SIAPAKAH Yesus KRISTUS?

siapakah yesus kristus
Apakah Anda Mengenal Siapakah Yesus Sebenarnya?
SIAPAKAH YESUS KRISTUS? Setiap orang, sesuai dengan latar agamanya, memiliki pemahaman yang berbeda akan siapa dan asal-usul pribadi Yesus Kristus. Misalnya, agama Islam dengan kitab sucinya Alquran menyatakan Yesus Kristus adalah manusia biasa yang dilahirkan oleh Maryam (Maria). Tentunya, apa yang dinyatakan Alquran berbeda dengan apa yang dinyatakan oleh Alkitab, Kitab Suci Kristen, khususnya Perjanjian Baru menyatakan bahwa Yesus Kristus bukan sekedar manusia biasa, melainkan adalah Allah sendiri yang ber-inkarnasi menjadi manusia oleh sebab itu Ia sudah bereksistensi sebelum segala ciptaan ada (Yoh. 1:1; 8:58;17:5; Kol. 1:13-17 ). Saya percaya bahwa memahami pribadi Yesus yang sebenarnya dan utuh merupakan kunci utama menentukan kehidupan kekal manusia; hidup kekal di surga atau hukuman kekal di neraka. Mat. 25:46 mengatakan: “mereka ini akan masuk ke tempat siksaan yang kekal, tetapi orang benar ke dalam hidup yang kekal” (LAI)

Karena keselamatan manusia bergantung kepada pemahaman yang benar akan pribadi Kristus maka 2 Korintus 11:3-4 mengingatkan kita agar waspada terhadap penyesatan pemberitaan tentang “Yesus yang lain, roh yang lain dan Injil lain” yang tidak sama diberitakan oleh para rasul beritakan:

Tetapi aku takut, kalau-kalau pikiran kamu disesatkan dari kesetiaan kamu yang sejati kepada Kristus, sama seperti Hawa diperdayakan oleh ular itu dengan kelicikannya. Sebab kamu sabar saja, jika ada seorang datang memberitakan Yesus yang lain dari pada yang telah kami beritakan, atau memberikan kepada kamu roh yang lain dari pada yang telah kamu terima atau Injil yang lain dari pada yang telah kamu terima.
Bagaimana dengan para Saksi Yehuwa yang mengklaim begitu giat menginjil dari rumah ke rumah? Apakah mereka memberitakan Yesus, roh dan Injil yang sama dengan apa yang diberitakan oleh para Rasul? Jika Saudara adalah seorang yang awam yang tidak atau kurang memahami ajaran Saksi Yehuwa maka Saudara perlu memahami bahwa para Saksi Yehuwa memberitakan “Yesus yang lain, roh yang lain dan Injil lain”. Apakah maksudnya? Yesus Kristus yang diberitakan Saksi Yehuwa hanyalah “suatu allah”, ciptaan Allah Bapa yang pertama dan sebelum ber-inkarnasi menjadi manusia adalah malaikat Mikhael. Apakah benar Yesus adalah malaikat Mikhael? Kita lihat Ibr. 1:6 yang menyatakan:  

Dan ketika Ia membawa pula Anak-Nya yang sulung [ Yesus] ke dunia, Ia berkata: “Semua malaikat Allah harus menyembah Dia”.
Perhatikan frase “Semua malaikat”. Bagaimana Kristus adalah bagian dari malaikat yaitu Mikhael jika kitab Ibrani mengatakan “semua malaikat” — artinya termasuk Mikhael — menyembah Kristus. Jika Kristus adalah malaikat Mikhael maka kitab Ibrani tidak akan menulis “semua”, bukan? Jadi jelas bahwa Kristus bukanlah malaikat Mikhael! Silahkan baca artikel Kepercayaan Saksi Yehuwa: Yesus adalah Malaikat untuk ulasan detailnya.

Nah, jika Saudara adalah seorang Saksi Yehuwa yang kebetulan berkunjung blog ini selalu berpikir bahwa keyakinan Anda 100% berdasarkan Alkitab; saya memiliki tantangan untuk dijawab yaitu:

Di manakah ayat Alkitab yang menyatakan secara eksplisit Yesus adalah malaikat Mikhael?

Jika Saudara tidak mampu membuktikannya berarti keyakinan Saudara tidaklah berdasarkan Alkitab!

Bagaimana dengan “roh”? Roh apakah yang bekerja di balik ajaran Saksi-Saksi Yehuwa? Saya sangat percaya bahwa “roh” yang sedang bekerja di balik Saksi-Saksi Yehuwa adalah roh antikristus yang bersumber dari Iblis sendiri (1 Yoh. 4:3). Silahkan klik Siapakah Antikristus? untuk buktinya. Dan para kaum terurap yang merupakan kaum elit Saksi Yehuwa merupakan Mesias Palsu.

Dan bagaimana dengan “Injil” yang Saksi Yehuwa giat beritakan? Apakah sama dengan Injil yang para rasul beritakan? 100% Tidak!! “Injil” yang diberitakan oleh Saksi Yehuwa adalah injil palsu yang dikutuk oleh Paulus. Klik Injil Kerajaan Palsu: Hidup Kekal di Bumi Firdaus dan Apakah Saksi Yehuwa Pemberita Injil Sejati atau Palsu? untuk buktinya. 

Jadi pertanyaan besarnya adalah organisasi apakah di balik Saksi-Saksi Yehuwa yang menggunakan penipuan dan penyesatan? Untuk mengetahui siapa dan apa di balik organisasi dan ajaran Saksi Yehuwa, silahkan klik Membongkar Inti Agama Saksi Yehuwa: Kristen Sejati, Sesat atau Kultus? dan buktinya sendiri organisasi Saksi Yehuwa bukan saja gerakan bidat tetapi juga grup kultus berkedok agama Kristen berdasarkan publikasi dan praktek yang diterapkan dan diajarkan di dalam organisasi tersebut.

Bagaimana pendapat Saudara artikel SIAPAKAH Yesus KRISTUS?

Soli Deo Gloria

Sebab banyak penyesat telah muncul dan pergi ke seluruh dunia, yang tidak mengaku, bahwa Yesus Kristus telah datang sebagai manusia. Itu adalah si penyesat dan antikristus. (2 Yohanes 1:7)


Artikel Terkait:
1. Injil Kerajaan Palsu: Hidup Kekal Di Bumi Firdaus
2. Saksi Yehuwa: Penyembah Berhala Modern
3. Mengungkap Organisasi Allah Berkedok Agama Kristen
4. Apakah Tujuan Saksi Yehuwa Menginjil dari Rumah ke Rumah?
5. Fakta Saksi Yehuwa: Suatu Kultus Dan Nabi Palsu

7 comments :

  1. Nama saya Kristian..
    Saya sedang belajar dengan saksi Yehuwa..
    Saya sangat setuju bahwa tidak ada ayat di alkitab yang menyatakan secara eksplisit bahwa Yesus adalah Mikael, saya pun yakin Yesus bukanlah Mikael.. Yesus adalah Mikael adalah tafsiran dr badan pimpinan saja dan mereka harus nurut... hanya krn Mikael adalah panglima para malaikat dan Yesus juga memimpin para Malaikat... maka mereka menyimpulkan bahwa Yesus dan Mikael adalah sama... krn bagi mereka pemimpin malaikat itu hanya ada satu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear Sdr. Kristian,

      Terima kasih atas komentarnya.

      Komentar di atas Anda posting di thread Kebangkitan Yesus: Secara Tubuh atau Roh?, saya pindahkan ke thread ini karena lebih sesuai dengan bahasan thread ini.

      Jika Anda sedang belajar dng SSY, maka blog dapat digunakan sebagai "suatu cermin" untuk menguji apakah ajaran SSY benar-benar murni berdasarkan Alkitab.

      Tidak selalu apa yang diajarkan SSY mengandung suatu kebenaran. Malahan sebaliknya, banyak ajarannya saling membatalkan satu dng yang lainnya dan bertentangan dng Alkitab. Misalnya sebagai contoh kecil adalah tentang berita "injil" yg SSY beritakan merupakan injil yang dikutuk oleh rasul Paulus di surat Galatia. Silahkan klik artikel Injil Kerajaan Palsu: Hidup Kekal di Bumi Firdaus.

      Pelajari blog ini dng pikiran terbuka dan jika ada artikel yang saya tulis ternyata keliru, masukkan dari Anda sangat saya hargai

      Salam kasih Tuhan Yesus

      Delete
    2. Trima kasih sdr Awi..
      Jujur saya jadi teramat sangat bingung...
      Saya akan coba baca artikel2 sdr Awi lainnya.. sementara saya akan hentikan pelajaran alkitab bersama saksi Yehuwa..

      Delete
    3. Dear Sdr Kristian,

      Jika Anda ingin berkomitmen memperistri seorang gadis, apakah Anda hanya focus pada penampilan luarnya yang cantik ataukah juga ingin mengetahui latar belakangnya dan sifat-sifatnya?

      Jika saya, saya tidak hanya focus pada penampilannya saja, tanpa memeriksa latar belakangnya dng teliti. Sangatlah ironis jika saya menikahi seorang gadis, mengaku masih gadis dan dari keluarga kaya, yang luar biasa cantik dan baik tutur katanya tetapi kemudian ternyata gadis itu adalah janda dng 2 orang anak plus sedang menjadi buronan polisi karena kasus narkoba.

      Tentunya ilustrasi saya itu nampaknya berlebihan. Namun demikian, inilah yang harusnya Anda lakukan sebelum berkomitmen menjadi anggota SSY

      Saya pernah belajar dng SSY selama 4 thn-an. SSY tsb begitu ramah, simpatik dan kelihatannya memiliki jawaban atas setiap pertanyaan yang saya ajukan. Terlebih lagi, para SSY tsb memberikan persahabatan instant. Mereka benar-benar tulus percaya dng apa yang mereka yakini benar. Namun demikian, ini hanya penampilan luarnya saja. Para SSY pun tidak sadar bahwa dirinya sedang dimanipulasi sedemikian rupa seolah-olah mereka sedang melayani Allah. Padahal mereka sedang menjalankan kehendak pemimpin mereka yaitu badan pimpinan. Mereka harus berlaku ramah dan bersimpatik untuk menarik minat orang agar bergabung dng mereka. Alkitab mengatakan, “Iblis pun menyamar sebagai malaikat terang” (2 Kor. 11:14).

      Jika Sdr memiliki pertanyaan apapun juga dalam upaya untuk menghilangkan kebingungan saat ini, silahkan ajukan pertanyaan. Dengan senang hati saya akan jawabnya. Tentunya dng semampunya saya

      Salam kasih Tuhan Yesus

      Delete
    4. Dear Sdr Kristian,

      Satu hal lagi yang saya ingin komentari dari apa yang Anda tulis di atas tentang keyakinan SSY bahwa Yesus adalah Mikhael:

      Yesus adalah Mikael adalah tafsiran dr badan pimpinan saja dan mereka harus nurut

      Saya percaya Anda paling tidak sudah memahami sedikit kondisi apa yang terjadi dng para SSY ini. Yaitu meskipun hanya berupa tafsiran sepihak dari badan pimpinan, tetapi tafsiran itu MUTLAK ditaati oleh para SSY. Padahal tafsiran badan pimpinan terbukti banyak kelirunya sehingga harus dikoreksi kemudian. Tidakkah ini aneh? Apakah hak dari badan pimpinan utk memaksakan tafsirannya dipercaya benar jika berulang kali mengkoreksinya sehingga kerap kali bertentangan dengan pemahaman sebelumnya.

      Bersediakan Saudara menyerahkan seluruh pemahaman Alkitab kepada sekelompok orang yang mengaku dipilih oleh Yesus dan Allah Bapa tahun 1918/1919 yg terbukti kerapkali menafsirkan Alkitab secara keliru? Bersediakan Saudara mempertaruhkan hidup kekekalan Saudara kepada sekelompok orang ini?

      Tolong pikirkan hal ini: Apakah buktinya badan pimpinan sebagai golongan hamba setia dan bijaksana benar-benar telah dipilih oleh Yesus dan Allah Bapa? Bukankah sudah banyak orang dalam sejarah mengaku-ngaku bertemu dng Kristus atau mengaku diangkat menjadi nabi kemudain terbukti palsu?

      Alkitab mengatakan "Ujilah segala sesuatu" (1 Tes. 5:21).

      Dan Alkitab juga memberi beberapa nasihat yang bagus dalam hal ini, “Orang yang lugu percaya pada setiap perkataan yang ia dengar; orang yang cerdas tahu bahwa bukti diperlukan.” kata Amsal 14:15. terjemahan The New English Bible

      Turutilah nasihat Alkitab tsb dan marilah kita bersama-sama menguji dan meminta bukti "kebenaran" yang dimiliki oleh SSY tsb; emas ataukah batu bata yang disepuh emas.

      Salam kasih Tuhan Yesus

      Delete
  2. Dear sdr Awi
    Trima kasih atas tanggapannya.. Saya pun sebenernya sudah cukup lama belajar bersama mereka,semua yg sdr Awi katakan benar..



    Saya pernah bertanya kepada mereka, bolehkah saya mempunyai tafsiran yg berbeda dengan tafsiran dari badan pimpinan? mereka menjawab boleh TAPI tafsiran saya tidak boleh dikemukakan kepada saudara saksi2 Yehuwa yg lain.. berarti secara tidak langsung mereka bilang tidak boleh..

    Saya bertanya pula, Bisakah tafsiran Badan Pimpinan salah? lalu mereka menjawab tafsiran Badan Pimpinan hampir tidak mungkin salah krn mereka dalam menfasirkan sesuatu telah dipenuhi "roh kudus" yg artinya mereka dibimbing langsung oleh Allah...

    Karena mereka mengklaim satu2nya Organisasi Allah di dunia (Budak yg Setia dan Bijaksana) Luk 12:42 maka saya bertanya, apakah tidak ada yg diperkenan Allah di luar saksi Yehuwa, mereka menjawab secara halus bahwa tidak ada, krn mereka menganggap semua agama yg ada di dunia agama palsu, sehingga hanya Saksi Yehuwa yg diperkenan oleh Allah....

    Semua pertanyaan saya mereka jawab secara gamblang krn mereka menganggap saya sudah bagian dr mereka, andaikata saya orang yg baru belajar dengan mereka mungkin jawabannya tidak akan jelas spt itu.. biasanya kata2nya sangat manis dan menarik untuk orang yg awam...

    Sebenernya masih banyak yg mengusik hati saya, salah satu contohnya saya pernah bertanya juga... Bolehkah kita berdoa kepada Yesus? mereka menjawab dengan tegas tidak boleh, krn hanya Allah pendengar doa (Maz 65:2) sedangkan Yesus pelaksana tugas dr Allah, sekilas kalo diperhatikan memang benar pernyataan mereka namun hati kecil saya tidak bisa terima, karena saya yakin bahwa Yesus hidup dan bisa mendengar doa saya bahkan Yesus berjanji akan menyertai kita umatnya sampai akhir zaman(Mat 28:20)... masa kita ga boleh berdoa kepada Yesus??

    Pengajaran Saksi Yehuwa itu seringkali sangat masuk akal sekali sehingga sulit untuk dibantahnya oleh orang yg minim pengetahuan alkitab spt saya...semoga dengan adanya blog sdr Awi ini makin menambah wawasan saya dan menambah wawasan orang lain yg rindu kebenaran Firman Tuhan..

    Tuhan Yesus Memberkati

    ReplyDelete
  3. Dalam paragraf pertama Pak AWI tulis dg italics kata "berbeda".

    Kalau ssy itu "asal-beda", penyebabnya adl dimasukkannya unsur asumsi, spekulasi, siasat, propaganda.

    Perbedaan itu bisa jadi berkah. Perbedaan bisa saling melengkapi dan saling menutupi kekurangan.

    Mengenai keAllahan Yesus sudah ada ayatnya (ttg perbantahan). Jadi kita sudah dikasi tahu akan terjadi perbantahan. Tidak disebutkan pihak2 yg saling berbantah-bantahan satu pihak benar, pihak lain salah, tidak ada disebut demikian, maka perbantahannya berlangsung terus.

    Paulus dan Petrus berdebat ttg sunat dan tidak bersunat.
    Perang salib adl upaya membebaskan jerusalem dari kekuasaan Turki.
    Pemisahan Protestan dari Gereja bukan berbantah soal keAllahan Yesus.
    Perdebatan susunan Kristen dg ssy, Mormon, dll tidak bisa disebut sbg perbantahan, sebab beda level (salah satu adl anti Kristus )
    Jadi besar kemungkinan, perbedaan pandangan muslim dan kristenlah yg dimaksud dg ayat itu.

    Ganti topik

    Dari keterangan Sdr Kristian Gunawan diatas, pengajar2 ssy menjawab dg beda bukan karena tingkat iman seseorang, tapi menjawab beda untuk menyembunyikan aspek kultus nya.

    Ganti topik lagi.

    Yesus menurut Mormon mendatangi suku2 asli Indian benua Amerika. Kalau dijabarkan akan ketahuan kesaksian itu bodong.

    Suku2 asli Indian ada suku Maya, suku Inca, suku Aztec, suku Apache, dan ratusan suku lain, yg terbentang dari Peru s/d Kanada. Betapa tidak ilmiahnya kesaksian ini. Dan setelah didatangi ujungnya kok nihil, tidak menjadi orang Kristen, justru misionaris Spanyol datang menjumpai orang yg belum Kristen. Bule2 Amerika kok pada nggak ilmiah ya?

    Jelas2 Mormon mengangkat nabi2 baru yg disebut orang suci jaman akhir. Jaman akhir disini adl stempel yg mengatakan ini ajaran baru (bukan dari jaman awal). Jaman akhir beda dg akhir jaman, jaman akhir itu penutupan, kalau akhir jaman itu hari kiamat.

    Mengangkat nabi2 baru harus dikecam, sebab rata2 nabi PL berkonsultasi langsung dg Allah, artinya jawaban Allah benar2 dapat didengar telinga nabi itu. Setiap nabi PL bertanya selalu terjawab. Maka pengikut Mormon harus menelitinya para nabi2 baru yg sangat diragukan tsb. Ini cara ilmiah untuk tidak jadi korban para penyerong kerajaan surga.

    Salam
    AS

    ReplyDelete

Tolong SEBUTKAN Nama Atau Initial Anda saat memberi komentar agar memudahkan Mitra diskusi Anda mengidentifikasikan Anda.

Non Kristiani, mohon tidak memberi komentar.

Jika Anda ingin komentar, silahkan klik DI SINI DULU

.