Apa Dan Siapa Di Balik Saksi-Saksi Yehuwa

Artikel ini merupakan tanggapan dari seorang Saksi-Saksi Yehuwa, Martha Rumimper atas artikel yang saya tulis  di www.sarapanpagi.org, yaitu  Apa Dan Siapa Di Balik Saksi-Saksi Yehuwa. Silahkan klik di sarapanpagi.org atau di Apakah Saksi-Saksi Yehuwa Umat Kristiani? Mohon lihat artikel tersebut sehingga pembaca dapat mengerti artikel berikut ini dengan baik.

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Tanggapan Martha:


Saya membaca ulasan yang lebih dari 15 pages mengenai Jehovah's witnesses tulisan Awi. Tapi saya lebih tertarik dengan kata pengantar yang ditulis sebagai berikut, dan akan saya selipkan comment dibawah setiap butir-butir:


Kata Pengantar. 

Saya menulis bahasan tentang organisasi Watchtower Bible and Tract Society (Lembaga Alkitab dan Risalah Menara Pengawal/LMP) dengan tujuan: 
  1. Memberikan pemahaman yang mendalam kepada umat Kristen akan apa itu organisasi Lembaga Menara Pengawal yang berada di balik Saksi-Saksi Yehuwa (SSY). Pemahaman yang tepat dan akurat akan LMP akan mempengaruhi cara dan bagaimana kita berhubungan dengan SSY. Oleh karena itu, tulisan ini menekankan kepada organisasi LMP daripada argumentasi ayat-ayat Alkitab, meskipun penggunaan ayat-ayat Alkitab tidak dapat dihindari.  
  2. Bagaimana kita merespons saat kita bertemu dan berdiskusi dengan SSY.  
  3. Menghindari dari jeratan organisasi LMP. Setelah kita belajar banyak tentang organisasi LMP, saya tidak terlalu yakin akan banyak orang yang bersedia menjadi seorang SSY. Oleh karena itu, penyebaran informasi ini dikalangan umat Kristen sangat saya sarankan.  


Martha comment:  

Strategy ini sudah stereotype attitude dari Christendom Churches terhadap Jehovah's Witness. Ini yang membuat saya tertarik untuk menjadi Jehovah's witness. Saya penasaran apa sih ajaran JW ini? Kok umat Jehovah's witness bisa katrok udik abis gak rayain ini ga rayain itu. Tapi yang utama yang saya pegang untuk menilai God's people adalah the fruits of the spirit. Saya melihat the fruits of the spirit dari perilaku, tutur kata, cara menampilkan diri di umum, everything is to the glory of God. Berada dilingkungan Witnesses itu nyaman. semua umat digembalai secara individual untuk menghindari dari masalah masalah yang mengganggu our faith dan persiapan akan the coming of Jesus. Waktu saya belajar mengenai the bible dengan Witnesses, saya mulai dengan pemikiran, "Let me see what you got, and I will debate you till I am blue in the face". But I didn't. I believe ajaran yang saya pelajari dari witnesses ini syncronizes with the Bible. Jadi kalau umat Christendom Churches harus berhati hati menghadapi Jehovah's witnesses (yang terkenal paling pasif), maybe the people are afraid of the truth being known.  

Jehovah's witnesses tidak biasanya terlibat dalam debate. Makanya dalam banyak ulasan mengenai Jehovah's witness, tidak banyak witness yang ikutan menimpali. Saya hanya mengambil kesempatan ini untuk spread the word of God melalu ketidak kenalnya orang terhadap kami. Kalau sudah terlalu banyak kebohongan yang di post mengenai Jehovah's witnesses dan ministry sudah agak tidak mungkin saat itu, saya biasanya akan undur diri karena I will not cast what's holy to be trampled, yang biasanya terjadi dalam del del duel ayat.



----------------------------------------------------------------------------------------------

Tanggapan AWI

Terima kasih atas komentar Sister Martha akan tulisan saya.

Pemikiran saya sangat simple saja.

Jika saya mengetahui historis yang tidak baik akan sebuah rumah yang akan dibeli oleh saudara seiman saya, tidakkah hal yang bijaksana jika saya memberi informasi yang detail akan rumah tersebut sebelum ia membelinya?


Nah, demikian juga motivasi saya dalam menulis tentang SSY di website ini agar saudara Kristen saya dapat mempelajari ‘rumah’ yang akan dibelinya dengan cermat sebelum membelinya.


Website ini jika sister Martha perhatikan memiliki beberapa error akan SSY sehingga dapat mislead orang dalam membacanya dan menjadi tertawaan SSY. Juga, saya perhatikan, website ini tidak memiliki informasi yang akurat dan detail tentang SSY. Oleh karena itu, hati saya tergerak untuk memberikan informasi yang akurat akan apa dan siapa di balik SSY agar setiap saudara-saudara Kristen saya dapat mempelajarinya sesungguhnya sebelum dikunjungi oleh SSY dan membeli ‘rumah’ tersebut.

Jadi ketika sister Martha mengatakan: 

Quote:
Strategy ini sudah stereotype attitude dari Christendom Churches terhadap Jehovah's Witness


terhadap movitasi tulisan saya tidaklah tepat karena jika sister berapa di posisi saya, sister Martha juga akan melakukan hal yang sama, bukan? Yaitu memperingati setiap SSY lainnya akan ‘kondisi rumah’ yang akan dibelinya. 


Sister Martha mengatakan:

Quote:
Tapi yang utama yang saya pegang untuk menilai God's people adalah the fruits of the spirit. Saya melihat the fruits of the spirit dari perilaku, tutur kata, cara menampilkan diri di umum, everything is to the glory of God.


Saya harus akui bahwa banyak sahabat-sahabat SSY saya merupakan individu-individu yang seperti sister uraikan. Tetapi, jika kita mau jujur, tidak semuanya. Banyak SSY yang brengsek juga. Oleh karena itu, organisasi banyak memecat mereka, bukan? 



Berbicara tentang ‘stereotype attitude’, SSY juga memilikinya yaitu kebanyakan (not all) mengkritik akan orang Kristen -- yang sister Martha sebut sebagai ‘Christendom’ – yang bersikap tidak sesuai dengan standard Alkitab seperti free sex, smoking, drunk, etc. Bahkan seorang SSY sahabat saya mengatakan : “orang susunan Kristen mengatakan telah ‘lahir baru’ tetapi hidupnya brengsek.” Padahal, jika kita mau kaji dengan detail, banyak orang yang mengaku Kristen tetapi sesungguhnya tidak tulus dan sungguh-sungguh lahir baru dan mengikuti Tuhan. Tetapi ironisnya SSY telah me-label orang Kristen sebagai orang brengsek.


Bagaimana menurut firman Tuhan akan hal ini? Ketika seseorang ‘lahir baru’ tidaklah serta-merta hidupnya menjadi suci dan saleh. Semua orang Kristen akan mengalami proses pembaharuan akal budi seperti yang Roma 12:2 katakan. Jadi mungkin saja seorang Kristen yang telah ‘lahir baru’ tetapi masih jatuh ke dalam dosa karena masih dalam proses pembaharuan.


Tidak seperti Balai Kerajaan/Kingdom Hall yang terdiri dari orang-orang saleh. Gereja adalah tempat orang-orang yang berdosa yang ingin belajar menjadi sempurna seperti Tuhan mereka.


Marilah saya undang untuk memeriksa ajaran, tidak membanggakan diri sendiri sebagai grup orang-orang suci dan saleh karena jika kita tidak mengenal dengan Tuhan yang sejati, maka kesalehan kita hanya seperti kain kotor di hadapan-Nya (Yes. 64:6)

Sister mengatakan: 

Quote:
Berada dilingkungan Witnesses itu nyaman

Saya bukanlah seorang SSY sehingga tidak dapat memberi komentar. Tetapi izinkan saya meng-copy kesaksian seorang SSY ketika berada di dalam organisasi yang dapat di baca di http://forumkristen.com/index.php?topic=29190.0 sebagai berikut:


Perkenalkan, saya bekas anggota aliran saksi jehovah sudah 8 tahun ini saya memilih mengasingkan diri dengan rutinitas yang biasa saya lakukan karena saya tidak menemukan kebahagiaan dan arti hidup di organisasi ini. 

Mungkin indah dipandangan Bapak Satria Dharma, tapi kami sebenarnya di paksa untuk melakukan itu, dipaksa dengan cara halus, di jauhi jika kami tidak menyiarkan,dan disindir terus dalam khotbah,termasuk didatangi oleh orang dari kantor pusat tiap 6 bulan dan bertanya apa kendala nya sehingga jam dinas kami sedikit sekali, dan kadang seperti pesakitan kami ditemani oleh senior yg datang kerumah dan mau gak mau kami harus jalan.

Kami harus membuat laporan tertulis brp jam sudah kami habiskan untuk menyiar,peta daerah yang kami cetak dari peta jakarta sudah dibagikan per bagian dan per daerah mana penugasan kami ada ditas kami ketika syiar dan ada tanda masjid atau gereja yang km harus hidari takut memicu debat,kami pun harus melaporkan situasi kondusif atau tidaknya suatu daerah, termasuk laporan berapa banyak buku atau sedarlah sudah kami bagikan.

Kami diajar untuk membenci semua agama lain dan agama lain adalah pengikut IBLIS atau bahasa kami susunan besar, baik itu katolik islam budha hindu protestan advent atau agama apapun adalah pengikut IBLIS, orang yang tidak mau mendengar syiar kami adalah pengikut IBLIS dan layak BINASA.

Kami makan daging babi dan anjing, juga minum sesuai kebutuhan tidak sampai mabuk itu tidak dilarang, yang haram adalah rokok darah sirih ulang tahun hormat bendera, banyak rekan2 saya dulu yang mati karena tidak boleh transfusi darah di rumah sakit, kasihan melihat keluarga mereka terlantar karena ditinggal oleh anggotanya, menurut saksi yehuwa transfusi = makan darah.

Kehidupan didalamnya tidak seindah yang Bapak Satria Dharma lihat, bahkan jauh dari bahagia, yang ada adalah beban dan pola pikir yg dikejar2 hari armagedon dan menjadi budak dari watchtower.

Banyak dari kami yang sejujurnya sangat tertekan dengan pengaturan yang dibuat, beban saya lepas seketika ketika saya menjauhi rutin saksi yehuwa.

Rutin itu adalah, wajib membayar iuran walau tidak dipaksa, tapi khotbahnya sangat menyindir jika tidak membayar,wajib melapor syiar tiap bulan jika dibawah 11 jam anda terhitung sakit rohani, apalagi kadang2 melapor anda terhitung sakit rohani sekali, alias rohani anda tidak bagus, yah benar, walau anda tidak melakukan kesalahan apapun anda dinilai tidak rohani dan salah jika tidak ada laporan syiar.

Rutinitas tiap minggu : hari minggu berkumpul utk ibadah 3-4 jam sore hari berkumpul untuk syiar, hari senin persiapan utk berkumpul hari selasa, hari selasa malam berkumpul untuk ibadah 2-3 jam, hari rabu pagi berkumpul untuk syiar hari malamnya persiapan utk ibadah kamis, hari kamis malam berkumpul ibadah 2-3 jam, hari jumat persiapan ibadah untuk sabtu, hari sabtu berkumpul utk syiar dari pagi sampai siang malamnya persiapan utk ibadah minggu.

Rutinitas yang kaku dan keras seperti itu terus begitu di kehidupan saya, bertahun-tahun. sangat melelahkan hidup tak jelas arahnya antara menjadi orang yang rohani tapi juga harus makan, kami diajar menjadi seorang pendeta tetapi sekaligus harus hidup duniawi, berbeda dengan Kristen lain yang memang menjadi pendeta bisa fokus menjadi pendeta tidak disimpangkan.
Definisi hidup saksi yehuwa adalah bahagia menjadi “budak” watchtower benar benar dalam arti BUDAK.

Sungguh bahagia saya sudah tidak lagi bergabung lepas sudah semua beban dan tekanan saya, pekerjaan saya menjadi lebih terarah dan jelas, pendamping hidup pun juga saya sudah dapat dan saya sangat bahagia sekarang. 


SHALOM JESUS BLESS US ALL


Jadi, dari kesaksian SSY tersebut, ia menceritakan hal yang berbeda -- jauh dari nyaman -- dengan keterangan yang disampaikan oleh sister Martha. Dan cerita sejenis ini banyak saya baca dari mantan SSY.

Sister mengatakan: 

Quote:
Jehovah's witnesses tidak biasanya terlibat dalam debate.

Secara terbuka tentunya tidak. Misalnya di TV or Radio. Tetapi, pengalaman saya mengatakan sebaliknya. Saya telah berdiskusi dengan seorang elder selama 4 tahun dan pernah sekali session berlangsung selama 2 jam. Jadi tidak semua SSY seperti yang sister maksud.


Sister mengatakan: 

Quote:
Makanya dalam banyak ulasan mengenai Jehovah's witness, tidak banyak witness yang ikutan menimpali.

Ini benar karena ulasan tersebut mungkin kurang akurat atau meskipun akurat, witness memiliki pola pikir “I have the truth” dan tidak pernah mengujinya apakah yang diyakini sebagai ‘the truth’ yang sungguh-sungguh ‘the truth’ sesuai dengan Alkitab.

Sister mengatakan: 


Quote:
Kalau sudah terlalu banyak kebohongan yang di post mengenai Jehovah's witnesses dan ministry sudah agak tidak mungkin saat itu, saya biasanya akan undur diri...


Apakah sister merasa apa yang saya tulis banyak kebohongannya? Bisa ditunjukkan? Semua yang saya tulis bersumber dari literatur organisasi sendiri. Dan biasanya – berdasarkan pengalaman saya – SSY banyak mengatakan bahwa apa yang saya sampaikan merupakan kebohongan, misunderstanding, fitnah, etc tanpa dapat memberikan pembelaan yang sah.


Jadi ketika sister Martha mengatakan:

Quote:
Jadi kalau umat Christendom Churches harus berhati hati menghadapi Jehovah's witnesses (yang terkenal paling pasif), maybe the people are afraid of the truth being known.


Saya tidak dapat berbicara mewakili untuk seluruh Christendom Churches, hanya mampu berbicara bagi diri saya. Dan saya rasa, saya sama sekali tidak takut untuk mengetahui the truth. Sebaliknya, organisasi membatasi anggotanya untuk mengetahui the truth tentang prestasi organisasi. Misalnya, melarang berhubungan atau membaca karya-karya mantan SSY yang mengetahui prestasi organisasi.

Jika sister sama sekali tidak takut untuk mengetahui 'the truth', saya persilahkan mengikuti tulisan-tulisan saya. Atau mengujinya langsung apakah yang sister miliki sungguh-sungguh the truth sejati?




---------------------------------------------------------------------------------



Tanggapan Martha


Dear Brother Awi,


Post kamu yang lebih dari 15 pages kalau di convert ke microsoft word itu banyak yang inaccurate. Tapi saya decide not to correct them karena from the beginning you already said bahwa your mission is not to know what we know melainkan to keep people from knowing what we know. Jadi you are not asking because you want to know. Therefore, I will hold myself dulu until someone shows interest in knowing what we know.


Sekarang saya akan focus saja pada characteristic dari congregation of Jehovah's witness.


Untuk masuk dalam Christian congregation of Jehovah's witnesses itu perlu belajar mengenai what the Bible teaches, bukan mengenai who Jehovah's witnesses are dari segi organization. Jehovah's witnesses promotes the true teachings of Jesus bukan orientasi mengenai siapa saja yang mengelola society tersebut. Itu sebabnya dibutuhkan Bible lessons sebelum baptism. To make sure orang tersebut really understand that once they accept Jehovah's standard, they are at their free will meninggalkan cara cara yang tidak berkenan bagi Jehovah. Itu disebut retraining our conscience yang sudah dianggap keluar dari allignment because of the misunderstanding of God's standard. Of courselah this is the work of satan yang memang sudah dari mulanya berniat untuk bikin umat manusia confused of what Jehovah really want out of us.


Banyak brothers and sisters yang ikut Bible lessons dengan membawa kebiasaan dari gereja yang mereka tinggalkan. Seperti contohnya, merubah cara ministry, membuka sub congregation untuk children and youth sementara congregation itu menggabung anak anak dan orang tuanya dalam satu meetings, memberikan consultation diluar sepengetahuan dan directives dari elders, menerbitkan literatures dan meng emailnya ke congregation, semua ini tanpa coordination from the elders. Many of these new brothers or sisters ini masih menganut "urusan ibadah urusan pribadi ku lah". Padahal apostle Paul jelas jelas menyuruh elders untuk keep eyes on the sheeps, jangan sampai kelayapan kemana mana dan hilang. Banyak juga witnesses yang baru dan agak lama merasa tersinggun dan sakit hati kalau diberi counsels mengenai hal hal yang mencemari iman dan harmony in the congregation, seperti perjinahan, gossips, alcohol or drug abuse, smoking, gambling, pornography, domestic abuse, etc. Mereka menganggap elders ini sudah lancang sampe ngatur kehidupan mereka. Padahal di Bible lessons sudah diberi tahu bahwa tugas elders untuk menjaga keutuhan congregation. Banyak witnesses yang voluntarily meninggalkan the congregation. Banyak juga yang stay. Nah kalau mereka stay didalam congregation tapi tidak ada attempt untuk merubah mistakesnya, maka elders akan disassociate mereka dari congregation. Dalam arti tidak bisa ambil part in the ministry and other duties within the congregation. Orang orang tersebut bukan dimushin, gak diajak ngomong, atau dicibiri. Mereka masih welcome to attend the meetings, the rest of the congregation aja yang diberi tau untuk membatasi interaction tanpa mengurangi respect and kindness to them. Orang yang meninggalkan congregation of Jehova's witness kami sebut sebagai apostates. We dont see them as leaving the congregation, but leaving Jehovah. Apostates ini yang sering bikin blogs or publications spreading disatisfaction and lies about the congregation of Jehovah's witness from the beginning of time.


I am not saying that you are lying, brother Awi. Aku cuman bilang mengenai lies yang disebarkan apostates tersebut rupanya lebih menarik bagi orang yang bukan Jehovah's witnesses and you apparently accepted it. It doesn't bother me, though. And I am sure it doesn't bother any Jehovah's Witnesses.

Now let me respond sama comment kamu mengenai rumah. Kalo mau beli rumah itu dimana mana juga harus dateng ke open house atuh. You go to the house, see the floor, the walls, the electrical, the ceilings, the bathroom, and (untuk ibu ibu paling penting) the kitchen. Baru make comparison with the documents of a quality home, liat sifat sifat nya apakah sesuai dengan record of a good house ato nggak. Udah segitu aja jangan kepanjangan nanti disangka kita ini Housing developer blog.


Sekarang saya mau comment mengenai "orang kristen brengsek" paragraph. Jehovah's witness tidak diajarkan untuk mentarget kan orang/manusia, melainkan behaviors. Any behaviors yang unpleasing to Jehovah is bad behavior dan patut dibenci. Kalo the word of God mengatakan Jehovah menuntut kita untuk meninggalkan kebiasaan yang buruk yang unpleasing to Him, we should, if we want to be friends with Jehovah seperti Ayub yang disayangin Jehovah. Dari behaviors lah kita menunjukkan the fruits of the spirit. We have to make the word of God alive in us. Memang itu tujuannya.


Membaca statement kesaksian dari dari rekan kamu, I can tell that he/she was not ready to commit him/sherself to the standard of Jehovah. Mengenai iuran, I can tell you, "It's not accurate with our practice". Congregation donate if they want, itu pun secara private, no one is looking. Tidak ada kolekte, tidak ada perpuluhan. Tidak ada demanding tone, sindir sindir. what your friend said didn't syncronize with the practice of our congregation. Sepertinya rekan kamu itu masih diberatkan dengan standard Jehovah yang menuntut God's people to "Get out of Babylon". Sedangkan standard Jehovah itu tidak memberatkan. Your friend has made his/her choice. At least dia sudah pernah belajar mengenai the true teaching of Jesus.


Curhat: I am happy to be part of the congregation of Jehovah's witnesses. Saya dituntun oleh elders and fellow members melalui on going studies to improve and maintain my knowledge and faith on what Jehovah wants me to do. To commit to be Jehovah's slave, untuk menghindari hal hal yang mengkontaminasi keimanan saya, at same time to enjoy everything He created for us.


----------------------------------------------------------------------------------------------


Tanggapan awi


Terima kasih atas responsnya. saya rasa semakin menarik, bukan? Jadi, please tetap stay tune ya. Siapa tahu ternyata saya bisa memahami JW dengan lebih baik lagi melalui sister Martha. Bukanlah Yehuwa dapat menggunakan siapapun juga untuk memberi pencerahan, bukan?



Quote:

Post kamu yang lebih dari 15 pages kalau di convert ke microsoft word itu banyak yang inaccurate.

Saya rasa pembaca milis ini mau tahu loh di mana inaccurate-nya. 


Terima kasih sister atas pencerahannya di characteristic dari congregation of Jehovah's witness.




Quote:

I am not saying that you are lying, brother Awi

maaf, saya salah mengerti.

Quote:
Aku cuman bilang mengenai lies yang disebarkan apostates tersebut rupanya lebih menarik bagi orang yang bukan Jehovah's witnesses. and you apparently accepted it.

Jika Martha perhatikan, Pertama, apa yang saya tulis bukanlah tulisan apostates, tetapi lektur organisasi. Kedua saya memang ada membaca tulisan apostates untuk mengetahui apa yang terjadi di dalam sidang, mengapa bisa mereka menjadi JW, apa yang membuat mereka keluar dari organisasi dan lain-lain yang sifatnya akan membantu saya memahami pola pikir JW. Saya bukanlah JW sehingga perlu inside information dari perspektif ex-JW.Ketiga, jika saya mempresentasikan bukti-bukti yang mendiskreditkan organisasi, informasi itu bukanlah dari apostates, melainkan dari saudara seiman yang memberitahu bahwa apa yang diklaim oleh organisasi tidaklah sesuai dengan fakta. Keempat, tergantung dari sudut pandang mana kita melihat tulisan apostates itu, dari sudut organisasi tentunya mengatakan apa yang disampaikan adalah lies, tetapi dari sudut out-sider with objective mind, semua adalah true.



Quote:
Now let me respond sama comment kamu mengenai rumah. Kalo mau beli rumah itu dimana mana juga harus dateng ke open house atuh. You go to the house, see the floor, the walls, the electrical, the ceilings, the bathroom, and (untuk ibu ibu paling penting) the kitchen. Baru make comparison with the documents of a quality home, liat sifat sifat nya apakah sesuai dengan record of a good house ato nggak.



Sungguh pemikiran yang bijak. Unfortunately, that's not the case. Apakah sebelum sister Martha menjadi JW sudah memeriksa apa dan siapa di balik organisasi dengan saksama --maksud saya sungguh-sungguh dengan saksama,? Tentang false prediction, lies, self-proclaimed prophet? Saya rasa belum. Hal ini saya tanyakan brothers & sisters JW di Indonesia, mereka mengatakan belum. Ada yang menyatakan sudah, tetapi ketika saya tanya lebih detail, SSY mempelajarinya kemudian setelah bergabung dengan organisasi. Majority, mereka tidak mempelajari sejarah, apa dan siapa dibalik organisasi. 



Sebaliknya, saya mencoba memeriksanya langsung dengan saksama. Misalnya buku-buku Charles Russell, Rutherford dan lain-lain dapat dilihat di http://www.strictlygenteel.co.uk/. saya pertimbangkan dan pelajari dengan saksama, open mind dan objective. Ketika ada suatu kontradiksi dengan keyakinan JW sekarang dengan yang dulu, saya konfirmasi dengan brother & sister JW.


Nah, jika mereka sudah tahu sebelumnya, saya rasa mereka tidak jadi beli tuh rumahnya. 


JW promotes the true teachings of Jesus? Inilah yang perlu dibahas apakah benar demikian.

bukan orientasi mengenai siapa saja yang mengelola society tersebut. Pernyataan sister benar. Inilah yang saya coba singkap agar saudara seiman saya mengetahui siapa dan apa di balik SSY. Apakah klaim-klaim yang dibuat oleh orang yang mengelola LMP sungguh-sungguh sesuai dengan apa yang diklaimnya. 

Quote:
Mengenai iuran, I can tell you, "It's not accurate with our practice"



Benar, JW tidak menggunakan istilah iuran melainkan sumbangan suka rela. Paling tidak ia telah memberikan inside information bagaimana rasanya berada di dalam organisasi.


----------------------------------------------------------------------------------------------

Tanggapan Martha

Saya belum tau cara quote. Jadi aku ake cara yang aku bisa aja ya.

Quoted from brother Awi:


Jika Martha perhatikan, Pertama, apa yang saya tulis bukanlah tulisan apostates, tetapi lektur organisasi. Kedua saya memang ada membaca tulisan apostates untuk mengetahui apa yang terjadi di dalam sidang, mengapa bisa mereka menjadi JW, apa yang membuat mereka keluar dari organisasi dan lain-lain yang sifatnya akan membantu saya memahami pola pikir JW. Saya bukanlah JW sehingga perlu inside information dari perspektif ex-JW. Ketiga, jika saya mempresentasikan bukti-bukti yang mendiskreditkan organisasi, informasi itu bukanlah dari apostates, melainkan dari saudara seiman yang memberitahu bahwa apa yang diklaim oleh organisasi tidaklah sesuai dengan fakta. Keempat, tergantung dari sudut pandang mana kita melihat tulisan apostates itu, dari sudut organisasi tentunya mengatakan apa yang disampaikan adalah lies, tetapi dari sudut out-sider with objective mind, semua adalah true.

Martha's comment:


We never consider kami ini organisasi melainkan congregation (umat). Ini untuk menghilangkan sense of corporation dari pikiran congregation. Kami percaya bahwa we don't obey the Policies and Procedures of an organization melainkan the Laws of God Jehovah. Memang benar orang bisa menjadi the slave to Jehovah dimana saja. Witnesses percaya bahwa kalau orang yang mau meninggalkan standard Jehovah itu tidak dicounsel untuk liat apa kira kira yang dialami brothers and sisters sehingga having second thought of Jehovah's standard, we are held accountable in the eyes of Jehovah for not taking care of borthers and sisters in need. But then kalau seseorang meninggalkan congregation itu karena tidak setuju/percaya dengan ajaran yang dipercaya oleh Jehovah's Witnesses, then that person is leaving Jehovah's standards, bukan leaving the "organization" (bagi kami: society). Now it becomes his/her business with Jehovah. The witnesses have done their part. Witnesses selalu percaya bahwa Satan is working a hundred or more times harder in taking people away from the truth about Jehovah and His values. Satan worked hard to cover the truth because his days are counted. Nah, don't get me wrong. I am not calling you, your friend or anyone here as Satan.

Quoted from brother Alwi:


Apakah sebelum sister Martha menjadi JW sudah memeriksa apa dan siapa di balik organisasi dengan saksama --maksud saya sungguh-sungguh dengan saksama,? Tentang false prediction, lies, self-proclaimed prophet? Saya rasa belum. Hal ini saya tanyakan brothers & sisters JW di Indonesia, mereka mengatakan belum. Ada yang menyatakan sudah, tetapi ketika saya tanya lebih detail, SSY mempelajarinya kemudian setelah bergabung dengan organisasi. Majority, mereka tidak mempelajari sejarah, apa dan siapa dibalik organisasi.

Martha's comment:


Untuk menilai apakah ajaran itu syncronizes dengan the word of God Jehovah, ya disitulah kita diberikan wisdom to cross compare dalam searching. Also don't be afraid to ask questions or sounding sceptic. Kalau suatu congregation itu tidak menerima campur tangan the spirit of God, hasilnya akan kelihatan. We (God's people) are judged by the fruits of the spirits. Judged disini maksudnya bukan dihari penghakiman tapi penilaian masyarakat non Jehovah's Witnesses. Look at the fruits. The fruits of the spirit will show good outcome because Jehovah is good. Dari melihat good fruits, ya itulah image yang di reflect pengurus the Watch Tower, the overseers, the elders and the congregation. Setiap contamination langsung di eliminate immediately to maintain the quality of good fruits.

Setiap Christians bisa lihat di congregation kita dan tanya pada diri kita sendiri, apakah do I see good fruits from my pastor, reverend, preacher, from the workers of God? Am I receving the nutrition according to my spiritual needs? Do I see peace in the congregation? Do I see conflict intervention? Are the people serving me behave according to God's standards? Am I being shepherded? Am I in the right place? Jawaban nya keliahatan kok. FROM THE FRUITS OF THE SPIRIT.

Self proclaimed prophet itu gak ada di congregation of Jehovah's witnesses. Jehovah's Witnesses believe that the last apostle was paul. Selebihnya adalah murid jesus yang jadi apostles yang kebetulan aja meninggalnya belakangan setelah apostle Paul. Jehovah's witnesses percaya akan adanya "The annointed ones". Aku gak tau lah bahasa Indonesia nya apa annointed itu. Nanti aku cari tau. We believe bahwa The annointed people ini lah yang dipilih Jehovah's spirit untuk membimbing domba domba (termasuk aku). We believe bahwa The annointed people ini lah yang bagian dari 144,000 that will assist God's government nanti. No one appointed them but the spirit of Jehovah. We call them as "the chosen ones". The question now is How do they know that they are chosen?

Ilustrasi mengenai pengantin disini masuk. How do the bride knows she is chosen to be the wife of the groom? Karena groom itu kan melamar bride. Of course lah bride itu tau karena sudah dilamar. Jadi wanita itu bukan kerna GR dewek. Nah kalo dalam pesta pernikahan, gimana undangan bisa tau mana yang bride? Ya dari banyak aspect lah. Pertama, dari pakaian nya.

Aku setuju untuk tidak membahas soal beli rumah. Kita bukan Real estate agents. LOL.

Have a good day to you.




----------------------------------------------------------------------------------

Tanggapan AWI


Dear sister Martha,

Trims untuk reply-nya 


Untuk membuat quote mudah koq: Kamu highlight kalimat yang akan kamu quote, lalu click box quote di bawah subject. Jadi deh. Jika ragu apa sudah benar. click dulu preview. 

Quote:
We never consider kami ini organisasi melainkan congregation (umat). Ini untuk menghilangkan sense of corporation dari pikiran congregation.


Benar, JW menyebutnya sebagai umat maupun lembaga. Tetapi , saya mengistilahkannya sebagai 'organisasi' karena Watchtower Bible and Tract Society juga selalu menyebut dirinya di dalam literaturnya sebagai organisasi Allah (God’s or Jehovah’s visible organization). Jadi istilah organisasi bersumber dari LMP sendiri, bukan dari saya. Saya hanya mengikuti bahasa LMP saja. Coba kita perhatikan literatur LMP di Our Kingdom Ministry/Pelayanan Kerajaan Kita ‘Pelayanan Kerajaan Kita’, April 1993 hlm. 3-4:

Arahkan Minat kepada Organisasi: Sejak kontak pertama kita dengan para peminat, kita hendaknya mengarahkan perhatian mereka kepada organisasi...terdapat suatu lembaga teokratis yang diorganisasi di seluruh dunia yang berjalan di bawah pengarahan Yehuwa....

Perhatikan kata-kata yang bold dan berwarna tersebut jelas menulis kata 'organisasi'. LMP meminta kepada JW untuk mengarahkan peminat kepada organisasi. Kata-kata God’s or Jehovah’s visible organization begitu banyak di literatur LMP, rasanya saya tidak perlu me list-nya, bukan/ 

Quote:
Kami percaya bahwa we don't obey the Policies and Procedures of an organization melainkan the Laws of God Jehovah.

Benar, JW selalu mengatakannya seperti itu, tetapi fakta berbicara lain jika kita renungkan baik-baik dengan objective mind. Siapakah di balik Allah Yehuwa? Apakah sungguh-sungguh Allah Yehuwa yang men-direct this self-proclaimed visible organization on earth? The answer is No. Bisa dibuktikan bahwa Allah Yehuwa sungguh-sungguh men-direct organisasi LMP?


Quote:
Kalau suatu congregation itu tidak menerima campur tangan the spirit of God, hasilnya akan kelihatan. We (God's people) are judged by the fruits of the spirits. Judged disini maksudnya bukan dihari penghakiman tapi penilaian masyarakat non Jehovah's Witnesses. Look at the fruits. The fruits of the spirit will show good outcome because Jehovah is good. Dari melihat good fruits, ya itulah image yang di reflect pengurus the Watch Tower, the overseers, the elders and the congregation. Setiap contamination langsung di eliminate immediately to maintain the quality of good fruits.


Izinkan saya membedakan dua hal yaitu sister Martha sebagai seorang JW dan organisasi Lembaga Alkitab dan Risalah Menara Pengawal agar lebih objective. Saya banyak bertemu dengan JW karena Kingdom Hall atau Balai Kerajaan dekat dengan rumah saya. Saya berkenalan dan amati. Hasilnya, tidak ada keraguan sedikitpun di hati saya akan usaha yang dicoba oleh setiap JW untuk menghasilkan the fruits of the spirits. Saya yakin pula sister Martha adalah salah satu orang yang takut akan Yehuwa dan mencoba untuk mengikuti setiap arahan Yehuwa yang disampaikan melalui God’s visible organization. 



Tetapi apakah God’s visible organization sungguh-sungguh telah menghasilkan the fruits of the spirits? Faktanya berbicara sebaliknya. Karena mengenai fakta yang saya akan singkap layak mendapat halaman terpisah maka saya membuka halaman baru dengan judul “Kebohongan Lembaga Alkitab dan Risalah Menara Pengawal”. Yang sister Martha bisa pelajarinya kemudian di sini http://www.sarapanpagi.org/kebohongan-lembaga-alkitab-dan-risalah-menara-pengawal-vt3891.html


Karena saya mengetahui dusta LMP itu lah saya tidak yakin seperti Martha yakin bahwa:



Quote:
We believe bahwa The annointed people ini lah yang dipilih Jehovah's spirit untuk membimbing domba domba (termasuk aku)



Tentunya bukan hanya kejujuran lembaga Menara Pengawal yang membuat saya mempertimbangkan untuk tidak menjadi JW tetapi juga ajarannya mengenai keselamatan sungguh mengganggu saya. Silahkan sister Martha membaca bahasannya di sini http://www.sarapanpagi.org/apakah-lembaga-menara-pengawal-menyelamatkan-vt3890.html mungkin sister dapat memberikan enlightment-nya


Quote:
Self proclaimed prophet itu gak ada di congregation of Jehovah's witnesses.
Really? Tidak mengetahuinya membuktikan bahwa ketika sister Martha joined organisasi belum memeriksa dengan akurat dan saksama. Saya akan buka halaman baru dengan judul "Klaim Lembaga Alkitab dan Risalah Menara Pengawal Sebagai Nabi Palsu". Harap bersabar ya sister. 


Namun begitu, saya hanya agak heran dengan pernyataan sister yang pertama yaitu Self proclaimed prophet itu gak ada di congregation of Jehovah's witnesses Lalu disambung dengan kalimat:



Quote:
We believe bahwa The annointed people ini lah yang bagian dari 144,000 that will assist God's government nanti. No one appointed them but the spirit of Jehovah. We call them as "the chosen ones"

saya melihat ada suatu contradictory statement di tulisan Martha. Di satu pihak sister menulis Self proclaimed prophet itu gak ada di congregation of Jehovah's witnesses tetapi paragraf yang sama menyatakan No one appointed them but the spirit of Jehova


Loh, bukankah nabi-nabi yang ada di Alkitab selalu di appointed by God himself?. Bagaimana the annointed people were appointed by God tetapi mereka bukanlah nabi?   Can you please enlighten me about this?


Saya menunggu jawabannya ya, sister Martha. saya rasa diskusi kita sekarang sudah mencapai pada taraf yang lebih baik lagi.



---------------------------------------------------------------------------------------------

Tanggapan Martha


Karena diskusi ini cukup panjang, let me break it into two posts supaya muat.

Quoted dari brother Awi: 


dan kutipan organisasi Lembaga Alkitab dan Risalah Menara Pengawal lainnya di:


“Janganlah menarik kesimpulan bahwa ada jalan atau cara yang berbeda-beda yang dapat saudara tempuh untuk memperoleh kehidupan dalam sistem baru Allah. Hanya ada satu. Hanya ada satu bahtera yang selamat melampaui Air Bah, bukan sejumlah kapal. Selain itu, hanya akan ada satu organisasi—organisasi Allah yang kelihatan—yang akan selamat melampaui “sengsara yang besar,” yang semakin dekat. Sama sekali tidak benar bahwa semua agama menuntun ke satu tujuan. (Matius 7:21-23; 24:21, Bode) Saudara harus menjadi bagian dari organisasi Yehuwa, melakukan kehendak Allah, agar dapat menerima berkat-berkat-Nya berupa kehidupan kekal.—Mazmur 133:1-3.” (Saudara Dapat Hidup Kekal dalam Firdaus di Bumi, hlm.255)


“Selama periode terakhir ”dunia zaman purba” yang musnah dalam Air Bah, Nuh adalah ”pemberita keadilbenaran” yang setia. (2 Petrus 2:5) Pada hari-hari terakhir sistem sekarang, umat Yehuwa memberitahukan standard-standard Allah yang adil-benar dan menyatakan kabar baik tentang kemungkinan untuk selamat memasuki dunia baru. (2 Petrus 3:9-13) Persis sebagaimana Nuh dan keluarganya yang takut akan Allah dilindungi dalam bahtera, keselamatan orang perorangan dewasa ini bergantung pada iman mereka dan apakah mereka bergabung dengan serta loyal kepada bagian organisasi universal Yehuwa yang ada di bumi.“ (MP 15 May 2006, hlm.22)


“Rasul Yohanes, juga, menjelaskan bahwa dunia ini akan berlalu. (1 Yohanes 2:15-17) Sistem yang tua ini akan segera lenyap. Maka semua yang takut akan Allah hendaknya sekarang giat dalam hal ’hidup yang suci dan saleh seraya menantikan dan mempercepat [terus menaruh kehadiran hari Yehuwa dalam pikiran, NW] kedatangan hari Allah’. Jangan sekali-kali lupa bahwa hanya organisasi Allah yang akan melewati akhir dari sistem yang sekarat ini. Maka, bertindaklah dengan bijaksana, dan buatlah rencana untuk hidup kekal dengan membangun masa depan saudara bersama organisasi Yehuwa.” (MP 1984, s-1, hlm 28)


Please note the color and bold sentences. Nah apakah kesimpulan saya dari bacaan tersebut? Seseorang harus menjadi bagian dari organisasi untuk memperoleh keselamatan! Apakah ajaran ini sesuai dengan ajaran Alkitab? Inilah yang saya ingin diskusikan dengan sister Martha akan apa yang saya baca di Alkitab mengenai keselamatan. 


JW selalu mengatakan bahwa ‘saya 100% mengikuti apa yang Alkitab tulis’. Tetapi sungguhkah? Bisa ditunjukkan di Alkitab satu ayat saja bahwa ada suatu organisasi mampu memberi keselamatan? 


Saya ask this question many times to JW brother/sister or even an elder. Unfortunately, saya belum mendapat jawabannya. Saya sungguh ingin sister Martha memberi pencerahannya.

Martha's comment:

The word "Organisasi Yehuwa" itu we believe as God's congregation or God's people. Kumpulan orang orang yang mengakui only the authority of Jehovah. Jadi bukan melalui organisasi manusia. Makanya selalu saya tekankan bahwa Jehovah's Witnesses itu adalah Congregation, bukan organisasi seperti club. The use of the word "Organisasi" dalam literatures itu appropriate kalau dalam context "kumpulan orang orang ". Sangat mungkin kalo ada sekelompok umat Jehovah yang tidak beridentitas kan "Congregation of Jehovah's Witnesses" tetapi menjalankan what the Bible really teaches. Apostle Paul bukan bagian dari "Watch Tower Society" dari segi organization, tapi he witnessed for Jehovah. Jesus saja bersaksi untuk his father, Jehovah. Tapi bukan berarti Jesus itu member of Watch Tower Society. A christian named Philip was not member of Watchtower Society, but he witnessed for Jehovah and baprized an Ethiopian Court official. So try not to get mixed up dengan the understanding of the word "organization". 

Quoted from brother Awi:


Nah kita sekarang bahas mengenai keselamatan yang diajarkan oleh Jesus.


Pertama, Alkitab tidak pernah mengajarkan bahwa manusia dapat memperoleh keselamatan dengan menjadi bagian dari suatu God’s visible organization on earth. Bisa ditunjukkan satu ayatnya bahwa kita harus menjadi bagian dari suatu organisasi?

Martha's comment:

I think my reponse above also covers this question. Let's try to not to get mixed up dengan the understanding of the word "organization". 

Quoted from brother Awi:

Kedua, siapakah yang memberi hidup kekal? Saya baca Alkitab menyatakan seperti ini:


For my Father's will is that everyone who looks to the Son and believes in him shall have eternal life, and I will raise him up at the last day." (Jn 6:40, NIV)

Whoever eats my flesh and drinks my blood has eternal life, and I will raise him up at the last day. (Jn 6:54, NIV)

I give them eternal life, and they shall never perish; no one can snatch them out of my hand. (Jn 10: 28, NIV)

Dan aku memberi mereka kehidupan abadi, dan mereka tidak akan pernah dibinasakan, dan tidak seorang pun akan merenggut mereka dari tanganku. (NW)

Banyak ayat-ayat yang lainnya juga tetapi tidak ada yang menyatakan organisasi menyelamatkan.

Jadi jelas, Bible says plainly ‘Jesus has the power to give eternal life’, bukan suatu organisasi.

Sayangnya, kehidupan kekal itu bukanlah menjadi bagian dari JW yang memiliki harapan hidup di bumi. Loh, mengapa ya? Ini lah yang saya coba jelaskan dalam tulis di ‘Siapa dan Apa Di balik SSY’.

Martha's comment:

You are right. And I think I covered the word "organization" on my first response. Now let me tell you what Congregation of Jehovah's Witnesses believe about eternal life. We believe that everyone who obeys Jehovah's standard yang diajarkan Jesus will receive eternal life. Congregation of Jehovah's Witnesses believe that human beings will occupy the earth. The earth that is under the authority of Jehovah, and Jesus is Jehovah's appointed King fo us and all the angels. The Government officials (Jesus as king, angels and the 144,00 annointed ones as helpers) shall be in heaven to govern us on earth.


Quoted from brother Awi:


Bagaimana JW dapat dibangkitkan jika ia tidak ikut ambil bagian dalam Perjamuan Tuan padahal Jesus himself mengatakan di Yoh. 6:53-54: 


Jesus said to them, "I tell you the truth, unless you eat the flesh of the Son of Man and drink his blood, you have no life in you. Whoever eats my flesh and drinks my blood has eternal life, and I will raise him up at the last day. (NIV) 


Oleh karena itu, Yesus mengatakan kepada mereka, ”Sesungguh-sungguhnya aku mengatakan kepadamu: Jika kamu tidak makan daging Putra manusia dan minum darahnya, kamu tidak memiliki kehidupan dalam dirimu. 54 Dia yang makan dagingku dan minum darahku memiliki kehidupan abadi, dan aku akan membangkitkannya pada hari terakhir; (NW)
Mengapa kita perlu memakannya? Nah Mat. 26:28 mengatakan:



This is my blood of the covenant, which is poured out for many for the forgiveness of sins. (NIV) sebab ini mengartikan ’darah perjanjianku’, yang akan dicurahkan demi kepentingan banyak orang untuk pengampunan dosa. (NW)
Jadi minum cawan saat Perjamuan Tuhan merupakan lambang dari pengampunan dosa. 


Bagaimana dengan JW yang memiliki earthly hope/harapan hidup di bumi yang tidak turut ambil bagian? Bukankah tidak ada pengampunan dosa? Jadi tidak aneh jika JW tidak akan dibangkitkan berdasarkan apa yang Jesus katakan karena tidak ada pengampunan dosa baginya. 

Pengetahuan ini meresahkan saya sehingga saya memutuskan tidak menjadi seorang JW. Tetapi, sebelumnya, untuk meyakinkan pemahaman saya benar, saya tanyakan seorang elder mengenai hal ini. 


Martha's comment:


Jehova's Witnesses believe Christians are commanded to observe memorial of Christ death. Observance ini disebut "The Lord's evening meal", sering juga dikenal sebagai "The Lord's supper". Waktu Jesus and his apostles (tidak termasuk Judas) adalah waktu celebration of Passover. This evening meal replaced the passover of jewish. That's why we observe it once a year. 


According to Luke 22:20, Jesus said, "This cup means the new convenant by virtue of my blood, which is to be poured out in your behalf." Convenant itu adalah "agreement". This covenant atau contract makes it possible for 144,000 faithful christians to go to heaven. Disana they will serve as kings and priests for the blessing of all mankind. Jadi siapa saja yang should take part dalam memorial of Jesus' death (makan roti dan minum anggur)? Seperti diatas saya mention, only the people in the new convenant (agreement). Here are supporting scriptures. You can cross compare dengan Bible Translation versions lain. 

Only 144,000 will go to heaven. A limited number to be kings with Jesus:Revelation 5:9, 10 : 9 And they sing a new song, saying: You are worthy to take the scroll and open it's seals, because you were slaughtered and with your blood you bought persons for God out of every tribe, and tongue, and people, and nation, (10) and you made them to be a kingdom and priests to our God and they are to rule as kings over the earth.  


Revelation 20:4 And I saw thronesand there were those who sat down on them, and power of judging was given to them. Yes, I saw the souls of those executed with the ax for the witness they bore to jesus and for speaking about God, and those who had worshiped neither the wild beast nor it's image and who had not received the mark upon their forehead and upon their hand. And they came to life and ruled as kings with Christ for a thousand years. Jesus was the forerunner, others chosen since. 


Colosians 1:18 : And he is the head of the body, the congregation. He is the beginning, the firstborn from the dead, that hemight become the one who is first in all things. 1 Peter 2:21 : Infact, to this course you were called, because even Christ suffered for you, leaving you a model for you to follow his steps closely.  


Many others will live on earth.


Psalms 72:8 : And he will have subjects (dominions KJV) from sea to sea, and from the river, to the ends of the earth. 

Revelation 21:3, 4 : With that I heard a loud voice from the throne say, "Look, the tent of God is with mankind, and he will reside with them, and they will be his peoples and God himself will be with them.

144,000 in special position no others have.


Revelation 14:1, 3 : And I saw and, look! The lamb standing upon the mount Zion and with him a hundred and forty four thousand having his name and the name of his father written on their foreheads. (2) And I heard a sound out of the heavens as the sound of many waters and as the sound of loud thunder, and the sound that I heardwas as of singers who accompany themselveson the harp playing on thier harps. (3) and they are singing as if a new song before the throne and before the four living creatures and the leders; and no one was able to master that song but the one hundred and forty four thousand who had been bought from earth. 


Revelation 7:4, 9 : And I heard the number of those who were sealed, a hundred and forty four thousand, sealed out of every tribe of the sopns of Israel. (9) After these things I saw, and, look! a great crowd, which no man was able to number, out of all nations and tribes and peoples and tongues, standing before the throne before the Lamb, dressed in white robes, and there were palm branches in their heads.

Quoted dari brother Awi:

Saya katakan bahwa saya mau menjadi the annointed ones/kaum terurap saja yang pasti selamat! Dan saya minta dia untuk memeriksa ke organisasi Lembaga Menara Pengawal, berapa jumlah pastinya the annoited ones saat ini? Hal ini penting karena jumlah yang pasti selamat hanya 144,000 orang saja. very - very limited. Saya khawatir sudah full. I mean it. Karena saya tidak ingin saya secara emosional saja menjadi annointed ones, dengan mengetahui daftar jumlah pastinya, maka saya menjadi lebih tenang.

Mendengar pertanyaan saya itu, my brother JW terngaga . Ia katakan tidak ada listnya. Lalu dengan bijaksana ia menjelaskan bahwa memang the annointed ones memperoleh pengampunan dosa dengan turut ambil bagian dari Perjamuan Tuhan. Tetapi ada ayat lainnya yang menyatakan bahwa JW juga diampuni dosanya di 1 Yoh 2:2:



He is the atoning sacrifice for our sins, and not only for ours but also for [fn] the sins of the whole world. (NIV)

Dan ia adalah korban pendamaian bagi dosa kita, namun bukan bagi dosa kita saja tetapi juga bagi dosa seluruh dunia (NW)


Elder itu menjelaskan panjang lebar bahwa ketika Rasul Yohanes mengatakan ‘dosa kita’ di ayat itu menunjuk kepada dosa dari the annointed ones di mana rasul Yohanes merupakan bagian dari annointed one sedangkan dosa seluruh dunia menyatakan dosa-dosa yang berada di luar the annointed ones atau kaum terurap, dalam hal ini JW yang memiliki harapan hidup di firdaus bumi.


Ok, to make sure. Saya tanya lagi, brother, kamu selalu mengatakan bahwa kamu hanya mempercayai apa yang Alkitab tulis, bukan? Dijawab, Ya, pasti.



Lalu saya bertanya: 

Di mana ada ayat Alkitab yang menyatakan bahwa maksud kalimat Rasul Yohanes “dosa kita” di ayat ini memaksudkan the annointed ones dan “dosa seluruh dunia” memaksudkan dosa-dosa di luar the annointed ones atau paling tidak, apakah ada ayat yang menyatakan bahwa hanya 144,000 orang saja yang boleh lahir baru sehingga dapat ambil bagian dalam Perjamuan Tuhan? 


Mendengar pertanyaan saya, elder itu dan sedangkan saya: 


Maaf, sampai detik ini, my brother JW belum dapat menemukan ayatnya. Barangkali sister Martha dapat membantu saya dalam hal ini? Saya sungguh-sungguh ingin mendengarnya dari Martha. Ini penting karena akan membuat saya yakin bahwa saya terselamatkan. Buat apa saya rajin mengabar jika saya pada akhirnya tidak selamat, bukan?



Nah inilah masalah saya selama ini. Meskipun saya sudah belajar sama JW begitu lama belum lulus-lulus juga karena belum ada pencerahan dalam hal ini. Bagaimana sister Martha, bisa memberi pencerahannya agar saya berpikir ulang?

Martha's comment: 




Untuk menjadi salah satu dari 144,000 the chosen ones itu bukan up to us, but up to Jesus untuk memilih orang tersebut. Orang yang dipilih akan tau bahwa dia dipilih karena Jesus mengirim the holy spirit untuk ngasi tau orang yang terpilih. Dalam memorial observance of the death of Christ, bread and wine itu dipass keliling ke seluruh jemaah. Yang dipilih ini akan memakan roti dan minum anggur dari cawan yang melambangkan covenant (contract/agreement). Yang tidak dipanggil (not chosen) akan menerima wadah roti dan cawan tapi tidak akan memakan roti dan minum anggur. Wadah itu di pass ke orang lain disamping nya. Untuk menghindari kesalahpahaman orang yang pertama kali menghadiri Memorial Observance of the death of Christ, elder yang memimpin acara akan kasi ilustrasi pengantin itu, kemudian memperingatkan bahwa if you are not called, please don't eat the bread or drink the wine. Bisa jadi roti itu ga ada yang makan. 

Jesus is preparing the kingdom. Jadi helpers nya itu belum lengkap. Kalau helpers nya sudah lengkap 144,000 souls, makan datang lah time of tribulation. The gospel sudah tidak lagi diserbarkan. If the gospel is preached juga, it will not result any good because the time is up. 

I hope I answered all or maybe some of your questions. Aku terpaksa pake banyak bahasa Inggris sebab aku gak punya Bible scriptures bahasa Indonesia. Lagi pula aku sudah ketinggalan jauh dalam hal terminology bahasa Indonesia karena sudah jarang memakai bahasa Indonesia. I really hope my explanation is helpful to you.



One more thing, kalo bisa sih tolong sarankan ke website owner, disatuin aja lah diskusi ini di satu sub folder Jehovah's witness. Soalnya kalo banyak folder jadi agak susah harus loncat sana sini. Soalnya untuk tau orang bertanya sama saya itu, harus banyak folder yang saya buka. 

Take care of yourself.



---------------------------------------------------------------------------------------------



Tanggapan AWI


Quote:
The word "Organisasi Yehuwa" itu we believe as God's congregation or God's people. Kumpulan orang orang yang mengakui only the authority of Jehovah. Jadi bukan melalui organisasi manusia. Makanya selalu saya tekankan bahwa Jehovah's Witnesses itu adalah Congregation, bukan organisasi seperti club. The use of the word "Organisasi" dalam literatures itu appropriate kalau dalam context "kumpulan orang orang "

Ya, saya mengerti maksudnya sister Martha. Memang setiap JW menganggap bahwa “organisasi Yehuwa” ini merupakan sekelompok umat sidang Allah, bukan organisasi yang didirikan oleh manusia, melainkan oleh Allah sendiri.

Quote:
Sangat mungkin kalo ada sekelompok umat Jehovah yang tidak beridentitas kan "Congregation of Jehovah's Witnesses" tetapi menjalankan what the Bible really teaches. Apostle Paul bukan bagian dari "Watch Tower Society" dari segi organization, tapi he witnessed for Jehovah. Jesus saja bersaksi untuk his father, Jehovah. Tapi bukan berarti Jesus itu member of Watch Tower Society. A christian named Philip was not member of Watchtower Society, but he witnessed for Jehovah and baprized an Ethiopian Court official. So try not to get mixed up dengan the understanding of the word "organization".

This part, I do understand well too.

Doktrin JW mengatakan bahwa apostle Paul dan lain-lainnya apostle, termasuk Russell, Judge Rutherford, dan beberapa orang-orang yang running organisasi termasuk bagian dari 144.000 orang yang akan memerintah bersama Jesus di sorga.

Nah, rasanya pemahaman saya akan doktrin LMP sama dengan sister Martha sejauh ini.

Tetapi, pertanyaan saya adalah apakah menjadi bagian dari God's congregation or God's people yang di-running oleh organisasi Lembaga Menara Pengawal diharuskan untuk memperoleh keselamatan ? Mengingat, berdasarkan literatur organisasi yang saya baca, jelas organisasi menyatakan “Hanya ada satu bahtera yang selamat melampaui Air Bah, bukan sejumlah kapal. Selain itu, hanya akan ada satu organisasi—organisasi Allah yang kelihatan—yang akan selamat melampaui “sengsara yang besar,” yang semakin dekat.” Bagi saya, tulisan organisasi itu sangat jelas yaitu kita harus ikut ambil bagian menjadi God’s congregation yang di running oleh organisasi Lembaga Alkitab dan Risalah Menara Pengawal karena memang satu-satunya God’s organization on earth ya Lembaga Alkitab dan Risalah Menara Pengawal, bukan?

Nah, ini lead to another question yang saya butuhkan penjelasan dari Martha yaitu;

Di mana bagian dari Alkitab yang menyatakan bahwa kita dapat selamat dengan bergabung ke dalam God’s peopleyang di running oleh Lembaga Alkitab dan Risalah Menara Pengawal sebagai satu-satunya God’s organization on earth?

Saya tidak menolak bahwa kita harus menjadi bagian dari God’s people. Dan Alkitab menyatakan bahwa menjadiGod’s people, kita harus percaya kepada Yesus sebagai juru selamat dan Tuhan sehingga dapat mengalami lahir baru, mengambil bagian dari tubuh Kristus dan melakukan kehendak Yehuwa. Nah ini pemahaman saya. Jadi yang saya kurang mengerti adalah LMP mengatakan bahwa kita harus menjadi bagian dari God’s people yang di runningoleh organisasi Lembaga Alkitab dan Risalah Menara Pengawal sebagai satu-satunya God’s organization on earth.
Quote:
Jehova's Witnesses believe Christians are commanded to observe memorial of Christ death. Observance ini disebut "The Lord's evening meal", sering juga dikenal sebagai "The Lord's supper". Waktu Jesus and his apostles (tidak termasuk Judas) adalah waktu celebration of Passover. This evening meal replaced the passover of jewish. That's why we observe it once a year. According to Luke 22:20, Jesus said, "This cup means the new convenant by virtue of my blood, which is to be poured out in your behalf." Convenant itu adalah "agreement". This covenant atau contract makes it possible for 144,000 faithful christians to go to heaven. Disana they will serve as kings and priests for the blessing of all mankind. Jadi siapa saja yang should take part dalam memorial of Jesus' death (makan roti dan minum anggur)? Seperti diatas saya mention, only the people in the new convenant (agreement). Here are supporting scriptures. You can cross compare dengan Bible Translation versions lain.


Ya, saya juga mengerti penjelasan sister Martha. Dan sister Martha mengatakan “According to Luke 22:20, Jesus said, "This cup means the new convenant by virtue of my blood, which is to be poured out in your behalf." Convenant itu adalah "agreement". This covenant atau contract makes it possible for 144,000 faithful christians to go to heaven.”

Nah pertanyaan saya, mengingat covenant itu begitu penting, bagian mana dari Alkitab yang explicitly menyatakan bahwa hanya 140.000 orang yang layak mendapatkan covenant itu? 


The supporting scriptures yang sister berikan tidaklah menyatakan bahwa hanya 144.000 orang yang layak mendapatkan covenant itu. Yang sister berikan hanyalah their activities di surga dan apa yang apostle John saw


Quote:
Untuk menjadi salah satu dari 144,000 the chosen ones itu bukan up to us, but up to Jesus untuk memilih orang tersebut


Saya setuju bahwa it’s up to Jesus untuk memilih orang-orang pilihannya. Tetapi sekali lagi, yang saya tidak mengerti adalah konsep bahwa Jesus hanya memilih 144,000 sebagai umat pilihan-Nya. Konsep ini tidak saya baca di dalam Alkitab. Bisa diberi ayat-ayat buktinya bahwa Jesus hanya memilih 144,000 orang untuk menjadi umat pilihan-Nya? 



Pemahaman saya adalah every Christian – not limited number - merupakan umat pilihan-Nya. Karena LMP mengatakan hanya limited number menjadi umat pilihan-Nya maka saya menjadi bertanya-tanya sudah berapa banyak jumlah totalnya. Saya lebih baik menjadi bagian dari umat pilihan-Nya yang pasti selamat karena bagian dari covenant-Nya dibandingkan dengan earthly class yang tidak mendapatkan pengampunan dosa karena bukan bagian dari covenant yang dilambangkan dengan mengambil roti dan anggur.


----------------------------------------------------------------------------------

Tanggapan Martha:

Quoted dari Brother Awi:

Doktrin JW mengatakan bahwa apostle Paul dan lain-lainnya apostle, termasuk Russell, Judge Rutherford, dan beberapa orang-orang yang running organisasi termasuk bagian dari 144.000 orang yang akan memerintah bersama Jesus di sorga. 


Nah, rasanya pemahaman saya akan doktrin LMP sama dengan sister Martha sejauh ini.

Martha's comment:

We don't know persis siapa saja dari Watchtower itu yang annointed. Soalnya kalo ada orang yang memakan roti dan minum anggur, nggak diumumkan. Nggak ada track record nya. Sebab Jehovah's witness itu believe that annointment is not for self glory. That's their business with Jesus. Tapi kalo orang yang jelas jelas disebut in the Bible sudah menerima annoinment (the apostles), itu yang we believe will be in heaven as kings and priests helping Jesus. Karena we believe in everything found in the Bible. 

Russell and Rutherford ini gak ada namanya di Bible. They may be the chosen ones, they may not. Saya pribadi gak melihat dia makan roti dan minum wine. Bisa juga yang the chosen ones itu adalah scholars sebelum mereka. Tapi yang kami percaya adalah there are annointed individuals di Watchtower sekarang, yang menyusun ministry. They are guided by the holy spirit dalam menyusun dan menjalankan ministry. Yang kami lihat adalah ajaran yang diteruskan kepada congregation sebagai bagian dari fruits of the spirit. When Watchtower Society is fake, then the doctrine and practices akan tidak syncronize with what's in the Bible. Dari melihat fruits ini lah we make decision to believe and continue the ministry atau to avoid Watch Tower publication. Nggak semua yang kerja di Watchtower itu adalah annointed ones. Seperti publication operations lainnya yang memiliki workers. Hanya Watchtower is not for profit. 

Quoted dari Brother Awi:

Tetapi, pertanyaan saya adalah apakah menjadi bagian dari God's congregation or God's people yang di-running oleh organisasi Lembaga Menara Pengawal diharuskan untuk memperoleh keselamatan ? Mengingat, berdasarkan literatur organisasi yang saya baca, jelas organisasi menyatakan “Hanya ada satu bahtera yang selamat melampaui Air Bah, bukan sejumlah kapal. Selain itu, hanya akan ada satu organisasi—organisasi Allah yang kelihatan—yang akan selamat melampaui “sengsara yang besar,” yang semakin dekat.” Bagi saya, tulisan organisasi itu sangat jelas yaitu kita harus ikut ambil bagian menjadi God’s congregation yang di running oleh organisasi Lembaga Alkitab dan Risalah Menara Pengawal karena memang satu-satunya God’s organization on earth ya Lembaga Alkitab dan Risalah Menara Pengawal, bukan? 

Martha's comment:

Jehovah's witnesses believe that we are promoting the true teaching of jesus. Bisa saja ada kelompok christians somewhere in this earth yang believe in the same thing and way we believe dan tidak kenal Watch Tower Society, entah dari mana source nya. Yang jelas, we promote what we know. Bukan declaration bahwa we are the only true group to everlasting life. 

Saya coba kasi ilustrasi. Kami mempromosikan suatu product yang kami sudah test dan kami percaya product itu bagus. Bisa saja ada product lain yang material composition nya sama, ketangguhannya sama dengan apa yang kami promosikan. Kami tidak bisa bilang, "Kami lah satu satunya source product yang paling bagus ini". Because we dont know what's out there. All we know is we make excellent products according to the qualifications of "excellent" itu. Nah kalau group yang kita tidak tau membuat product yang bagus itu exists, terus mereka mendengar mengenai kami, mereka akan in agreement dengan kami dan kami akan in agreement dengan mereka dalam hal quality of product. Malah kalau ketemu, kami dan mereka malah bisa bisa merge, sebab kami dan mereka nggak akan tampil sebagai kelompok yang berbeda dalam iman. We declare ourselves as the makers of excellent products.

Quoted dari Brother Awi:

Nah, ini lead to another question yang saya butuhkan penjelasan dari Martha yaitu;


Di mana bagian dari Alkitab yang menyatakan bahwa kita dapat selamat dengan bergabung ke dalam God’s people yang di running oleh Lembaga Alkitab dan Risalah Menara Pengawal sebagai satu-satunya God’s organization on earth? 

Martha's comment:


Look at the fruits of the spirit. We want to be seen dari consistency mempertahankan the true teachings of Jesus and don't contradict with the Holy Scriptures. . 

Quoted dari Brother Awi:

Saya tidak menolak bahwa kita harus menjadi bagian dari God’s people. Dan Alkitab menyatakan bahwa menjadi God’s people, kita harus percaya kepada Yesus sebagai juru selamat dan Tuhan sehingga dapat mengalami lahir baru, mengambil bagian dari tubuh Kristus dan melakukan kehendak Yehuwa. Nah ini pemahaman saya. Jadi yang saya kurang mengerti adalah LMP mengatakan bahwa kita harus menjadi bagian dari God’s people yang di running oleh organisasi Lembaga Alkitab dan Risalah Menara Pengawal sebagai satu-satunya God’s organization on earth.

Martha's comment:

We believe that we continue the true teachings of Jesus according to the Bible. That's all we know. Kami tidak bisa kasi referral pada siapa siapa untuk ikut congregation "Anu", because we don't know any society that continue the true teachings of Jesus. Jadi kembali pada orang yang bersangkutan untuk menentukan pilihan. Untuk membuktikan apakah Jehovah's witnesses ini preach according to the true teaching of Jesus, itu bisa di challenge di Bible lessons yang diberikan Jehovah's Witness. 

Quoted dari Brother Awi:

Nah pertanyaan saya, mengingat covenant itu begitu penting, bagian mana dari Alkitab yang explicitly menyatakan bahwa hanya 140.000 orang yang layak mendapatkan covenant itu? 


Martha's comment:

Yes. Because the BIble stated only 144,000 yang dipilih.

Quoted dari Brother Awi:

The supporting scriptures yang sister berikan tidaklah menyatakan bahwa hanya 144.000 orang yang layak mendapatkan covenant itu. Yang sister berikan hanyalah their activities di surga dan apa yang apostle John saw. 

Martha's comment:

Ya memang untuk itulah tujuan mereka itu dipilih. Covenant itu adalah contract to serve Jehovah under the ruler of Jesus (Jehovah's appointed King) setelah evil sudah dimusnahkan. The convenant is not for the activity on earth. Kita hanya bisa berbuat apa yang dikehendaki Jehovah untuk mendekati qualification to be chosen. Kalau Jesus anggap kita layak, Jesus akan send the holy spirit to tell us that we are chosen. We may want to be the chosen ones, tapi kita tidak bisa mengejarnya seperti mengejar diploma (memenuhi persyaratan untuk graduate). Tetap Jesus yang menentukan.

Quoted dari Brother Awi:

Saya setuju bahwa it’s up to Jesus untuk memilih orang-orang pilihannya. Tetapi sekali lagi, yang saya tidak mengerti adalah konsep bahwa Jesus hanya memilih 144,000 sebagai umat pilihan-Nya. Konsep ini tidak saya baca di dalam Alkitab. Bisa diberi ayat-ayat buktinya bahwa Jesus hanya memilih 144,000 orang untuk menjadi umat pilihan-Nya?

Martha's comment:

Let's get this straight. Pengertian dari Umat pilihan disini adalah KAUM YANG DIPILIH (The chosen People) dari antara umat Tuhan (God's people). 

Luke 22:29, 30:
29 and I make a covenant with YOU, just as my Father has made a covenant with me, for a kingdom, 30 that YOU may eat and drink at my table in my kingdom, and sit on thrones to judge the twelve tribes of Israel. 

Maksudnya itu adalah I (Jesus) will make a contract/agreement with you (the chosen one). To judge the 12 tribes of Israel itulah tugas orang orang yang dipilih. Jadi Jesus yang decide mana yang dia pilih. Bukan kita yang bikin proposal untuk dipilih. 

Here is another scripture.

Luke 12:32, 37:
32 “Have no fear, little flock, because YOUR Father has approved of giving YOU the kingdom.

37 Happy are those slaves whom the master on arriving finds watching! Truly I say to YOU, He will gird himself and make them recline at the table and will come alongside and minister to them.

Nah bukan berarti cuman 144,000 yang mendapatkan eternal life. Orang orang diluar 144,000 yang worship and obey Jehovah akan hidup on earth, seperti tujuan pertama waktu Adam dan Hawa diciptakan. Human live on sinless earth. 

Quoted dari Brother Awi:

Pemahaman saya adalah every Christian – not limited number - merupakan umat pilihan-Nya. Karena LMP mengatakan hanya limited number menjadi umat pilihan-Nya maka saya menjadi bertanya-tanya sudah berapa banyak jumlah totalnya. Saya lebih baik menjadi bagian dari umat pilihan-Nya yang pasti selamat karena bagian dari covenant-Nya dibandingkan dengan earthly class yang tidak mendapatkan pengampunan dosa karena bukan bagian dari covenant yang dilambangkan dengan mengambil roti dan anggur.

Martha's comment:

Tidak masuk convenant bukan berarti tidak akan dapat eternal life. Christians who love God with all their might, hearts, mind and spirit and obey his commandments will have eternal life. Jehovah's witness believe that we will occupy the earth, that is already cleansed from evil. Evil is no more. Karena itulah tujuan Jehovah in the beginning waktu Adam and Eve diciptakan, yaitu to fill the earth and be fruitful. Nah setelah evil is no more, kembali lagi manusia pada tujuan mula, to fill the earth and be fruitful. 

The 144,000 itu will be in heaven as helpers of Jesus in ruling the Kingdom. Structure governing bani israel is the example of what's gonna happen in heaven. Bahwa akan diambil 1 leader (king) from, every tribe, ya untuk ngurusin manusia yang didunia baru (dunia yang sudah dibersihkan dari evil).






---------------------------------------------------------------------------
Tanggapan AWI:

Terima kasih atas jawabannya, meskipun sangat sedih  kamu tidak bersedia melanjutkan pembahasan kita lagi. Tetapi saya harus membalas ini untuk memberitahu Christian netter Selamatpagi akan kepalsuan doktrin Lembaga Alkitab dan Risalah Menara Pengawal

Quote:
Quoted dari Brother Awi:
Doktrin JW mengatakan bahwa apostle Paul dan lain-lainnya apostle, termasuk Russell, Judge Rutherford, dan ....Nah, rasanya pemahaman saya akan doktrin LMP sama dengan sister Martha sejauh ini.

Martha's comment:
We don't know persis siapa saja dari Watchtower itu yang annointed. Soalnya kalo ada orang yang memakan roti dan minum anggur, nggak diumumkan. Nggak ada track record nya. Sebab Jehovah's witness itu believe that annointment is not for self glory. That's their business with Jesus. Tapi kalo orang yang jelas jelas disebut in the Bible sudah menerima annoinment (the apostles), itu yang we believe will be in heaven as kings and priests helping Jesus. Karena we believe in everything found in the Bible.

Nah inilah yang sama coba mencari tahu bagaimana hanya 144.000 orang yang dipilih masuk sorga? Apa dasar Alkitabnya hanya 144,000 yang memperoleh hak surgawi? Jika gak ada list-nya. Bagaimana jika saya merasa bagian dari 144.000 orang, ternyata surganya sudah penuh tanpa saya tahu? Lah, saya ngak masuk sorga dong  karena yang pasti selamat hanya kaum terurap/hamba yang setia dan bijaksana/the annoited ones, sedangkan SSY yang memiliki harapan di bumi, mudah-mudahan aja selamatnya. Berabe dech saya. 

Quote:
Russell and Rutherford ini gak ada namanya di Bible. They may be the chosen ones, they may not. Saya pribadi gak melihat dia makan roti dan minum wine. Bisa juga yang the chosen ones itu adalah scholars sebelum mereka. Tapi yang kami percaya adalah there are annointed individuals di Watchtower sekarang, yang menyusun ministry. They are guided by the holy spirit dalam menyusun dan menjalankan ministry.


Memang benar nama Russell dan Rutherford tidak ada di Bible, tetapi pernyataan kamu ini membuktikan bahwa ajaran yang kamu terima sungguh-sungguh rapuh dan tidak berdasarkan Alkitab. Karena ajaran yang kamu terima saling berkontradiksi. Ketika kamu katakan: “They [Russell dan Rutherford] may be the chosen ones, they may not. Saya pribadi gak melihat dia makan roti dan minum wine” dalam arti ‘mereka mungkin tidak merupakan bagian dari kaum terurap/the annoited ones’ merupakan pernyataan yang sungguh-sungguh berkontradiksi dengan ajaran LMP sendiri mengenai fungsi dari kaum terurap yaitu hanya kaum terurap yang boleh mentafsirkan Alkitab dengan benar dan dibagikan kepada setiap SSY di seluruh dunia. Mengapa begitu seperti yang kamu katakan sendiri "they are guided by the holy spirit dalam menyusun dan menjalankan ministry"  



Berikut kutipan Majalah Menara Pengawal/MP 1/8/2001, hlm. 14 menjelaskan bahwa kebenaran firman Allah singkapkan oleh Allah Yehuwa melalui Yesus dan ‘budak yang setia dan bijaksana’ [the chosen ones]. Berikut kutipannya, perhatikan kalimat yang berwarna :

Pertama-tama, karena ”kesatuan” harus dipertahankan, seorang Kristen yang matang harus bersatu dan sepenuhnya harmonis dengan rekan-rekan seiman dalam ruang lingkup iman dan pengetahuan. Ia tidak mempromosikan atau bersikeras pada opini pribadi atau mempertahankan gagasan pribadi bila halnya menyangkut pemahaman Alkitab. Sebaliknya, ia memiliki keyakinan penuh pada kebenaran mengingat itu disingkapkan oleh Allah Yehuwa melalui Putra-Nya, Yesus Kristus, dan ”budak yang setia dan bijaksana”. Dengan menyantap makanan rohani yang disediakan ”pada waktu yang tepat” secara teratur—melalui publikasi Kristen, perhimpunan, dan kebaktian—kita dapat yakin bahwa kita mempertahankan ”kesatuan” dengan sesama Kristen dalam iman dan pengetahuan.—Matius 24:45.


Nah, jika Russell dan Rutherford mungkin bukan bagian dari kaum terurap/hamba yang setia dan bijaksana [the chosen ones], berarti tulisan-tulisan mereka dulu bukan disingkap dari Yehuwa, dong? Kalau mungkin bukan kaum terurap dan SSY dulu mengikutinya, bukankah celaka karena mereka ternyata tidak mengikuti apa yang disingkap Yehuwa? Pastesan aja, mereka banyak bernubuat palsu akan kiamat, ternyata kemungkinannya mereka bukan bagian dari kaum terurap. 

Jika kamu katakan bahwa Russell bukan kaum terurap/hamba yang setia dan bijaksana maka memang kamu sungguh-sungguh belum belajar sejarah LMP yaitu dulunya sebelum diciptakan doktrin hanya 144,000 orang boleh naik ke sorga pada tahun 1933 dan disahkan tahun 1935, klaim kaum terurap itu dikenakan kepada Russell seperti yang dikatakan di buku Russell “The Divine Plan of the Ages” edisi tahun 1927, hlm. 7:

“Ribuan pembaca tulisan Pastur Russell percaya bahwa ia mengisi kantor itu sebagai ‘hamba yang setia dan bijaksana’, dan karyanya yang luar biasa memberikan rumah tangga iman daging (makanan rohani) pada waktunya. Kesederhanaan dan kerendahan hati-nya menghalangi dia secara terbuka mengklaim gelar ini, tapi ia mengakui demikian dalam percakapan pribadi” (copy buku ini akan saya lampirkan di dalam tulisan saya di bab 2)



Jadi ketika kamu katakan 

Quote:
Karena we believe in everything found in the Bible

Tidaklah benar karena jangankan berdasarkan Alkitab, berdasarkan penalaran ajaran LMP sendiri saling berkontradiksi.

Quote:
Quoted dari Brother Awi:
Tetapi, pertanyaan saya adalah apakah menjadi bagian dari God's congregation or God's people yang di-running oleh organisasi Lembaga Menara Pengawal diharuskan untuk memperoleh keselamatan ? Mengingat, berdasarkan literatur organisasi yang saya baca, jelas organisasi menyatakan “Hanya ada satu bahtera yang selamat melampaui Air Bah, bukan sejumlah kapal. Selain itu, hanya akan ada satu organisasi—organisasi Allah yang kelihatan—yang akan selamat melampaui “sengsara yang besar,” yang semakin dekat.” Bagi saya, tulisan organisasi itu sangat jelas yaitu kita harus ikut ambil bagian menjadi God’s congregation yang di running oleh organisasi Lembaga Alkitab dan Risalah Menara Pengawal karena memang satu-satunya God’s organization on earth ya Lembaga Alkitab dan Risalah Menara Pengawal, bukan?

Martha's comment:
Jehovah's witnesses believe that we are promoting the true teaching of jesus. Bisa saja ada kelompok christians somewhere in this earth yang believe in the same thing and way we believe dan tidak kenal Watch Tower Society, entah dari mana source nya. Yang jelas, we promote what we know. Bukan declaration bahwa we are the only true group to everlasting life....

Argumentasi kamu ini hanya terdengar manis dan masuk akal bagi orang-orang yang ngak mengerti doktrin LMP. Memang setiap SSY pada awalnya akan ngomong begitu untuk menghaluskan klaim LMP yang terlalu berani dan tidak masuk akal. Misalnya, dulu waktu saya baru belajar doktrin LMP, saya tanya SSY apa ia LMP mengklaim sebagai satu-satunya organisasi Allah di bumi. SSY itu mencoba mengalihkan perhatian saya ke hal yang lain. Tetapi saya tanya lagi. Baru ditanya oleh dia, darimana saya tahu. Nah saya tunjukkan kutipan LMP, baru dia ngaku.

Tetapi kamu lupa ya 
 bahwa saya sudah belajar banyak, 4 tahun loh, hanya mempelajari doktrin kamu.  Itu waktu yang gak sedikit. Saya katakan jika sekolah maka saya sudah lulus bachelor/S1. 

Kamu perhatikan kutipan yang saya lampirkan di atas yaitu “Hanya ada satu bahtera yang selamat melampaui Air Bah, bukan sejumlah kapal. Selain itu, hanya akan ada satu organisasi—organisasi Allah yang kelihatan—yang akan selamat melampaui “sengsara yang besar,” yang semakin dekat.”

Tolong hargai saya sesuai dengan pengetahuan saya. Jangan perlakukan saya seolah-olah saya ngak ngerti padahal saya sudah jujur mengatakan bahwa saya sudah belajar lama. Jika saya ngak jujur, bisa saja saya pura-pura jadi orang yang ngak ngerti dan menjebak kamu dengan pertanyaan-pertanyaan yang menjebak agar kamu terlihat bodoh. Tidak, ini bukan motivasi saya. Kejujuran diperlukan untuk berdiskusi akan Alkitab yang kita hargai sebagai hal yang kudus.

Please baca cermat “Hanya ada satu....hanya akan ada satu organisai --- organisasi Allah yang kelihatan..” Lihat klaim LMP itu, hanya ada satu, ngak sesuai dengan yang kamu tulis. 
Quote:
Quoted dari Brother Awi:
Nah, ini lead to another question yang saya butuhkan penjelasan dari Martha yaitu;
Di mana bagian dari Alkitab yang menyatakan bahwa kita dapat selamat dengan bergabung ke dalam God’s people yang di running oleh Lembaga Alkitab dan Risalah Menara Pengawal sebagai satu-satunya God’s organization on earth?

Martha's comment:
Look at the fruits of the spirit. We want to be seen dari consistency mempertahankan the true teachings of Jesus and don't contradict with the Holy Scriptures.


Jawaban kamu ngak nyambung dengan pertanyaan saya.   Yang saya minta bukti ayat Alkitab bukan reasoning atau rasionalisasi kamu.

Lagi pula saya sudah buktikan bahwa Lembaga Alkitab dan Risalah Menara Pengawal tidak menghasil fruits of the spirit di http://www.sarapanpagi.org/kebohongan-lembaga-alkitab-dan-risalah-menara-pengawal-vt3891.html#p21487. Organisasi sama sekali tidak menghasilkannya. 
   

Quote:
Quoted dari Brother Awi:
Saya tidak menolak bahwa kita harus menjadi bagian dari God’s people. Dan Alkitab menyatakan bahwa menjadi God’s people, kita harus percaya kepada Yesus sebagai juru selamat dan Tuhan sehingga dapat mengalami lahir baru, mengambil bagian dari tubuh Kristus dan melakukan kehendak Yehuwa. Nah ini pemahaman saya. Jadi yang saya kurang mengerti adalah LMP mengatakan bahwa kita harus menjadi bagian dari God’s people yang di running oleh organisasi Lembaga Alkitab dan Risalah Menara Pengawal sebagai satu-satunya God’s organization on earth.

Martha's comment:
We believe that we continue the true teachings of Jesus according to the Bible. That's all we know. Kami tidak bisa kasi referral pada siapa siapa untuk ikut congregation "Anu", because we don't know any society that continue the true teachings of Jesus. .. Untuk membuktikan apakah Jehovah's witnesses ini preach according to the true teaching of Jesus, itu bisa di challenge di Bible lessons yang diberikan Jehovah's Witness.

Kembali jawaban kamu ngak nyambung dengan pertanyaan saya. Yang saya minta adalah ayat-ayat Alkitab yang mendukung bahwa kita harus menjadi bagian dari umat Allah yang diorganisasikan oleh LMP. Rupanya kamu tidak bisa membedakan antara the true teaching of Jesus dengan tafsiran Lembaga Menara Pengawal

Kamu nulis: "Untuk membuktikan apakah Jehovah's witnesses ini preach according to the true teaching of Jesus, itu bisa di challenge di Bible lessons yang diberikan Jehovah's Witness"


Nah inilah yang saya telah lakukan berkali-kali, termasuk dengan sister Martha, yaitu to challenge/menantang di Bible lessons yang diberikan SSY, sayangnya, sister menolak dan mengundurkan diri. Demikian juga dengan SSY di Indonesia. Kamu itu ngomong ini hanya untuk save face aja


Ok saya akan jawab bagian lainnya besok ya...capee ngak ngerti-ngerti juga atau emang saya ya yang ngak ngerti-ngerti juga. Apakah ada netter yang mo komentar? Please jangan cuma saya doang dong. Masa ngak di bantu, sich? Mana rasa kebersaudaraannya?    Hanya bercanda koq. Tapi butuh juga sich bantuan, maklum bukan pendeta.

Tapi butuh juga sih komentarnya biar saya tahu bahwa ada orang yang membaca. 
 Takut gak ada yang baca...sia-sia nulisnya deh.  

Tapi memang gitu koq. Sesungguhnya, yang diyakini oleh SSY adalah tafsiran Lembaga Alkitab dan Risalah Menara Pengawal bukan keyakinan kepada apa yang dinyatakan di dalam Alkitab. SSY selalu mengatakan "kami percaya akan apa yang diajarkan di Alkitab" sesungguhnya tidaklah benar. Nah, ini buktinya..... 

Sampai besok ya, jangan lupa kasih komentarnya para netter.


GBU


----------------------------------------------------------------------------------------------



Tanggapan Martha:

Brother Awi, the fruits of the spirit itu selalu baik and pleasant to others. Bad fruit, gimana pun keliatan bagus dari luar. will not show give good taste. Ministry itu bukan popularity contest. Saya bukan menyelamatkan muka saya melainkan muka Jehovah. Saya hanya mengikuti ayat dibawah ini.
Matthew 7:6 New International Version (NIV)

“Do not give dogs what is sacred; do not throw your pearls to pigs. If you do, they may trample them under their feet, and turn and tear you to pieces.

Pengakuan kamu sudah belajar Doctrine Jehobah's Witness selama berthaun tahun itu tidak syncronize dengan pengetahuan kamu dan attitude. Semua pertanyaan kamu itu ada di chapters depan dari buku pertama Bible lesson. Masa sih sudah bertahun tahun belajar nggak sampe ke chapter itu. Doesn't sound truthful. The fruits of the spirit supports truthfulness and honesty, brother Awi. Now you know why your friend itu "menganga" waktu kamu tanya pertanyaan yang kamu tanya sama saya. He doesn't want to waste the holy word of God on people who don't appreciate the value. He did the right thing.

Kalo kamu perhatikan, kenapa banyak yang membuang waktu attacking Jehovah's Witnesses ketimbang menggunakan waktu itu untuk memperdalam pengetahuan mengenai the word of Jehovah. Because satan knows his days is counted.

Take good care of yourself.

----------------------------------------------------------------------------------------------


Tanggapan AWI:



Quote:
Brother Awi, the fruits of the spirit itu selalu baik and pleasant to others. Bad fruit, gimana pun keliatan bagus dari luar. will not show give good taste. Ministry itu bukan popularity contest.

Terima kasih Tuhan Yesus, ternyata sister Martha masih sudi memberi komentar.

Kamu selalu bicara the fruits of the spirit. Ketulusan dan semangat kamu melayani Yehuwa saya ancungi two thumbs up. Kamu sudah berkeliling door to door dan menuruti tafsiran LMP. Kamu pikir kamu sudah melayani sesuai dengan keinginan Yehuwa. Tetapi ketika saya tanyakan di mana buktinya the fruits of the spirit dari organisasi LMP ketika berbohong kepada para pembacanya di halaman "Kebohongan Lembaga Alkitab dan Risalah Menara Pengawal", malahan mengatakan :

Quote:
I just want to let you know that I will no longer respond to your question.

Saya sungguh sedih    Tolong dijawab dulu pertanyaan saya: Apakah mungkin Yehuwa yang begitu suci dan kudus menggunakan suatu organisasi yang menggunakan kebohongan untuk membuktikan dirinya benar? 

Quote:
Saya bukan menyelamatkan muka saya melainkan muka Jehovah

Inilah bedanya antara keyakinan saya dengan keyakinan kamu. Yehuwa tidak perlu diselamatkan ataupun dibela dalam bentuk apapun juga dan oleh siapapun. Siapakah kita yang berani membela-Nya? Kecuali 'Yehuwa'yang diwakilkan oleh Lembaga Alkitab dan Risalah Menara Pengawal, memang perlu dibela dan diselamatkan!! 

Mendengarnya saja saya sungguh sedih.   Ia Pencipta Allah semesta, tetapi ternyata perlu dibela-bela dan diselamatkan muka-Nya.   Ini bukanlah Allah Yehuwa yang saya baca di Alkitab.  

----------------------------------------------------------------------------------------------

Tanggapan Martha:

Quoted from brother Awi:

Inilah bedanya antara keyakinan saya dengan keyakinan kamu. Yehuwa tidak perlu diselamatkan ataupun dibela dalam bentuk apapun juga dan oleh siapapun. Siapakah kita yang berani membela-Nya? Kecuali 'Yehuwa' yang diwakilkan oleh Lembaga Alkitab dan Risalah Menara Pengawal, memang perlu dibela dan diselamatkan!!

Martha's comment:

So let, me get it straight. Jadi menurut kamu Christians tidak berkewajiban untuk bersaksi mempertahankan kebenaran mengenai image characteristic dan standard Jehovah Father? Jadi christians tidak diwajibkan untuk mengkoreksi apa yang Setan sudah bengkok kan selama ini? Jadi waktu Jesus datang ke dunia, bukankah dia meluruskan ajaran ajaran yang sudah membengkokkan the truth about his father sampe banyak orang yang akhirnya tidak mengenal characteristic (image) Allah yang sesungguhnya. Jadi kamu memang gak percaya bahwa reputation Jehovah itu perlu diselamatkan dari semua orang yang merusak image nya? Oooh, my goodness. Baru saya ngerti sekarang kenapa kamu bersikap deceptive. Rupanya image dari characteristic of God yang diberikan pada conscience kita itu, menurut kamu, gak perlu di restore dengan dicerminkan dari tabiat kita. Pantes setiap aku bilang "the fruits of the spirit", kamu seolah olah gak nangkep.

Makanya kami sebut congregation kami sebagai Saksi Saksi Yehuwa, karena kami merasa bertanggung jawab me restore the image of The Father's standards, values, characters and Quality dengan bersaksi dari Bible. Pantes dari mula kita gak nyambung. Sebab misi kita kayaknya berbeda.

Ya, ya udah kalo begitu. Yang penting aku sudah bersaksi, I did my job. Nggak akan sia sia tulisan ku. Kalo nggak berguna buat kamu, yang lain pun masih bisa membaca kok. Holy spirit is working.

PS. Mengolok olok hamba Jehovah itu tidak disukai Jehovah, lho.

----------------------------------------------------------------------------------------------

Tanggapan AWI:

Dear Sister Martha,

Apakah kamu marah, sister Martha? Saya sangat...sangat mengerti. I'm sorry... very sorry to make you feel like this for I have told the truth. Finally, I have to admit to you that you win 100% dan absolutely right over our discussion. Are you satisfied? I hope you are.

Ngak penting bagi saya siapa yang menang atau kalah dalam diskusi ini. Semua sia-sia. Yang utama bagi saya adalah keselamatan sister Martha apakah sister Martha sudah diselamatkan? Have you been pleasing Yehovah God all this time? Apalah sister telah merasa yakin telah merasa diselamatkan dan menyenangkan hati Yehuwa dengan mengerjakan setiap perintah Lembaga Alkitab dan Risalah Menara Pengawal?

Please read this and contemplate, hope the Holy spirit gives you englightment to know the real Jesus of the Bible. Ini tentang hidup kekekalan. Please comtemplate it.

DO YOU COMPLY WITH JEHOVAH’S ARRANGEMENT FOR LIFE?

“Jesus took a loaf… he said: ‘TAKE, eat. This means my body.’ Also, he took a cup… saying: ‘Drink out of it, all of YOU; for this means my “blood of the covenant,” which is to be poured out in behalf of many for forgiveness of sins.’” —Matthew 26:26-28, NWT

What is Jehovah’s Arrangement for Life?
“This is my Son, the beloved; listen to him.”—Mark 9:7, NWT

“Most truly I say to YOU, Unless YOU eat the flesh of the Son of man and drink his blood, YOU have no life in yourselves.”—John 6:53, NWT

Do you “listen” to the Son by participating in His New Covenant?
“…only the 144,000… have properly partaken of the emblems during the Memorial of Jesus’ death, and only with them did Jesus make his covenant… Members of the great crowd are not participants in the new covenant.” —The Watchtower, February 1, 1998, p. 19

What part of the word “anyone” does not apply to you?
“…the bread…that anyone may eat of it and not die. I am the living bread …if anyone eats of this bread he will live forever…the bread that I shall give is my flesh in behalf of the life of the world.”—John 6:50-51, NWT

DO YOU HAVE GOD’S SPIRIT?

“…we, in turn, might receive the adoption as sons. Now because YOU are sons, God has sent forth the spirit of his Son into our hearts and it cries out: ‘Abba, Father!’ ” —Galatians 4:5-6, NWT

“For all who are led by God’s spirit, these are God’s sons.” —Romans 8:14, NWT

How Does a Person Receive God’s Spirit?


“…because YOU are sons, God has sent forth the spirit…” —Galatians 4:5, NWT

Are you spiritually adopted as a son or daughter of God?

“God does not adopt them as spiritual sons, as he does the 144,000.” —The Watchtower, February 1, 1998, p. 20


If you are not adopted, how can you be “led” by God’s Spirit?

“For all who are led by God’s spirit, these are God’s sons.”—Romans 8:14, NWT

Without God’s Spirit whom you receive through adoption, how can you claim to “please” God and “belong” to Christ?


“So those who are in harmony with the flesh cannot please God. However, YOU are in harmony, not with the flesh, but with the spirit, if God’s spirit truly dwells in YOU. If anyone does not have Christ’s spirit, this one does not belong to him.”—Romans 8:8-9, NWT

I pray for you sister Martha as I have been doing to all my friends JW.

Good night...

---------------------------------------------------------------------------------------

Tanggapan Martha:

Kok berkesimpulan marah lagi? Marah itu bukan the fruits of the spirit.

Walah, aku ini kayaknya diskusi sama yang gak mau mendengar.

Udah lah. Aku undur diri aja lah. Aku mau ministry sama yang mau mendengar aja. Bukan sama yang cuman mau rame ramein Blog supaya keliatan laku.



--Akhir Diskusi--

No comments :

Post a Comment

Tolong SEBUTKAN Nama Atau Initial Anda saat memberi komentar agar memudahkan Mitra diskusi Anda mengidentifikasikan Anda.

Non Kristiani, mohon tidak memberi komentar.

Jika Anda ingin komentar, silahkan klik DI SINI DULU

.