada di bawah mind control dng yg tidak berada di bawah cuci otak.

      Mudah-2 ini sedikit menjawab pertanyaan Anda

      Salam kasih Tuhan Yesus

      Delete
  5. Balasan untuk reply sdr awi

    Ada juga loh perubahan yg signifikan:
    Porsi pembicaraan rapture jadi mendominasi orang tsb. Apapun diskusinya tiba2 ujungnya mengarah ke rapture.
    Ada juga pola pikir hitam putih bahwa kelompoknya dipenuhi Roh Kudus dan kelompok luar sedang ditinggalkan Roh Kudus.
    Orang tsb minta saya agar bersikap alkitabiah....tapi sendirinya suka mengajukan kesaksian2 orang yg bolak balik ke surga langsung saja saya sebut alm Yusak Cipto, percaya penuh omongan army of god di face book....lah itu kan sama juga nggak alkitabiah.
    Dan yg terakhir orang tsb fobia tdk ter rapture shg banyak uring-uringan sbg manifestasi ketidakamanan psikologi.

    Salam
    AS

    ReplyDelete
  6. Saya komplain dg ajaran rapture, alasannya:

    Ajaran ini nanti makan korban, minimal korban di php (pemberi harapan palsu ) spt janji2 pemilu gub yg onoh.
    Ajaran ini memunculkan kelas elit, yaitu kelas yg layak rapture SNI.
    Ajaran ini ada memunculkan fobia tidak ter rapture.
    Ajaran ini bisa dimanfaatkan sbg alat perekrut otomatis tanpa instruksi untuk mendatangi umat lain, mereka akan giat mendekati orang yg belum tahu rapture.
    Ajaran ini menimbulkan simpang siur krn dipatok kiamat minus 7th masa tribulasi.

    Silahkan dinilai sendiri

    Salam
    AS

    ReplyDelete
  7. Ada yg kelupaan dikit lagi

    Ajaran rapture fiturnya undur-undur, bukan dibatalin tapi diundur.
    Ajaran rapture merugikan persahabatan, sebab orangnya kini ngambek stlh gagal menjual rapture, saya dibilang ngeyelan.
    Ajaran rapture alat memforsir unsur "perbuatan" dlm iman dan perbuatan. Karena tiket rapture dikit maka berlomba2 diperebutkan orang banyak. Scr psikologi yg perbuatannya kurang gaspol akan tereliminasi. Hal ini bisa dibantah tapi terserah mau percaya apa enggak, sah sah aja membantah poin yg ini.

    Salam
    AS

    ReplyDelete
  8. Yuk kita periksa peristiwa pengangkatan nabi Elia, apa saja fiturnya:

    -Diangkat ke surga dalam angin badai.
    -Pengangkatannya sdh "bocor" diketahui oleh Elisa dan rombongan nabi
    -Sebelum diangkat, Elia sempat nanya Elisa mau minta apa, nanti mau disampaikan ke Tuhan
    -Elia dijemput raga nya oleh kuda berapi serta kereta berapi
    -Elia dicari kemanapun tidak ketemu di tempat2 yg sekiranya mjd lokasi akhir.

    Salam
    AS

    ReplyDelete
  9. Many authors maintain that the pre-tribulation rapture doctrine originated in the eighteenth century, with the Puritan preachers Increase and Cotton Mather, and was then popularized in the 1830s by John Darby.[12][13] Others, including Grant Jeffrey, maintain that an earlier document called Ephraem or Pseudo-Ephraem already supported a pre-tribulation rapture.[14]

    Pre-tribulation rapture theology was popularized extensively in the 1830s by John Nelson Darby and the Plymouth Brethren,[15] and further popularized in the United States in the early 20th century by the wide circulation of the Scofield Reference Bible.[16]

    Cuplikan dr wikipedia asal muasal silent rapture dr thn 1830 dari Inggris populer di New York sbg kota pelabuhan, dari Amerika dibawa ke mana2 sampai Indonesia juga. Rentang waktunya 1830-2017 spekulatif terus kasian pengikutnya hampir dua abad ketemunya kiamat kecil yaitu tanggal kematiannya masing2.

    Salam
    AS

    ReplyDelete
  10. Berbahagialah yg TIDAK ter rapture tgl 23 sep 2017, di Indonesia krn 7th masa tribulasi ada dibawah kepemimpinan Jokowi yg rajin bangun infrastruktur, rajin bekerja. Dua th adl sisa jabatan Jokowi 5th berikutnya masa jabatannya yg kedua.

    Salam
    AS

    ReplyDelete
  11. https://seword.com/spiritual/kontroversial-chip-666-rfid-yang-dipasang-didahi-dan-tangan-kanan/

    Link bahan pembanding dr tulisan pendeta.

    Salam
    AS

    ReplyDelete
  12. Hari ini 23 sept 2017 dan tidak ada rapture.Pengikut rapture akan tetap yakin akan terjadi entah kapan. Mereka masa bodo dg unsur dusta, bahwa dampak dr pengumuman tgl 23 sep memunculkan peramal2 gagal, memunculkan pembohong publik, menciptakan kegelisahan yg sebenarnya tdk perlu.

    Dan mereka tgl 24sept besok ngumpet, sambil ngeles.

    Salam
    AS

    ReplyDelete
  13. Bahasa roh adl mukjizat, bukan sesuatu yg bisa dipelajari maupun diajarkan.

    Mukjizat adl campur tangan Tuhan yg sifatnya sesekali, bukan sesuatu yg rutin maupun terjadwal.

    Bahasa roh adl mukjizat saat seorang misionaris berbicara dalam bahasanya sendiri namun dimengerti oleh audiens dalam bahasa majemuk yaitu bahasanya masing2.

    Jadi bahasa roh TIDAK PERLU dipelajari, nanti langsung dikasi Tuhan jika benar dipakai Tuhan sbg misionaris.

    Jadi yg diberi mukjizat bahasa roh juga belum tentu tahu kalau orang banyak bisa menangkap ucapannya dalam multi bahasa, baru tahu nya ketika orang heboh bersaksi.

    Salam
    AS

    ReplyDelete
  14. Yg perlu dikritik juga, penyembuhan yg bisa dijadwal. Apa maksudnya? Sebelum acara penyembuhan sudah diumumkan di muka tanggal sekian di gedung xyz akan diadakan ibadah akbar diakhiri dg penyembuhan, sehingga orang berbondong2 datang membawa keluarganya yg sakit pakai kursi roda.

    Mukjizat penyembuhan kok bisa dijadwal gitu, dan dipamerkan didepan kerumunan orang. Harusnya mukjizat itu spontan dan sifatnya mendesak hanya saat itu saja diperlukan.

    Kita sih ikut gembira kalau lihat orang duduk di kursi roda kemudian didoakan terus bisa berdiri dan berjalan- jalan. Tapi kita tidak suka kalau itu hanya sehat temporer bukan sehat permanen, artinya beberapa saat kemudian yg sehat kembali ke kursi rodanya semula.

    Lebih tegasnya lagi kalau mau menyembuhkan ya sembuhkan sel-sel tubuh yg terinfeksi atau sel-sel tubuh yg menua jadi sel remaja, jangan cuma sisi psikologisnya yg dipompa dg sugesti seperti pesulap.

    Salam
    AS

    ReplyDelete
  15. Bahasa roh yg toronto blessing adl palsu. Dilihat dari cirinya yg palsu

    Rutin dipelajari
    Tidak mecah jadi multi bahasa.
    Suara yg keluar nggak ada yg paham.
    Yg mengeluarkan suara juga nggak mudeng
    Yg bersuara sedang tidak sadar.

    Kalo cirinya seperti itu kelasnya adl Dusta. Lagian di Alkitab tidak ada perintah untuk belajar bahasa roh. Kalau ada tunjukin ayatnya.

    Salam
    AS

    ReplyDelete
  16. Saya kasi contoh yg konkret pendeta amerika Peter Youngren. Dulu dikenal sbg "raja penyembuhan" karena penyembuhannya bisa dijadwal tanggal sekian. Dari amerika sdh punya jadwal di kota A hari ini seminggu lagi pindah kota B dst. Orangnya masih di jakarta tapi pamfletnya sudah tertempel di tiang listrik dan tembok2 pinggir jalan. Padahal Yesus kalo menyembuhkan orang nggak terjadwal. Kok bisa Peter Youngren punya kuasa menjadwal nanti sehabis ibadah akbar. Dan akhirnya namanya sudah dilupakan orang, baru ingat kalo diingatkan saja.

    Harusnya kalo bisa menyembuhkan betulan diem-diem aja jangan banyak publikasi. Tabib yg langka aja nggak pasang iklan tapi pasien datang sendiri. Harusnya Peter Youngren kunjungi rumah sakit dan sembuhkan penyakit2 parah dan lintas agama tanpa nanya lebih dulu kamu agama nya apa.

    Salam
    AS

    ReplyDelete
  17. Toronto blessing benar2 lawatan Roh Kudus
    Sy saksi hidup

    ReplyDelete

Tolong SEBUTKAN Nama Atau Initial Anda saat memberi komentar agar memudahkan Mitra diskusi Anda mengidentifikasikan Anda.

Non Kristiani, mohon tidak memberi komentar.

Jika Anda ingin komentar, silahkan klik DI SINI DULU

.