Karakteristik Kultus: Eksklusivisme

Last Judgment, Oleh Jacob de Backer
SALAH SATU TANDA karateristik mind control yang paling mudah ditemukan pada sebuah kelompok kultus berkedok agama Kristen adalah sifat eksklusivisme yang ada pada dirinya. Apakah maksud “kultus eksklusivisme” dalam pemahaman kultus? Yaitu pemimpin kultus menginternalisasikan doktrinnya kepada para anggotanya sebagai satu-satunya yang memiliki kebenaran dan jalan yang benar menuju kepada keselamatan. Oleh karena itu, keluar dari kelompok kultus dianggap sama dengan meninggalkan Allah, dan para anggotanya kultus benar-benar percaya bahwa meninggalkan kelompoknya berarti mereka tidak akan pernah selamat. 

Oleh karena sifatnya eksklusive, maka dalam sebuah kelompok kultus berkedok agama Kristen anggotanya sangat mementingkan keanggotaan DAN sistem pengajarannya yang diklaim berdasarkan Alkitab. Apakah maksudnya?

Dalam organisasi atau denominasi gereja yang normal, Saudara tidak mengalami kesulitan berpindah-pindah dari satu gereja ke gereja lainnya untuk berhimpun setiap minggu sesuai dengan hati nurani dan tidak ada satu orang pun yang akan melabel Saudara sebagai “murtad” dan Saudara tetap disebut sebagai orang Kristen. Hal ini terjadi karena bukan berdasarkan keanggotaan melainkan kepada pengajaran Alkitab. 

Namun demikian, jika Saudara pengikut sebuah kultus berkedok agama Kristen, Saudara tidak dapat berhimpun di gereja lain kecuali di gereja kultus itu dan jika Saudara keluar dari kelompok kultus itu maka Saudara tidak lagi dipertimbangkan sebagai bagian dari kelompok kultus tersebut dan akan dilabel “murtad”. Misalnya jika Saudara adalah Saksi-Saksi Yehuwa ataupun Mormon maka Saudara tidak dapat berhimpun ke gereja manapun kecuali di Gereja Yesus Kristus dari Orang-orang Suci Zaman Akhir (tempat orang Mormon berhimpun) ataupun Balai Kerajaan (tempat Saksi-Saksi Yehuwa). Dan jika Saudara keluar dari keanggotaan kelompok kultus itu maka Saudara tidak akan disebut sebagai Mormon atau pun Saksi-Saksi Yehuwa. Nah, inilah yang dimaksud dengan “kultus eksklusivisme

Oleh karena itu, jika Saudara ingin mengetahui apakah Anda berada di dalam kelompok kultus berkedok agama Kristen atau bukan, ajukan pertanyaan sederhana ini:


  • Apakah organisasi gereja di mana Saudara bergabung mengajarkan bahwa seluruh denominasi gereja adalah sesat kecuali dirinya sehingga melarang Saudara berhimpun di tempat lain kecuali di tempatnya?
  • Apakah Saudara akan dicap murtad ketika tidak lagi bergabung dengan organisasi gereja itu?
  • Apakah organisasi gereja di mana Saudara bergabung mengajarkan bahwa satu-satunya jalan keselamatan hanya dapat diperoleh dengan bergabung menjadi anggotanya?

Bagaimana dengan Saksi-Saksi Yehuwa, apakah sebuah kultus berkedok ataukah benar-benar organisasi Kristen yang normal? Untuk mengetahui siapa dan apa di balik ajaran Saksi Yehuwa dan ingin mengetahuinya, silahkan klik Membongkar Inti Agama Saksi Yehuwa: Kristen Sejati, Sesat atau Kultus? dan buktinya sendiri apakah organisasi Saksi Yehuwa sebuah grup kultus atau bukan berdasarkan publikasi dan praktek yang diterapkan di dalam organisasi tersebut.

Bagaimana pendapat Saudara?

Soli Deo Gloria


Sebagaimana nabi-nabi palsu dahulu tampil di tengah-tengah umat Allah, demikian pula di antara kamu akan ada guru-guru palsu. Mereka akan memasukkan pengajaran-pengajaran sesat yang membinasakan, bahkan mereka akan menyangkal Penguasa yang telah menebus mereka dan dengan jalan demikian segera mendatangkan kebinasaan atas diri mereka (2 Petrus 2:1)


Artikel Terkait:
1. Saksi Yehuwa: Penyembah Berhala Modern
2. Mengungkap Organisasi Allah Berkedok Agama Kristen
3. Fakta Saksi Yehuwa: Suatu Kultus Dan Nabi Palsu
4. Saksi Yehuwa Pemberita Injil Sejati Atau Palsu?
5. Karakteristik Kultus: Eksklusivisme

13 comments :

  1. Benar2 eksklusif, hanya di kerajaan jw.org terjadi hal spt ini, sang Raja disebut-sebut rakyatnya dengan sebutan tuan, bukan Yang Mulia atau Baginda.

    Pejabat kerajaan berhasil melatih rakyatnya untuk jangan pernah menyembah Raja, dan mengajak rakyatnya untuk mempengaruhi rakyat kerajaan lain agar ikut-ikutan menyebut Rajanya dengan sebutan tuan.

    Apa gunanya memberitakan jenis kerajaan seperti itu. Giat memberitakan kabar buruk yg disebar sebar, disodor-sodorkan, diajar-ajarkan, ditenteng kesana kemari, dibangga-banggakan, disanjung-sanjung, dicontek persis.
    Alih-alih mengecek isi kabar berita, malahan setor duit, setor muka, takut dipecat, setia ikut pelatihan, rajin mengerjakan tugas pr, lapar disuapi pejabat kerajaan yg culas dan tidak setia, patuh pada aturan yg mengatasnamakan konstitusi kerajaan padahal cuma tafsiran murahan, bermain sandiwara di stadion olahraga kerajaan dan berpartisipasi menyusun rencana jahatnya di balai kerajaan.

    Alangkah loyalnya kepada pejabat kerajaan, bukan loyal kpd Raja yg sudah bertakhta sejak bayi.

    Salam
    AS

    ReplyDelete
    Replies
    1. Filipi 2:9 Bapa sangat meninggikan Yesus

      Organisasi merendahkan Yesus

      Sangat kontrarian kasat mata

      Salam
      AS

      Delete
  2. Eksklusif, hanya di balai kerajaan yg diberi tugas pr menjawab pertanyaan, pernah juga bikin essay. Dengan diberi pr mau nggak mau harus baca publikasi bukan atas kehendak bebas (kesadaran) tapi diwajibkan.

    PR ini sbg quick test
    Sejauh mana internalisasi berhasil
    Sejauh mana saksi taat mengerjakan perintah
    Untuk mengetahui newbie atau orang lama.
    Untuk menangkal ragi dari luar

    Jawaban yg khas ssy akan muncul mirip dg gaya bahasa majalahnya yg sering menampilkan kata "perkenan yehuwa" , "persediaan yehuwa", "kebenaran", " giat mengabar", "kabar kerajaan", " penyembah sejati dalam roh". Kosa kata baru koleksi ssy, coba bandingkan dengan gaya yg sudah ada "Allah berkenan....", "kehendak Bapa", "mewartakan", " kabar baik" (tanpa embel-embel kerajaan). Yang tidak menjawab dengan cara ssy akan diawasi ketat agar tidak menyebarkan ragi. Maka tidak perlu kita coba-coba datang ke balai kerajaan, tidak ada gunanya. Biarkan saja orang yg isi otaknya sudah penuh, melakukan semaunya, toh sudah kebongkar.

    Salam
    AS

    ReplyDelete
  3. Serial eksklusif selanjutnya

    Hanya di ssy, terang bisa pudar, dan akhirnya gelap total, tapi masih disebut sbg terang. Ini adalah dusta untuk membohongi anak kecil yang ditujukan kepada orang dewasa.

    Inyong ulangi sekali lagi dengan huruf besar, maaf
    DUSTA UNTUK MEMBOHONGI ANAK KECIL, YANG DITUJUKAN KEPADA ORANG DEWASA.

    Sudah mengertikah? Orang dewasa harus mengerti supaya tidak seperti anak kecil.

    Salam
    AS

    ReplyDelete
  4. Eksklusif...new !!!

    Ajaran sesat dwitunggal (yg malah jadi bumerang): Michael is Jesus, Jesus is Michael

    Nanti bingung sendiri, yg menginspeksi dan mendirikan ssy dan melantik bp lmp siapa?
    Gagu (tercekat membisu) sendiri, apakah Yesus bisa ketemu Mikhael?
    Ujung2nya rasionalisasi alakadarnya atau keluar jurus terang baru.
    Ciaaa...atttttt!!!

    Salam
    AS

    ReplyDelete
  5. Eksklusif

    Trust dibalas dg Deceive

    Distrust diganjar dg Pemecatan dan pengucilan

    Nah Lo........

    Salam
    AS

    ReplyDelete
  6. Hanya di ssy yg ada kelas senior dan junior dan newbie.

    Pak AWI yg pergi ke gereja lintas denom aja tidak lantas jadi junior, tapi sekali kita ke balai kerajaan dari gereja asal kita langsung jadi junior.
    Junior akan terpacu loyal dg mengikuti gaya kakak-kakak senior. Mana ada sih yg pengen jadi junior terus. Jadi watchtower bukan cuma mencetak majalah doang tapi juga mencetak manusia yg seragam.

    Salam
    AS

    ReplyDelete
  7. Eksklusif ssy yang menyamakan organisasinya seperti bahtera nabi Nuh

    Padahal di Kejadian ditulis tidak akan ada air bah jilid2
    Wahyu pun memastikan tidak tercipta air bah.
    Penatua 2 ssy sudah didustai mentah2

    Salam
    AS

    ReplyDelete
    Replies
    1. Artinya ssy tidak belajar Alkitab tapi belajar publikasi.

      Jika berkelit (ngeles) organisasi adl metafora bahtera Nuh yg asli, itu malah lebih menggelikan. Lantas berbagai binatang sepasang2 metafora padanannya tidak ada. Bahteranya mendarat dengan selamat juga tidak punya padanan sama sekali.

      Salam
      AS

      Delete
    2. Jaman sekarang sudah bermilyaran kapal. Jika ada air bah, orang kaya akan menolak gabung naik kapal desak2an, lebih memilih menggunakan yacht nya sendiri, masing2 orang memikirkan dirinya sendiri. Sudah ada kapal selam segala. Itulah akibatnya didustai wt, berbuah rasa malu. Belum ngecek kejadian dan wahyu sudah langsung percaya klaim guru palsu.

      Spesialisasi di wahyu malah belum tahu kalau penghancuran nya bukan dengan air bah lagi. Pola bahtera Nuh itu tunggal, dicopy paste majalah.

      Salam
      AS

      Delete
  8. Eksklusif satu2nya yg ada gambar subliminalnya, berbagai wajah iblis yg dilihat dengan cermin biasa, bahkan ada yg tanpa cermin langsung terlihat jelas wajah vampir di wt edisi Goodland (tanah terjanji).

    Salam
    AS

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gambar subliminalnya rata2 bertanduk, klop dg konten artikel

      AS

      Delete
  9. Eksklusif

    Gaya busana ssy seperti orang kantoran, maaf seperti salesforce, dengan membawa tas hitam besar (seperti tas laptop). Bawaan wajib tentu TDB dan publikasi terang baru. Newbie akan ketahuan dari gaya busana yg belum sama, seiring waktu newbie akan menyesuaikan gaya busana kakak2 senior. Pria maupun wanita dilarang pakai celana jeans. Konon ada ayatnya, tapi saya tidak menemukan, dulu pernah dikasi ayatnya, tapi dah lupa.

    Salam
    AS

    ReplyDelete

Tolong SEBUTKAN Nama Atau Initial Anda saat memberi komentar agar memudahkan Mitra diskusi Anda mengidentifikasikan Anda.

Non Kristiani, mohon tidak memberi komentar.

Jika Anda ingin komentar, silahkan klik DI SINI DULU

.