BUKTI YESUS ALLAH MELALUI KARYA PENCIPTAAN

Yesus Kristus Mencipta Alam Semesta
Yesus Mencipta Alam Semesta
DI DALAM ARTIKEL Yesus 1 Hakekat Dengan Allah Bapa: Mencipta telah dijelaskan Yesus sebagai Allah sejati, satu hakekat dengan Allah Bapa, menciptakan segala sesuatu bersama-sama dengan Allah Bapa jika dibandingkan Kej. 1:1-26  dengan Yoh. 1:3 dan Yes. 45:12.

Tentunya pemahaman ini bertentangan dengan doktrin organisasi Saksi Yehuwa yang mengajarkan bahwa Yesus Kristus adalah ciptaan Allah yang pertama dan melalui Pribadi Yesus lah Allah Bapa menciptakan segala sesuatunya (perkara yang lain). Perhatikan kutipan berikut ini:
Ciptaan pertama Yehuwa adalah ”Putra satu-satunya yang diperanakkan” (Yoh 3:16), ”awal dari ciptaan Allah”. (Pny 3:14) Pribadi ini, ”yang sulung dari antara semua ciptaan”, digunakan oleh Yehuwa untuk menciptakan segala perkara lain, di bumi dan di surga, ”perkara-perkara yang kelihatan dan perkara-perkara yang tidak kelihatan”. (Kol 1:15-17) Kesaksian Yohanes yang terilham mengenai Putra itu, sang Firman, ialah bahwa ”segala sesuatu menjadi ada melalui dia, dan tanpa dia, tidak satu perkara pun menjadi ada”, dan sang rasul mengidentifikasi Firman itu sebagai Yesus Kristus, yang telah menjadi manusia. (Yoh 1:1-4, 10, 14, 17) (Pemahaman Jilid 1, hlm. 505)
Nah, dalam artikel kali ini saya ingin membuktikan bahwa Kristus adalah Allah sejati melalui karya-Nya yaitu menciptakan alam semesta dengan mengkaji 2 bagian kitab yaitu Kolose 1:15-17 dan Yesaya 45:18. Perhatikan pernyataan Kolose 1:16-17 dari berbagai terjemahan berikut ini:
karena melalui dia segala perkara (lain) diciptakan di surga dan di bumi, perkara-perkara yang kelihatan dan perkara-perkara yang tidak kelihatan, baik itu takhta ataupun pertuanan ataupun pemerintah ataupun kalangan berwenang. Segala perkara (lain) telah diciptakan melalui dia dan untuk dia. Juga, dia ada sebelum segala perkara (lain) dan melalui dia segala perkara (lain) menjadi ada (TDB)

karena di dalam Dialah telah diciptakan segala sesuatu, yang ada di sorga dan yang ada di bumi, yang kelihatan dan yang tidak kelihatan, baik singgasana, maupun kerajaan, baik pemerintah, maupun penguasa; segala sesuatu diciptakan oleh Dia dan untuk Dia. Ia ada terlebih dahulu dari segala sesuatu dan segala sesuatu ada di dalam Dia. (TB, LAI)

For by him were all things created, that are in heaven, and that are in earth, visible and invisible, whether they be thrones, or dominions, or principalities, or powers: all things were created by him, and for him: And he is before all things, and by him all things consist. (KJV)
Perhatikan dalam terjemahan TDB (Terjemahan Dunia Baru) milik Lembaga Menara Pengawal memiliki sisipan kata “lain” dan sengaja kata tersebut saya beri tanda (kurung) dan warna merah karena di dalam terjemahan bahasa Inggrisnya yaitu NW (New World Translation) kata “other” berada dalam tanda kurung. Sepengetahuan saya,  terjemahan TDB/NW merupakan terjemahan satu-satunya yang memiliki sisipan demikian. Banyak ahli mengatakan bahwa penyisipan ini sengaja dibuat oleh Menara Pengawal untuk mendukung doktrinnya yang meyakini Kristus bukanlah Allah sang Pencipta.

Apakah arti dari Kolose 1:16-17? Yesus adalah pencipta segala sesuatu! Dan tidak mungkin Kristus adalah ciptaan yaitu malaikat Mikhael seperti yang diyakini oleh Saksi Yehuwa karena ayat 17 dikatakan bahwa “Yesus ada sebelum segala perkara dan melalui dia segala perkara menjadi ada”, artinya sebelum segala sesuatu dicipta (alam semesta termasuk malaikat) Yesus sudah ada! Hanya Allah saja yang sudah ada sebelum segala perkara atau sesuatu yaitu segala ciptaan, termasuk malaikat. Jika Kristus adalah ciptaan, maka Kolose tidak akan mengatakan Yesus ada sebelum segala sesuatu karena Yesus adalah bagian dari ciptaan, bukan? Pernyataan Yesus ada sebelum segala sesuatu membuktikan Kristus bukan bagian dari ciptaan.

Sekarang kita kaji dan bandingkan bagian kitab Yesaya 45:18 yang berbunyi:
Sebab beginilah firman TUHAN, yang menciptakan langit, --Dialah Allah--yang membentuk bumi dan menjadikannya dan yang menegakkannya, --dan Ia menciptakannya bukan supaya kosong, tetapi Ia membentuknya untuk didiami--:"Akulah TUHAN dan tidak ada yang lain. (TB, LAI)

Sebab inilah firman Yehuwa, Pencipta langit, Dialah Allah yang benar, Pembentuk bumi dan Pembuatnya, Dialah yang mendirikannya dengan kokoh, yang tidak menciptakannya dengan percuma, yang membentuknya untuk didiami, ”Akulah Yehuwa, dan tidak ada yang lain. (TDB)

For thus saith the Lord that created the heavens; God himself that formed the earth and made it; he hath established it, he created it not in vain, he formed it to be inhabited: I am the Lord; and there is none else (KJV)
Kitab Yesaya mengatakan bahwa Allah Yehuwa pencipta langit dan bumi (alam semesta). Bahkan terjemahan KJV menyatakan “God himself atau Allah sendiri” yang mencipta. Ayat ini dikaji bersamaan dengan kalimat “Akulah Yehuwa, dan tidak ada yang lain” menegaskan bahwa tidak ada Allah yang lain kecuali Allah Yehuwa yang mencipta.

Nah, jika kita bandingkan Kolose 1:16-17 yang mengatakan bahwa Yesus menciptakan segala sesuatu dengan Yesaya 45:18 yang mengatakan Allah Yehuwa yang menciptakan alam semesta, tidakkah masuk akal jika Yesus adalah Allah Yehuwa? Dengan mengatakan Yesus bukanlah Allah sejati, bukankah 2 ayat ini menjadi tidak masuk akal dan saling bertentangan karena Yesaya mengatakan hanya Allah sendiri yang mencipta tidak ada yang lain?

Tentukan ketika saya katakan bahwa Yesus adalah Allah Yehuwa bukan berarti Pribadi Kristus adalah sama dengan Allah Bapa seperti yang diajarkan oleh organisasi Saksi Yehuwa (silahkan klik di sini untuk bahasannya). Tidak! Trinitarian meyakini bahwa Pribadi Yesus dengan Pribadi Bapa merupakan 2 Pribadi yang berbeda. Namun demikian, masing-masing Pribadi Ilahi itu memiliki 1 hakekat yaitu Allah. Silahkan klik Doktrin Tritunggal: Saksi Yehuwa Dan Modalisme untuk bahasannya.

Tetapi jika Saudara bertemu dengan seorang Saksi Yehuwa, ia mungkin akan mengatakan: Tunggu dulu. Kita lihat Kolose 1:15 yang mengatakan:
Dia adalah gambar Allah yang tidak kelihatan, yang sulung dari antara semua ciptaan

Ia adalah gambar Allah yang tidak kelihatan, yang sulung, lebih utama dari segala yang diciptakan (TB, LAI)

He is the image of the invisible God, the firstborn over all creation (NKJV)

The Son is the image of the invisible God, the firstborn over all creation (NIV)
Perhatikan terjemahan TDB yang menyiratkan seolah-olah “Kristus adalah ciptaan pertama dari antara semua ciptaan”. Bukankah ayat ini membuktikan bahwa Yesus adalah ciptaan pertama dari semua ciptaan? Ya, sekilas demikian. Namun demikian, jika kita menafsirkan Kolose 1:15 Kristus adalah ciptaan maka akan bertentangan dengan ayat berikutnya Kolose 1:16-17 dan Yes. 45:18 di mana dinyatakan bahwa Yesus adalah pencipta segala sesuatu, artinya Yesus mencipta alam semesta dan segala isinya termasuk malaikat. Lalu bagaimana malaikat sebagai ciptaan ada sebelum segala ciptaan?

Bagaimana kita mengharmoniskan hal ini? Istilah “firstborn” yaitu yang sulung tidak selalu berarti “yang pertama” melainkan dapat juga berarti “yang utama” di mana LAI menerjemahkannya demikian. Jika kita perhatikan terjemahan LAI maka ayat tersebut bukanlah berarti ciptaan yang pertama, melainkan Kristus adalah Allah maka Ia tentukan adalah yang utama dari segala ciptaan. Mari kita bandingkan dengan terjemahan lainnya yaitu NIV dan NKJV yang mengatakan “the firstborn over all creation” yang artinya “yang sulung atas seluruh ciptaan” yang menandaskan bahwa Kristus yang utama atas seluruh ciptaan.

Bagaimana dengan beberapa ayat yaitu Wahyu 3:14 dan Amsal 8:22-31 yang mengatakan bahwa Yesus adalah permulaan dari ciptaan? silahkan klik Apakah Yesus Ciptaan Allah? untuk jawabannya. Silahkan Saudara klik juga artikel Kepercayaan Saksi Yehuwa: Yesus Adalah Malaikat Mikhael yang membuktikan Yesus bukanlah malaikat Mikhael.

Bagaimana pendapat Saudara?

Berjaga-jagalah terhadap nabi-nabi palsu yang datang kepadamu dengan berbaju domba, tetapi di dalamnya, mereka adalah serigala-serigala yang rakus. (Mat. 7:15, NW)
Artikel Terkait:
1. Ajaran Saksi Yehuwa: Bidat Atau Sejati?
2. Apakah Tujuan Saksi Yehuwa Menginjil Dari Rumah Ke Rumah
3. Bukti Klaim PALSU Saksi Yehuwa: Pemilihan Ilahi
4. Nabi Palsu Berseru: Kiamat! Kiamat!! Kiamat!!!


.