Saksi Yehuwa Mengaku Sebagai Nabi Allah!

Menara Pengawal Mengaku Sebagai Nabi
Apakah Saksi Yehuwa Mengaku Nabi?
Apakah definisi Menara Pengawal tentang ‘pemilihan atau penetapan’ seorang nabi Allah berdasarkan Alkitab? Kita dapat lihat dari buku “Pemahamn Alkitab” hlm. 184 menjelaskan cara pengangkatan nabi sebagai berikut:
Cara Pengangkatan dan Pengilhaman. Jabatan nabi tidak diperoleh secara turun-temurun; tetapi beberapa nabi adalah orang Lewi, seperti Samuel, Zakharia yang adalah putra Yehoyada, Yeremia, dan Yehezkiel, dan beberapa keturunan nabi juga menjadi nabi. (1Raj 16:7; 2Taw 16:7) Kenabian juga bukan suatu profesi atas prakarsa pribadi. Nabi-nabi dipilih oleh Allah dan diangkat melalui roh kudus (Bil 11:24-29; Yeh 1:1-3; Am 7:14, 15), dan melaluinya juga mereka tahu apa yang harus diberitakan. (Kis 28:25; 2Ptr 1:21) Ada yang pada mulanya sangat enggan. (Kel 3:11; 4:10-17; Yer 1:4-10) Elisa menerima pengangkatan ilahi melalui pendahulunya, Elia, dan hal itu dilambangkan dengan tindakan Elia melemparkan mantel, atau pakaian kebesarannya, kepada Elisa.—1Raj 19:19-21. (kalimat miring dari saya)
Lalu bagaimana pandangan Menara Pengawal akan pengangkatan ‘badan pimpinan Saksi-Saksi Yehuwa’, berikut kutipannya dari majalah Menara Pengawal 15/3/1990, hlm. 18:

. . . Badan Pimpinan bukan suatu alat hukum. Keanggotaannya tidak dipilih. Mereka diangkat melalui roh suci di bawah bimbingan Allah Yehuwa dan Yesus Kristus. (Bandingkan Kisah 20:28.) Selain itu, mereka yang membentuk Badan Pimpinan adalah pria-pria yang terurap yang tidak wajib memiliki kantor pusat atau lokasi geografis yang permanen. (kalimat bold dari saya)
Bahkan jika kita lihat kutipan berikut ini; Menara Pengawal menyetarakan pelantikan nabi-nabi seperti Musa, Harun dan lain-lain dengan dirinya sendiri yaitu organisasi Allah dewasa ini:
Ya, Yehuwa melantik Musa, Harun, Saul, Daud, Yesus Kristus, dan orang-orang lain. Demikian pula, di organisasi Allah dewasa ini pelantikan-pelantikan dalam pelayanan dilaksanakan selaras dengan persyaratan-persyaratan Alkitab dan di bawah bimbingan roh suci dari Yehuwa.—1 Timotius 3:1-13; Titus 1:5-9; Kisah 20:28.” (W82_s-12, hlm. 8)
Dan jika Anda membaca Hamba Setia dan Badan Pimpinan, saya jelaskan dengan panjang lebar akan adanya suatu klaim-klaim ‘pemilihan ilahi’ terjadi kepada ‘badan pimpinan maupun kaum terurap’.

Nah, renungkan klaim-klaim tersebut, sekarang kita bandingkan definisi pemilihan seorang nabi Allah yaitu:

Kenabian juga bukan suatu profesi atas prakarsa pribadi. Nabi-nabi dipilih oleh Allah dan diangkat melalui roh kudus
 Dengan klaim sepihak Menara Pengawal akan ‘badan pimpinan’ yaitu:
Badan pimpinan diangkat melalui roh suci di bawah bimbingan Allah Yehuwa dan Yesus Kristus.
Pertanyaannya: Apakah bedanya Allah Yehuwa memilih nabi-nabi yang ada di Alkitab dengan pemilihan badan pimpinan Saksi-Saksi Yehuwa yang diklaimnya?

Orang yang berpikiran sehat dapat menyimpulkan; tidak ada bedanya. Jelas badan pimpinan Saksi-Saksi Yehuwa mengklaim sepihak dirinya dipilih atau diangkat oleh Allah Yehuwa sebagai nabi sama seperti Allah mengangkat nabi-nabi di Alkitab. Tetapi, jika Anda mengkonfrontir seorang Saksi Yehuwa mengenai hal ini, ia akan bersikukuh mengatakan ‘tidak, badan pimpinan tidak pernah mengklaim dirinya sebagai nabi’.

Mengapa demikian? Salah satunya adalah karena ia tidak tahu bahwa Saksi-Saksi Yehuwa pernah mengklaim secara eksplisit dirinya sebagai nabi Allah. 

Alasan kedua, inilah kekuatan mind control dari seorang pemimpin kultus yang mampu memanipulasi sedemikian rupa sehingga anggotanya tidak menyadari bahwa antara definisi pemilihan nabi yang dibuat oleh Menara Pengawal sebetulnya cocok dengan klaim pengangkatan nabi yang dibuatnya sendiri.

Alasan ketiga, entahlah, Anda harus menanyakannya kepada salah satu dari Saksi Yehuwa jika bertemu dengannya.

Tetapi apakah Saksi-Saksi Yehuwa pernah secara eksplisit mengklaim dirinya sebagai nabi Allah? Ya, pernah! Bahkan Menara Pengawal menjelaskan di MP 15 Maret 1972 hlm. 190 bahwa hal yang penting bagi orang untuk dapat mengidentifikasikan sekelompok orang yang Yehuwa tugaskan sebagai “pelayan atau pesuruh-Nya

Manusia Penting Mengidentifikasi Saksi Yehuwa Sebagai Nabi
Menara Pengawal 15/3/1972
Hal yang penting bagi setiap individu di bumi mengidentifikasikan group ini yang Yehuwa tugaskan sebagai “pelayan atau pesuruh-Nya”. Kita harus mengenali dan mengerti peringatan yang ia bawa. Kita perlu mengambil tindakan atas peringatan itu untuk keselamatan hidup kita, karena mereka berada dalam bahaya seperti kuburan dari kehidupan warga Yerusalem yang mana kotanya mendekati kehancuran.”
Bahkan Menara Pengawal percaya bahwa nabi sejati di zaman modern ini memiliki otoritas yang sama seperti nabi di Perjanjian Lama yaitu Yehezkiel zaman dulu.

Perhatikan kutipan di bawah majalah Menara Pengawal 15/3/1972, hlm. 189 menjelaskan ada nabi yang seperti Yehezkiel zaman dulu dengan bertanya kepada SSY “adakah kelompok pada siapa Yehuwa akan bersedia untuk memberikan tugas untuk berbicara sebagai "nabi" dalam Nama-Nya, seperti yang telah dilakukan terhadap Yehezkiel. 


Menara Pengawal mengklaim sebagai nabi Allah
Menara Pengawal 15/3/1972
Apa yang dibutuhkan dari utusan Allah

Karena itu, ketika tiba saatnya bagi nama Yehuwa dan tujuannya  dinyatakan kepada manusia, bersama dengan peringatan Allah bahwa Susunan Kristen berada dalam "saat akhir" nya, siapa yang memenuhi syarat untuk ditugaskan? Siapa yang bersedia untuk melakukan tugas monumental ini sebagai "pelayan" Yehuwa? Apakah ada seseorang yang ‘kereta perang’ surgawi Yehuwa bisa gulung dan siapa yang bisa menghadapinya? Lebih tepatnya,  adakah kelompok pada siapa Yehuwa akan bersedia untuk memberikan tugas untuk berbicara sebagai "nabi" dalam Nama-Nya, seperti yang telah dilakukan terhadap Yehezkiel pada saat 613 SM? Apa saja kualifikasi?
 

Tentunya seorang pesuruh atau  group “pelayan” bukanlah terdiri dari pribadi-pribadi yang telah dinodai oleh dosa-darah seperti Susunan Kristen dan Babilon Besar lainnya. . .
Berikut potongan majalah Menara Pengawal 1 Apr. 1972 hlm. 197 yang jelas mengindentifikasikan ‘nabi’ itu sebagai Saksi-Saksi Yehuwa. Perhatikan judul artikelnya 'Mereka Akan Tahu bahwa Seorang Nabi Diantara Mereka'. 
Identifikasi ‘Nabi’ tersebut.


Saksi Yehuwa Mengaku Dirinya Sebagai Nabi Allah
Menara Pengawal, 1/4/1972

Pertanyaan ini dapat dijawab dengan keyakinan. Siapakah nabi tersebut? Klerus atau yang disebut  umat ‘Kristiani’ berpendapat diri mereka dihadapan umatnya sebagai individu yang ditugaskan berbicara bagi Allah. Tetapi, seperti yang telah dijelaskan di dalam isu sebelumnya di majalah ini, mereka telah menggagalkan Allah dan gagal untuk mengabarkan kerajaan-Nya dengan menyetujui organisasi politik buatan manusia (sekarang PBB), sebagai “ekspresi politik dari Kerajaan Allah di bumi”.


Namun, Yehuwa tidak membiarkan orang Susunan Kristen dipimpin oleh Klerus, pergi tanpa diperingati bahwa Liga adalah sebuah pengganti palsu bagi Kerajaan Allah yang sesungguhnya. Ia [Yehuwa] memiliki seorang ‘nabi’ untuk memperingati mereka. “Nabi” ini bukanlah satu orang, tetapi sebuah badan dari pria dan wanita. Ini merupakan kelompok kecil yang mengikuti langkah Yesus Kristus, dikenal pada waktu itu sebagai Perkumpulan Siswa-Siswa internasional. Hari ini mereka dikenal sebagai Saksi-Saksi Yehuwa Kristiani. Mereka sedang mengabarkan sebuah peringatan. . .”


Tentunya, ini mudah untuk berkata bahwa grup ini bertindak sebagai seorang ‘nabi’ Allah. Hal lain untuk membuktikannya. Satu cara hal ini dapat dibuktikan adalah dengan mengulas rekam jejaknya. Apa yang ditunjukkannya?”
Jika seorang Saksi Yehuwa mengatakan bahwa Menara Pengawal tidak pernah mendapatkan pengilhaman dalam bernubuat, bukanlah berarti Menara Pengawal tidak pernah, melainkan  Saksi Yehuwa itu tidak pernah  tahu atau membacanya.

Bagaimana dengan para nabi mendapatkan pengilhaman ilahinya? Salah satunya dengan berkomunikasi verbal melalui malaikat buku ‘Pemahaman Alkitab 2, hlm. 184 menjelaskan:
Yehuwa menggunakan berbagai metode untuk mengilhami para nabi: komunikasi verbal melalui para malaikat (Kel 3:2-4; bdk. Luk 1:11-17; Ibr 1:1, 2; 2:1, 2)
Lalu apakah Menara Pengawal pernah menyatakan hal yang senada, yaitu darimana ia memperoleh dukungan ilahinya?

Menara Pengawal menjawabnya di Menara Pengawal 15 Maret , 1972, hlm. 200 yaitu di bawah dukungan dan petunjuk dari malaikat.


Saksi Yehuwa Mengklaim Pengilhaman Ilahi
Menara Pengawal 15/3/1972
Gulungan kitab itu tidak diragukan disampaikan kepada Ezekiel oleh tangan salah satu dari kerub di dalam sebuah penglihatan. Ini mengindikasikan bahwa Saksi-Saksi Yehuwa hari ini membuat deklarasi kabar baik Kerajaan mereka di bawah dukungan dan petunjuk malaikat. (Pny. 14:6,7; Mat.25:31,32) Dan karena tidak ada kata atau pekerjaan Yehuwa akan gagal, karena Ia adalah Allah Maha Kuasa, bangsa-bangsa akan melihat penggenapan atas apa yang saksi-saksi ini katakan sebagai arahan dari surga.
  Ya, waktunya harus datang segera bahwa bangsa-bangsa akan mengetahui bahwa sesungguhnya seorang ‘nabi’ Yehuwa di antara mereka. Sesungguhnya sekarang lebih dari setengah juta orang sedang menolong gabungan atau kolektif nabi tersebut dalam pekerjaan pengabaran dan lebih banyak orang lain sedang mempelajari Alkitab dengan kelompok nabi dan pendamping-pendampingnya.
 Jadi Yehuwa telah membuat setiap ketentuan untuk individu-individu agar mengenal Dia dan menerima kasih sayang-Nya dan kehidupan. Jadi tidak ada alasan bagi orang-orang Susunan Kristen tidak mengenal Yehuwa. Lebih dari itu, Yehuwa tidak hanya tertarik dalam pengungkapan kebenaran nama-Nya sendiri tetapi juga  pengungkapan kebenaran nabi-Nya.” 
Dalam artikel ini, saya telah membuktikan klaim-klaim yang dibuat oleh Menara Pengawal sebagai ‘nabi’ Allah. Lalu, bagaimana kita menentukan  kriteria dasar seseorang itu sebagai nabi sejati atau nabi palsu berdasarkan Alkitab? Silahkan klik Apakah Saksi Yehuwa Nabi Sejati Atau Palsu dan Saksi Yehuwa Mengaku Nabi terilham dan Saksi Yehuwa Bernubuat Palsu Atas Nama Yehuwa sebagai artikel berikutnya.



"Berjaga-jagalah terhadap nabi-nabi palsu yang datang kepadamu dengan berbaju domba, tetapi di dalamnya, mereka adalah serigala-serigala yang rakus. Dari buah-buahnya kamu akan mengenali mereka. Tidak pernah orang mengumpulkan buah anggur dari tanaman berduri atau buah ara dari rumput duri, bukan? Demikian pula setiap pohon yang baik menghasilkan buah yang baik, tetapi setiap pohon yang busuk menghasilkan buah yang tidak berguna" (Mat. 7:15-17)

21 comments :

  1. Dear sdr.Awi,

    Sebelumnya anda mengatakan kepada saya bahwa anda sibuk sehingga sampai saat ini anda belum ada waktu utk menjawab komentar-komentar saya di kolom topik :
    Nubuatan Kiamat 1975: Akhir Sejarah Manusia

    Tetapi ternyata anda punya banyak waktu untuk menulis lagi topik baru di sini "Saksi Yehuwa Mengaku Sebagai Nabi Allah!" yang pada dasarnya sudah saya komentari beberapa aspek dari perspective tertentu sesuai dengan penalaran dan pemahaman saya selama puluhan tahun di dalam organisasi SSY. Sejujurnya ada sedikit rasa kecewa dalam hati saya, ternyata anda tidak benar-benar sibuk (sebab saya pun meluangkan waktu saya di tengah2 kesibukan saya yang amat padat utk menulis comment di sini karena saya menghargai riset yang telah anda buat so far - terlepas dari apa motivasi sesungguhnya di dalam hati anda - yang tahu hanya Tuhan Allah dan anda sendiri), saya tidak mau menghakimi anda, sebagaimana anda menghakimi SSY.

    Mat 7:2 - "Karena dengan penghakiman yang kamu pakai untuk menghakimi, kamu akan dihakimi dan ukuran yang kamu pakai untuk mengukur, akan diukurkan kepadamu. "
    Mat 7:1 "Jangan kamu menghakimi, supaya kamu tidak dihakimi."
    Yoh 7:24 "Janganlah menghakimi menurut apa yang nampak, tetapi hakimilah dengan adil."
    Yoh 8:15 "Kamu menghakimi menurut ukuran manusia, Aku tidak menghakimi seorangpun."

    Semua kutipan yang anda tampilkan lalu kemudian anda komentari "sepihak" di blog ini, sudah saya ketahui dan sudah saya duga anda akan tonjolkan lalu sodorkan sebagai suatu "alat" lain dari sekian banyak kutipan publikasi MP yang telah anda scan dan tampilkan di blog ini untuk menjustifikasi dan membenarkan statement2 anda sebelumnya bahwa SSY itu Nabi Palsu, SSY itu agama Kultus dan SSY itu Sesat !

    Baiklah, saya coba jawab singkat saja dulu di sini terkait topik anda ini. Tahukah anda mengapa kutipan-kutipan yang anda tulis terkait dengan klaim organisasi SSY bahwa tokoh2 mereka secara kolektive disebut "nabi" (di dalam tanda kutip?), mengapa kata "nabi" di kutipan itu ditulis di dalam tanda kutip ? karena mereka tidak menganggap bahwa mereka benar-benar nabi yang persis sama seperti nabi-nabi di dalam kitabsuci. Tetapi dalam konteks tertentu (karena mereka yakin, mereka mengagungkan nama Allah Yehuwa, berupaya menyucikan Namanya dengan tingkah laku tak bercela secara moral, dan berupaya memberitakan dan mengabarkan injil kerajaan di seluruh dunia). Seperti yg sudah saya komentari bbrp hal di Nubuatan Kiamat 1975: Akhir Sejarah Manusia timbul pertanyaan, organisasi Kristen manakah yang anggotanya persis seperti SSY di seluruh dunia?

    Mengenai istilah anda "pemilihan Illahi", dalam SSY tidak ada istilah dipilih langsung oleh Allah. Yang ada hanyalah konsep dasar bahwa apabila seseorang atau kelompok orang dalam SSY memenuhi persyaratan Alkitab (notabene Alkitab diilhami dan berasal dari Allah) maka orang tersebut dapat dipilih utk menduduki jabatan tertentu dalam organisasi, dan dapat dikatakan telah dilantik roh kudus Allah, jika tidak maka tak dapat dikatakan demikian. Lihat buku "diorganisasi utk melakukan kehendak Yehuwa" od-IN, hal.29, Par.1. - kutipannya : "Hanya jika mereka (para penatua, pengawas, badan pimpinan) memenuhi tuntutan2 yang digariskan dlm firman Allah (Alkitab), barulah mereka dapat dikatakan 'dilantik oleh roh kudus'. Jika tidak demikian, maka mereka tidak layak dikatakan dilantik oleh roh kudus Allah.

    ... Bersambung ...

    Regards,
    Truthseeker.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear Truthseeker

      Sdr menulis:

      mengapa kata "nabi" di kutipan itu ditulis di dalam tanda kutip ? karena mereka tidak menganggap bahwa mereka benar-benar nabi yang persis sama seperti nabi-nabi di dalam kitabsuci. Tetapi dalam konteks tertentu (karena mereka yakin, mereka mengagungkan nama Allah Yehuwa, berupaya menyucikan Namanya dengan tingkah laku tak bercela secara moral, dan berupaya memberitakan dan mengabarkan injil kerajaan di seluruh dunia)

      AWI:

      Jika mereka tidak menganggap bahwa mereka benar-benar nabi persis sama seperti nabi-nabi di dalam Kitab Suci lalu mengapa ya Russell mengatakan bahwa:

      1. Tanggal kiamat tanggal 1914 merupakan ‘God’s date artinya tanggal itu adalah Allah yang menentukan.
      2. Mengapa di buku-bukunya Charles mengatakan bahwa sumber peringatan Russell kepada susunan Kristen datang langsung dari Allah (‘Pastor Russell's warning to Christendom, coming direct from God’)
      3. Demikian juga Rutherford mengklaim hal yang sama

      Lihat detailnya di Apakah Saksi Yehuwa Nabi Sejati Atau Palsu

      Jelas menurut saya, sejak pada awalnya, Menara Pengawal tidak hanya mengklaim dirinya sebagai “nabi” dalam ‘tanda kutip’ seperti yang Sdr katakan. Tetapi lebih daripada itu yaitu bernubuat berbicara atas nama Allah.

      Jika Sdr katakan mereka memprediksi, bukan bernubuat. Ini pun tidak tepat karena jika BMKG mengatakan, ‘Besok di daerah Jakarta Utara akan hujan rintik-rintik’. Dan faktanya tidak hujan, saya setuju jika BMKG tidak bernubuat hanya memprediksi.

      Tetapi kasusnya tidak demikian dengan Menara Pengawal. Berbicara mengatasnamakan Allah Yehuwa dan faktanya tidak terjadi, oleh karena itu melanggar Kitab Suci, Ulangan 18:20-22

      Demikian jawaban saya menanggapi komentar Saudara. Saya mohon tanggapannya.

      Salam kasih Kristus

      Delete
  2. ...Lanjutan...

    Sebelum melanjutkan panjang lebar, saya ingin bertanya kepada anda sdr.Awi, apa sebenarnya 'penafsiran' anda terhadap ayat Alkitab di bawah ini terkait dengan phrase "hamba yang setia dan bijaksana" (budak setia dan bijaksana - NW). Ayat itu diawali dengan sebuah pertanyaan dari Yesus kepada murid2nya :

    MATIUS 24:45-47. (45)Siapakah hamba yang setia dan bijaksana, yang diangkat oleh tuannya atas orang-orangnya untuk memberikan mereka makanan pada waktunya? (46) Berbahagialah hamba, yang didapati tuannya melakukan tugasnya itu, ketika tuannya itu datang. (47) Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya tuannya itu akan mengangkat dia menjadi pengawas segala miliknya.

    Ada beberapa point yang perlu kita perhatikan dengan seksama dari ayat2 tersebut.

    1. Harus ada 'hamba yang setia dan bijaksana' sampai kedatangan Tuan Yesus. (ayat 45, 46)

    2. Tokoh 'hamba yang setia dan bijaksana' harus diangkat oleh Tuannya (Yesus) - ayat 45.

    3. Tuannya (Yesus) akan mengangkat dia menjadi pengawas segala miliknya (ayat 47).

    Kalau anda membaca lagi pasal 48, 49, 50, anda akan menemukan adanya Hamba yang jahat, yang akan memukuli atau menganiaya Hamba yang setia dan bijaksana. Nah - siapakah yang dimaksudkan dengan Hamba yang jahat ini? mengapa dia menganiaya Hamba yang setia dan bijaksana?

    Nah, coba anda renungkan lalu mohon jawab pertanyaan saya tersebut, siapakah yang menurut anda layak dan memenuhi syarat utk diidentifikasi sebagai Hamba yang setia dan bijaksana?

    NB: tolong juga sebutkan, apakah penafsiran anda itu merupakan penafsiran pribadi ataukah penafsiran dari lembaga institusi gereja anda? jika semua jawaban anda merupakan penafsiran pribadi anda, apa yg menjadi dasar sehingga saya atau para pembaca blog anda harus menganggap bahwa penafsiran anda jauh lebih benar daripada SSY?

    ... Berlanjut ...

    Regards,
    Truthseeker

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear Truthseeker

      Terima kasih atas komentarnya

      Sdr menulis:

      Sebelumnya anda mengatakan kepada saya bahwa anda sibuk sehingga sampai saat ini anda belum ada waktu utk menjawab komentar-komentar saya di kolom topik : Nubuatan Kiamat 1975: Akhir Sejarah Manusia

      Tetapi ternyata anda punya banyak waktu untuk menulis lagi topik baru di sini "Saksi Yehuwa Mengaku Sebagai Nabi Allah!" Sejujurnya ada sedikit rasa kecewa dalam hati saya, ternyata anda tidak benar-benar sibuk. . .


      Jawaban saya:

      Kelihatannya Sdr meragukan perkataan saya bhw saya memang sibuk ya. Tolong jangan berprasangka buruk dulu. Turuti nasihat Alkitab di Amsal 18:13 (NW)

      Apabila seseorang menjawab suatu perkara sebelum mendengar, itu adalah kebodohan di pihaknya dan kehinaan

      Artikel yang saya buat memang merupakan bagian dari jawaban saya untuk Sdr. Ingat Sdr menulis:

      Badan Pimpinan SSY TIDAK PERNAH MENGKLAIM DIRI MEREKA NABI!

      Tapi artikel ini membuktikan sebaliknya, meskipun tentunya seperti biasa Sdr menolaknya. Kita biarkan pembaca menilainya.

      Meskipun, misalnya, saya membuat artikel baru, asal Anda tahu bahwa blogger memberikan 2 pilihan utk publish artikel yaitu otomatis langsung atau dijadwalkan. Nah, biasanya ketika banyak waktu, saya menulis dan memberi jadwal untuk tayang. Ketika sibuk ya gak bisa nulis tetapi secara rutin tetap ada artikel yang ditayangkan secara terjadwal karena saya tahu ada beberapa orang yang mengharapkan saya untuk menulis. Saya tidak ingin mengecewakan mereka.

      Jadi tolong Anda berpikir positif tanpa praduga yg bukan-bukan.

      Saat ini internet line saya sedang 'down', butuh beberapa hari untuk kembali normal. Jadi saya akan lanjutkan kemudian. Saat ini saya sedang ada di warnet menulis ini, agak panas dan sumpek karena asap rokok. Gak nyaman.

      Tetapi saya ingatkan Sdr agar hati-hati menilai. Pembaca blog ini tidak buta atau tuli melihat komentar-komentar Saudara. Jauh sebelumnya saya telah ingatkan di salah satu artikel saya:

      "Think before you speak because your reputation is linked to your word"

      Saya sengaja menulisnya karena saya memahami bahwa seorang Saksi dapat sangat emosional membaca artikel2 saya.

      Salam kasih Tuhan Yesus

      Delete
  3. Dear sdr.Awi,

    Sepertinya anda tersinggung dengan kalimat saya :

    Sebelumnya anda mengatakan kepada saya bahwa anda sibuk sehingga sampai saat ini anda belum ada waktu utk menjawab komentar-komentar saya di kolom topik : Nubuatan Kiamat 1975: Akhir Sejarah Manusia. Tetapi ternyata anda punya banyak waktu untuk menulis lagi topik baru di sini "Saksi Yehuwa Mengaku Sebagai Nabi Allah!

    Mohon maaf, saya samasekali tidak bermaksud menyinggung perasaan anda. Saya hanya berbicara atas dasar apa yang saya baca dari comment anda sebelumnya bhw anda sibuk "Waktu saya agak sedikit padat dan sempit minggu ini karena pekerjaan numpuk." sehingga ketika saya melihat lagi postingan baru, saya jadi sempat berpikir kalau anda ini tdk konsisten, itu saja. Andai kata anda tidak menuliskan hal itu pasti saya pun tidak akan berpikir seperti itu. Sekali lagi maafkan saya.

    Awi wrote: Saya sengaja menulisnya karena saya memahami bahwa seorang Saksi dapat sangat emosional membaca artikel2 saya.

    Saya samasekali tidak emosi atau sakit hati dengan semua artikel anda tentang SSY di sini, mungkin rekan2 SSY yang lain bisa emosi, tetapi saya Tidak! coba anda sebutkan kalimat mana dari seluruh komentar saya di berbagai kolom blog anda yang bernada emosi? jika ada statement saya yg bernada tegas atau keras, itu semata-mata sebuah pengingat dan kritikan kpd anda, saya tidak pernah melontarkan kata-kata kasar kepada anda, bukan?. Btw.apakah anda emosi jika membaca berbagai kritikan SSY terhadap Kristen Protestan dalam publikasi2nya? apakah jika tulisan anda bernada kritikan pedas kepada SSY maka itu artinya anda sedang emosi karena sebelumnya membaca publikasi SSY yang menyatakan bahwa susunan Kristen adalah Babel Besar? - Amsal 18:13 (NW) - Apabila seseorang menjawab suatu perkara sebelum mendengar, itu adalah kebodohan di pihaknya.

    Baiklah, kembali ke pertanyaan saya sblmnya di atas : MATIUS 24:45-47. (45)Siapakah hamba yang setia dan bijaksana, yang diangkat oleh tuannya atas orang-orangnya untuk memberikan mereka makanan pada waktunya? (46) Berbahagialah hamba, yang didapati tuannya melakukan tugasnya itu, ketika tuannya itu datang. (47) Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya tuannya itu akan mengangkat dia menjadi pengawas segala miliknya.

    Mohon anda menjawab dulu pertanyaan saya tersebut, agar saya bisa mengomentari lanjutannya. Terimakasih.

    ... Beerlanjut ...
    Truthseeker.

    ReplyDelete
  4. Dear Awi,
    Sepertinya anda tidak puas dengan komentar jawaban saya, padahal sebenarnya jawaban saya cukup clear.

    Baiklah, saya akan jawab sesuai dengan pemahaman saya dan hasil riset saya. Sama halnya anda juga menjawab sesuai dengan pemahaman anda dan hasil riset anda.

    Awi wrote : Jika Sdr katakan mereka memprediksi, bukan bernubuat. Ini pun tidak tepat karena jika BMKG mengatakan, ‘Besok di daerah Jakarta Utara akan hujan rintik-rintik’. Dan faktanya tidak hujan, saya setuju jika BMKG tidak bernubuat hanya memprediksi.

    YA! anda benar, seperti BMKG itulah konsep SSY ketika memprediksi "hitung2an akhir zaman" dulu (jadi bukan bernubuat, tapi perkiraan, atau prakiraan, atau prediksi). Dan cara-cara tersebut sudah ditinggalkan oleh SSY saat ini. Yang cukup kental menggunakan cara tersebut adalah Russel, Rutherford & Franz.

    Anda tentu pernah baca tentang pola hitung2an tentang tahun 1914 dan tahun 1975, semata-mata menggunakan angka2 simbolis dan tahun2 simbulis dan tanggal2 simbolis dari catatan Alkitab untuk merumuskan hitungan prakiraan terhadap suatu target waktu tertentu.

    Mengenai pemilihan langsung, saya sudah jawab. Mengenai istilah anda "pemilihan Illahi", dalam SSY tidak ada istilah dipilih langsung oleh Allah. Yang ada hanyalah konsep dasar bahwa apabila seseorang atau kelompok orang dalam SSY memenuhi persyaratan Alkitab (notabene Alkitab diilhami dan berasal dari Allah) maka orang tersebut dapat dipilih utk menduduki jabatan tertentu dalam organisasi, dan dapat dikatakan telah dilantik roh kudus Allah, jika tidak maka tak dapat dikatakan demikian. Lihat buku "diorganisasi utk melakukan kehendak Yehuwa" od-IN, hal.29, Par.1. - kutipannya : "Hanya jika mereka (para penatua, pengawas, badan pimpinan) memenuhi tuntutan2 yang digariskan dlm firman Allah (Alkitab), barulah mereka dapat dikatakan 'dilantik oleh roh kudus'. Jika tidak demikian, maka mereka tidak layak dikatakan dilantik oleh roh kudus Allah.

    Regards,
    Truthseeker

    ReplyDelete
  5. Dear sdr.Awi,

    Jika anda masih tetap ngotot menurut pemahaman anda bhw para tokoh SSY zaman dulu (Russel, Rutherford, dll) mengklaim diri mereka sbg nabi dan salah bernubuat, ya itu hak anda, saya tidak bisa memaksa.

    Awi wrote : Jelas menurut saya, sejak pada awalnya, Menara Pengawal tidak hanya mengklaim dirinya sebagai “nabi” dalam ‘tanda kutip’ seperti yang Sdr katakan. Tetapi lebih daripada itu yaitu bernubuat berbicara atas nama Allah.

    Tetapi kasusnya tidak demikian dengan Menara Pengawal. Berbicara mengatasnamakan Allah Yehuwa dan faktanya tidak terjadi, oleh karena itu melanggar Kitab Suci, Ulangan 18:20-22


    Okelah, jika memang dalam benak anda seperti itu, maka saya dengan tegas mengatakan bahwa tokoh2 SSY zaman dulu itu SALAH dalam pandangan Allah Yehuwa. Tetapi jika ternyata apa yang ada dalam benak saya dan penilaian saya, bahwa tokoh2 SSY tersebut tidak sedang bernubuat tetapi hanya sedang memprediksi, maka biarkanlah Allah Yehuwa yang menjadi hakim. Jangan kita mengangkat diri pribadi kita menjadi hakim. Yang saya ketahui hingga detik ini, seluruh anggota SSY tidak pernah diajarkan organisasi SSY untuk mengkultuskan badan pimpinan mereka sbg nabi, mereka diajarkan utk membiarkan rohkudus Allah Yehuwa menyingkapkan secara progresif siapa sebenarnya golongan "hamba yang setia dan bijaksana" sejati seraya waktu berjalan sampai ke akhir zaman

    Itulah sebabnya saya kutip sebelumnya di atas ayat2 sbb :

    Mat 7:2 - "Karena dengan penghakiman yang kamu pakai untuk menghakimi, kamu akan dihakimi dan ukuran yang kamu pakai untuk mengukur, akan diukurkan kepadamu. "

    Mat 7:1 "Jangan kamu menghakimi, supaya kamu tidak dihakimi."

    Yoh 7:24 "Janganlah menghakimi menurut apa yang nampak, tetapi hakimilah dengan adil."

    Yoh 8:15 "Kamu menghakimi menurut ukuran manusia, Aku tidak menghakimi seorangpun."

    Shalom,
    Truthseeker

    ReplyDelete
    Replies
    1. Shalom Truthseeker

      Terima kasih atas jawabannya yang begitu gamblang dan jelas bagi saya dan pembaca blog ini di mana Saudara berdiri dan berpijak.

      Rasanya semakin jelas bahwa memang Menara Pengawal nabi palsu (meskipun tentunya Saudara menolaknya) dan ini jelas menentang Firman Allah sebagai otoritas tertinggi.

      Lalu untuk apa kita berdiskusi lebih lanjut jika begitu? Jelas kita berpijak kepada otoritas dan pemahaman yang berbeda meskipun 'Kitab Suci' masing-masing dari kita sama. . . atau mirip.

      Maaf, saya sungguh ingin mengakhiri berdiskusi dengan Saudara. Saya menganggap bahwa apa yang Saudara tulis di blog ini adalah 'benar' dan saya mengaku - dengan segala kerendahan hati - tidak mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan Saudara. Mengapa? Ya, jelas tidak ada suatu standard otoritas di antara kita sehingga diskusi apapun akan menjadi sia-sia saja dan cenderung menjadi debat kusir.

      Terima kasih atas kunjungannya ke blog ini. Pesan saya untuk Saudara, Tolong pertimbangkan untuk menerima Tuhan Yesus Kristus sebagai juru selamat pribadi DAN sebagai Allah Yehuwa yang hidup.

      Salam kasih Kristus Yesus untuk Anda dan sekeluarga

      Delete
    2. Maaf pak Awi, nama saya Larry. Sebelum comment saya ini, saya sudah mengirim comment pertama. Tapi rasanya saya salah pilih pada 'Balas sebagai:', saya pilih Google, dan comment saya tidak nampak disini (di blog ini). Nah, bagaimana caranya agar saya bisa lihat comment saya yang pertama (sebab masih ada kelanjutannya)? Trims

      Delete
  6. Nama saya Larry.

    Salam damai dalam kasih Kristus Yesus untuk semua yang menyimak blog ini. Salam kenal untuk pak Awi. Jujur, saya sangat terbantu atau lebih dimudahkan untuk memberi jawab dan untuk menyatakan kebenaran yang sejati kepada saudara-saudara Saksi-Saksi Yehuwa (SSY) berhubung sejak tahun 2011 saya mendapat kunjungan dari SSY di tempat tinggal saya. Setelah beberapa kali sessi kunjungan, mereka sempat tidak datang atau saya pakai bahasa 'menghilang', karena sebelum menghilang mereka katakan akan segera datang kembali setelah beberapakali mereka tidak bisa membantah secara Alkitabiah tentang apa yang saya terangkan dan jelaskan terkait materi yang mereka coba yakinkan kepada saya. Dan setelah 1 tahun berlalu, akhirnya mereka menepatinya juga; mereka datang kembali ke tempat tinggal saya baru-baru ini, tepatnya tanggal 3 January 2013, dangan membawa 'berita baru' berkaitan dengan akhir dunia dan ramalan suku Maya yang dibahas di publikasi sakral mereka, yaitu 'majalah Menara Pengawal'. Seperti biasa, mereka tidak bisa memberi jawab atas penjelasan saya yang berdasarkan Alkitab. Mungkin bukan tidak bisa memberi jawab, tetapi lebih pada tidak memiliki waktu yang cukup untuk menjelaskan kepada saya, oleh sebab itu mereka membuat janji untuk datang kembali minggu depan di tempat saya seraya (seperti biasa memberikan saya majalah Menara Pengawal edisi 1 January 2013 yang bertajuk "AKHIR DUNIA HARUSKAH DITAKUTI?".

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lanjutan Larry:

      Sejak kunjungan SSY yang pertama kali kepada saya di tahun 2011, justru saya diingatkan Roh Kudus agar saya lebih sungguh-sungguh di dalam kebenaran yang sejati itu; yang tidak lain tidak bukan; Ialah Kristus Yesus, Tuhan dan Allah kita (Yohanes 20:28). Setelah beberapakali dikunjungi SSY berkewarganegaraan Amerika, Jepang dan Irlandia (yang tentunya mereka membawa junior-juniornya agar para 'SSY baru' di Indonesia dapat belajar bagaimana cara menjawab atau, maaf saya pakai bahasa 'berargumen'). Puji nama Tuhan, hari ke hari seiring berjalannya kunjungan SSY kepada saya, saya mencari di internet mengenai apa dan siapa (sejarah SSY) sampai saya menemukan blog pak Awi. Saya sangat senang membaca seluruh kupasan pak Awi mengenai SSY di blog bapak karena sama seperti pak Awi, saya merasa terbeban untuk SSY dalam mengoreksi kesalahan-kesalahan ajaran SSY berdasarkan kebenaran Alkitab, dan tentunya saya berdoa agar Roh Kudus membimbing dan menguatkan saya untuk menghadapi SSY. Saya dibesarkan dari keluarga ibu saya yang nota bene Kharismatik Pantekosta, namun Almarhum ayah saya dari Protestan. Sama halnya seperti pak Awi, saya tidak ikut ibu, tidak ikut ayah; saya ikut Tuhan Yesus, sebab Dia sajalah yang benar. He is 'the one & only' Savior.

      Delete
    2. Tidak bisa dipungkiri, jika orang Kristen yang pengetahuan dan pengenalan akan Allahnya minim alias jarang membaca Alkitab, sangat mungkin menjadi 'makanan empuk' nabi-nabi palsu. Atau bagi seorang Kristen yang 'fanatik', mereka lebih memilih untuk mengusir SSY yang datang kepada mereka oleh karena minimnya pengertian mereka akan Firman Tuhan. Sekitar Tahun 1996, pada waktu saya duduk di bangku SMP, saya melihat Ayah saya menolak seorang pemuda SSY yang ingin 'menyiar' di tempat tinggal kami dengan perkataan: "Udahlah, kita kan punya keyakinan masing-masing...". Dan beberapa minggu kemudian giliran mama saya yang menolak wanita muda SSY dengan bahasa singkat dan padatnya: "Maaf..". Seiring berjalannya waktu, tak terasa saya sudah berumahtangga, sampai pada akhirnya saya sendiri yang dikunjungi oleh anggota-anggota SSY. Dan puji nama Tuhan, saya tidak mengikuti kebiasaan almarhum ayah dan ibu saya yang menolak mereka, melainkan 'menolak ajarannya' yang keluar dari kebenaran yang memerdekakan semua orang. Saya ingin mengingatkan untuk setiap orang Kristen yang mengikuti blog pak Awi agar (Pointnya adalah) setiap 'orang percaya' harus selalu membaca Alkitab agar mendapat pengetahuan, pengertian dan pengenalan akan Allah yang benar(tentunya dengan berdoa dan meminta bimbingan Roh Kudus). Dan yang terlebih penting agar supaya kehidupan (keseharian) kita selaras dengan Firman Allah yang hidup dan kekal. Singkat kata; blog pak Awi memberkati saya pribadi, dan saya akan terus 'memantau' blog pak Awi setiap kali saya memiliki kesempatan. Maju terus! Tuhan Yesus memberkati pak Awi & keluarga. Amen.

      Delete
    3. Salam kenal juga Pa Larry

      Bpk tulis;

      Maaf pak Awi, nama saya Larry. Sebelum comment saya ini, saya sudah mengirim comment pertama. Tapi rasanya saya salah pilih pada 'Balas sebagai:', saya pilih Google, dan comment saya tidak nampak disini (di blog ini). Nah, bagaimana caranya agar saya bisa lihat comment saya yang pertama (sebab masih ada kelanjutannya)? Trims

      Maaf, saya tidak tahu bagaiman mengembalikannya.

      Senang jika blog ini bisa membantu Sdr dalam berdiskusi dng Saksi-Saksi Yehuwa meskipun jujur blog ini minim membahas hal-hal yang bersifat doktrin.

      Harapan saya agar Bpk juga bisa berkontribusi dng Saksi-Saksi Yehuwa yg berkunjung di blog ini. Anggaplah sebagai sebuah pelayanan, bukan? Percayalah akan menjadi berkat dan bagi kemulian Tuhan Yesus.

      Sejak blog ini diminta diblokir di sebuah grup Saksi-Saksi Yehuwa di Facebook, blog ini semakin populer dan menjadi isu yang cukup hangat di kalangan SSY. Ini merupakan kesempatan emas dalam bidang pelayanan yang bisa kita kerjakan demi memenuhi amanat agung Kristus yaitu menginjil kepada orang-orang yang belum mengenal Injil sejati.

      Salam kasih Tuhan Yesus

      Delete
    4. Awi wrote; Maaf, saya tidak tahu bagaiman mengembalikannya.

      Larry wrote; Sudah pak Awi, ternyata tidak langsung terlihat; tapi setelah saya refresh, sudah terlihat.


      Awi wrote;
      Sejak blog ini diminta diblokir di sebuah grup Saksi-Saksi Yehuwa di Facebook, blog ini semakin populer dan menjadi isu yang cukup hangat di kalangan SSY.

      Larry wrote; Justru baru beberapa menit lalu saya men-share blog pak Awi di Facebook dan Twitter saya. Semoga melalui blog bapak, banyak orang-orang Kristen yang 'diingatkan' atau 'dibangunkan' dari bahaya pemberitaan 'injil lain' yang sebenarnya bukanlah Injil dan 'Yesus yang lain' dari yang kita terima dari Roh Kudus (2 Korintus 11:3,4) dan (Galatia 1:6-9).

      Salam kasih Kristus.


      Delete
    5. Dear Pa Larry

      Sdr tulis:

      Justru baru beberapa menit lalu saya men-share blog pak Awi di Facebook dan Twitter saya. Semoga melalui blog bapak, banyak orang-orang Kristen yang 'diingatkan' atau 'dibangunkan' dari bahaya pemberitaan 'injil lain' yang sebenarnya bukanlah Injil dan 'Yesus yang lain' dari yang kita terima dari Roh Kudus (2 Korintus 11:3,4) dan (Galatia 1:6-9).

      Ya hanya melalui informasi yang benar dan akurat kita dapat menghindarkan saudara-2 seiman kita dari penyesatan yang semakin banyak terjadi. Oleh sebab itu, saya selalu himbau pembaca blog ini untuk sharing keberadaan blog ini kepada rekan Kristen lainnya.

      Salam kasih Tuhan Yesus

      Delete
  7. Seru baca blog ini karna seorang Awi yg keras kepala dengan kebodohannya dan sll hit n run dan tidak pernah menjawab pertanyaan degan baik dan bahkan tidak paham!saya yg sll komen pake ANONIYMOUS suka baca blog ini karna melihat seseorang intelek dan udah capek2 riset tapi tidak pernah bisa menjawab dan ternyata gak paham2 pula....saya katakan lagi klo saya bukan SSY tapi cuman senang baca disini karna keidiotan seseoran Awi menjadi hiburan buat otak saya!sungguh,saya tidak berbohong klo saya baca blog ini kadang2 tertawa seperti menontong OJV karna saudara yg ake nama Truthseeker dan yg lain2 yg klo gak salah mereka SSY pertanyaanya tidak pernah di jawab ole AWi dan klo jawabpun sll mutar2 gak jelas dan gak menjawab apa2 lho!aneh bin ajaib orng itu bisa riset dan menulis dengan bagus tapi tidak paham!..Sungguh Terlaluuuuuuuuuuuuuuu....saya sudah 3x komen di blog ini....anda benar2 robot yg diprogram dengan algoritma sederhana jadi robot yg bekerja dengan proses dan output dan input tapi gak bisa mengolah..saya yg gak sekolah tinggi2 dan cuman smp aja bisa paham tulisan SSh di blog ini tp anda benar keras dalam hati dan bebal...buat saya Klo SSY ternyata adalah yg benar dan kristen yg selaras dgn alkitab dan saya tidak masuk dalam organisasi YEHUWA tersbut saya memilih untuk tidak berkeras hati dan menghina mereka karna itu sama aja kita menghina ALLAH yg benar...lebih baik kita orng berdosa dan udah jahat tapi senbaiknya akuilah ALLAH yg telah memberikan Udara dan makanan yg bisa kita makan untuk hidup dan berkoar koar kayak anjing ini.....klo ALLAH kalian Yehuwa adalah yg benar saya tidak mau menyakiti DIA...saya seorang kristen yg udah muak dengan kehidupan kristen sekarang yg sudah kayak BINATANG...doktrin2 gak jelas,korupsi,berhala dimana mana,mendewakan pemimpin agama dan santo2 yg gak jelas semua asal usulnya,bacot sana sini degang bermain politik kayak pelacur dan bitang yg disingkap di wahyu....saya udah muak!!!dan lebih muak ma AWI yg imut n idiot heheheheh.........semoga kamu(AWI) cepat bertobat karna klo itu YEHUWA adalah ALLAH yg benar berarti anda2 benar terkutuk!....anda menghujat mereka orng2 benar sama halnya dengan menghujat Sang Pencipta...saya sich orng biasa aja dana saya punya kerinduan mati disampin pemuka2 agama palsu pada waktu sistim ini benar2 berlalu biar aku tendang2 pantat mereka dan maki2 ampe puas!.........GBU AWI

    ReplyDelete
    Replies
    1. Allo Anonym diatas....

      Ente cuman peminat ssy, jangan marah2 atawe bikin malu aje....cobe mendingan ente jawab aje pertanyaan2 nyang di tujuin buat ssy.....paling2 ente cuman bisa BOONG kaya ssy nyang laen nyang udeh mampir kesini....buktiin ente bukan IDIOT....jawab pertanyaan2 buat ssy nyang ade di blog enih....jangan ente tanye pertanyaan nyang mane ye, supaye ga terlalu ketauan kalo ente cuman orang IDIOT nyang suka marah2...

      Anno

      Delete
    2. Dear Pa AWI

      Ane punye usul, blog ente ini udeh sangat bagus, knape juge ente tampilin komen2 ssy nyang ga mutu..?? Komen nyang model ssy anonym diatas tuh cuman ngotor2in blog enih aje, atau posting aje di komen sampah deh Pa...?

      Ane sebenernye penasaran, ape mutu ssy entuh cuman pinter marah2, BOONG, ame ngecap ga karuan doang ye..? ga ade nyang bener2 bermutu jawabannye.....kalo ga ngejawab pertanyaan atawe komentarin ga sesuai topik artikel, mendengan pan ente posting di komen sampah aje Pa..? Artinye asal kite tau aje ssy tuh cuman komen sampah, jd ga perlu ditanggepin, namenye juge sampah, cuman kalo di posting di komen artikel kayanye ngotor2in doang.

      Maap ye Pa, sekedar usul, terime kasih

      Anno

      Delete
    3. Dear Sdr Anno,

      Terima kasih atas usulnya.

      Setiap komentar di blog ini - entah negatif ataupun positif - sangat saya hargai. Saya hanya akan akan memasukkan komentar-komentar ke dalam Tong Sampah Saksi-Saksi Yehuwa jika ada SSY yg melanggar etika, misalnya berdusta dalam upaya membela ajarannya atau tidak mengikuti arahan blog ini yang telah diuraikan secara spesifik di Perhatikan Bagi Saksi Yehuwa.

      Jika ada orang atau SSY yang mencaci maki ataupun membuat pernyataan negatif tanpa berusaha menjawab argumen-argumen yang saya buat, sejujurnya saya senang karena membuktikan satu hal yaitu kredibilitas orang itu - baik kualitas berpikir, daya nalar dan mentalitas orang itu - sangatlah rendah dan doktrin SSY yg tidak masuk akal sehingga tidak dapat dibela dengan daya nalar yang baik kecuali caci maki.

      Nah, ini akan membantu orang-orang Kristen yang tulus sedang mencari kebenaran sejati membaca komentar-komentar demikian. Mereka akan melihat suatu kontradiksi antara apa yg mereka lihat di lapangan saat dikunjungi oleh SSY yg tentunya bermulut manis dan ramah dengan fakta di alam maya yang penuh hal-hal negatif ketika dikonfrontasi dengan fakta ttg ajarannya. Para Kristen yg tulus ini akan melihat bhw ajaran SSY tidak bisa dipertanggungjawabkan berdasarkan Alkitab apalagi akal sehat, kecuali caci maki.

      Mudah-mudahan Anda mengerti ya.

      Salam kasih Tuhan Yesus. Selamat Natal dan Tahun Baru 2014. Semoga Tuhan Yesus memberkati. Amin

      Delete
    4. Iye Pa Awi, ane ngerti, ane ampe lupa ngucapin Selamat Hari Natal Pa AWI dan menjelang Tahun Baru 2014 juga buat kita semua.

      Semoge Blog Pa AWI semakin memberi berkat buat kite2 nyang Kristen, ane mohon maap kalo selame enih ade kata2 ane nyang nyakitin Pa AWI n nyang laennye, Semoge kite semakin diberkatin ame TUHAN kite Yesus Kristus

      Trimekasih
      Anno

      Delete
  8. Semoge Blog Pa AWI semakin memberi berkat buat kite2 nyang Kristen.........

    HAHAHAHAH MENGHARAPKAN BERKAT DARI BLOG.KAMU ITU BENAR2 GILA!SEMBAHLAH TUHANMU KRISTUS YG BISA MEMBERI KAMU BERKAT BUKAN BLOG INI.MASAK KAMU SEMBAH LAGI BLOG PAK AWI.....OYA SELAMAT NATAL JUGA IYEEEEEEEEEE

    ReplyDelete

Tolong SEBUTKAN Nama Atau Initial Anda saat memberi komentar agar memudahkan Mitra diskusi Anda mengidentifikasikan Anda.

Non Kristiani, mohon tidak memberi komentar.

Jika Anda ingin komentar, silahkan klik DI SINI DULU

.