Apakah Setan Penguasa dan Pemilik Dunia Ini?

doktrin saksi yehuwa tentang pemilik dunia ini adalah iblis
Apakah Setan Pemilik Kerajaan Dunia ini?
SAKSI-SAKSI YEHUWA percaya bahwa seluruh pemerintahan dan kerajaan dunia sekuler ini dimiliki oleh Setan/Iblis. Salah satu argumennya yang dibuat sebagai pembenarannya adalah ungkapan “Mana mungkin Setan menawarkan semua kerajaan dunia kepada Yesus jika ia bukan pemiliknya?

Jika kita membaca sekilas saja pernyataan Saksi Yehuwa tersebut tanpa memahami seluruh konsep Alkitab maka nampak luarnya sangat masuk akal. Namun apakah memang benar demikian?

Nah, dalam artikel Apakah Setan Penguasa dan Pemilik Dunia Ini? akan menjawab apakah argument Saksi Yehuwa tersebut sah berdasarkan apa yang Alkitab nyatakan ataukah sebuah pembenaran Saksi Yehuwa untuk mendukung doktrinnya tentang Setan pemilik kerajaan dunia ini. Berikut kutipan publikasi terbitan Lembaga Menara Pengawal:

Yesus tidak pernah meragukan bahwa Setan adalah penguasa dunia ini. Dengan suatu cara yang ajaib, Setan pernah memperlihatkan kepada Yesus ”semua kerajaan dunia serta kemuliaannya”. Setelah itu, Setan berjanji kepada Yesus, ”Aku akan memberikan kepadamu semua ini jika engkau sujud dan melakukan suatu tindakan penyembahan kepadaku.” (Matius 4:8, 9; Lukas 4:5, 6) Coba pikir. Mungkinkah Setan menawarkan kerajaan-kerajaan itu kepada Yesus seandainya ia bukan penguasanya? Yesus tidak menyangkal bahwa semua pemerintahan dunia adalah milik Setan. Yesus pasti akan menyangkalnya andaikata Setan bukan pribadi yang mengendalikan semua pemerintahan itu. (Apa Yang Sebenarnya Alkitab Ajarkan? hlm. 31-32)
Bagaimana jawaban saya?

Apa yang Yesus katakan tentang Iblis? Yesus di Yohanes 8:44 menyebut Iblis “adalah pendusta dan bapa segala dusta”. Dan tentunya apa yang dikatakan Kristus  sungguh benar sehubungan dengan karakter Iblis. Bagaimana kita tahu Iblis berdusta?


Marilah kita lihat klaim Setan di Lukas 4 ayat 6:

Kata Iblis kepada-Nya: Segala kuasa itu serta kemuliaannya akan kuberikan kepada-Mu, sebab semuanya itu telah diserahkan kepadaku dan aku memberikannya kepada siapa saja yang kukehendaki.
Perhatikan klaim Iblis tersebut yaitu segala kuasa telah diserahkan kepadanya. Pernyataan ini adalah dusta! Mengapa? Karena tidak ada satu pun pernyataan Alkitab yang menyatakan Allah Bapa yang memberikan segala kuasa-Nya kepada Iblis. Sebaliknya, Yesus mengatakan:

Kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi.
Bahkan dalam Efesus 1:18-22 mengatakan bahwa Allah Bapa telah “mendudukkan Dia [Yesus] di sebelah kanan-Nya di sorga, jauh lebih tinggi dari segala pemerintah dan penguasa dan kekuasaan dan kerajaan dan tiap-tiap nama yang dapat disebut, bukan hanya di dunia ini saja, melainkan juga di dunia yang akan datang. Dan segala sesuatu telah diletakkan-Nya di bawah kaki Kristus”. Betapa dahsyat kuasa yang dimiliki Kristus, bukan? Baca artikel Siapakah yang Menguasai Dunia ini, Yesus atau Setan? untuk detailnya.

Dari sini kita bisa lihat bahwa Iblis bukanlah penguasa dunia ini. Jadi ketika Saksi-Saksi Yehuwa berkata, “Mana mungkin Setan menawarkan semua kerajaan dunia kepada Yesus jika ia bukan pemiliknya?” Maka jawabannya adalah sangatlah mungkin karena Iblis adalah pendusta dan bapa pendusta sehingga apa yang keluar dari mulutnya selalu dusta. Hal yang biasa dan wajar bagi Iblis untuk berdusta. Sebaliknya adalah hal yang ajaib dan mustahil jika Iblis berkata kebenaran.

Dalam publikasi tersebut Saksi Yehuwa juga berargumen, “Yesus pasti akan menyangkalnya andaikata Setan bukan pribadi yang mengendalikan semua pemerintahan itu”.  Bagaimana jawabannya? Pertama, Yesus tahu pasti bahwa Iblis adalah pendusta. Dan Yesus tahu siapa sebenarnya pemilik dunia ini. Kitab Maz. 22:28 dan 24:1 berkata: “Karena kekuasaan sebagai raja adalah milik Yehuwa; Dan dia menguasai bangsa-bangsa. . . . Yehuwa-lah yang memiliki bumi dan segala isinya, Tanah yang produktif dan mereka yang tinggal di sana”. Dan tidak pernah Allah Yehuwa memberikan kuasa tersebut kepada Iblis. Oleh karena itu, adalah hal yang sia-sia jika Yesus menyangkalnya karena toh Iblis memang pendusta sehingga tidak ada manfaatnya adu argumentasi dengan Iblis.

Kedua, fokus utama Lukas 4:6-7 adalah masalah penyembahan yang benar, bukan masalah kekuasaan atau pun kemuliaan duniawi. Ketika Iblis meminta untuk disembah padahal penyembahan seharusnya ditujukan kepada Allah saja maka Yesus menyangkalnya karena melanggar hukum Taurat pertama.

Bagaimana pendapat Saudara artikel Apakah Setan Penguasa dan Pemiliki Dunia ini?

Artikel berikutnya; Apakah Iblis Sumber Dan Penyebab Penderitaan membahas karena sifat Iblis adalah jahat maka ia dituduhkan sumber dan penyebab penderitaan yang ada di dunia ini. Apakah demikian?

Untuk mengetahui siapa dan apa di balik organisasi dan ajaran Saksi Yehuwa, silahkan klik Membongkar Inti Agama Saksi Yehuwa: Kristen Sejati, Sesat atau Kultus? dan buktinya sendiri apakah organisasi Saksi Yehuwa sebuah gerakan Kristen sejati ataukah grup kultus berkedok agama Kristen berdasarkan publikasi dan praktek yang diterapkan dan diajarkan di dalam organisasi tersebut.

Bagaimana pendapat Saudara artikel Siapakah yang Menguasai Dunia, Yesus atau Setan?

Soli Deo Gloria

Sebab banyak penyesat telah muncul dan pergi ke seluruh dunia, yang tidak mengaku, bahwa Yesus Kristus telah datang sebagai manusia. Itu adalah si penyesat dan antikristus. (2 Yohanes 1:7)


Artikel Terkait:
1. Saksi Yehuwa: Penyembah Berhala Modern
2. Mengungkap Organisasi Allah Berkedok Agama Kristen
3. Fakta Saksi Yehuwa: Suatu Kultus Dan Nabi Palsu
4. Saksi Yehuwa Pemberita Injil Sejati Atau Palsu?
5. Siapakah AntiKristus (1 Yohanes 2:22)?

No comments :

Post a Comment

Tolong SEBUTKAN Nama Atau Initial Anda saat memberi komentar agar memudahkan Mitra diskusi Anda mengidentifikasikan Anda.

Non Kristiani, mohon tidak memberi komentar.

Jika Anda ingin komentar, silahkan klik DI SINI DULU

.